25 Juni 2020

Sst...Jangan Heran, Meski Kelihatannya Santai Di Rumah, Tapi Mereka Tetap Kerja dan Punya Penghasilan


Pekerjaan-yang-bisa-dilakukan-dari-rumah


Gara-gara Corona, istilah bekerja dari rumah atau Work From Home  menjadi akrab di telinga kita. Untuk meminimalisir penularan virus, beberapa sektor pekerjaan memang menganjurkan pegawai atau karyawannya bekerja dari rumah. 

Kalau yang sudah terbiasa bekerja di kantor, bisa jadi model bekerja dari rumah akan membutuhkan proses adaptasi yang tidak mudah. Gimana tidak? Melakukan pekerjaan (kantor) di rumah, pastinya harus tahan dengan banyak godaan, misalnya lagi serius di depan laptop...eh, diajakin sepedaan. Atau, pas  mesti ada meeting online, tiba-tiba si bocah  di rumah rewel minta jajan. Jadi memang benar kalau model work from home ini, dari sisi efektifitasnya memang jauh berbeda daripada model bekerja dari kantor.

Dan bukan rahasia juga, kalau sebenarnya tidak semua pekerjaan bisa dibawa ke rumah. Teman saya loh –PNS di sebuah lembaga pemerintahan di Surabaya -- pernah cerita klo saat WFH, serasa nggak ada bedanya dengan libur. Ya, karena memang tidak ada pekerjaan  (kantor) yang bisa dikerjakan saat di rumah. 

Tapi, ada juga lho beberapa profesi dengan tipe-tipe pekerjaan yang bisa di selesaikan di mana saja. Artinya, ia tidak terikat jam, tempat, maupun hari kerja.  Ini nih yang tampak luarnya santai. Malah kadang dikira pengangguran..wong orangnya di rumah, nggak pernah pake seragam. Bahkan saat keluar rumah, juga tidak ada identitas semacam ID card atau apa...sehingga tampilan mau pergi jalan-jalan dengan tampilan pergi urusan pekerjaan nggak ada beda. 

Faktanya, beberapa profesi Ini memang bisa bekerja dari mana Saja, siapakah mereka?


Makanya, nggak perlu buru-buru memvonis setiap orang yang setiap saat ada di rumah itu pengangguran ya. Trus jangan lantas berfikiran negatif kalau tiba-tiba melihat seseorang yang tampak luarnya tidak pernah berseragam, tapi ternyata secara ekonomi hidup berkecukupan. 

Bisa jadi, ia memang menggeluti salah satu pekerjaan ini dan menjalankannya secara profesional 

1. Penerjemah atau Guru Bahasa Asing Online

Memiliki kemampuan bahasa asing, merupakan modal yang bisa banget diandalkan untuk mendapatkan penghasilan. Di era digital semacam ini, job sebagai penerjemah atau translator bisa datang dari banyak klien. Bisa dari perusahaan-perusahaan semisal e-commerce  yang ingin mencari target di pasaran global, atau mungkin juga perusahaan yang hendak mengubah audio atau video ke dalam bentuk teks. 

Nilai plus dalam penguasaan bahasa asing, bisa juga lho dimanfaatkan untuk menekuni profesi sebagai guru. Kalau kebanyakan guru yang kita kenal dahulu mengajar di dalam kelas, nah era digital memberikan peluang yang sangat besar untuk menjadikan seseorang sebagai guru bahasa asing online. Mereka tak perlu keluar rumah, cukup memberikan materi kepada siswanya melalui aplikasi, Skype misalnya.

2. Digital Marketer

Pekerjaan-yang-bisa-dilakukan-dari-rumah

Profesi ini tumbuh subur seiring semakin banyaknya jenis usaha yang mempromosikan suatu produk jasa secara online dengan menggunakan media digital. Seorang digital marketer bisa jadi terikat dengan satu perusahaan tertentu, tapi sangat mungkin pula bekerja dengan banyak perusahaan sekaligus. Yang pasti,  mereka mesti menguasai dan mampu melakukan hal-hal yang berkaitan dengan pemasaran secara digital seperti search engine optimization, content marketing, video marketing, aktif di media sosial, dan juga mengikuti perkembangan teknologi. 

Pekerjaan ini tidak mensyaratkan untuk mereka duduk di kantor dari jam 8 pagi sampai sore hari, tetapi bisa dilakukan secara remote/jarak jauh.

3. Penulis/Blogger

Penulis buku, blogger atau  penulis konten untuk web memiliki ritme kerja yang mirip satu sama lain. Mereka bisa menuangkan ide-ide tulisan mereka kapan dan dari mana saja. 

Pekerjaan-yang-bisa-dikerjakan-dari-rumah

Penulis menghasilkan buku, yang kemudian akan mendapatkan royalti dari penerbit. 

Sementara blogger? Ada beberapa cara yang dilakukan blogger untuk memonetisasi blog  mereka, seperti fee yang akan mereka dapatkan saat mengulas produk tertentu, mendapatkan kerjasama content placement, menjadi pemenang lomba blog, undangan pada suatu acara, ataupun saat mendapatkan kesempatan menulis untuk web lain, dan juga pendapatan sebagai publisher iklan. 

4. Programmer
Programmer adalah seseorang yang memiliki kemampuan/skill menulis dan merancang kode program-program komputer menggunakan bahasa –bahasa pemograman komputer. Pekerjaan ini dikenal sebagai pekerjaan dengan penghasilan tinggi dan masa depan yang menjanjikan, dengan peluang kerja yang terbuka lebar. Selain yang sifatnya ngantor, banyak juga programer yang membawa pekerjaan mereka ke rumah, atau mengerjakan job mereka dimana mereka nyaman. 

5. Desain Grafis
Banyak bidang usaha yang mebutuhkan jasa seorang grafis desainer. Bermodalkan jiwa seni dan ketrampilan mu membuat karya dalam bidang desain grafis, seseorang yang melakoni profesi ini tidak wajib datang ke kantor untuk kemudian duduk di depan komputer sepanjang jam kerja. Ia bisa saja hanya berhubungan melalui email dengan klien, mengirimkan desain ataupun hasil akhir karyanya dalam bentuk file, dan mendapatkan gaji pun masuk melalui transfer rekening bank.

Selain 5 profesi diatas, sebenarnya masih banyak profesi-profesi lain yang bisa dijalankan dari rumah.  Jadi, jangan cepat underestimate dengan orang tampaknya hanya luntang-lantung di rumah seolah-olah tak ada pekerjaan. Bisa jadi, hanya jam kerja mereka  saja yang berbeda. 

2 komentar:

  1. Beberapa teman bloger yang di rumah aja sering ditanya tetangga soal pekerjaan mereka.

    Kok bisa beli ini dan itu padahal di rumah aja.

    Ada yang njawabnya pesugihan, pengangguran. Hihi...

    Mungkin jg disangka orang, dia dapat warisan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi..hi...susah menjelaskan. Apalagi klo di desa karena definisi kerja adalah buat mereka seringkali hanya untuk yang punya kantor, punya seragam, dan pergi dari rumah

      Hapus

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Untuk menghindari spam, untuk sementara kolom komentar saya moderasi dulu ya. Komentar berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin

Diberdayakan oleh Blogger.