Chilo, si Kucing Jantan Menghilang. Bisakah Ia Pulang?

8 komentar

Chilo, si Kucing Jantan Menghilang. Bisakah Ia Pulang?- Hewan peliharaan, sudah sering dianggap seperti bagian dari keluarga. Maka, ketika tiba-tiba ia tak pulang maka jika si pemilik pun akan merasa kehilangan. 

Berapa hari kucing jantan akan pulang setelah meninggalkan rumah?  Dari kemarin, saya berusaha menemukan jawaban atas pertanyaan tersebut. Saya Googling artikel yang  terkait dengan kucing jantan yang meninggalkan rumah. Saya search channel yutub yang contentnya mengulas tentang kucing yang pergi dari rumah. Sayangnya, sampai sekarang saya belum nemu jawaban pasti.

Kucing jantan tidak pulang
Chilo (kiri) dan adik angkatnya Kumi (Kanan)


Chilo, kucing jantan yang awal Februari besok genap berumur satu tahun, sudah 3 hari ini tidak pulang ke rumah. Ini kali pertama ia meninggalkan rumah dalam waktu lebih dari 24 jam.

Yang saya tahu, ia pergi atas kemauannya sendiri dan dalam keadaan sehat. 

"Nggak apa-apa, wajar itu..kucing jantan memang seringnya begitu kalau sedang mencari betina. Kucing jantanku, kadang sekitar 4-5 hari pergi baru pulang. Terakhir kemarin, pergi 2 Minggu eeh...pulang,"  Kata seorang teman yang di rumahnya memelihara 5 ekor kucing, dan beberapa diantaranya kucing jantan. 

Seorang teman blogger juga bercerita kalau kucing jantannya pergi, bahkan sampai 3 Minggu baru kemudian pulang. Sebentar pulang, sekarang si kucing katanya kembali bertualang. "Sepertinya ia lebih gembira saat mengembara mba" Begitu katanya. 

Cerita kucing jantan yang pergi dan akhirnya akan kembali pulang, memberi sedikit harapan, kalau nantinya si Chilo akan pulang. Yah, meskipun sampai hari ini,  belum ada tanda si gendut pemilik bulu putih itu akan kembali. Tapi saya berharap saya punya kesempatan  untuk mendengar eong an, dan suara kerincing kalungnya lagi. 


Tetap  optimis, tapi berusaha untuk realistis

Sama seperti prinsip dimana ada kelahiran, maka dipastikan akan ada kematian. Resiko mendapatkan sesuatu adalah rasa sedih ketika harus kehilangan barang tersebut. Itu yang kemudian membuat saya belajar ikhlas. 

Pernah saya berharap, Chilo akan tinggal bersama kami sampai ia tua. Sampai anak-anak besar. Dan sayangnya, tak semua harapan itu akan dikabulkan. Itu yang harus  saya mengerti. 

Ada kemungkinan di luar sana ia baik-baik saja, hanya sedang fokus dengan betinanya. Tapi bisa pula ia celaka. Banyak bahaya yang juga mengintai para kucing ketika di luar rumah.


Saya harus realistis, ketika kucing jantan pergi dari rumah, peluang antara dia kembali atau dia akan hilang selamanya bisa jadi hanya 30:70 persen, atau malah lebih sedikit peluangnya. Tetap ada kemungkinan ia akan memilih tinggal di rumah si betina, bisa jadi ia sakit, bisa jadi ia tertabrak kendaraan saat perjalanan pulang, atau ia terjebak dalam bahaya dan tidak berhasil menyelamatkan diri.

Jelas sedih kalau mengingatnya. Meskipun peluang Chilo untuk pulang semakin hari semakin sedikit, semoga Chilo masih menjadi rejeki saya.

Ada penyesalan? Pastinya iya.  Sepertinya saya salah saat memutuskan untuk menunda sterilnya Chilo dan ragu saat akan membeli kalung yang bisa ditulis nomor ponsel si pemilik. 

Steril kucing jantan saat setelah ada tanda-tanda ia masuk fase birahi adalah cara terbaik mencegah anabul kita bermain terlalu jauh. Steril akan sangat mengurangi minatnya untuk bertualang. Penggunaan kalung kucing yang dilengkapi nama/nomor telepon pemilik ternyata penting, terlebih untuk kucing yang dibiarkan bermain bebas/tidak dikandangkan. 

Bisa jadi pembelajaran untuk saya pribadi, dan juga teman-teman pecinta kucing yang kebetulan menemukan tulisan ini dari mesin pencari. Kita doa yuk, semoga kucing kita bisa pulang dalam keadaan sehat. 

Note: Kalau ada perkembangan, nanti saya akan update artikel ini, apakah kucing jantan saya pulang atau tidak. 

Update 5 Februari 2021

Sudah hampir 2 Minggu Chilo meninggalkan rumah, dan belum pernah sekalipun Chilo pulang ke rumah.  Dimanapun kamu berada...semoga bersama orang-orang baik ya Nak...


Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, sempat menjadi jurnalis di sebuah tv lokal, kini ingin kembali menekuni hobi tulis menulis, bisa dihubungi di raka.adhi@gmail.com, sulistiyowatitri98@ yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80@gmail.com

Related Posts

8 komentar

  1. Chilo...segeralah pulang, nak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin...semoga Chilo tahu, klo ada yang mengharapkan dian untuk pulang. Makasih mba ..

      Hapus
  2. Semoga postingan selanjutnya, bisa membaca kabar bahwa Chilo sudah pulang ya Mbak. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin..semoga mba . Sampe hari ini blm pulang mba.

      Hapus
  3. Sabar ya mbak, semoga Chilo nanti pulang sendiri dalam keadaan sehat dan selamat.

    Saya kurang tahu juga bagaimana kalau kucing, sebab saya dulu justru pelihara anjing. Tapi memelihara anjing lebih mudah mencegahnya pergi dari rumah karena tidak selihai kucing yang bisa melompat, memanjat atau yang lainnya untuk keluar dari rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin...makasih ya mba. Semoga dimanapun dia berada, chilo ketemu orang2 baik ..

      Hapus
  4. Jadi gimana mbak, apakah Chilo sudah pulang sekarang?
    Kucingku dulu juga pernah menghilang sampai sebulan mbak. Sampai aku coba bicara sama kucing lain untuk menyampaikan pesan supaya pulang kepada kucingku (katanya bisa begitu), masih belum pulang juga :(
    sampai suatu hari dia datang dengan keadaan kurus banget dan kakinya pincang. Antara sedih lihat keadaannya, dan bangga banget dia bisa menemukan rumahnya lagi. Entah bagaimana ceritanya, sepertinya tersasar kali ya...
    Semoga Chilo bisa kembali ya mbak, kan keluarganya menunggu di rumah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum pulang e mba... Padahal besok dia ulang tahun pertama. Setiap hujan aku juga kepikiran, dia dimana..lapar apa nggak..

      Ini aku juga masih setiap ketemu kucing tak ajak ngomong, tak titip pesen seandainya ketemu chilo disuruh pulang ....

      Semoga masih ada harapan untuk bisa pulang. Makasih ya mba

      Hapus

Posting Komentar

Follow by Email