Profesi Blogger dan Sejarah Kenapa 27 Oktober Diperingati Sebagai Hari Blogger Nasional

2 komentar
Blogger


Pagi-pagi saya iseng scroll status WA dan salah satu teman nulis “Selamat Hari Blogger Nasional”. Spontan saya liat kalender di smartphone, oh..iya bener. Sudah tanggal 27 Oktober (lagi) dan hari ini memang diperingati sebagai Hari Blogger Nasional.

Gegap gempita hari blogger Nasional memang tidak seramai Hari KORPRI, Hari Guru, Hari Pahlawan, atau hari-hari profesi yang lain. Paling sesama lingkup blogger saja sih yang merayakannya. Itupun juga tidak dengan upacara, demo nuntut apa gitu ke pemerintah, apalagi merayakannya  dengan pesta. Paling saling bertanya saja antar sesama blogger, “Kapan terakhir update blog?” Ha..ha

Blogger bisa jadi adalah profesi yang tidak pernah terbayangkan sama sekali, terlebih untuk generasi 80-90an kayak saya. Pas kecil, saat ditanya cita-cita anak-anak jadul pasti njawabnya pengen jadi dokter, pangen jadi kayak pak Habibie, atau malah pengen jadi astronot.  Ya, meskipun semakin besar semakin  sadar kalau untuk menjadi dokter, genius layaknya Habibie, atau untuk bisa ke luar angkasa sebagai Astronot  itu nggak semudah yang dibayangkan. Tentu sangat berbeda dengan anak-anak sekarang yang tumbuh di era beragam profesi bermunculan. 

Baca tulisan terkait : Menjadi Blogger itu....

Kemajuan teknologi akhirnya bisa melahirkan banyak pekerjaan baru di era digital, seperti youtuber, influencer, buzzer, blogger dan juga gamer. Dan sekarang Blogger adalah kata yang saya sebut atau saya tulis ketika ada pertanyaan apa pekerjaan saya sekarang, sementara  Ngeblog, momong, beres-beres rumah, ngabisin gaji suami adalah kata kerja yang saya ucapkan ketika tiba-tiba ada yang nanya, “Apa kesibukannya di rumah sekarang?”

Lantas, Kenapa 27 Oktober Diperingati Sebagai Hari Blogger Nasional

Dari beberapa sumber yang saya baca –karena saya sendiri ngeblog serius juga baru 5 tahunan terakhir--sejarah hari blogger berawal dari sebuah acara bertajuk Pesta Blogger yang digelar pada tanggal 27 Oktober 2007 di Jakarta. Pada kesempatan tersebut hadir beberapa blogger/narablog seperti Wimar Witoelar, Nukman Luthfie, Wicaksono, Budi Putra dan juga anggota komunitas blogger dari berbagai wilayah di Indonesia. 

Itulah pertama kali ada event ketemuan para blogger yang skalanya nasional. Acaranya sendiri dibuka Mohammad Nuh selaku Menkominfo kala itu . Dalam sambutannya, Mohammad Nuh menetapkan bahwa hari itu, 27 November sebagai Hari Blogger Nasional. 

Meskipun  tahun ini perayaan Hari Blogger Nasional cenderung sepi (bisa jadi karena situasi pandemi) sebagai blogger saya mau mengucapkan selamat untuk diri sendiri untuk teman-teman blogger, semoga apa yang kita buat memiliki nilai manfaat. Alangkah indahnya hidup, apabila keberadaan kita berguna untuk masyarakat. Happy blogging!


Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi(at) gmail.com, sulistiyowatitri98(at) yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80(at)gmail.com

Related Posts

2 komentar

  1. Aku malah lupa...haduuuh...hahaha...

    BalasHapus
  2. selamat hari blogger mbak
    itu kenapa ngabisin gaji suaminya dicoret hehe
    tapi kadang memang bingung si mendeskripsikan kerjaan blogger itu apa ke orang sekitar

    BalasHapus

Posting Komentar