Cari Blog Ini

4 September 2019

# Blogging # Perlu Tahu

Pentingnya Sertifikat SSL Pada Website



D
igitalisasi, membuat banyak perubahan dalam gaya hidup masyarakat.  Belanja, transaksi keuangan, semuanya bisa diselesaikan melalui sebuah layar dan sentuhan jari. Hampir semua aspek kebutuhan masyarakat tersedia dalam bentuk online. #OnlineinAja, dan semua menjadi lebih mudah dan praktis. 

Meski begitu, tantangan pun tetap ada. Semakin banyak ancaman dan bahaya yang mengintai dalam gaya hidup serba online ini.  Sering mbaca  kan, kalau saat ini kejahatan di dunia cyber makin marak? Kalau sudah terjadi, tidak hanya konsumen yang dirugikan, bahkan pemilik web pun akan terkena dampaknya, yakni kehilangan kepercayaan. Sebagai langkah antisipasi, salah satu cara efektif untuk mengantisipasi cyber crime adalah dengan melengkapi situs yang kita kelola dengan Secure Socket Layer (SSL).

Ada yang bingung, kenapa tiba-tiba saya ngobrolin hal-hal teknis gini? Semuanya berkat kesempatan yang diberikan Qwords saat perayaan ulangtahun ke 14 tanggal 28 Agustus lalu dengan mengundang teman-teman blogger Jogja dan beberapa media, untuk belajar tentang seluk beluk SSL ini.  Agar tidak berhenti dan lebih bermanfaat, ilmu yang saya dapat hari itu, saya tulis ulang dalam sebuah blogpost ya!


Satoria Hotel Yogyakarta, 28 Agustus 2019; menimba ilmu tentang SSL 

Blogger & Media Gathering, menandai 14 tahun qwords mengiringi bisnis online di Indonesia

Lebih Tahu Tentang SSL

Ibarat sistem keamanan pada rumah kita, maka SSL inilah yang berperan sebagai alat pengaman. Peran utamanya adalah mengenkripsi data antara komputer dan server, memastikan semua data yang melewati komputer ke server aman. Inilah yang akan melindungi pengguna dari berbagai kejahatan dunia maya seperti hacking, phising, dan juga penyebaran malware.


Ciri yang menandai bahwa sebuah situs sudah memiliki SSL adalah terdapat simbol  gembok, dan tambahan s (secure) pada alamat website.  Sekarang, coba deh cek web yang sering kamu kunjungi. Apakah sudah memiliki ciri-ciri diatas? Kalau sudah, itu artinya aman. Seandainya belum, sepertinya memang harus dipikirkan ulang.

Pentingnya SSL untuk Sebuah Website

Secara mudah, web yang bisa dibilang berhasil adalah web yang ramai pengunjung sekaligus mampu membuat pengunjungnya merasa nyaman, betah, dan aman untuk beraktivitas di dalamnya.

Seandainya dibaratkan web adalah rumah dan pengunjung adalah tamu, maka sudah sepantasnya apabila tuan rumah menjamin keamanan tamunya, Didalam dunia maya, hal yang mesti  terlindungi adalah data personal. Data di sini bisa berupa username, password, termasuk data-data perbankan. Ngeri banget kan kalau data tadi sampai jatuh ke pihak yang tidak bertanggungjawab?

Disinilah peran penting sebuah SSL hadir.

Selain alasan keamanan, ada beberapa keuntungan lain yang akan kita dapatkan apabila melengkapi website yang kita kelola dengan SSL, yaitu:
  • Situs web yang memiliki SSL akan dinyatakan sebagai website yang aman. Jaminan kemanan ini penting sekali, terutama untuk website yang berhubungan dengan transaksi-transaksi keuangan. Website aman, otomatis kepercayaan pengunjung akan naik.
  • Mesin pencari mengutamakan website yang sudah memiliki SSL certificate; google memberikan posisi yang lebih tinggi ke situs web yang aman dalam hasil pencarian. 
  • Rangking tinggi ---> traffict tinggi ----> posisi yang makin menguntungkan di halaman pertama google, secara otomatis ini akan berpengaruh terhadap SEO website.

Beragam SSL Certificate

Jika domain adalah alamat, web sebagai rumah maya, maka SSL adalah pagar/penjaga yang akan mengamankan rumah maya kamu. Ada SSL yang sifatnya gratisan, namun ada pula SSL berbayar yang tentu saja memberikan tingkat keamanan lebih besar. 

