Tertarik Membangun Kosmetik Brand Sendiri? Berikut 5 Tips Memilih Pabrik Maklon Kosmetik Terbaik

27 komentar
Adev maklon kosmetik


B

ukan rahasia lagi kalau bisnis kosmetik termasuk bisnis yang long lasting atau tahan lama. Alasan utamanya tentu saja sifat dasar manusia; selalu ingin terlihat awet muda, dan juga menarik. Ditambah lagi era digitalisasi dan perubahan gaya hidup masyarakat. 

Siapa sih, yang nggak ingin tampak fresh di kehidupan nyata dan di semua kanal media sosial. Faktor inilah yang menjadikan bisnis yang berhubungan dengan skincare dan kosmetik tumbuh dan berkembang dengan pesat. 

Tren yang kemudian muncul mengikuti adalah lahirnya para beautypreneur di Indonesia. Banyak kalangan, baik itu artis maupun masyarakat umum yang sukses membangun produk  face care, skincare maupun kosmetik dengan brand mereka sendiri.

Sebut saja Bunga Zainal, Sarah Salsabila, Shandy Aulia, Ria Ricis, Ashanty, dan masih banyak lagi. Kesuksesan para beautypreneur ini, tentu tak bisa dilepaskan dari peran sebuah perusahaan maklon kosmetik. 

Maklon kosmetik secara mudah bisa diartikan sebagai perusahaan yang menawarkan jasa pembuatan produk kecantikan, baik itu produk perawatan badan, kulit muka maupun kosmetik.

Jasa maklon kosmetik inilah yang akan memproduksi, sehingga meskipun beautypreneur ini memiliki brand masing-masing, tapi mereka tidak perlu membangun pabrik kosmetik sendiri. 

Tak hanya membuat, hampir semua perusahaan maklon kosmetik melayani mulai dari tahap konsultasi ide kosmetik, pembuatan sampel, pembuatan desain kemasan, pengurusan perijinan desain kosmetik (BPOM, HKI, dan Halal) hingga proses distribusi. 

Dari awal sampai akhirnya produk bisa dinikmati konsumen. Begitu praktis yaa! 


Tips Memilih Pabrik Maklon Kosmetik

Adev maklon kosmetik

Mengingat sedemikan banyak hal yang dihandle oleh perusahan maklon kosmetik, maka sebagai (calon) beautypreneur tentunya harus cermat dalam memilih perusahaan maklon kosmetik terbaik. Beberapa hal perlu menjadi perhatian dan menjadi bahan pertimbangan.

Pastikan Pabrik Maklon Kosmetik Memiliki Sertifikat CPKB

Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik, atau CPKB adalah seluruh aspek kegiatan pembuatan kosmetik untuk menjamin agar produk yang dihasilkan senantiasa memenuhi persyaratan mutu yang ditetapkan sesuai dengan tujuan penggunaannya. 

Diatur dalam Peraturan Badan POM no 25 tahun 2019, Sertifikat Cara Pembuatan Kosmetik yang aik merupakan persyaratan kelayakan dasar agar suatu industri kosmetik mampu menghasilkan produk yang aman, bermanfaat dan bermutu. 

Dengan CPKB produsen menjamin bahwa kosmetik yang diproduksi berkualitas baik, aman, bermanfaat dan tidak merugikan penggunanya dari sisi kesehatan sebagai akibat dari pembuatan kosmetik yang tidak memenuhi syarat mutu. 


Lihat Portofolio, Pastikan Perusahaan Maklon Kosmetik Berpengalaman

Layaknya memilih teman atau bahkan pasangan hidup, maka memilih perusahaan jasa maklon kosmetik pun kita harus selektif.  Pastikan ia  memiliki  track record yang baik, karena di sanalah kita akan menginvestasikan modal, menggantungkan masa depan.

Gali informasi tentang perusahaan sedalam mungkin. Informasi-informasi mengenai perusahaan maklon kosmetik ini bisa kita dapatkan melalui testimoni-testimoni user yang pernah menggunakan jasa perusahaan maklon, atau dari ulasan-ulasan di google termasuk melihat web dari perusahaan sendiri. 

