Jumlah Kadar Gula Darah Normal Berdasarkan Jenis dan Cara Pengecekannya

Posting Komentar

 

Apapun akan menjadi lebih mudah kalau tubuh kita sehat. Saya percaya itu. Karena itulah, menjaga kesehatan  menjadi hal penting dan tidak boleh kita tinggalkan.

Mengkontrol pola makan, menyempatkan diri untuk olahraga,  adalah dua hal baik yang bermanfaat menjaga kebugaran tubuh. Selain itu, akan lebih baik lagi kalau kita juga melakukan pengecekan terhadap "kesehatan" darah. Salah satunya kadar gula dalam tubuh. 

Cek kadar gula darah


Cek gula darah pada umumnya dianjurkan bagi orang yang memiliki gejala diabetes melitus (DM). Sering disebut juga penyakit gula, DM ditandai dengan kondisi sering haus, sering buang air kecil dan sering merasa lapar. 

Selain itu, cek gula darah dianjurkan bagi orang yang memiliki riwayat diabetes dalam keluarga. Kalau di rumah, pak suami sebenarnya yang wajib melakukan ini karena Ibu Mertua adalah penderita DM sampai akhir hidupnya. 

Salah satu cara untuk mengetahui kadar gula darah dalam tubuh adalah dengan melakukan cek darah. Pengecekan ini  berguna untuk memonitor kadar gula darah, hingga kemudian bisa diambil tindakan guna mengurangi atau menormalkan  kadar gula darah.

Melakukan cek gula darah cukup mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah yaitu dengan menggunakan alat glukometer. Cara kerjanya yaitu dengan menusuk ujung jari dengan menggunakan jarum khusus. 

Meskipun bisa dilakukan sendiri di rumah, tetapi alangkah baiknya jika pengecekan gula darah ini dilakukan di laboratorium klinik atau rumah sakit, dengan bantuan ahli yang kompeten. Hasilnya dipercaya akan lebih akurat. 

Jenis-Jenis Cek Gula Darah 

1. Cek gula darah puasa 

Dalam jenis tes ini pasien harus puasa dalam kurun waktu delapan jam sebelum pengambilan tes darah, tes ini sering dilakukan biasanya untuk mendiagnosis kondisi pradiabetes dan penyakit diabetes.


2. Cek toleransi glukosa oral (TTGO)

Dalam pengecekan kadar gula darah ini pasien akan di berikan glukosa dalam jumlah tertentu, dan dua jam kemudian  kadar gula darah dalam tubuh kalian akan diperiksa.


3. Cek hemoglobin a1c ( hba1c ) atau glikohemoglobin. 

Pengecekan ini dilakukan untuk mengetahui kada gula darah pada sel darah merah. Hasil tes hba1 dapat member informasi mngenai kadar gula anda selama 2-3 bulan terakhir. 


4. Cek gula darah spontan

Pengecekan gula darah spontan dilakukan dengan waktu kapan saja dan tidak memerlukan persiapan khusus. Namun pemeriksaan ini gula darah sewaktu/spontan ini tidak dapat digunakan untuk mendiagnosa diabetes. Pengecekan gula darah spontan hanya  dipakai untuk memantau naik turunnya gula darah pada penderita diabetes, ataupun untuk melihat kadar gula darah pada pasien dengan kondisi tertentu, misalnya lemas dan pingsan.

Jika hasil pengecekan gula darah tinggi, belum tentu Anda menderita diabetes. Karena kondisi ini mungkin terjadi karena pengaruh dari makanan atau minuman yang dikonsumsi. Dan jika hasil pengecekan gula darah rendah, tetapi anda tidak mengalami lemas atau pusing, kemungkinan ada kesalahan pada alat ataupun teknik pemeriksaan. Karenanya sangat dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai jenis pengecekan apa yang cocok.

Jumlah Kadar Gula Normal Berdasarkan Jenis Pengecekan

Kadar gula darah normal pada setiap orang tidak selalu sama, tergantung dari kapan pengecekan dilakukan, apakah setelah atau sebelum makan. Di bawah ini adalah batasan kadar gula darah normal, namun memiliki patokan yang berbeda-beda.

Cek gula darah sebelum makan

Jika pengecekan gula darah dilakukan dua jam sebelum makan, maka kadar gula darah normal adalah kurang dari 140 mg/dL atau setara dengan 7.8 mmol/dL. Batasan jumlah kadar gula ini berlaku untuk orang berusia di bawah 50 tahun. Dan 150 mg/dL atau 8.3 mmol/L pada usia 50-60 tahun, serta 160 mg/dL atau 8.9 mmol/dL pada usia 60 tahun ke atas.

Cek gula darah setelah puasa

Kadar gula darah normal pada pengecekan ini adalah seharusnya kurang atau sama dengan 100 mg/dL atau 5.6 mmol/L.

Cek gula darah acak

Kadar gula normal pada pengecekan ini adalah 80-120 mg/dL atau 4.4-6.6 mmol/L jika dilakukan sebelum makan atau setelah bangun tidur. Dan 100-140 mg/dL atau 5.5-7.7 mmol/L jika dilakukan sebelum tidur.

Cek hemoglobin untuk gula darah

Kadar gula darah normal pada pengecekan ini adalah kurang dari atau sekitar 7%.





 




Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi(at) gmail.com, sulistiyowatitri98(at) yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80(at)gmail.com

Related Posts

Posting Komentar