Tak Hanya untuk Mengobati Luka, Berikut Beberapa Rangkaian Produk Betadine yang Beredar di Pasaran

4 komentar

Produk betadine


“Cepetan, kasih Betadine!”

Biasanya kalimat itu spontan terucap begitu terjadi kecelakan kecil dengan diri kita atau orang-orang terdekat. Malah jadi semacam password saat ada yang tiba-tiba terluka.

Mulai tangan yang tiba-tiba berdarah karena terkena pisau, lutut anak yang lecet saat  bermain, atau jari kaki yang bisa berdarah karena terantuk batu, Betadine dipercaya mampu menjadi solusi pertama.

Ya, begitu dekatnya keluarga Indonesia dengan Betadine, obat luka dengan kemasan warna kuning yang bisa dibeli dengan mudah di apotek atau toko-toko terdekat dengan harga terjangkau. Biasanya jenis Betadine Solutionlah yang paling sering disediakan keluarga sebagai salah satu obat wajib pengisi kotak P3K.

Saya ingat, dokter kandungan juga merekomendasikan ini sebagai salah satu jenis obat yang saya bawa pulang pasca operasi SC.

“Nanti kalau plesternya sudah dibuka, olesi saja dengan Betadine. Begitu juga kalau muncul rasa gatal di bekas jahitan”

Dengan kandungan utama Povidone Iodine, Betadine dikenal sebagai cairan antiseptik dan bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan dan membunuh kuman penyebab infeksi.  Bekerja membunuh bakteri, virus, protozoa, dan jamur, Betadine efektif digunakan sebagai pertolongan pertama untuk mencegah infeksi pada luka.


Produk Betadine yang Beredar di Pasaran

Kalau saya pribadi, jujur paling familiar  dengan Betadine antiseptik yang untuk penanganan luka. Meskipun begitu, sebenarnya ada banyak produk Betadine yang bisa kita temui di pasaran dengan fungsi masing-masing, seperti:

Betadine Antiseptic Solution

Dengan kandungan Povidone Iodine sebesar 10%, obat ini digunakan sebagai antiseptik luka untuk mencegah infeksi  kulit dan luka pada tubuh. Seperti kita tahu Povidone Iodone merupakan zat anti mikroba dengan spektrum paling luas yang mampu membunuh bakteri, virus, jamur, dan protozoa.

Umumnya Betadine Solution digunakan untuk mencegah timbulnya infeksi pada luka lecet, terkelupas, ataupun tergores.  Betadine Antiseptic Solution bisa juga digunakan saat perawatan luka khitan, tali pusar bayi, dan juga luka jahitan infeksi seperti yang pernah saya alami. Selain itu obat ini bisa juga digunakan untuk mengobati panu, kurap, kutu air, dan gatal karena jamur.

Betadine Cair

Cara penggunaannya cukup mudah, hanya dioleskan pada bagian tubuh yang luka dan bisa digunakan beberapa kali dalam sehari dan bisa juga digunakan sebagai kompres luka.


  Betadine Ointment

Seperti namanya, produk Betadine ini berbentuk salep. Dikemas dalam bentuk tube, Betadine salep tergolong dalam obat bebas yang bisa digunakan tanpa resep dokter. Sama seperti Betadine Solution yang berbentuk cair, Betadine Ointment juga mengandung Povidone Iodine 10% dengan manfaat antara lain:

  •  Membantu mengobati luka bakar, luka terpotong, luka sunat, maupun luka gores
  •  Membantu membunuh kuman penyebab infeksi pada luka
  • Membantu mencegah penyebaran infeksi

Kelebihan produk ini adalah ia tidak menyebabkan rasa perih sehingga cocok diaplikasikan pada anak-anak. Penggunaannya juga mudah, yakni cukup mengoleskan pada luka 1-2 kali sehari saat luka dalam keadaan bersih.

Betadine Ointment

Untuk informasi tambahan, Betadine salep ini hanya diperuntukkan pada luka luar atau bagian yang kering, tidak pada luka bagian dalam atau sela-sela tubuh yang lembab.

 

      Betadine  Feminine Hygiene

Nah, kalau ini produk yang sifatnya woman only 😀. Betadine Feminine Hygiene khusus didedikasikan untuk para perempuan yang peduli dengan kebersihan di area organ kewanitaan. 

Dengan kandungan Povidone Iiodine 10%, Betadine Feminine Hygiene dapat mengobati gejala iritasi ringan, gatal-gatal dan keputihan yang diakibatkan oleh bakteri.


Penggunaan cairan pembersih ini cukup mudah, yakni dengan mencampurkan 8 ml Betadine Feminine Hygiene dengan satu liter air dan menggunakannya untuk membersihkan organ kewanitaan dan cukup 2x sehari lima hari berturut-turut. Kalau gejala tidak berkurang, segera hubungi dokter ya!


