24 Januari 2018

Perdana Nyobain Bikin Nugget Pisang Sederhana




Selama ini, dalam hal masak memasak, olah-mengolah makanan, saya nggak pernah neko-neko. Lempeng aja klo masak. Sayuran, paling sering ditumis. Lauk-pauk mayoritas digoreng. Cemilan...sama, kalo nggak gorengan ya rebusan.

Hingga kemudian suatu hari, saya nemu di jalan --entah, pas lewat di mana, saya lupa, ada yang jual nugget pisang, pake gerobak. Penjualnya pas tutup, hanya ada gerobak plus tulisan.. "Oh..ada ya nugget pisang", batin saya sambil terus jalan. Wkk..ilmu kulineran saya tentang jajanan pisang masih sebatas pisang goreng, pisang rebus, pisang aroma dan pisang bakar ternyata😀 Agak ribet dikit mbikinnya, ada carang gesing.

Penasaran, akhirnya googling. Mumpung ada pisang di rumah, pengen lah nyoba buat sendiri. Ketemu beberapa resep, sekilas mbaca sih kayaknya mbikin nugget pisang nggak terlalu sulit. Ok, lah...berbekal bahan yang ada, kebeneran lagi niat di dapur..mulai!

Soal takar-menakar, saya banyakan pake feelling. Bahan-bahannya, simpel banget:

Bahan Pokok
  • 5 buah Pisang, saya pakai pisang kepok.
  • Tepung terigu, 5 sendok makan
  • Tepung panir, 150 gram
  • Sedikit garam
  • Satu sachet SKM
  • 1 butir telur, kocok

Tambahan
Larutan tepung terigu+air, untuk pencelup sebelum digulung ke panir.
Margarin, untuk mengukus loyang


Langkah Pembuatan Nugget Pisang Sederhana

Pisang, setelah dikupas dihancurkan/dilumatkan. Untuk proses ini, agar hasil halus sempurna sebenarnya bisa pake blender. Tapi karena males nyuci blender..akhirnya pisang saya hancurin pake ulekan cobek. Eh..sebenarnya Alya ding yang ngalusin..karena dia mau bantu-bantu. Ya udah, tak kasih job halusin pisang😀

Setelah pisang lumat, campur sama tepung terigu, sedikit garam, kocokan telur, plus satu sachet SKM. Bagusan putih sebenarnya, karena nanti untuk warna lebih bagus. Tapi karena saya punya dirumahnya SKM coklat..pake itu aja, cuma ternyata kalo pas udah matang jadi kesannya gosong.

Siapin tempat untuk mengukus. Dari beberapa resep yang saya baca sebelumnya, ada yang model ngukusnya loyang dialasi plastik, ada yang model dioles margarin. Saya milih yang kedua, pake margarin, sepertinya lebih aman untuk kesehatan. Oles-oles pinggiran loyang, tuang adonan, kukus sekitar 20 menit. 

Tinggal mandiin anak+mandi, matang. Dan trala...begini hasilnya.



Langkah berikutnya, potong sesuai selera masing-masing, celupin ke bahan pencelup..gulingkan ke tepung panir. Jadi deh!! Simpen freezer bentar dulu biar panirnya ga gampang lepas klo digoreng. Nugget pisangnya sudah jadi! Untuk potongan saya, kemaren jadi sekitar 15 iris...mayan, bisa 2 atau 3 kali goreng! Setelah digoreng, lebih cantik sih dikasih taburan meisis atau  keju...tapi karena ini bikin cemilan dari bahan yang ada, besok aja lah..yang nggoreng berikutnya aja yang dikasih topping. Kalo yang edisi perdana ini, biar tampil sederhana, keburu sore, keburu Raka kelar les+ayahnya pulang kantor.


Meski sederhana, buat cemilan di saat hujan, enak lho😀. Apalagi...pas masih anget.  Mirip pisang goreng sih, tapi taburan tepung panir membuat cemilan ini  terasa lebih krispy. 
Kriukk!


14 komentar:

  1. wahhh gampang banget yaa Mbaa Sulis, nanti coba buat ahhh, cocok banget nih dijadiin camilan yang bisa dinikmati sambil nonton drama korea atau film india :)

    BalasHapus
  2. Kok jadi pengen ya, lihatnya. Laper gitu.. Udah malam padahal..ha

    BalasHapus
  3. Jajanan kekinian nih ya, aku lihat di youtube nya Raditya Dika 😁😁

    BalasHapus
  4. wahh kayanya aku bakal coba deh mba dirumah hehehe




    http://nuvaderma.com/blog

    BalasHapus
  5. Pisangnya bebas apa harus pisang kepok Bun? anak saya penggemar nugget banget dan saya baru coba dengan bahan dasar jamur he he

    BalasHapus
  6. Aku belum pernah nyoba nugget pisang kayak gini. Perlu dicoba nih. Pisang diapa-apain enak sih. Kalau malas ya dibikin pisang goreng. Kalau agak rajin ya buka buku resep bikin cake. Haha... aku masak suka2 sih.

    BalasHapus
  7. Iya ini, di pinggir-pinggir jalan sekarang banyak banget yang jualan jajanan macam ini mbak.
    Penasaran sebenernya, belom pernah nyoba juga.
    Ternyata kalau bikin sendiri pun, ngga susah-susah banget.

    BalasHapus
  8. Oalahhh...kok ya adaaa aja ya idenya. Pikirku pisang cuma bisa digoreng sama dikolak aja

    BalasHapus
  9. Sebenarnya pisang itu buah yang sangat menyehatkan ya mbak, dimakan gitu saja gizinya sudah tinggi. Apalagi diolah lagi dengan berbagai variasi nan kreatif pasti tambah semangat makannya. Sayang Vani nggak suka pisang mbak, nyium baunya saja sudah nggak mau. Jadi kalau ada olahan pisang gini yang makan justru orang tuanya hehe..

    Boleh dicoba nih buat hidangan arisan misalnya, yummyyyy... :)

    BalasHapus
  10. Widih, gampang ya. Aku mau nyoba resepnya ya. Kebetulan tadi beli pisang raja kampung masih separo tandan. Pisang raja kampung tu pisang raja dr halaman tetangga aja heheee, dijualnya di warung tetangga juga. Gede2, 2x gedenya dibanding pisang raja umumnya. Harganya pun murah, cuma separo dr harga pisang raja yg biasa utk kondangan. Tapi rasanya tidak terlalu manis, mungkin lebih cocok dibuat nugget gini ya, drpd dimakan langsung.

    BalasHapus
  11. Pas lihat gambarnya jadi inget menu jajanan yang lagi ngehits di cafe-cafe sekarang. Dan memang rasanya enak banget

    BalasHapus
  12. Wah pakai dikukus dulu ya. Bener2 macam nugger daging ya, hahah... Saya belum pernah nyoba ini. Iya dari warna, bagus pakai SKM putih ya mba.

    BalasHapus
  13. Sukses bikin ngiler, haha. Aku dari dulu suka makan ini pisang. Dulu sih sebelum kekinian, namanya pisang pasir xD Sekarang jadi banana nuget :D

    BalasHapus
  14. Cemilan murah meriah dan enak nih :D Nagih kalau sudah makan banana nuget :D

    BalasHapus

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin