Pengalaman Kursus Online Video Editor di QuBisa, Gratis dan Praktis!

27 komentar
D

iantara sekian banyak ketrampilan, satu skill yang sudah lama pengen saya kuasai adalah kemampuan mengedit video.  Lah kan pernah jadi buruh bagian produksi program  televisi lokal? Iya, tapi itu dulu dan sudah lama banget. Sayangnya dulu saya kurang memanfaatkan kesempatan tersebut untuk belajar editing video dengan teman-teman di ruang video editor. Sering ngeliat teman-teman bekerja, tapi kok ya nggak mau ngamati detail. 

Saat itu, saya menganggap software video editing seperti Adobe Premier Pro atau Pinnacle Studio yang digunakan teman-teman editor terlalu rumit untuk dipelajari. Jadi, yang saya lakukan ya hanya fokus pada jobdesk yang harus saya selesaikan saja, alias lebih banyak berkutat dengan naskah. Hu..hu, intinya niat dan kemauan saya untuk upskilling dan reskilling  jaman itu masih rendah. 

Lagian saat itu, dunia blogging masih belum seperti sekarang. Sudah ngeblog juga, tapi masih memfungsikannya sebatas diary digital yang isinya curhatan. Tidak pernah membayangkan, kalau akhirnya saya menekuni hobi sebagai blogger.

Kini, agar informasi di blog makin lengkap, seringkali konten video diperlukan. Bisa dibilang informasi yang disampaikan melalui teks, foto dan video saling menunjang. Nah, saya ngerasa butuh belajar untuk ngejar ketertinggalan di situ. 

“Mbak..di QuBisa, banyak lho kursus yang bisa dipilih.  Coba deh, install.” Suatu hari, seorang teman –Mbak Sapti --berkabar melalui chat. Rupanya, ia tengah mengikuti kursus online. Kalau nggak keliru, Mbak Sapti lagi  ngambil kursus gimana cara meningkatkan personal branding. 

“QuBisa, aplikasi belajar onlinePiye..enak nggak belajarnya?” tanya saya lebih lanjut

“Gampang kok.  Suka model belajar gak ribet kan?” balas Mbak Sapti. 

Cocok lah. Style belajar gak ribet ini tipe saya banget.

Kursus online gratis


Bismillah, bisa jadi, sekarang saat yang tepat untuk meningkatkan kemampuan. Bosan lah, gitu-gitu doang.  Waktunya upskilling dan reskilling kemampuan, tentunya dengan menyesuaikan situasi dan kondisi. Cara belajar efektif saat ini, ya via aplikasi. 

Berbekal informasi tersebut, akhirnya saya install aplikasi belajar online  QuBisa. Menambah skill dengan cara mengikuti kursus online gratis saya rasa  lebih sesuai untuk kondisi saat pandemi seperti ini. Nggak perlu kemana-mana, bisa nyimak materi dari rumah atau dari manapun berada. Lebih aman dari resiko penularan virus Corona, dan yang jelas lebih praktis. Gratis lagi. Metode ini yang menurut saya bisa jadi cara belajar efektif untuk golongan emak-emak berbocil kayak saya. 


QuBisa, Platform Pembelajaran Online Indonesia Terpercaya

Aplikasi siap kerja

Betapa beruntungnya kita yang bisa merasakan era dimana hampir semuanya bisa diselesaikan melalui sebuah aplikasi, termasuk kebutuhan akan belajar dan mengembangkan diri. Salah satu platform belajar online yang recommended terlebih untuk para fresh graduate dan profesional muda agar lebih kompetitif bersaing di dunia kerja adalah Qu Bisa. Keren kan, kalau masuk ke bursa kerja modalnya udah lengkap. Ijazah punya, skill terpercaya. Auto percaya diri pastinya. 

Beberapa kelebihan Qu Bisa antara lain:

  1. QuBisa memiliki banyak jenis kursus yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan ataupun minat. Ada banyak kategori, yang bisa kita pilih untuk kita ikuti seperti Ketrampilan Digital Milenial, Ketrampilan Sukses Milenial, Personal Development, Career Development, Motivation, Human Resources, Business, Cara Meningkatkan Personal Branding, dll. Beneran aplikasi siap kerja yang bisa membantu banyak orang untuk belajar mengembangkan diri.  
  2. Tidak semua kursus atau materi yang tersedia sifatnya berbayar. Banyak materi yang ada di aplikasi siap kerja QuBisa  bisa diakses secara gratis dengan materi yang tentu saja tetap bermanfaat. Kalaupun ada materi kursus yang berbayar, biaya yang harus dikeluarkan juga hitungannya nggak mahal.
  3. Hampir semua materi kursus disampaikan dalam bentuk video yang bisa kita akses kapanpun dan di manapun. Kalau dengan format ini, menurut saya paling enak menyimak dengan 2 device, satu menyimak satu untuk praktek langsung. Jadi ilmunya nggak cepat menguap.

