16 Februari 2020

Hobi Kulineran? Yuk, jadikan Wisata Kulineran Makin Mudah dan Menyenangkan dengan Traveloka Eats


Saya sering senyum kalau  ingat kebiasaan sebelum  acara piknik saat masih sekolah. Ibu hampir selalu menyiapkan bekal makanan untuk anak-anaknya. Logis juga alasannya, takut mereka lapar karena nggak nemu tempat yang bisa digunakan untuk njajan.  Lha iya, wong jaman dulu belum ada Traveloka Eats! 



Sekarang saya hampir tidak pernah membawa banyak perbekalan saat hendak bepergian. Cukup seperlunya saja. Saya sadar, sudah terjadi pergeseran terhadap prilaku masyarakat dalam memaknai aktivitas wisata atau plesiran.

Kalau era tahun 80 atau 90 an,  titik berat dari aktivitas wisata adalah kegiatan yang bertujuan pergi ke suatu tempat baru. Rata-rata tujuan utamanya untuk mencoba/ menikmati suatu lokasi/atraksi seni. Belakangan, konsep wisata pun makin berkembang. Tak hanya fokus pada tempat/lokasi, hampir semua wisatawan melengkapi perjalanan mereka dengan  melakukan wisata kuliner. 

Meski acara pokok dari wisata kuliner “hanya” makan atau minum, namun jangan salah! Aktivitas ini juga memiliki banyak manfaat di kedua belah pihak, baik penyedia produk konsumsi maupun pembeli.

Dari kacamata konsumen, wisata kuliner selain mengenyangkan perut juga bisa membuang rasa jenuh. Wisata kuliner akan mengajak kita pada suasana yang berbeda dari hari-hari sebelumnya. Nggak bisa membayangkan kan, kalau misalnya dari 7 hari dalam seminggu masing-masing dari anggota keluarga hanya melakukan hal yang sama dan berulang? 

Kedua,  wisata kuliner mengenalkan banyak rasa,  mengurangi anak dari sifat pemilih makanan. Ini catatan penting untuk para orang tua. Saya merasakan dua anak dengan treatment yang berbeda, ternyata outputnya berbeda pula. Dalam hal selera, sulung saya termasuk picky karena sejak kecil ia tidak mengenal banyak rasa, berbeda dengan adiknya yang memiliki selera lebih variatif, bisa jadi karena sejak kecil ia lebih banyak mengenal rasa.

Ketiga, menjaga warisan budaya bangsa. Tanpa maraknya wisata kuliner seperti sekarang, bisa jadi keberadaan mie lethek, gudeg manggar, sate klathak, dan juga banyak menu-menu kuliner lokal hanya akan tinggal kenangan. Dengan mengenal, merasakan kembali dan menjaga keberadaan berbagai warisan kuliner nusantara berarti ikut menjaga pula warisan budaya yang berbentuk hasil olahan bahan pangan. 

Traveloka Eats, Panduan Wisata Kulineran yang Recommended

Informasi mengenai tempat makan atau tujuan wisata kulineran sebenarnya bisa didapatkan dari banyak sumber. Bisa jadi digetoktularkan melalui obrolan dari mulut ke mulut. Namun banyak juga yang berawal dari  kemajuan teknologi, yaitu melalui aplikasi. 

Sebut saja Traveloka. Aplikasi ini pada  awalnya hanya saya manfaatkan untuk mencari tempat nginep yang sesuai budget saat lagi pengen dolan alias jalan-jalan. Selain itu, saya gunakan juga untuk memesan tiket. Ternyata makin hari, jenis layanan yang diberikan Traveloka semakin lengkap.

Baca juga : Jadikan Jogja Sebagai Destinasi Wisata Pilihan, dan Jadikan Liburan Berkesan dengan Traveloka Xperience

Belum lama, saya meng-update aplikasi ke versi terbaru.  Saya lihat, ada fitur baru  berlogo sendok dan juga garpu, Traveloka Eats. Penasaran dong, menu-menu seperti apa yang ditawarkan Traveloka Eats ini. Ternyata seru dan sangat membantu.

