23 April 2020

Meski tak Lagi Sama, Yuk Buat Ramadhan Tetap Penuh Makna


🧒 : “Nok...sesuk Jum’at poso lho...tapi ora ono takjilan” 
👧: “Takjilan ki opo e mas..?”
🧒: “Halah...TPA, trus buko no mesjid bareng-bareng. Taon wingi kowe melu tho...malah sego mu temumplak. Lali po?”

Obrolan  Raka dan Alya  beberapa hari yang lalu, pada suatu petang. Namanya bocah, masih maklum kalau yang mereka ingat tentang ramadhan adalah hal-hal yang tak jauh dari makanan. 

Baca artikel serupa : Ramadhan Ala Anak Desa

Meskipun sebenarnya, saya juga kangen melihat moment mereka berdua berjalan bersama  atau bersepeda untuk pergi ke masjid, setiap Ramadhan tiba. Alya cantik dengan gamis dan jilbabnya, pun Raka dengan setelan baju muslimnya

Ah, tapi memang Ramadhan tahun ini harus terjalani dengan cara yang berbeda. Tak lain karena pandemi Covid-19 yang belum juga reda.

Banyak hal-hal yang seharusnya hanya ada dan dimiliki bulan Ramadhan, harus dilakukan secara mandiri, #DiRumahSaja. 

Masjid yang biasanya penuh dengan Jamaah saat Isya, Tarawih dan juga Subuh, nantinya akan lengang.  Ramadhan kali ini, bisa jadi nggak lagi ada wajah anak-anak yang ceria saat berbuka bersama di masjid  dengan menu takjil sederhana.

Sedih mengingatnya. Tapi bukan berarti, tak ada yang bisa kita lakukan bukan?


Berbagi, Satu Cara Sederhana Untuk Menjadi Manusia Berguna

Bisa dibilang, sebenarnya usaha keras kita untuk melewati pandemi Covid-19 ini merupakan  ujian untuk semuanya. Untuk masyarakat yang tidak berpunya, maupun masyarakat yang berpunya. Kok? Iya, karena sekaranglah ujian bagi golongan yang memiliki rejeki lebih untuk bisa berbagi, menolong yang sedang membutuhkan. 

Terlebih pada  moment di bulan Ramadhan ini, dimana Alloh menjanjikan berlipat pahala untuk setiap kebaikan yang kita lakukan. 

Secara fisik berbagi dan bermurah hati itu terlihat merugikan, namun faktanya justru sebaliknya. Saat kita beramal atau berbagi, justru terjadi efek-cahaya pemberi atau yang dikenal dengan warm-glow effect dimana si pemberi akan mendapatkan perasaan positif atas tindakannya memberi atau membantu orang lain. 

Bagi yang tinggal di pedesaan seperti saya, pasti familiar kan dengan tradisi memberikan sedekah menjelang berbuka bersama atau takjil. 

Ketika tradisi rutin ini mesti hilang, sebenarnya masih ada alternatif pengganti sebagai cara lain kita berbagi rejeki, misalnya dengan berbagi dalam bentuk uang atau mewujudkannya dalam bentuk bahan pokok/kebutuhan sehari-hari ke tetangga  atau saudara yang membutuhkan.

Tidak ada ukuran pasti dalam berbagi. Yang pasti, bisa menyesuaikan dengan kemampuan kita masing-masing dan bisa dimulai dengan berbagi dalam lingkungan terdekat dimana kita tinggal. 

Merancang Keseruan Ramadhan, Meski Tanpa Pertemuan

Penghujung Ramadhan, biasanya menjadi hari istimewa bagi keluarga besar yang posisinya sudah menyebar. Seperti keluarga kami. Tapi, Lagi-lagi karena kondisi, kami tidak bisa bertemu dan berkumpul secara langsung untuk acara halal bil halal dan silaturahmi tahun ini. 

Bagaimana caranya ya, agar meski tak bertemu tapi tetap seru? Video call itu pasti. Tapi sepertinya masih ada yang kurang..

Tiba-tiba sebuah ide terlintas di kepala saya. Yup! Tukeran kado saja jarak jauh saja.  Baju muslim dan pernak-perniknya sebagai hadiah, menurut saya adalah pilihan yang menarik. Saya membayangkan, para ponakan akan hepi kalau ide ini nantinya dieksekusi. 

Dan kami bisa melakukan itu semua dari rumah masing-masing.

Promo Ramadahan Tokopedia


Bakalan seru pastinya ngabuburit, memilih kado terbaik sambil cuci mata melihat berbagai koleksi barang yang oke punya. Milik brand  zoya  misalnya. Di mana? Cukup di Tokopedia saja.  

Apalagi menjelang dan selama Ramadhan 2020 ini Tokopedia menggelar sejumlah event seru dan kejutan seperti promo bebas ongkir sepuasnya, diskon dan cashback hingga kesempatan untuk memenangkan hadiah menarik

1. Bebas Ongkir
Biaya ongkir ini sering menjadi pertimbangan bagi para pembeli online, termasuk saya. Mulai sekarang dan sepanjang bulan Ramadhan, Tokopedia akan menyediakan gratis ongkos kirim hingga 5x sehari. Khusus 3 dan 4 Mei, semua pembeli akan mendapatkan fasilitas bebas ongkir sepuasnya, tanpa batas maksimal. Catat ya!

