3 Bahan Efektif Pembersih Karat, Semuanya Mudah Didapat

3 komentar
P

ernah terganggu dengan apa yang namanya karat? Kalau barang-barang di rumah yang berasal dari kayu musuhnya rayap atau jamur, maka benda-benda logam ternyata punya musuh juga, yaitu karat. Bahkan bahan yang berasal dari stainless stell yang saya pikir nggak mungkin berkarat, ternyata bisa berkarat juga.

Logam biasanya akan menjadi berkarat setelah berusia terlalu tua,  sering terkena air, atau bisa juga cara penyimpanan yang salah. Debu pun, kalau dibiarkan  bertumpuk pada logam akan menjadi karat.

Saya punya adukan mixer, berbahan dasar stainless. Mungkin karena saya dulu nyimpen pas kondisi masih basah, langsung saya simpan di lemari...alhasil saat saya buka kembali beberapa tahun kemudian, ternyata ada karat pada bagian-bagian tertentu. 

Begitu juga rak peniris. Karena fungsinya sebagai rak untuk meniriskan piring dan gelas setelah dicuci, otomatis sering juga terkena tetesan air. Mungkin karena saya sering telat membersihkan, lama kelamaan muncul warna kecoklatan di beberapa bagian rak. Rak stainless yang saya pikir bakalan awet putih bersinar enak dipandang, ternyata kalau nggak rajin dibersihkan, ada karatnya juga.

Nah, kata kuncinya adalah harus rajin dibersihkan. Kalaupun sempat terlihat kotor, jangan lama-lama. Tapi kalau sudah terlanjur bagaimana? Sebelum memutuskan untuk menggantinya dengan yang baru, coba deh bersihkan dulu. 

Membersihkan Karat pada  Perangkat Dapur dengan Bahan yang Mudah Didapat


Pembersih-karat-murah


Namanya ibu rumah tangga, “kantor” yang paling sering disinggahi ya bagian dapur. Mau nggak mau saya harus berteman dengan segala perabot yang ada. Sudah ngalami juga fase yang masak bisa mateng saja syukur (karena nyambi bocah kecil), hingga urusan bersih-bersih perangkat dapur jadi terbengkelai.

Sekarang ketika si bocah sudah cukup mandiri, ada kesempatan untuk menatap lama-lama perangkat dapur yang ada. 

“Kok kusam ya”

“Ini ada karatnya...”

Solusi paling mudah, tentu saja checkout barang baru. Iya, tapi itu nggak murah. Lagian, siapa tahu masih bisa dibersihkan.

Endingnya googling, cari bahan pembersih perabot yang aman untuk bersih-bersih perangkat dapur, sekaligus tidak berbahaya. Ternyata ada, dan saya coba memang bisa. 

Ya, tidak lantas membuat barang-barang yang sudah terlanjur kusam jadi bersih cemerlang layaknya baru sih, tapi lumayan banget. Apalagi barang-barang yang digunakan cukup mudah untuk didapatkan. Nggak mahal lagi..

Membersihkan Karat dengan Soda Kue

Soda kue, atau bisa juga disebut baking soda. Bisa dengan mudah dibeli di toko bahan roti atau supermarket. Harganya pun terjangkau.  Beda lho ya, dengan soda api. 

Soda kue biasanya digunakan sebagai pengembang kue. Soda kue dibuat dari natrium bikarbonat  dan bersifat basa. 

Selain menjadi bahan pembuatan kue, soda kue bisa lho digunakan untuk membersihkan perabot rumah tangga, termasuk yang sudah terkena karat. Atau ada gejala mau karatan.

Caranya, cukup campurkan soda kue dengan sedikit air. Setelah menjadi pasta, oleskan pasta tadi ke bagian yang kotor. Tingkat kekentalannya? Buat aja seperti salep kulit. 

Diamkan sekitar 1 jam, baru gosok/bersihkan dengan sikat gigi atau spons bagian yang kasar. Perabotan yang awalnya kusam karena karat, bisa jauh lebih bersih dan bersinar.

Mengusir Karat dengan Campuran Soda Kue dan Garam

Karat sudah cukup membandel dan susah lenyap hanya dengan soda kue? Coba, tambahkan sejumput garam pada soda kue yang sudah dicampur sedikit air. Iya, garam dapur yang tersedia hampir pada setiap rumah.

Setelah itu oleskan pada permukaan yang terindikasi terkena karat.  Tunggu air-soda kue-garam bekerja kurang lebih 1 jam. Garam dan soda kue akan partner an, bertindak sebagai bahan abrasif ringan untuk membantu mengikis karat. 

Setelah pasta campuran dari soda kue-air-dan garam tadi menempel pada permukaan perabot selama kurang lebih 1 jam, gosok dengan sesuatu yang permukaannya kasar, cuci dengan air bersih, baru setelah itu keringkan dengan sempurna. 

Menghilangkan Karat Membandel dengan campuran Soda Kue, Garam, dan Cuka

Sudah mencoba dibersihkan dengan campuran air+soda kue+ garam, tapi kok karat masih membandel  atau masih terlihat bernoda? Coba ganti air dengan cuka. Yup, cuka dapur yang sering digunakan sebagai bumbu acar atau tambahan bumbu penyedap saat makan bakso. 

Kalau soda kue memiliki sifat basa, cuka memiliki sifat asam dan anti mikroba. Coba campur cuka+soda kue+garam.  Takarannya, bisa dikira-kira. Intinya sampai terbentuk pasta yang nanti bisa dioleskan ke permukaan yang berkarat.

Ketika ketiganya tercampur, soda kue dan cuka akan bereaksi dengan letupan-letupan kecil plus bau yang kurang enak. Diamkan dulu biar aroma tidak terlalu menyengat, baru oleskan pada permukaan perabot yang berkarat. 

Akan terlihat karat yang mulai memudar. Setelahnya, bisa gosok dengan sikat atau sesuatu yang kasar. Bisa dilihat, karat nyaris hilang bahkan bisa 100% pulih seperti sediakala. Hasil akhirnya tentunya tergantung dengan tingkat keparahan karat yang menempel. 

So, teman-teman yang saat ini tengah bermasalah dengan karat coba deh cara diatas. Semoga berhasil ya! 

Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi(at) gmail.com, sulistiyowatitri98(at) yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80(at)gmail.com

Related Posts

3 komentar

  1. Karat memang menjadi masalah yang mengganggu banget saat membersihkan rumah jadi harus ekstrak juga. Nah, ini ga terduga banget manfaat soda kue, terima kasih infonya.

    BalasHapus
  2. aku jadi ingat percobaan di lab dulu pakai soda kue
    sementara ini soda kue paling mudah dan ampuh sih mbak
    yang penting reaksi antara logam dengan uap air bisa dihalangi

    BalasHapus
  3. Siiiip, ntr aku mau cek dulu apa ada yg karatan di rumah. Lumayan gampang dan murah caranya. Selama ini aku cuma banyak nemuin kayak gayung dan ember yg seperti menghitam. Itu aku rutin bersihin pake citric acid beli di pasar. Tambahin air, trus siram ke bagian yg hitam, biarin dulu, trus cling LGS bersih kayak baru 🤣🤣. Nth kenapa LGS ngerasa puas juga mba ngeliatnya, dari yg menghitam jadi cemerlang 😄

    BalasHapus

Posting Komentar