Sementara seberapa besar pengalaman yang dimiliki, bisa dilihat dari seberapa lama perusahaan  beroperasi, seberapa banyak beautypreneur yang sudah mempercayakan produksinya ke perusahaan tersebut dan bagaimana kualitas barang yang sudah dihasilkan perusahaan maklon kosmetik.

Teman-teman juga bisa mengecek daftar perusahaan yang sudah terdaftar di BPOM.


Pastikan Perusahaan Maklon Kosmetik memiliki Tim Research and Development yang Berkualitas

Divisi Research and Development  (R & D) adalah satu tim penting dalam sebuah perusahaan. Bagian inilah yang bertugas melakukan rangkaian riset dan pengembangan produk yang ingin dibuat agar bisa bersaing atau bahkan mengungguli kompetitor.

Maklon bodycare terbaik

Untuk tujuan ini, tim R & D berkewajiban mengumpulkan data dan informasi yang dibutuhkan, selalu update teknologi terbaru, dan berusaha untuk menciptakan produk dan layanan terbaik.


Sesuaikan Budget 

Banyak perusahaan maklon Kosmetik di Indonesia dan masing-masing bisa jadi punya kebijakan yang berbeda tentang berapa angka minimal yang harus dikeluarkan untuk membeli paket layanan dari sebuah pabrik maklon kosmetik.

Dalam hal ini, pastikan apa yang kamu bayarkan sesuai dengan kemampuan finansial yang teman-teman miliki.

Bagi pemula, tentunya akan merasa lebih “aman” apabila memesan dalam jumlah yang sedikit dahulu guna kebutuhan cek pasar. Nanti kalau dipastikan sudah bisa “jalan” dan bertahan, bisa memesan kembali produk serupa di perusahaan maklon kosmetik.


Pilih Perusahaan Maklon Kosmetik dengan Layanan Customer Service yang Baik dan Responsif

Customer service termasuk garda depan dalam sebuah urusan bisnis. Dialah yang menjadi semacam jembatan antara perusahaan dengan pelanggan.  Biasanya kesan pertama akan tercipta dari interaksi kita sebagai klien dengan customer service.

Semua pelanggan/klien mengidamkan sambutan CS yang ramah dan informatif, dan siap-siap balik kanan ketika yang dihadapi adalah Customer Service yang jutek dan tidak mampu berperan sebagai seorang komunikator.


ADEV, Rekomendasi Perusahaan Maklon Kosmetik Terbaik

Adev, maklon skincare dan bodycare

Diantara sekian banyak perusahaan maklon kosmetik, adakah yang memenuhi semua persyaratan di atas? Pasti ada. Bisa jadi, perusahaan maklon kosmetik seperti ADEV lah yang sedang teman-teman cari.

Fasilitas produksi lengkap

Dari segi legalitas, ADEV merupakan pabrik maklon tersertifikasi CPKB golongan A BPOM. Secara legal ADEV dapat memproduksi semua jenis sediaan produk kosmetik dan skincare berkualitas terbaik dan juga 

  • Memiliki apoteker sebagai penanggung jawab
  • Memiliki fasilitas produksi sesuai dengan produk yang akan dibuat
  • Memiliki fasilitas laboratorium
  • Menerapkan CPKB dalam setiap proses produksi

Bagaimanapun produk yang berkualitas tinggi lebih mudah untuk merebut hati konsumen. Limabelas tahun berkecimpung sebagai perusahaan kosmetik, tentu bukanlah waktu yang singkat.

Macam-macam produk kosmetik bisa diproduksi

Selama itu pula ADEV melayani jasa pembuatan skincare dan kosmetik bermutu tinggi. Berlokasi di Bogor, PT. ADEV Natural Indonesia memproduksi berbagai macam produk perawatan kecantikan dan juga make up, seperti 

  • Skincare (day cream, night cream, serum)
  • Bodycare (body scrub, body lotion, sabun, parfum)
  • Face care (masker, krim wajah)
  • Hair care (shampoo, masker rambut, tonik, serum)
  • dan juga decorative products (lip balm, lip cream)

Biaya maklon terjangkau & MOQ Rendah

Bagi beautypreneur baru, ketentuan seberapa besar harus memesan produk menjadi sesuatu yang penting untuk dipertimbangkan, karena bagaimanapun itu berkaitan dengan besaran modal yang dibutuhkan.

