Cari Blog Ini

29 April 2019

# Sponsored Post

Peduli Sesama, 30 Warga Desa Selopamioro Imogiri Mendapatkan Rumah Baru dari Prudential


“Nggeh remen sanget mbak...wong diparingi omah. Mengke saget dingge nelaske siso umur,  wong kulo nggih pun tuo, trus sing omah sisihe niku kajenge dados bagiane anak. Sakniki anake nembe  glidik  wonten Trenggalek” 

CSR-Prudential-Selopamioro
Pak Ponidi (tengah) salah satu warga Desa Selopamioro, Imogiri, Bantul, penerima bantuan rumah program CSR Prudential Indonesia


Kebahagiaan,  jelas tergambar di wajah Bapak Ponidi, 75 tahun, Warga dusun Jetis, Selopamioro, Imogiri, Bantul. Sambil mengamati para “tukang dadakan” yang siang itu terlihat bahu-membahu memasang batako untuk dinding rumahnya, beberapa kali senyumnya tersungging. Meski  wajah tuanya sudah banyak dihiasi keriput, tapi ia terlihat sumringah.  

Ponidi adalah satu dari 30  penerima rumah layak huni sebagai wujud tanggung jawab sosial, Corporate Social Responsibility (CSR) PT Prudential Indonesia. Selain Ponidi, ada dua lagi warga Dusun Jetis dan 27 penerima rumah lainnya tersebar  di Dusun Siluk 1, Lanteng 1, Kajor Kulon, dan Kajor Wetan yang secara administratif termasuk wilayah Desa Selopamioro, Imogiri, Bantul.

Mendadak Jadi Tukang

Hari Jum’at, 26 April lalu, bisa jadi hari istimewa untuk saya. Tentunya, bukan tanpa alasan juga, kenapa saya  tiba-tiba bisa menginjakkan kaki di Desa Selopamioro, sebuah  desa agraris dengan view alam yang menarik.  Yang sudah pernah mendengar tentang wisata alam Lemah Rubuh Imogiri, pasti tahu, karena rumah Pak Ponidi hanya berjarak beberapa meter dari Lemah Rubuh.

Welcome to Desa Selopamioro! Sebelum ke Dusun Jetis, rombongan Pruvolunteer transit dulu di Dusun Kajor Wetan, dan diterima dengan hangat oleh Kepala Desa Selopamioro

Berbeda dengan biasanya, langkah saya ke Selopamioro kali ini untuk sebuah misi kemanusiaan, agar saya lebih bersyukur menjalani kehidupan. Harap dipercaya, hari itu saya mendadak jadi tukang bangunan. Tapi yang pasti saya tidak sendiri, ada banyak teman-teman blogger juga. Semuanya berawal dari tawaran untuk bergabung bersama PRUvolunteer  dari  jajaran direksi dan karyawan PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) yang bekerjasama dengan Habitat for Humanity Indonesia  untuk menuntaskan target pendirian 30 rumah.  Dari total target yang ada, 23 rumah statusnya sudah selesai dikerjakan, sementara 7 yang lain masih dalam proses pengerjaan.

Nah, 7 bangunan itulah yang menjadi target sasaran kami hari itu. Untuk mempermudah koordinasi, kami dibagi ke dalam 7 team, dengan job desk utama melakukan pendirian tembok dan juga pengecetan. Saya bersama  Aqid (aqied.site), Priyo (anotherorion.com), azaz (dismonimo.com) tergabung dalam satu tim bersama Jens Reisch President  Director Prudential Indonesia, Susanto Samsudin selaku National Director Habitat For Humanity Indonesia, dan juga 6 anggota tim lainnya dari Prudential dan juga Habitat  for Humanity. Material bangunan, berbagai alat pertukangan adalah hal-hal baru untuk kami semua, karena itulah kami dipandu oleh seorang pimpinan project yaitu Pak Puji.

