17 Juni 2020

Rinaresep.com, Dapur Digital Tempat Berburu Berbagai Resep Masakan

berbagai-resep-kreasi-masakan-rinaresep.com

Untuk menciptakan berbagai kreasi masakan yang lezat, terkadang kita membutuhkan panduan. Kunci terpenting adalah, kita bisa memilih pemandu yang benar-benar membantu dan memudahkan kita untuk mencapai tujuan tersebut

Ah, beruntungnya mamak-mamak jaman sekarang. Ibaratnya, asal punya niat dan kemauan, memasak jenis masakan apapun bisa  dilakukan dengan panduan resep masakan secara online. Bumbu-bumbu atau bahan-bahan  apa yang dibutuhkan, bagaimana proses pemasakan/pengolahan yang benar, semuanya bisa dilacak melalui mesin telusur. 

Kondisi ini tentu berbeda sekali dengan era 90-an, di saat penggunaan teknologi internet belum se massif sekarang. Untuk bisa mendapatkan aneka resep berbagai makanan/minuman, maka cara yang bisa dilakukan waktu itu adalah meng klippingnya dari majalah, koran atau harus membeli buku resep masakan. 

Memang, agak repot dan memakan banyak waktu. 

Bandingkan dengan saat ini. Asal punya smartphone dan kuota, beres semuanya. Beragam resep masakan bertaburan di dunia maya. Dari ribuan  penulis, banyak sekali! Tinggal kita sebagai user saja yang menyeleksi, mencari mana yang sekiranya sesuai dengan apa yang kita mau. 

Dari sekain banyak web penyedia resep-resep masakan, satu yang recommended adalah Rinaresep.com

Menemukan Beragam Kreasi Masakan di Rinaresep.com


Saya senang mencicip beragam kuliner. Cuma sayangnya, untuk urusan masak-memasak masalah saya sering sama dengan kebanyakan manusia penghuni bumi yang lain; kemampuannya terbatas 😀

Untuk mendapatkan cita rasa terbaik,  sebenarnya saya masih sering membutuhkan panduan saat mengolah bahan mentah menjadi makanan siap santap. 

Untungnya, apa yang saya butuhkan mendapatkan jawaban dari Rinaresep.com.

Dibuat pada bulan April 2020, Rinaresep.com digawangi  oleh 4 anak muda kreatif yaitu Widya Abdurrozaq, Anggraini, Miftah Aulya dan Shilvia Rozalia, RinaResep.com memang sejak awal bertujuan untuk membantu para ibu yang sering bingung saat ingin menyajikan menu-menu yang lezat tiap harinya, dan juga membantu kaum muda yang kepengen belajar masak. 

Membuka halaman demi halaman dari Rinaresep.com ini acara masak menjadi  menyenangkan, namun juga tetap praktis. Resep masakan yang ada, sudah dikelompokkan berdasarkan beberapa kategori. Dan ini sangat mempermudah pengguna untuk menemukan resep yang mereka inginkan, mau resep minuman, resep makanan, ataupun resep kue.  

Bahan-bahan yang diperlukan dipaparkan secara detail, mulai dari jenis dan jumlahnya, berikut detail cara masaknya.  Agar lebih mudah, kita  juga bisa menggunakan fitur search/pencarian.


kategori-web-rinaresep.com
Pengkategorian resep-resep masakan berrdasarkan jenisnya, dan ini sangat membantu pengguna


Enaknya belajar masak dari Rinaresep.com adalah menu-menu yang ditampilkan rata-rata menu yang sederhana. Step-stepnya ditulis sesimpel mungkin agar mudah dipahami pembacanya. Selain itu, pada setiap menu juga ditampilkan informasi nutrisi dari masakan. Membantu banget bagi mamak-mamak yang lagi diet, biar itung-itungan kalorinya nggak meleset 

Tak hanya menampilkan berbagai kreasi masakan dari negeri sendiri, di situs ini sayapun juga bisa memperkaya kekayaan kuliner dengan resep-resep makanan dan minuman dari beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Italia, Prancis, China, dan juga Amerika. 

Menariknya, apa yang ditampilkan di Rinaresep.com tetep berpegang pada konten yang berdasarkan praktek keseharian. Itu artinya, menu-menu yang ada sudah melewati dapur uji para content kreatornya Rinaresep.com


Memasak Wajik Ketan  Jawa Tengah Dengan Referensi RinaResep.com


Ketika berselancar di “dapur maya” nya RinaResep.com, mata saya tertambat dengan salah satu resep yang berada dalam kategori  kue, yaitu resep dan cara membuat kue wajik khas Jawa Tengah.

Sebagai wong Jogja, tentulah saya akrab dengan salah satu kue tradisional berbahan dasar ketan tersebut. Dulu waktu kecil, wajik bisa dibilang sebagai panganan yang cukup populer, biasa  hadir sebagai snack hajatan ataupun event-event khusus keluarga. Sekarangpun kue wajik  ini masih ada yang menjual, tapi semakin jarang. Padahal, buat lidah jawa yang suka makanan manis kayak saya, wajik itu seperti Carang Gesing, kue tradisional yang enak dan ngangenin.

Terkait dengan kue wajik, sayangnya  selama ini  saya sebatas sebagai penikmat. Pernah mencoba membuatnya, tapi belum begitu sukses. Entah itu si ketan yang keras seperti kurang matang, atau pernah juga wajiknya malah jadinya terlalu lembek. Pokoknya, eksperimen membuat wajik yang sudah pernah saya coba, tidak sesukses waktu mencoba perdana membuat nugget pisang  beberapa waktu lalu. 

Maka berbekal beras ketan yang diberi ibu waktu lebaran kemarin, dipandu resep ala Rinaresep.com yang sudah saya baca dan pahami baik-baik,  bereksperimenlah saya di dapur, mencoba membuat wajik Kalau di Rinaresep.com satu porsi kue untuk 1kg beras ketan, saya menyesuaikan. Hanya membuat separuh porsi, karena separuh pun saya rasa sudah cukup untuk konsumsi kami berempat. Dan...begini hasilnya.

Wajik-ketan-olahan-resep-kreasi-rinaresep.com
Hasil recook menu dari Rinaresep.com Dalam format aslinya, kue wajik berwarna  coklat tua, diiris kotak. Untuk bentuk, saya kreasikan sendiri dengan mencetak wajik dengan cetakan jelly dengan tujuan membuat bentuk wajik lebih variatif.


Baru nyoba satu masakan? Iya sih. Tapi serius, besok pengen nyobain lagi resep-resep lainnya. Pengen tahu kenapa? Soalnya Rinaresep.com ini asyik untuk dijadikan semacam dapur digital, tempat dimana kita bisa berburu berbagai resep masakan.


2 komentar:

  1. Waaaah...keren...bisa bikin wajik.

    Coba bikin sesuatu juga, ah.

    BalasHapus
  2. Wah ada situs resep baru lagi, keren juga namanya!

    BalasHapus

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Untuk menghindari spam, untuk sementara kolom komentar saya moderasi dulu ya. Komentar berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin

Diberdayakan oleh Blogger.