Terkait dengan hal tersebut, meskipun sudah tergolong pabrik kosmetik grade A namun ADEV menyediakan Minimal Order Quantity atau jumlah pemesanan minimum yang rendah.

Untuk pemesanan pertama, bisa dimulai dengan jumlah ribuan saja, dengan modal minimal 30 juta-an.

Pelayanan cepat dan ramah

Tak hanya tim Research dan Development yang siap bekerja maksimal, tim Business Consultant ADEV juga akan memberikan pelayanan dan informasi seputar maklon kosmetik dengan cepat.

Demikian pula tim customer service yang ramah dan respon yang cepat dan tepat seputar seputar maklon dan pelayanan untuk kenyamanan dan kepuasan pelanggan/calon beautypreneur.

Dengan slogan Speed is a New Currency, perusahaan maklon ini berusaha secepat mungkin merespon dan menanggapi pelanggan. Teman-teman juga bisa mendapatkan beragam informasi melalui saluran media sosial @adev.official

Jadi, ketika semua kriteria yang teman-teman cari dan butuhkan  dimiliki ADEV, yakin masih harus mencari perusahaan maklon kosmetik yang lain? 


Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi(at) gmail.com, sulistiyowatitri98(at) yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80(at)gmail.com

Related Posts

27 komentar

  1. Baru tahu tentang ini, jadi beautypreneur tidak pasti memiliki pabrik, tapi bisa saja mereka memilih pabrik maklon kosmetik. Mantep, terima kasih infonya.

    BalasHapus
  2. rekam jejak perusahaan kosmetik sangat penting ya mbak
    apalagi sekarang banyak pabrik abal-abal
    pilihan yang tepat ini dan bisa jadi ladang bisnis juga

    BalasHapus
  3. Keren sih ulasannya, semoga kedepannya bisa buat produk sendiri..
    dah dari dulu ditawarin buat bikin produk, tapi masih maju mundur..

    BalasHapus
  4. Makasih sharingnya jadi tambah ilmu tentang dunia kosmetik. Sukses selalu maak

    BalasHapus
  5. Aku dulu pingin banget bikin brand kosmetik bayi sendiri. ADEV bisa enggak, ya? Soalnya udah terbukti nih, banyak brand kosmetik lokal yang berkualitas sekarang

    BalasHapus
  6. Divisi R&D tuh emang salah satu poin yg harus diperhatikan dalam bisnis kosmetik. Soalnya skg persaingan di dunia ini makin sengit. Kalau mau rilis produk harus yg berkualitas bgt. Thank you infonya mbak

    BalasHapus
  7. Hari gini bikin brand kosmetik sendiri semudah ini...wah, siapa saja bisa bikin brand-nya nih, apalagi bisnis ini long lasting memang karena saya dan banyak orang lainnya tentu ingin terlihat awet muda, dan juga menarik.

    BalasHapus
  8. tertarik banget mbak pengen punya bisnis kosmetika sendiri, ternyata bisa ya kita punya sendiri dengan bekerjasama dengan ADEV apalagi pelayanannya juga cepat ya. thanks infonya mbak

    BalasHapus
  9. Asyik juga ya jasa maklon. Bisa membuat kita berbisnis kosmetik dg brand kita sendiri.

    BalasHapus
  10. Solusi banget ya yang memang pengen punya bisnis kosmetik dan skincare dengan brand sendiri.. Ada jasa maklon yang siap membantu mewujudkan..tapi emang perlu pilih-pilih banget ya..

    BalasHapus
  11. Kebayang serunya punya brand kosmetik dan skincare sendiri yaa, kita bisa berekspresi ingin konsep kosmetik yang bagaimana untuk pelanggan kita. Tapi memang harus bekerja sama dengan perusahaan maklon kosmetik terpercaya jangan sampai produk kita mengandung bahan berbahaya bagi wajah seraam...