Sebelum mulai membangun, kami diberi pengarahan terlebih dahulu oleh pimpinan project tentang SOP dalam membangun

Semangat!!
Team 2, anak buahnya pak Puji dari Habitat for Humanity

Lelah fisik, pastinya iya. Entah berapa  liter air mineral saya habiskan karena siang itu matahari bersinar cukup garang.  Berapa potong puli goreng gurih buatan Bu Ponidi yang masuk dalam perutpun saya lupa. Tapi, binar kebahagiaan di mata Pak Ponidi, hangatnya sambutan masyarakat desa, menjadi semacam tenaga ekstra buat kami. Untuk saya, hari itu adalah sebuah pengalaman baru dan juga berharga. Apalagi saya memang belum pernah terjun ke lapangan untuk menjadi seorang relawan--selain program KKN jaman kuliah tentu saja, apalagi terlibat langsung dalam proses pembuatan sebuah hunian.

Sementara itu, bagi karyawan PT Prudential, selain sebagai bagian dari CSR, kegiatan ini juga merupakan implementasi Leadership Immersion Programme dari PRUuniversity sebagai upaya Prudential Indonesia membantu karyawan menjadi profesional, salah satunya dengan memperkokoh sifat-sifat kepemimpinan yang berlaku di seluruh bisnis prudential. 

Dalam mengembangkan kapasitas kepemimpinan para karyawan, Leadership Immersion Programme telah berjalan selama 8 batch yang terdiri dari masing-masing 3 sesi, dan berjalan mulai bulan September 2018 hingga April 2019. Sorenya, di hari yang sama selain sebagai ceremonial penutupan Leadership Immersion Programme,  pihak Prudential secara simbolis juga menyerahkan 30 kunci rumah kepada Bupati Bantul, Drs. H. Suharsono berlokasi di Dusun Kajor Wetan, Desa Selopamioro, Imogiri Bantul. 

“Kami berkomitmen untuk selalu memberikan dampak nyata dan mendukung masa depan masyarakat Indonesia lebih baik, sebagai perwujudan sifat kepemimpinan yang ditanamkan dalam Leadership Immersion Programme, sebanyak lebih dari 370 rekan-rekan PRUSynergy ( karyawan level manajer  hingga direksi)  turut menuntaskan target pendirian 30 rumah” papar Jens Reisch, selaku President  Director Prudential Indonesia.

CSR-Prudential-Indonesia-Bantul
Serah terima secara simbolis 30 kunci rumah dari pihak Prudential, diterima Bupati Bantul Drs H. Sudarsono

Senada dengan hal tersebut, Susanto Samsudin dari Habitat for Humanity juga mengaku sangat senang bisa bekerjasama dengan dan mendapatkan dukungan dari Prudential. “Tiga puluh rumah yang diserahterimakan hari ini merupakan bagian dari 263 rumah di Desa Selopamioro dari 1.345 rumah yang dibangun Habitat for Humanity Indonesia di wilayah Bantul. Hingga hari ini tim relawan kami bersama karyawan Prudential terus bergotong royong tidak hanya untuk membangun rumah, tetapi juga memenuhi harapan keluarga-keluarga yang ingin tinggal di rumah yang lebih layak” imbuh Susanto Samsudin.

Misi kemanusian ini tentu saja mendapatkan apresiasi positif, tidak hanya dari kalangan masyarakat akar rumput, tetapi juga dari pejabat  pemerintah Kabupaten Bantul. Dalam kesempatan yang sama, Drs. H. Suharsono menyampaikan rasa terimakasihnya kepada pihak Prudential Indonesia dan juga Habitat for Humanity Indonesia, karena telah memberikan banyak hal yang bermanfaat bagi Selopamioro , Imogiri, Bantul.

