9 Juni 2020

Ketika Jendela Find and Replace Reload Terus-terusan di Jendela Ms Word


Sebel tahu nggak sih, ketika ide nulis mengalir lancar tapi si alat malah trobel. Upps! Edisi curhat pengalaman pribadi ini judulnya. Tapi endingnya jadi senyum-senyum juga karena ternyata solusinya mudah! Termasuk ketika lagi asyik-asyik mbikin artikel untuk blog eh...lha kok perintah Find and Replace muncul mlulu di layar. 

Iya,  muncul sendiri, tanpa diminta. Mana nggak bisa diclose..  Kayak gini tampilannya:



Yess, saya masih make MS word untuk ngedraft.  Alasannya lebih bisa nyantai karena bisa offline. Nanti kalau udah OK, baru pindah ke notepad, baru pindah lagi ke dashboard blogger, rapi-rapiin sebentar, baru publish.  Dalam rangka ngirit kuota... 😀😀

Balik lagi soal jendela Find and Replace yang tahu-tahu sering muncul sendiri. Awalnya saya pikir MS word saya aja yang trouble, atau netbook yang memang lagi nggak kompak buat jadiin partner nulis. Sudah mutung, mending nulis pake evernote di ponsel. Tapi kok tetep penasaran kalo belum nemu solusi..

Standard, googling...

Kali aja nemu teman yang pernah mengalami kejadian serupa, dan sudah nemu jawabannya. Dan..saya sebagai mamak-mamak yang masih sering gaptek terbantu banget dengan salah satu artikel dari rekahawan.blogspot.com.

Ternyata, mudah sekali solusinya.

Saat jendela Find and Replace jadi sering muncul sendiri tanpa diminta, coba fokus saja ke tombol F5 di keyboardmu. Bisa jadi posisinya ngunci. 

Pastikan semua tombol beada pada ketinggian sejajar/tidak ada tombol yang kekunci, atau kalau cara itu belum berhasil menormalkan keadaan,  ada indikasi bagian bawah tombol F5 kotor/berdebu.
Cara yang paling mudah adalah, lap atau tiup tombol F5 dengan kencang agar debu-debunya pergi. Atau bersihkan sekalian tombol-tombol pada keyboard. 

Ah..kadang hal yang awalnya terlihat rumit, ternyata solusinya gampang ya!

4 komentar:

  1. Pernah aku ngalami hal yang sama.
    Oh, ternyata gangguannya berada terletak di tombol F5 ..
    Tau gitu dulu ngga manggil tekhnisi kerumah.

    Terimakasih ya sudah dibagikan ilmunya, kak.

    BalasHapus
  2. Haha.. Dulu saya suka banget kek gini mbak. Solusinya beli keyboard baru dan itu sangat sangat tidak disarankan karena cukup menguras keuangan keluarga.
    Tapi itu dulu sih. Sekarang coba utek2 dulu. Klo gak berhasil tanya tetangga kos yg pinter2 ituh

    BalasHapus
  3. aku yang sering itu ngeclose dewe
    jadinya kzl untung ada autosave mbak
    iya sih kadang berdebu ya atau enggak pas
    jadi harus rajin2 ngecek

    BalasHapus
  4. Jazakillahu khairan, sangat membantu :)!

    BalasHapus

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Untuk menghindari spam, untuk sementara kolom komentar saya moderasi dulu ya. Komentar berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin

Diberdayakan oleh Blogger.