    BalasHapus
  12. PT Adev membantu kita untuk bisa punya bisnis kosmetik sendiri ya mbak
    Punya bisnis kosmetik tak hanya untuk artis aja y

    BalasHapus
  13. Saya belum kepikiran punya brand kosmetik sendiri. Tetapi, ini memang menarik. Sebagai konsumen juga bisa punya banyak pilihan. Apalagi brand lokal juga semakin bagus kualitasnya

    BalasHapus
  14. Ini meringankan beautyprenwur banget ya, nggak perlu repot-repot memikirkan biaya punya pabrik sendiri karena ada maklon

    BalasHapus
  15. Aku baru tahu kalau Ria Ricis mengembangkan bisnis kosmetik sendiri.
    Semakin mantap yaa.. Aku sebenernya paling penasaran sama produknya Bunda Ashanty. Cantik banget make up nya..

    BalasHapus
  16. Buat yang mau terjun di dunia kecantikan, Maklon kosmetik ini bisa jadi solusi ya. Namanya bikin pabrik kan gak gampang. Kalau aku, mungkin belum ke arah sini

    BalasHapus
  17. Iya ya kyknya artis2 itu emang pakai jasa maklon kyk gini utk bisnis kosmetiknya. Sekarang apa2 kyknya serba dipermudah ya. Aku suka penasaran modal awal dan pemesanan minimum utk sebuah produk yang mau kita pasarkan tu berapa nominalnya hehe, kali kapan2 ada rezeki mau punya brand kosmetik sendiri :D

    BalasHapus
  18. berarti bisa bikin kosmetik kayak yang lain dengan nama kita tinggal beli royalti ya
    enak juga ya jadi aman karena produknya ga sembarang produk bpom juga jadi produknya aman

    BalasHapus

  19. Baru tahu, ternyata untuk bisa punya produk dengan brand sendiri ada perusahaan yang khusus membuka layanan ini ya mbak.. Jadi ga perlu ribet bikin sendiri..

    BalasHapus
  20. Menarik sih sharingnya. Kita yang awan jadi paham bisnis maklon tuh gimana dan kalau mau nyemplung tih kudu punya persiapan apa ajah.

    BalasHapus
  21. Penting perhatiin kelayakan...keamanan..kebersihan.., serem banget kalo kosmetik membahayakan lengguna..apalagi menggunakan ..zat berbahaya...

    Harus dipersiapkan matang kalau mau buka usaha ini ...

    BalasHapus
  22. wah menarik sekali infonya Mbk pastinya makin bahagia kalau ada brand sendiri ya, dulu keponakan yang mau buat

    BalasHapus
  23. Di zaman kayak sekarang ya, punya bisnis kosmetik sendiri, dengan nama brand sendiri, itu bukan lagi cuma mimpi. Kita bisa mewujudkannya. Gak perlu punya pabrik dan juga karyawan yang banyak. Jadinya modal juga gak perlu besar banget. Bisa dengan makloon di tempat yang tepat. Ya kayak di ADEV ini ya.

    BalasHapus
  24. Ternyata rahasia bisnis kosmetik ada di maklon ya. Tinggal pesan aja lalu dikasih kemasan yg bagus, jualan deh.

    BalasHapus
  25. Bakalan mendukung perkembangan usaha kosmetik bagi mereka yang punya jiwa enterpreneur yaaa dengan keberadaan perusahaan maklon gini. Apalagi kayak ADEV nih yang punya support system yang bagus.

    BalasHapus
  26. ooo jadi para artis itu kemungkinan pakai jasa maklon kosmetik ya mbak sehingga bisa punya brand kosmetik sendiri. Enak ya kalau ada jasa maklon kosmetik gini, nggak perlu membangun pabrik, riset dan karyawan untuk produksi kosmetik. Modal duit aja dan urusan produksi semua beres. Tinggal mikir buat pemasaran aja

    BalasHapus
  27. Industri kecantikan tuh emang cukup berkembang loh selama pandemi. Menurut aku oke juga nih kalo mau bikin usaha seputar kecantikan. Bisa langsung konsul ke ADEV yaaaa

    BalasHapus

Posting Komentar