Traveloka Eats, berada di pojok kanan atas



Tinggal memilih, sesuai kebutuhan



Secara garis besar, menu  terbaru dari Traveloka ini memang beneran memanjakan para penikmat wisata kulineran. Betapa tidak? Di dalam salah satu fiturnya, saya bisa memilih tempat makan atau resto sesuai apa yang dimau. Ada fitur Search yang bisa  saya gunakan dan  tinggal menyesuaikan dengan selera makanan dan juga lokasi terbaru. Selain itu, ada pilihan juga apakah saya mau mencari  yang terdekat (secara lokasi), yang ramah di kantong, atau yang buka 24 jam.  
Kota-kota yang sudah bisa menikmati fitur Traveloka Eats

Setelah menemukan target, informasi lebih lanjut bisa langsung dicari. Misalnya bagaimana suasana resto, menu-menu yang ada, plus rate harga juga. Ya, gimana-gimana kan tetep kudu menyesuaikan dengan kondisi dompet. Misalnya saya membutuh informasi tambahan, di sini saya menemukan banyak artikel dari para food blogger yang tentunya sangat membantu. Apalagi, kalau posisi memang benar-benar berada di daerah baru.

Butuh booking tempat makan dengan segera? Bisa ternyata. Tinggal telepon saja resto atau tempat makan yang dituju, karena informasi memang dilengkapi nomor telepon, jam operasional plus ulasan dari para konsumen sebelumnya. Kitapun bisa juga lho nulis ulasan di sini.

Rejeki banget itu, buat yang sudah bisa menikmati Treats by Traveloka Eats. Sayangnya fasilitas ini baru bisa dinikmati di Jakarta.  
Treats by Traveloka Eats, saat ini baru bisa dinikmati di Jakarta

Treats adalah fitur terbaru Traveloka Eats yang memberikan kesempatan bagi pengguna untuk mendapatkan promo dan diskon di tempat-tempat kulineran yang terdaftar di Traveloka Eats.  Cara pemakaiannya pun gampang, pertama pilih deals dari resto favorit, kemudian datang ke restoran, baru kemudian bayar dengan Treats dan pilih metode pembayan yang akan dipake. Setelahnya, tinggal menikmati kemudahan yang diberikan! Jadi, sudah siapkan untuk berburu #PengalamanMengenyangkan dan menyenangkan?

34 komentar:

  1. Aku udah pakai traveloka eats. Enak dan gampang banget waktu itu beli promo nya Fish & co.

    BalasHapus
  2. Traveloka memang semakin mantap. Tahu saja keinginan saya ,saya kan paling demen kulineran.

    BalasHapus
  3. Eh aku juga biasane pake iki mb lis, terutama pas kmaren mau kukineran di bogor, walaupun yang kudu ditingkatkan lagi ulasannya harus diperbanyak biar nambahin eferensi perkulineran, soale ulasane masih dikit

    BalasHapus
  4. Mantab djiwa nih, Traveloka!
    Treats emang bikin wisata kita kian assoy geboooyy ya Mak.

    BalasHapus
  5. Cari-cari diskonan ya di traveloka eat sebelumn pergi2 sekarang lumayan kan ya nanti buat makan

    BalasHapus
  6. Lho, sekaranag Traveloka sudah ada Traveloka Eats-nya juga..wow benar-benar mengibarkan sayap ke berbagai sektor nih..keren dah Traveloka. Ingin ku coba ah..

    BalasHapus
  7. Aku ya lagi seneng nyobain fitur Traveloka yang satu ini mba. Kadang malah nemu tempat jajanan yang unik, tadinya ga tau loh. Asyik deh.

    BalasHapus
  8. waah kecolek nih kalo dibilang demen kulineran. secara aku doyan makan hahaha.
    asiik bisa yaa cari rekomendasi tempat makan oke di traveloka eats... mau intip ahh. punyaku mau diupdate nih aplikasinya :D

    BalasHapus
  9. Saya suka intip-intip juga ada apa aja yang promo di Traveloka Eats. Lumayan banget kan promonya. Mudah juga kalau lewat OTA ini

    BalasHapus
  10. Semenjak ada Traveloka Eats ini jadi kebantu banget deh kalau pas ada didaerah bisa langsung cek ada resto apa saja di daerah tersebut ya. Belum lagi kalau beli voucher lewat Traveloka Eats suka banyak diskonnya.

    BalasHapus
  11. DI Traveloka Eats ini dipilihkan berbagai resto yang sesuai dengan pilihan kita ya, jadi pas mau memilih kitanya gak perlu searching lagi.

    BalasHapus
  12. Fitur baru dari Traveloka ini ngebantu banget ya mba. Aku juga jadi bisa menemukan pilihan kuliner sesuai pilihan aku :)

    BalasHapus
  13. Jadi sekarang lebih mudah ya untuk cari temoat makan dengan traveloka eats. Ga bingung lagi.

