Modal 2500 Untuk Beli Citric Acid, Bak Kamar Mandi Bersih Tanpa Kerak

2 komentar
S

 epertinya, semua akan sepakat kalau kamar mandi merupakan bagian penting pada sebuah rumah. Meskipun begitu, tidak bisa disangkal pula kalau ruangan ini termasuk bagian rumah yang butuh penanganan ekstra. Karena sering basah, maka masalah sering kali muncul. Lantai licin karena lumut atau bak terlihat kotor karena kerak/lumut bandel misalnya.

Jelas ini menganggu secara estetis. Meskipun air yang ditampung adalah air bersih, tapi kalau permukaan bak berwarna hitam, jadi kurang yakin kan akan kebersihannya? 

Dibersihin dong! Iya, tahu kok. Cuma masalahnya, meskipun sudah rutin dibersihkan hasil kadang tetep kurang maksimal. Bisa jadi, itu yang menjadikan banyak bermunculan merk-merk pembersih kamar mandi di pasaran dengan klaim kelebihan masing-masing.

Ngomongin tentang pembersih kamar mandi, asam nitrat, citric acid,  atau kita sering menyebutnya sitrun ternyata manjur digunakan sebagai salah satu bahan pembersih. Lebih pas nya untuk membersihkan bak mandi atau lantai kamar mandi yang berlumut. Yup, saya sudah membuktikannya sendiri, dan seperti ini hasilnya. 

Membersihkan bak mandi dengan sitrun


Lumayan banget kan  hasilnya? Hanya dengan sebungkus serbuk sitrun  berukuran 50 gram seharga 2500 rupiah, bak kamar mandi terlihat bersih kembali tanpa kerak lumut bandel.

Citric  acid atau asam sitrat, atau kita biasa menyebutnya dengan sitrun merupakan senyawa asam yang diambil dari daun dan buah citrus. Bahan ini dikenal sebagai salah satu bahan pengawet yang cukup bagus, dan sering digunakan sebagai bahan tambahan pada minuman.  Citric acid atau sitrun berbentuk butiran halus mirip garam, berwarna putih bersih. Selain sebagai zat tambahan dalam minuman, sitrun dipercaya mempunyai fungsi yang lain, yaitu zat untuk membersihkan perangkat rumah tangga. 

Tips membuat bak kamar mandi bersih dengan citric acid ini  sebenarnya saya baca dari salah satu cuitan teman blogger di twitter, Mba Yayat.  Waktu itu, mba Yayat ngetweet kalau ia punya jurus manjur membersihkan bak mandi, yaitu dengan  Citric Acid   atau sitrun. 

Saya yang kenalnya pembersih bak mandi cuma detergen dan cairan pembersih lantai, jelas dong penasaran. Sayangnya, jiwa  “ntar-besok” masih lebih berkuasa..jadinya tau sendiri, tweet tadi statusnya  dibaca doang, dipraktekannya entah kapan...ha..ha

Hingga kemudian saya ngerasa lagi banyak waktu luang. Setelah merasakan kehebatan soda kue untuk membersihkan karat dan pasta gigi untuk membersihkan furniture kayu, sudah saatnya membuktikan manfaat citric acid atau sitrun untuk membuat bak mandi di rumah kembali kinclong. 


Membersihkan Bak Kamar Mandi dengan Citric Acid

Membersihkan kamar mandi dengan sitrun


Saya membeli Citric Acid pada sebuah toko kue, dengan harga 2500 rupiah untuk kemasan 50 gram. Saya membeli dua bungkus waktu itu. Satu bungkus saya alokasikan untuk membersihkan lantai kamar mandi, sementara satu lainnya untuk membersihkan bak mandi. Citric Acid atau sitrun berbentuk butiran halus mirip garam, berwarna putih bersih. 

Tak sulit mengaplikasikan citric acid untuk membersihkan kamar mandi. Setidaknya ada dua cara, dan teman-teman bisa milih yang dirasa paling mudah. 

Pertama, larutkan satu bungkus citric acid pada ember kecil. Setelah larutan tercampur rata, guyurkan pada permukaan yang mengandung lumut.  

Atau teman-teman  bisa mencoba cara yang kedua. Kebetulan, cara inilah yang saya gunakan yaitu dengan menaburkan secara langsung citric acid pada permukaan yang kotor. Oh iya, pastikan permukaan yang akan dibersihkan dalam keadaan basah ya. 

Setelah itu, diamkan citric acid bereaksi selama beberapa menit. Tiga puluh menit an cukup. Sembari menunggu teman-teman bisa mengerjakan hal lain.  Setelah sekitar 30 menit berlalu, coba tengok ke dalam bak atau lantai, mayoritas warna kehitaman di  bak air menghilang, seperti luntur. Lantai pun  terlihat bersih, kesat tanpa licin.

Kalau misalnya ada kerak lumut  yang tersisa, teman-teman tinggal menyikatnya sebentar, dan kemudian mengguyurnya dengan air bersih. Mudahkan?


Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi(at) gmail.com, sulistiyowatitri98(at) yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80(at)gmail.com
Terbaru Lebih lama

Related Posts

2 komentar


  1. Patut dicoba nih, Mbak. Kamar mandi saya banyak luutnya. Padahal sering dibersihkan. Terima kasih telah berbagi. Selamat malam.

    BalasHapus
  2. aku ingat pas kecil asam sitrat ini mau aku makan karena kukira gula hahah
    cap gajah ikonik sangat sekarang
    tapi memang banyak banget fungsinya
    dibandingkan bahan lain lumayan bisa mengurangi kerak dalam kamar mandi

    BalasHapus

Posting Komentar