2. Brand Deals
Dimulai dari 1 April, di program ini akan ada penawaran menarik dari puluhan brand atau official store yang bekerjasama dengan Tokopedia. Rajin-rajin aja, ngecek biar tidak kelewatan.

3. Crazy Deals
Sesuai nama, promo gila-gilaan! Di sini kamu bahkan bisa mendapatkan promo potongan harga hingga 99% pada berbagai kategori produkelektronik, handphone dan gadget, otomotif, perlengkapan ibu dan bayi, hingga produk-produk kecantikan. Selain Tokopedia, yakin bisa mendapatkan promo segila ini? Oh..iya, berlangsung setiap hari mulai pukul 10.00-14.00 ya

4. Kejar Diskon
Di promo ini produk akan ditawarkan secara flashsale, dengan harga dibawah 99ribu rupiah. Setiap dua jam, jenis kategori produk yang didiskon akan diganti. 

5. Kotak Kejutan
Tokopedia akan menyediakan satu hadiah berupa kotak kejutan perhari dengan cara “Tap-tap Box”. Caranya, pastikan kamu login di aplikasi, dan tap kotak yang ada. Siapa tahu, kamu beruntung!

6. Gajian Ekstra
Mulai 1 April kita bisa mendapatkan berbagai produk kebutuhan sehari-hari dengan harga murah-meriah, memanfaatkan promo gratis ongkir, dan juga tambahan cashback. 

Promo Ramadhan Tokopedia


Kalau Tokopedia saja mampu memberikan banyak sekali hal yang membuat kita betah dan gembira saat berbelanja, kita juga pasti bisa. Niatkan dalam hati semoga Ramadhan tahun ini, meskipun suasana bangsa sedang berduka tapi apa yang kita lakukan bermanfaat untuk sesama.

Tetap semangat menyambut Ramadhan, dan penuhi semua kebutuhan Ramadan di Tokopedia. Serta nikmati berbagai promo Ramadhan, hadiah dan penawaran menarik lainnya mulai 1 April-13 Mei 2020. Jangan lupa top up Ovo untuk transaksi belanja online lebih praktis!


19 komentar:

  1. Bagaimanapun kondisinya, Ramadhan tetap istimewa. Meski tahun ini suasana berbeda, tetap harus semangat ngalab berkahnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba..bener banget. Tetap semangat berburu berkah ramadhan

      Hapus
  2. Saya juga baru belanja nih di Tokopedia. Kebetulan lagi butuh tambahan masker kain

    BalasHapus
  3. Dengan adanya beli secara online ini ngebantu banget mba bagi kita yang nggak bisa mobile bepergian ya mba. Bismillah semoga ramadhan ini memberikan kebaikan ya

    BalasHapus
  4. Wah bisa juga nih dilakukan ya tuker kadonya atau misal kasi kado atau parcel buat saudara atau teman. Bisa langsung dipesenin via tokopedia ya mbak :D

    BalasHapus
  5. Biasanya kalau bulan puasa selalu banjir promo di Tokopedia. Saya lagi nunggu-nunggu infonya. Pas banget nih Mbak.

    BalasHapus
  6. Itu kenapa sego ne si Alya sampai temumplak mbak? Pengen tahu alasanya aku. Hahaha

    Bener sih, kalau habis berbagi itu memang rasanya kaya ada yang beda gitu. Tambah lebih seneng kalau aku ngerasainnya mbak. Hidup berasa lebih "sedikit" bermanfaat. Hehehe

    Promo dari tokopedia banyak banget euy. Lumayan ini ngepasi pas masa karantina dan puasa. Bisa dipakai buat belanja dari rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di buru2 sama kakaknya. Jd pas di masjid, nggak habis makannya...trus niatnya bawa pulang, lanjut di rumah maemnya. Tp gitu deh...kakak sering ga sabar momong adik..jalannya keburu2, tumplak😀

      Hapus
  7. Wah jadi ingat aku mau top up ovo jadi lupa, aku baru mau belanja aksesoris and make up di Tokopedia :)

    Lumayan lg bebas ongkir nih :)

    BalasHapus
  8. Ide bagus mba tukeran kado jarak jauh ya jadi dapat ide hehehe btw aku juga suka sama koleksi zoya ntar ah cari di tokped

    BalasHapus
  9. aku nikmati apa yang diberikan oleh-Nya..saat ini kita memang harus prihatin dan benar - benar meminta ampunan dari-Nya agar kondisi menjadi lebih baik

    BalasHapus
  10. Aku berusaha menjalani Ramadan dengan suka cita meskipun saya sadar bahwa semuanya sulit di berbagai sisi. Tetapi Tuhan tidak akan pernah diam, bukan?

    BalasHapus
  11. Tukeran kado kyk teman2 muslimah blogger di negeri sono

    Seru juga ya

    Btw, ramadan kl ini istimewa, beda dr yg sudah-sudah

    Selamat berpuasa, ya, Lis

    BalasHapus
  12. tiap hari saya buka kotak kejutan tokopedia dan berharap dapat kesampaian punya emas yg cm ditebus 100 perak. wow banget kan ya

    BalasHapus
  13. Wah menarik banget promo dari tokopedia. Aku seringnya beli pulsa aja sih di tokped karena selalu ada cashbak, hehe. Mau coba beli kado buat temen di tokopedia juga ah

    BalasHapus

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Untuk menghindari spam, untuk sementara kolom komentar saya moderasi dulu ya. Komentar berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin

 
Top