Di QuBisa, setidaknya ada 3 jenis/metode pembelajaran meliputi course, webinar, dan microlearning. Belajar dengan model course artinya kita harus menyelesaikan tahapan kursus dari awal sampai akhir.

Pada model webinar, materi dikemas dalam bentuk webinar dengan  waktu yang disesuaikan jadwal. Jadi kalau bermaksud untuk ikut berpartisipasi dalam webinar tersebut, kamu tinggal mengikuti webinar tersebut sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

Model berikutnya, microlearning. Di model belajar dengan microlearning ini, peserta kursus bisa belajar dengan singkat, padat, dan jelas. Metode ini jelas cocok untuk peserta yang lebih menyukai hal-hal yang bersifat praktis dan tidak ribet. 

Mengikuti Kursus Video Editing di QuBisa

Aplikasi belajar online


Panduan Video Editor Gratis ShotCut Tanpa Watermark, demikian judul salah satu kursus di QuBisa yang sudah saya selesaikan. Jujur, pertama tertarik karena sesuai dengan apa yang saya cari, dan gratis pula. Kedua, instruktur untuk pelatihan ini juga memang handal di bidangnya.

Ini pertama kalinya saya kenalan dengan ShotCut. Biasanya menggunakan aplikasi lain untuk mengedit video. Ternyata program ShotCut easy user juga. Sifatnya open source, jadi bisa diinstall dengan bebas, dan tanpa watermark. Paling suka karena fitur transisinya banyak.  Dipandu oleh coach Surahman, materi terbagi dalam 17 video pembelajaran dengan total durasi 35 menit, meliputi:

  • Pengantar dan cara untuk mendapatkan aplikasi ShotCut
  • Cara memotong video
  • Cara mengecilkan dan menghapus audio di video
  • Cara memasang musik di video
  • Cara memasang efek transisi
  • Menyimpan dan ekspor video
  • Cara membuat efek fade in dan fade out di video
  • Cara memasang tulisan/text pada video
  • Cara membuat efek fade in dan fade out pada audio
  • Cara menyisipkan gambar secara overlay
  • Menyisipkan video ke video secara overlay
  • Membuat efek split screen
  • Cara membuat efek gerakan cepat di video
  • Cara membuat efek gerakan lambat di video
  • Cara membuat efek reverse di video
  • Cara mengedit green screen di video dengan ShotCut

Halah, cari tutorial di Youtube juga banyak! Ada nggak yang mau komentar begitu? Youtube memang menyedikan banyak sekali konten-konten yang bersifat tutorial. Tapi, nggak semuanya terstruktur rapi seperti yang dimiliki QuBisa. Yang jelas,  nggak rugi mengikuti  kursus online gratis ini. 

Mengikuti tahap demi tahap pembelajaran kursus di QuBisa ini sangat mudah. Saya tinggal menyimak sambil mempraktekkan. Waktunya pun fleksibel, bisa nunggu kalau pas semua pekerjaan rumah sudah selesai. Materi yang diberikan pendek-pendek, tapi runtut. Kalau misal belum paham, saya tinggal memutar ulang video. Bahkan seandainya ingin menyampaikan pertanyaan lebih lanjut, bisa  berinteraksi kepada instruktur melalui email.  Semoga saja ya, pasca ikut kursus ini saya lebih rajin nambah video ke saluran Youtube dan meng-embed ke postingan blog. 

Penasaran, pengen nyoba meningkatkan kemampuan  via QuBisa juga? Banyak banget kok pilihan kursusnya. Tanpa perlu menunda, yuk download aplikasi QuBisa melalui Playstore maupun Appstore

Oh..iya, mau mencoba nyali dengan ikutan kompetisi blog? Teman-teman cukup menceritakan pengalaman saat mengikuti kursus via aplikasi belajar online QuBisa dan mendapatkan kesempatan untuk memenangkan hadiah total 10 juta rupiah. Periode lombanya, 10 September-10 Desember 2021. Diingat tanggalnya ya, biar nggak kelewat. 

Lomba blog Kursus Online QuBisa










Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi(at) gmail.com, sulistiyowatitri98(at) yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80(at)gmail.com

Related Posts

27 komentar

  1. Wah mantep ya kursus di Qubisa, baru tahu kalau bisa kursus buat video juga di sini.

    BalasHapus

  2. Iyap, bener banget, terstrukturnya itu yang dicari. Jadi bisa runut dari awal hingga akhir. Belajar di QuBisa memang gak bikin ribet...

    BalasHapus
  3. Aplikasi QuBisa ini emang bermanfaat banget buat kita dan untuk orang-orang yang mau belajar ya mbak, banyak banget pilihan kursus, dan ada juga yang gratisan. Aku udah nyobain dan download aplikasi QuBisa

    BalasHapus
  4. Molly mau nih kursus video editing di Qubisa. secara yutuber mesti jago edit2.

    BalasHapus
  5. Saya mau coba juga kursus editing video Mba, sepertinya menarik biar konten video saya lebih bagus.