    BalasHapus
  14. Sekarang kalau mau cari promo tempat makan yang enak dan asyik tinggal cari di traveloka eats aja ya...
    Lebih praktis, dan pastinya lebih hemat karena banyak promo hihihi

    BalasHapus
  15. Banyak banget inovasinya Traveloka ini, ya. Tahu betul apa yang dimau masyaratkat saat ini.

    BalasHapus
  16. Semoga fitur Treats ini segera hadir di kota-kota lainnya di Indonesia. Supaya bisa seseruan mendapatkan hidran gems di restoran favorit.

    BalasHapus
  17. Aku jarang kulineran paling biar ga picky makanan di rumah aja yang variatif

    Kalau mau ngirit emang bener ke traveloka eat. Makan serombongan kayak aku ga khawatir boncosss duite enak-enak lagi

    BalasHapus
  18. Kayaknya kalau keseringan pakai fitur traveloka yang satu ini aku bakal enduts hahha krn akan dimanjakan dengan promo dan promo wkkwkw :D
    Seneng sih ada fitur kyk gini apalagi kalau buat bukber saat puasa ntr pasti deh bermanfaat sekali, hemat :D

    BalasHapus
  19. Iya sih, beberapa gerai di Jakarta sudah bisa aplikasi Treats. Mayan juga diskonnya. Cuma agak jauh dari tempatku. Dan harganya emang lumayan sih. Jadi terbantu banget kalau pakek Treats.

    BalasHapus
  20. Wah.. Pas baca ini aku jd pengen cek promo traveloka eats nih. Tipe mamak ngirit sih jarang kulineran. Tp kalo promo jelas gak nolak. Haha

    BalasHapus
  21. Baru ada di Jakarta yaa, next kalo udah di Bandung mau nyobainn.
    duh malam2 bw ngemengin makanan jadi laveeer..

    BalasHapus
  22. sekarang ini apa apa makin mudah ya, ada anyak aplikasi yang mendukung. Seoga traveloka eat kedepannya gak hanya di Jakarta, pengen nyobain :)

    BalasHapus
  23. Semoga traveloka treats segera sampai ke Solo juga. Bayangin kalau pas ada tamu dan ngga sempat masak, kayaknya traveloka treats bisa jadi dewa penyelamat.

    BalasHapus
  24. Baru tau kalau ada fitur ginian sekarang di traveloka. Taunya cuma buat beli tiket sama booking hotel doang. #kudet banget yak saya :D

    BalasHapus
  25. Jogja kayaknya juga udah bisa pake Travelokaeats deh mbak, kalo ndak salah kemarin kawanku abis nyobain di Kaluna. Etapi kurang tau juga sih hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang belum bisa fitur Treatnya Sha... Klo Traveloka Eatsnya udah bisa..😊

      Hapus
  26. Gudeg manggar, jadi pengen balik ke klaten ini, kangen gudeg manggar masakan simbok.

    Semoga fasilitas treatsnya segera ada di kota lain juga ya, masa harus ke jakarta dulu buat dapetin aneka promonya

    BalasHapus
  27. Traveloka Eats memang asik yaa mbak banyak discountnya dan bisa makan sepuasnya. Terlebih bila makanan itu favorit kita banget.😊😊

    BalasHapus
  28. Traveloka Eats ini terbilang baru ya. Aku belum pernah coba tapi pernah sih buka2 aplikasi traveloka eats ini. Hmm bentar lagi puasa nih, bisa dong ya booking tempat bukber lewat traveloka eats

    BalasHapus
  29. Berharap banget fitur treats ini ada untuk wilayah Bekasi. Pengen kulineran sepuasnyaa

    BalasHapus
  30. asyikkkk..nih pecinta kuliner wajib instal traveloka eats, jarang banget makan dapat diskon..

    BalasHapus
  31. Wah, seumuran kita kayanya, Mbak. Dulu iya banget sama ibu pasti dibawain bekal kalau mau plesiran sekolah. Malah adikku yang masih TK selalu dibawain bekal karena di sekolahnya ada acara makan bareng sebelum pulang. Kalau jaman itu udah ada Traveloka Eats, kayanya ibu-ibu tinggal kasih uang saku aja ya. Apalagi pakai Treats bisa makin irit.

    BalasHapus
  32. Baru booming sekarang nih Travelka Eats. Kayaknya udah pernah launching 2 tahun yang lalu.

    BalasHapus

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Untuk menghindari spam, untuk sementara kolom komentar saya moderasi dulu ya. Komentar berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin

Diberdayakan oleh Blogger.