Berdasarkan tingkat validasinya, ada 3 macam SSL Certificate:
a. Domain Validation (DV)  SSL, merupakan SSL Certificate dengan tingkat validasi yang sangat mudah, prosesnya cepat. Merupakan jenis SSL yang banyak digunakan oleh website personal/blog
b. Organization Validation (OV) SSL. Seperti namanya, jenis SSL ini banyak digunakan oleh website bisnis seperti e-commerce maupun organisasi. 
c. Extended Validation SSL (EV) SSL
Merupakan standard validasi SSL tertinggj, sehingga sangat direkomendasikan untuk website bisnis, e-commerce, maupun toko-toko online. 

Sementara berdasarkan jumlah domain yang dilindungi, ada 3 jenis SSL Certificate, meliputi: Single domain SSL, wilcard SSL, dan Multi Domain SSL. 

Gudang SSL, sebagai Partner untuk Mendapatkan Sertifikat SSL

GudangSSl-Qwords
14 tahun Qwords, launching layanan baru yaitu GudangSSL

Gudang SSL merupakan layanan terbaru Qword yang resmi diluncurkan bersamaan dengan ulang tahunnya yang ke 14 beberapa hari lalu. Platform ini memfasilitasi para pengguna website untuk mendapatkan sertifikat keamanan terbaik, terhemat, dengan berbagai pilihan SSL dari Certificate Authority (CA) ternama di dunia seperti Globalsign, AlphaSSL, Entrust Datacard, Sectigo, RapidSSL, Symantec, Thawte, Geotrus, dan Digicert.

Selain harga murah dan terjangkau, sebagai salah satu penyedia SSL Indonesia GudangSSL juga memberikan banyak kemudahan, diantaranya:
  1. Harga hemat, dimana kamu bisa mendapatkan SSL murah bahkan dengan harga 30% lebih hemat dibanding harga dari Certified Authority
  2. Bekerja di semua browser
  3. Garansi 15 hari uang kembali
  4. Kemudahan pembayaran
  5. Security warranty
  6. Layanan 24 jam
  7. Bantuan instalasi
  8. Gratis Reissue SSL apabila private key SSL terhapus.
Baca juga : Menjadi Pemenang Usaha di Era Digital? Ini dia 5 Kuncinya!

33 komentar:

  1. Super, kak. Menambah pengetahuan dan info mengenai SSL.

    BalasHapus
  2. Wah banyak banget nih ya Mbak kemudahan ketika menggunakan sertifikat ssl ini

    BalasHapus
  3. Sertifikat ssl ini memang sangat penting nih ya Mbak buat sebuah website

    BalasHapus
  4. Wah bermanfaat banget nih Mbak informasinya. Terima kasih nih hehe

    BalasHapus
  5. Aku aslinya enggak terlalu paham apa itu SSL Tapi waktu beli domain di temanku dia bilang mau sekalian pasang SSL dan katanya harus ada sertifikatnya dan harganya lumayan mahal..

    BalasHapus
  6. Kereen... Jadi dapat ilmu baru tentang SSL yang ternyata penting untuk keamanan web..

    BalasHapus
  7. Kereen... Jadi dapat ilmu baru tentang SSL yang ternyata penting untuk keamanan web..

    BalasHapus
  8. Wah jd nambah ilmu lg. Jd kalau blm pakai SSL ibarat rumah, blog kita nih pagernya ngga digembok gitu kali ya ? Kalau blog personal kayak kita mau pakai, berarti ambil yg Domain Validation ya mb?

    BalasHapus
  9. Owalah,,baru mudeng. Aku beberapa kali buka Web yg ada tanda gembok ya, sempat krpo tapi nggak nyari tau juga haha. Tercerahkan disini..

    BalasHapus
  10. wah acaranya bermanfaat banget. aku sih baru tahu sebatas tanda gembok di blog pribadi aja. skr jadi tahu tentang ssl. makasi yaa

    BalasHapus
  11. Demi keamanan sebuah website penting banget sebuah hosting punya SSL ya untuk pengamanan & ekskripsi data. Kalau mau buka internet banking aku juga selalu lihat gembok ijo itu di ujung kiri webnya

    BalasHapus
  12. Ohhh, aku baru ngerti soal SSL ini.. mungkin buat web2 yang ramai pengunjung, sertifikat SSL ini perlu banget yaaa

    BalasHapus
  13. Penting banget nih ilmu sot ini bagi blogger. Tapi, klo berurusan dgn hal teknis begini, kepalaku langsung mumet wkwk...