    BalasHapus
  6. Menarik deh ini mba. Harganya qubisa terjangkau yaa. Aku jg emak berbocil nih mba. Kadang butuh waktunya rada riweh ya, nyari waktu. Enak kayaknya nyoba yg microlearning. Aku mau tes instal dulu. Mau ikut edit video atau desain euy

    BalasHapus
  7. Seru nih ikut kelasnya QuBisa. Pengalamannya pasti berkesan. Memang ya buat pemula seperti saya coba aja dulu kelas gratisnya. Kalau cocok bisa lanjut ke kelas yang berbayar...

    BalasHapus
  8. Saat pandemi banyak yang kehilangan pekerjaan. Setelah new normal melamar pekerjaan dibutuhkan keterampilan baru. kesempatan dari QuBisa ini jangan sampai disia-siakan ya

    BalasHapus
  9. Wah aku juga udah ikut beberapa kelas singkat dan kursus di Aplikasi Siap Kerja QuBisa, bagi siapa saja terutama Fresh Graduate yang ingin meningkatkan skill dan mendapat ilmu baru, kursus online gratis di QuBisa bisa jadi solusi tepat. Senangnya bisa mengakses beragam ilmu baru di QuBisa.

    BalasHapus
  10. Ya, Mbak, beruntungnya kita yang bisa merasakan era dimana hampir semuanya bisa diselesaikan melalui sebuah aplikasi, termasuk kebutuhan akan belajar dan mengembangkan diri. Tinggal pakai aplikasi QuBisa, kita bisa meng-upgrade keahlian kita.

    BalasHapus
  11. Wah, terima kasih infonya, Mbak. Saya tuh payah banget kalau edit video padahal udah pakai yang berbayar. Coba deh belajar video editing pakai ShortCut di QuBisa. Lumayan ya kalau udah bisa buat bikin konten di Instagram atau bikin tugas sekolah anak-anak.

    BalasHapus
  12. walau bukan fresh graduate, saya juga kadang akses QuBisa lho mbak, cari kursus gratis buat pengembangan diri.

    BalasHapus
  13. Aku kalau edit-edit video suka males belajar. Lebih tepatnya gak tahu harus belajar di mana yang oke. Kayanya nih bisa cek Video Editor Gratis di QuBisa. Aku kemarin nyoba kelas yang lain sih

    BalasHapus
  14. Udah banyak yang merekomendasikan aplikasi QuBisa ini deh. Emang perlu ya tambah keahlian dengan kursus. Apalagi kalo bisa online. Hemat ongkos jalan deh.

    BalasHapus
  15. Model belajar Microlearning ini cocok buat karyawan yang ingin uprade ilmu baru ya. Menarik juga Qubisa, aku belum install aplikasinya

    BalasHapus
  16. Mau ikut kompetisinya dong, aplikasinya rekomended nih buat generasi zaman digital

    BalasHapus
  17. Yang paling semang tuh banyak kursus dan pembelajaran yang gratis dan temanya juga kekinian banget sehingga bisa langsung diterapkan.

    BalasHapus
  18. Pengalaman yang asik nih Bun, apalagi QuBisa memang tempat kursus online terpercaya, dan banyak banget pilihan skill yang sesuai dengan yang diminati kita yaa.
    BHuaaa, ada kompetisinya blognya juga, ahh mau kepoin QubBisaaa..

    BalasHapus
  19. Keren banget ini..
    Bener yaa...ada kalanya kita tuh bener-bener bosan karena keseharian begini-begini aja. Waktunya upskilling dan reskilling bersama Qubisa.

    BalasHapus
  20. Aku cari ah aplikasi edit video ShotCut dan ikut kursusnya di QuBisa ya. Lumayan kan jadi bisa ngedit video layaknya profesional.

    BalasHapus
  21. Keren ya QuBisa ini. Memberi skill baru secara online. Yang begini nih yang bermanfaat dan bisa diandalkan untuk upgrade diri di saat pandemi. Biar bisa lebih berkualitas kitanya. Mana kelasnya banyak jenisnya ya.

    BalasHapus
  22. horee ternyata ada yang gratisnya juga noted bgt. walau gratis tetap bermanfaat. Kalaupun ada materi kursus yang berbayar, biaya yang harus dikeluarkan juga hitungannya nggak mahal

    BalasHapus
  23. QuBisa memang platform online yang super lengkap. Selain itu, ada kelas gratisnya dan webinar juga. Aku sendiri mendapatkan manfaat besar dalam upskilling setelah ambil kelas online gratis di QuBisa.

    BalasHapus
  24. Kemarin mau ambil kursus ini belum sempat, kayaknya mau coba juga deh kursus editing video. Aku baru coba kursus berbicara di depan umum kalau di QuBisa mbak. Enak pematerinya kalo jelasin gampang dipahami

    BalasHapus
  25. Saya juga suka QuBisa
    Sekarang lagi nyari Pelatihan untuk Public Speaking
    Semoga bisa nyantol dan dijadikan bahan tulisan

    BalasHapus
  26. Aku lagi kepikir mo belajar edit video pake HP. Cus ah, mau ikutan kelasnya

    BalasHapus

Posting Komentar