Betadine Mouthwash and Gargle

Sebagai obat kumur, “wilayah kerja” produk ini tentu saja di seputaran mulut.  Kandungan Povidone Iodine sebanyak 1% pada Betadine Mouthwash and Gargle dipercaya mampu mengatasi masalah mulut seperti sakit tenggorokan, gusi bengkak, sariawan, bau mulut dan juga napas tidak segar.

Penggunaan produk ini cukup mudah, yaitu dengan menuangkan Betadine kumur ke dalam tutup botol 12ml dan menggunakannya untuk berkumur selama 30-60 detik dengan pemakaian 3-5x per hari.

Betadine Mouthwash and Gargle tidak direkomendasikan bagi pengguna yang hipersensitif terhadap Iodium, penderita penyakit Thyroid, wanita hamil dan menyusui. Selain itu, hanya digunakan untuk berkumur, tidak untuk ditelan.


Betadine Cold Defense Nasal Spray

Betadine obat flu

Pernah kan merasa terganggu saat hidung terasa buntu karena flu dan pilek? Bisa jadi, inilah yang kamu butuhkan saat ini.

Betadine Cold Defense Nasal Spray bekerja pada area rongga hidung dimana kuman penyebab pilek pertama menempel dengan membentuk lapisan pelindung.

Dengan kandungan Carragelose,  Betadine Cold Defense Nasal Spray bisa digunakan untuk mengurangi tingkat keparahan dan gangguan yang diakibatkan gejala flu dan pilek. Carragelose secara fisik akan membungkus kuman pada lapisan hidung, menghalangi kuman menyebar dan bermultiplikasi, dan menghilangkannya secara alami.

Berbentuk spray, penggunaan obat ini adalah dengan menyemprotkan Betadine Cold Defense Nasal Spray masing-masing 1x setiap rongga hidung, 3 kali sehari dan hentikan pemakaian jika terjadi reaksi yang tidak diinginkan.


Betadine Dry Powder Spray

Salah satu  “horor” saat terluka  adalah ketika muncul rasa perih saat mendapatkan penanganan atau terkena kontak langsung pada luka yang ingin diobati. Betadine Dry Powder Spray merupakan produk antiseptik yang bisa mengatasi ketakutan akan rasa perih tersebut.

Dengan kandungan Povidone Iodine sebesar 2,5% dan cooling efect, menjadikan Betadine Dry Powder Spray tidak menimbulkan rasa perih saat disemprotkan dengan jarak 15-30 cm. Sebagai spray pembersih luka,  Betadine Dry Powder Spray bisa digunakan setiap jangka waktu 3-4 jam sekali untuk mencegah luka dari infeksi bakteri.

 

Betadine Body Wash

Kebersihan badan saat mandi itu bisa jadi sebagai kunci  utama kesehatan kulit dan juga kesehatan tubuh secara umum. Untuk itulah, pilihlah sabun mandi yang benar-benar bisa menghalau bakteri dan kuman dengan maksimal.

Selain membersihkan kulit,  produk Betadine Body Wash dilengkapi dengan antibakteri, ekstrak lidah buaya,ekstrak madu, pomegranate, serta Vitamin E untuk menjaga kelembaban dan keharuman kulit.

Betadine body wash


Cara menggunakan produk ini sama dengan menggunakan produk sabun cair pada umumnya, yaitu dengan menuangkan dan menggosoknya ke seluruh tubuh dan kemudian membilasnya dengan air bersih.

Di samping produk-produk di atas, Betadine masih memiliki produk-produk lain seperti Betadine Antiseptic Solution Stick, Betadine plaster, Betadine Lozenges, dan lain-lain. Teman-teman bisa mengakses https://www. betadine.co.id untuk informasi lebih lengkapnya.

Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi(at) gmail.com, sulistiyowatitri98(at) yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80(at)gmail.com

Related Posts

4 komentar

  1. Nah, bener banget pas kecelekaan kecil kayak tergores atau kena pisau dan benda tajam lainnya pasti betadine yang dicari. Pernah juga kegores gunting sampai dalem tapi pas ditetesi betadine langsung mampet. Andalan memang.

    BalasHapus
  2. Betadine itu kayak sudah jaminan mutu sih ya. Aku yg selalu pakai itu betadine buat luka & obat kumur.

    BalasHapus

  3. Lengkap ya mbak, rangkaian produk dari Betadine ini. Mulai yang ditujukan untuk pegobatan sampai pencegahan inveksi semua ada. Bisa jadi produk andalan di rumah ini...

    BalasHapus
  4. Yg rutin aku pake itu mouthwashnya, femine hygene dan spray antiseptic mba. Feminine hygiene tapi pake pas sedang haid doang.

    Sebenernya pengen cari yg nasal spray tp belum Nemu nih. Mungkin hrs online. So far suka bgt Ama Betadine. Kecuali sabun mandinya aku ga cocok. 😁.

    BalasHapus

Posting Komentar