Mengatasi Kuota Lokal Freedom Combo IM3 Oreedoo Tidak Bisa Digunakan

Posting Komentar


Sudah cukup lama untuk keperluan iternetan saya menggunakan kuota Freedom Combo nya IM3. Alasan pertama, memang secara jaringan di tempat saya tinggal IM3 yang paling stabil, kedua jenis paketan datanya macem-macem dengan harga yang lumayan terjangkau. Paling sering maketin data ke Paket Data Freedom Combo nya Indosat Ooreedoo, yang 8 Giga. 35 ribuan, cukuplah untuk internetan 1 minggu, bahkan kadang lebih.


Kuota lokal tidak bisa digunakan

Jadi,  ketika saya beli Freedom Combo 8 GB saya bakal dapat kuota utama 4GB, kuota lokal 2GB, Kuota Malam 2 GB dan juga bonus 500MB . Masa aktifnya 30 hari, meskipun kuota data hampir selalu habis duluan sebelum masa aktif habis. 

Menurut pengalaman pribadi, urut-urutan pemakaian kuota data adalah bonus, baru kalau bonus habis maka kuota data yang dipakai adalah kuota lokal, baru kuota utama. 

Sementara kuota malam akan terpakai saat saya menggunakan internet mulai pukul 01.00-06.00 pagi. 

Kuota lokal Indosat adalah kuota khusus yang berlaku dan dapat digunakan hanya di area tertentu (di tempat pembelian paket).

Yang menjadi masalah adalah, dua kali isi data terakhir kemarin, kuota lokal  tidak bisa digunakan, padahal posisi tidak sedang berada di luar kota dan masih berada di wilayah dimana saya mengaktifkan kuota data. Nah, harusnya berhubung saya banyak di rumah, ketika kuota bonus saya habis, yang terpakai kemudian kuota lokal, bukan kuota utama. 

Sayangnya pas pertama ngalami, saya terlalu malas cari tahu apa penyebabnya. Mikirnya, ah paling program bonus kuota lokalnya sudah berakhir. Ngalami lagi yang kedua, penasaran dong. Nyoba googling, dan ternyata cara untuk mengaktivasi lagi (kuota lokal)nya Oreedoo yang sempat tak bisa digunakan cukup mudah. 


Cara Atasi Saat Kuota Lokal IM3 Oreedoo Tidak Bisa Digunakan

Meski besarnya Kuota lokal ini nggak sebanyak kuota utama, tapi buat saya itu lumayan. Bisa dipakai scroll sosmed sampai capek, atau kalau lagi edisi rajin, bisa buat posting beberapa artikel di blog. Kalaupun untuk tujuan bersantai, dapat kok itu beberapa judul film.

Nah, tapi kalau kuota lokalnya nggak bisa dipakai, gimana? Modal browsing beberapa artikel, lantas praktek langsung, dan endingnya berhasil, ternyata caranya cukup mudah. Begini langkah-langkahnya:

  1. Kirim SMS. Ketik usage, kemudian kirim ke 363. Tunggu sebentar, bakalan ada balasan dari IM3Paket (operator) tentang status dan sisa paket internet yang saya pakai. 
  2. Matikan data, pindah ke mode airplane sebentar saja. Beberapa detik. Lantas, nyalakan lagi datanya.
  3. Coba deh cek. Kalau saya tempo hari, hanya sampai langkah ini kuota lokal sudah bisa digunakan lagi.
  4. Kalau misal kuota lokal masih belum bisa digunakan, coba restart smartphone, trus coba gunakan, lantas cek melalui aplikasi My IM3. 
  5. Kalau misalnya masih gagal, coba hubungi saja CS nya Ooredoo. Nggak usah sungkan lah, wong itu hak kita sebagai user. Dulu pas masih pake paket yellow dan tau-tau sisa pulsa kesedot, CS nya responsif kok. 
Goodluck yaa, semoga berhasil. 

Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi(at) gmail.com, sulistiyowatitri98(at) yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80(at)gmail.com

Related Posts

Posting Komentar