Terbukti! Dengan Pasta Gigi, Furniture Kayu Warna Putih, Bersih Kembali

8 komentar


Membersihkan furniture putih dengan pasta gigi

Beberapa hari belakangan, judulnya saya lagi suka beres-beres rumah. Alasan utamanya, lagi pengen melibatkan anak-anak mumpung lagi libur semesteran. Daripada nge game melulu, dan biar mereka belajar life skill dan tanggung jawab. Sistemnya seperti biasa, bagi tugas, dengan porsi paling besar ya tentu saja ibunya

Setelah acara beres-beres kebun belakang, bebersih perangkat dapur termasuk menghilangkan karat dan hangus, tempo hari sasaran beres-beres kami furniture di rumah. Kebetulan, beberapa perabot berwarna putih berbahan dasar kayu solid mulai terlihat kotor dan kusam. 

Tentu saja ini terkait dengan  tipikal saya yang  moody—jadi kalau lagi rajin bersih-bersih ya rumah rapi, tapi kalau lagi nggak mood ya bebersih seperlunya saja. Jadi akibatnya,  setelah beberapa lama dirawat seadanya, beberapa bagian furniture kayu tadi terlihat kusam. Efek terkena debu yang mengendap sepertinya.  Yup, tidak hilang hanya dengan kemoceng. Bahkan, dengan lap basah sekalipun. 

Berawal dari kondisi tersebut, saya coba googling. Penasaran, ada gak sih cara yang mudah tapi efektif untuk membersihkan furniture kayu warna putih? Ekpektasinya minimal terlihat bersih. 

Hingga kemudian saya nemu informasi yang menyatakan kalau pasta gigi bisa digunakan untuk membersihkan furniture. Iya, pasta gigi biasa yang berwarna putih dan bisa dibeli di warung dengan harga nggak sampai 5 ribu rupiah. 

Mumpung bahannya pembersihnya ada –ya iyalah, pasta gigi toh hampir tersedia di semua  rumah tangga  --saya dan anak-anak mencoba ekperimen, mengambil manfaat lain dari pasta gigi.

Pengalaman Membersihkan Furniture Kayu dengan Pasta Gigi

Suatu pagi di penghujung Desember, saya dan anak-anak sengaja menyibukkan diri. Raka saya beri tugas membersihkan daun pintu kamar mandi yang beberapa bagiannya terlihat berjamur.  Ada beberapa spot warna hitam, bisa jadi karena sering terkena percikan air. Demikian pula beberapa daun pintu yang lain, ada beberapa bercak noda kehitaman yang membuat warna putih tak lagi mulus. 

Saya sendiri, penasaran dengan kursi depan TV yang sepertinya belum begitu lama,tapi di beberapa bagian terlihat kusam. Debu yang telat dibersihkan kayaknya. 

Oke lah, bermodal 1 tube pasta gigi Ciptadxxx (dengan alasan sepertinya merk itu yang paling murah di pasaran) dan serbet basah, “kerjabakti” di mulai.

“Ka..anggep saja noda atau kotoran itu penyakit kulit. Pasta gigi salepnya. Ntar balurin tipis-tipis ke area yang kotor. Tunggu sebentar, trus gosok pake lap kain ini” Begitu kira-kira saya ngasih tutorial ke si sulung tentang bagaimana cara membersihkan furniture kami dengan pasta gigi. Ini pertama kali kami manfaatin pasta gigi sebagai pembersih furniture.  Bahkan jujur, di awal saya sendiri nggak yakin dengan hasilnya. 

Setelah mencoba, ternyata beneran loh, rupanya pasta gigi efektif banget untuk membersihkan furniture kayu berwarna putih.

Membersihkan furniture kayu warna putih


Jadi, setelah terkena pasta gigi kotoran yang menempel pada kayu pelan tapi pasti akan langsung memudar. Ya, kita tinggal mengelapnya dengan kain basah agar hilang, dan permukaan kayu yang awalnya bernoda atau berwarna kusam kembali putih, bersih. Sesimpel dan semudah itu. Sedikit nyesal, kenapa ya baru tahu sekarang. Ha..ha

Meskipun bisa jadi ada metode lain untuk membersihkan perabot kayu berwarna putih ini, tapi saya rasa dengan pasta gigi ini sudah sangat membantu. Pertama, saat proses pembersihan kita tidak terganggu dengan bau menyengat. Aroma yang  keluar justru segar. Kedua, hemat di kantong. Satu tube pasta gigi, bisa digunakan dibanyak perabot atau beberapa kali acara bersih-bersih.  Ketiga, cat aman. Nggak terkelupas atau rusak. 

Teman-teman sedang bermasalah juga dengan noda di furniture kayunya? Semoga pengalaman pribadi yang saya tulis ini bermanfaat ya. 



Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi(at) gmail.com, sulistiyowatitri98(at) yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80(at)gmail.com

Related Posts

8 komentar


  1. Ini patut dicoba, Nih. Terima kasih telah berbagi tips, Mbak. Selamat malam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih juga mba...sudah mampir ke blog saya😀

      Hapus
  2. Wah, baru tahu kalau pasta gigi bisa bersihin furniture kayu. Unik memang, tapi bahan-bahan seperti ini punya manfaat yang gak terduga juga. Belakangan ini baking soda juga mempunyai banyak manfaat berkaitan dengan membersihkan rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Bener banget. Baking soda itu dulu saya nggak pernah beli..wong nggak bisa bikin kue/roti--ha..ha, mending beli, rasanya udah jelas.

      Sekarang jadi beli soda kue, buat bersih2

      Hapus
  3. mumpung liburan anak-anak diberdayakan untuk bersih2 rumah ya mbak
    bener daripada ngegame terus hehe
    iya ini pasta gigi bisa juga buat bersihin kayu
    dulu pernah juga sih denger sama banyu enjet (air batu kapur)
    tapi kalau pasta gigi ini baunya enak dan gak apek
    bisa juga kalau pasta gigi udah mau abis daripada langsung dibuang ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh..injet bisa ya. Blm pernah nyoba..

      Iya e, anak2 klo nggak diberdayakan sering blm bisa memaksimalkan fungsi smartphone...nge gameee mlulu

      Hapus
  4. Tp hanya utk furniture kayu putih aja ya mba? Kalo furniture kayu putih aku bisa dibilang ga ada. Raya2 warna alami kayu.

    Soalnya, aku punya banyaaaaaakkkkkkk pasta gigi exp 🤣🤣. Bukan punya ku sih, tapi almarhum mama. Jadi pas ke rumah mama dan buka lemarinya, Nemu banyaaak bgt stok sabun, odol, dll, dan itu exp dari THN 2016 🤣🤣🤣🤣. Astaghfirullah mertuaku.... Soalnya mama dulu kalo belanja suka LGS banyak gitu loh. Ujung2nya nyisa gini. Kalo msh blm exp sih aku pake mba. Lah kalo exp ga beranilah. Cuma kalo bisa utk bersihin perabotan, bakal aku pake kesitu 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo warna kayu alami, hi..hi, aku malah blm pernah nyoba mba..biasanya pke pledge itu, tapi lebih ke mengkilap kan sih itu fungsinya.

      Nah, citrit acid. Bisa buat bersihin bak mandi pula ini katanya. Aku blm pernah nyoba...tapi jadi pengen nyoba.

      He eh...puas mba, klo dengan modal nggak seberapa..jadinya bisa kinclong

      Hapus

Posting Komentar