    BalasHapus
  14. Aku buta banget soal SSL ini, tapi baca artikelnya lumayan jadi melek. Berarti memang sebaiknya setiap web pake SSL ya mbak

    BalasHapus
  15. Emang penting banget SSL ini, terutama bagi web yang mengumpulkan data pribadi penggunanya. Data aman, pengguna pun senang

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah, sudah pakai ssl yang berbayar. Keamanan website memang penting, mba.

    BalasHapus
  17. Kebetulan aku pakai blogspot, alhamdulillah gampang banget merubah blog kita jadi secure. Jadi pas ada notification ssl di blog, langsung aja dieksekusi. Sharingnya bermanfaat banget mbak 👍

    BalasHapus
  18. Omg! Aq kudet banget yak, baru tau SSL itu apa fungsi dan kegunaannya. Duh mau cek ulang nih, hostinganku pake SSL gak yah

    BalasHapus
  19. Hmm..belum kepikiran buat blog aku tapi...ini info bagus banget.. soalnya aku juga baru tau nih..
    Web jadi lebih aman ya...

    BalasHapus
  20. Tahu rasanya diretas, itu di beberapa web bisnisku. Dohhh...rasanya kaya ada yang bongkar brankas eyke. Penting bgt kemanan web.

    BalasHapus
  21. makasih mba buat sharing tentang pentingnya sertifikast ssl pada website, kembali mengingatkan aku buat setting blog demikian ya

    BalasHapus
  22. Qwords ini ada saja ya produk barunya untuk memuaskan pelanggan. Gudang SSL ini cocok ya buat pelaku online.

    BalasHapus
  23. SSL ini emang penting banget ya.. terutama bagi yang pengen blog/websitenya secure.. Baru tahu nih ada Gudang SSL..

    BalasHapus
  24. Aku jadi mau langsung ngecek websiteku deh tapi kayaknya emang gak pakai SSL seingatku, hahahahaa... Jadi pengen baca-baca Qword nih.

    BalasHapus
  25. Aku pengguna jasa Qwords, mbak. Syukurlah udah ada icon gembok di web address tiap akses blognya aku juga hhee.
    SSL nih beneran wajib dan penting di miliki di tiap blognya, supaya blog tetap aman, dan bisa bagus rangkingnya di mata google yahh mbak
    Makasihh sharingnya, Mbak

    BalasHapus
  26. Buru2 cek punyaku, wes ono gambar gemboke sih tulisane "secure". Tapi soal udah tersertifikasi masih bingung aku haha. Ntr deh aku nanya bojoku, maklum kerjoanku cuma urus kontennya wkwkwk :D

    BalasHapus
  27. Ternyata penting ya serifikat SSL ini, aku baru ngerti mba, maklum blogger gaptek wkwkwk, SEO aja aku ngga tamat-tamaat hihihi

    BalasHapus
  28. Untuk web2 bisnis yang terkait dengan transaksi keuangan, wajib banget nih punya SSL Certificate. Ada banyak data pelanggan yang harus dijaga kerahasiaannya.

    BalasHapus
  29. Wah ternyata manfaatnya banyak banget ya sertifikat SSL ini. Jadi tertarik nih biar trafikku meningkat.

    BalasHapus
  30. Blogku kayaknya udah ada gembok sih, tp itu dl migrasi sendiri jadi gak tahu tersertifikasi or not. Mgkn memang harus ke jasa web development ya,biar tahu save atau enggaknya?

    BalasHapus
  31. Baru ngerti sekarang arti gambar gembok di depan alamat web. Kirain dulu itu private website pakai gembok2 segala, hihii.

    BalasHapus
  32. Wah ternyata karena QWORDS ulang tahun ya mba terus adakan acara keren begini sejujurnya aku juga ga paham2 banget sih semoga lain kali ada event qwords bisa hadir

    BalasHapus
  33. Alhamdulillaah damarojat dot om udah ber-https. Gampang juga ngubahnya kalau di blogspot.

    BalasHapus

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Untuk menghindari spam, untuk sementara kolom komentar saya moderasi dulu ya. Komentar berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin

Follow Us @soratemplates