Hidup menjadi bermakna ketika keberadaan kita bisa bermanfaat bagi sesama. Saat  banyak kebaikan ditebar, banyak  senyum tercipta, maka di situlah sebenarnya kebahagiaan sejati berada. Terimakasih Prudential Indonesia, Terimakasih Habitat for Humanity Indonesia.

Blogger Jogja yang siang itu jadi tukang dadakan


34 komentar:

  1. Panas banget. Heheee. Aku langsung tepar bbrp hari ini. Soalnya aku dulu kkn di gunung. Jempol buat prudential karena karyawannya dilibatkan.

    BalasHapus
  2. Wah.. Keren dan lengkap ulasannya. Kegiatan seperti ini menyenangkan ya.. Terjun langsung ke masyarakat yang membutuhkan..

    BalasHapus
  3. Rumah Pak Ponidi ini yang ada di dekat jembatan gantung itu kan ya mbak? Jembatan gantung kenangankuuu ahahahaha. Acara kemarin emang seru ya, meski capek tapi memberikan pengalaman baru.

    BalasHapus
  4. Unik sekali program CSR dari PRUdential. Selain bisa melatih kepemimpinan juga bermanfaat buat orang lain

    BalasHapus
  5. CSR yg melibatkan karyawan utk turun lgsg. Karyawan jd merasa lbh memiliki perusahaan, meningkatkan kekompakan, & kepedulian sosial. Sy kira ini program inovatif daripada sekedar outbond. Artikel yg bagus. Oh iya, sy follower baru blog mba. Thx

    BalasHapus
  6. Lumayan buat olahraga, untunge gek cilik seneng nukang dadi ra kaget sama adukan semen haha

    BalasHapus
  7. seru plus syahdu yak mba, mana langitnya biru cantik. Golek air mineral dingin langsung

    BalasHapus
  8. ini emang csr paling antimainstream ya mba, kalo csr lain cuma sekadar menyumbang, kalo di pruvolunteer harus terjun langsung juga hehehe

    BalasHapus
  9. Wah mb Sulis satu kelompok sama mas Azaz ternyata. Sampai rumah jadi tambah bakoh dong mb, hehehe.

    BalasHapus
  10. Aku abis 1 botol air mineral & beberapa gelas teh... matahari pas lg lucu2nya. wkwkwk

    BalasHapus
  11. Udah komen diatas. Tapi komen lagi aja ya heheee. Bahasa sayangnya wong ndeso gitu ya,anaknya masih NGGLIDIk :))

    BalasHapus
  12. Makin keren prudential ya mbak, perogram sosialnya patut ditiru semoga makin banyak perusahaan yang ngasih kemanfaatan langsung sama masyarakat kurang mampu. Asyik nih blogger jogja bisa dapat kesempatan ikut nukang disana 😁

    BalasHapus
  13. Makin keren prudential ya mbak, perogram sosialnya patut ditiru semoga makin banyak perusahaan yang ngasih kemanfaatan langsung sama masyarakat kurang mampu. Asyik nih blogger jogja bisa dapat kesempatan ikut nukang disana 😁

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah senang membaca artikel ini, mengingatkan untuk saling menebar kebaikan meskipun kecil. Sukses dengan prudential yang telah menebarkan kebaikan kepada bapak Ponidi, membangun kembali rumahnya. Sukses selalu Prodential

    BalasHapus
  15. CSR seperti ini bener2 keren yaa bisa membantu sesama juga.. Prudential emang asuransi the best

    BalasHapus
  16. Masya Allah keren mba.. langsung terjun langsung membantu masyarakat yabg menburuhkan.. pasti haru bahagia yaa disana

    BalasHapus
  17. wah bagus ya programnya, perusahaan tidak melulu emmikirkn keuntungan tapi juga meengadakn kegiatan soial yang bermanfaat

    BalasHapus
  18. Bentuk CSR seperti ini yang harus kita dukung ya mba. Smoga sellau konsisten membantu dan menginspirasi masyarakat :)

    BalasHapus
  19. Kegiatan yang keren nih, kayak KKN ya dengan program sosial nya. Ini malah csr yang jadi program Prudential untuk masyarakat di desa. Semoga CSR ini bisa diikuti oleh perusahaan lain di wilayah Indonesia. Bayangkan ya kalo yang mengadakan program bedah rumah ini sekitar 50% perusahaan, berapa rumah yang bisa direnovasi jadi rumah sehat

    BalasHapus
  20. Ini kenapa selalu keren yaa Prudential, produknya out of the box idenya xan CSR-nya pun di luar kebiasaan yang ada.
    Keren..
    Semoga bisa diikuti perusahaan lainnya sehingga banyak masyarakat pra sejahtera bisa terbantu

    BalasHapus
  21. Seru ya sesekali ngerasain jadi tukang bangunan. Jd dapet pengalaman baru. Tp CSR nya rada nggak biasa ya. Biasanya kan tinggal bayar tukang aja, ini pake ada volunteer nya segala ya?

    BalasHapus
  22. Wah, keren program CSRnya. Aku bakal semangat nih kalo jd karyawan disini. Jarang2 loh ad program CSR unik begini

    BalasHapus
  23. Setuju, hidup kita akan semakin bermakna bila bisa berbagi dan bermanfaat untuk sesama ya ...
    Salut dengan Prudential, banyak sekali programnya yang bermanfaat untuk masyarakat

    BalasHapus
  24. Wah, seru banget programnya, menantu sekali buat yang membutuhkan. Mirip bedah rumah ya tapi lebih seru karena yang bantu ngerjain para bos pru, karyawan dan blogger..

    BalasHapus
  25. Pengalaman berharga bgt ya mbak jadi tukang bangunan untuk rumah donasi. Semoga barokah

    BalasHapus
  26. Prudential oke banget ya kegiatan CSRnya. Tentunya hepi banget dong warga Desa Selopamioro mendapatkan bantuan rumah gini. Alhamdulillah, bisa punya rumah yang layak huni lagi.

    BalasHapus
  27. Wah serunyaaa bangun2 rumah gtu yaaa :D
    Eh aku penasaran jadinya rumahnya kyk apa.
    Suka banget sama CSR Prudential khususnya yang bantuin bangun rumah ini.
    Jd gmn rasanya jd tukang bangunan? hehe makanya aku tu gak ngeluh kalau tukang bangunan agak mihil fe-nya kdng suka kasian :D

    BalasHapus
  28. Kebayang ini warga Imogiri, Bantul Jogjakarta pasti senang sekali dengan adanya program dari Prudential ini ya. Semoga program ini terus berjalan ke daerah-daerah lainnya juga. Prudential ini memang selalu memiliki program yang bagus-bagus.

    BalasHapus
  29. Keren banget ya program CSR yang diadakan oleh Prudential ini akan sangat membantu bagi orang yang membutuhkan

    BalasHapus
  30. MasyaAllah itu csr bangun rumah sebanyak itu. Luar biasa program csr nya pru😭

    BalasHapus
  31. Keren sekali programnya Prudential ini. Semoga kedepannya banyak yg mengikuti, sehingga banyak masyarakat yang terbantu ya.

    BalasHapus
  32. Wah keren nih pengalamannya mb Sulis. Bisa terjun langsung jadi volunteer

    BalasHapus
  33. Masya Allah keren sekali ya CSR Prudential. Semoga sampai ke desa-desa lain. Alhamdulillah kalau banyak orang tidak mampu yang mendapatkan rumah gratis.

    BalasHapus
  34. CSR bangun 30 rumah? Wow! Baru Prudential aja nih kayaknya bikin program CSR seperti ini. Semoga programnya juga jalan dibeberapa kota lainnya di Indonesia

    BalasHapus

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Untuk menghindari spam, untuk sementara kolom komentar saya moderasi dulu ya. Komentar berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin

Follow Us @soratemplates