13 Mei 2018

Berbagi Pengalaman Menggunakan Paket Yellow Indosat



Seberapa penting koneksi internet buat kamu?  Penting banget, penting, atau cuma agak penting? 

Meski tingkat kebutuhan akan koneksi internet berbeda-beda antar orang per orang,  tapi belakangan urgensi koneksi internet bagi masyarakat saya rasa sudah selevel sama keberadaan sembako. Kalau ada dan punya berasa tenang, tapi kalau habis, kelimpungan. 

Ngomongin tentang  jaringan internet, untuk keperluan komunikasi, ngeblog, dan juga bermedsos ria saya lebih banyak menggunakan smartphone. Seandainya butuh terkoneksi dengan netbook, saya manfaatkan fasilitas thetring. Untuk kuota data, sudah mencoba berganti beberapa operator, hingga kemudian bisa menyimpulkan, koneksi terlancar di wilayah tempat saya tinggal adalah jaringan milik Indosat.

Setelah bertahun-tahun internetan dengan gonta-ganti operator dan juga paket internet yang juga nomaden,  beberapa minggu belakangan, saya tergiur dengan salah satu paket internet yang dimiliki IM3 Ooredoo, yakni paket yellow. Aktifasinya gampang, hanya dengan melakukan registrasi di *123*1111#, maka saya akan mendapatkan kuota 1GB untuk 24 jam, hanya dengan uang 1000. Murah banget kan? Ini yang menggoda!

Paket-internet
Belum pernah nemu paket internet yang semurah ini. Tapi memang kudu berani lebih repot😎

Setelah lebih dari  dua minggu menggunakan paket yellow, kalau diminta memberikan bintang, saya beri 3 dari rate 5 aja deh. Lah kenapa? 3 x saya isi pulsa, 3 x pula ngalami pulsa kesedot...padahal sisa pulsa masih lebih dari separuh. Pokoknya tau-tau sudah dapat notifikasi klo sedang dalam tidak dalam paket apapun, hingga yang dipake adalah sekian rupiah per kb, dan giliran cek *123#, saldonya 0 rupiah.

Ya, benernya salah saya juga sih. Paket ini itungannya murah banget. Lha wong cuma seharga 6 biji permen yang biasa dipake kembalian, jadi konsekuensinya memang mesti agak repot. Karena berlaku hanya 24 jam, ya jadinya memang harus perpanjang setiap hari. Di jam yang sama, harus minimal 3 menit lebih awal malah..soalnya klo nggak gitu, ya sudah...sisa saldo nya wassalam..

Kan ada opsi berlanggan? Iya, sih..di opsi ada. Tapi pernah aktifin pilihan ini, kok tetap nggak ada bedanya. Begitu lupa perpanjang, ikhlaskan saja saldo pulsa yang tersisa. 

Belajar dari 3x sisa pulsa tersedot dalam hitungan detik, 3 hari ini saya nerapin cara buat ngakalin paket yellow ini..biar tetep jadi paket internet murah, tapi ga bikin marah. Kayak gini nih misalnya:

Jangan Sampai Lupa jadwal perpanjang. Agar nggak lupa, saya perpanjang paketan pas jadwal sekiranya saya ada di rumah. Bukan pas jadwal antar-jemput anak-anak sekolah. Biar ada notifikasi yang tiap hari bunyi ngingetin..aktifin alarm di hape. Hasilnya, 3 hari ini saya lancar internetan, cuma modal 3 ribu. Yess!

Matikan data saat mengaktifkan paket. Untuk berada dalam paket yellow, yang jelas butuh proses. Nah, demi 'keamanan' sisa saldo, biar nggak dikenai tarif reguler oleh operator, matikan data sebelum registrasi. Setelah ada notifikasi kalau anda sedang berada di paket yellow..baru aktifkan sambungan data di hape. Aman kalo begini.


Kalau mau sisa pulsa aman, jangan hidupkan data kembali, sebelum dapat pesan seperti ini

Rajin cek kuota. Untuk cek kuota, setau saya ada dua cara. Kirim pesan ke 363, dan kirim kata 'usage' atau pasang aplikasi my ooreedo. Saya pake dua-duanya, tapi lebih akurat yang via kirim pesan/sms ke 363

Cara-cek-kuota
Cara cek kuota melalui app. Sekali klik, cuma ga langsung update

Ingat, tidak ada data rollover. Berbeda dengan paket-paket internet lainnya dari indosat, di paket yellow ini tidak ada istilah data di akumulasi. 24 jam jatahnya 1 Gigabyte. Kalau misalnya sisa, ya sudah hangus. 

Isi pulsa secukupnya saja. Sepanjang pengalaman make paket ini, saya 3x sisa pulsa kesedot, dan 1x susah registrasi. Sudah pengen pindah operator aja rasanya waktu itu. Sempat jengkel plus misuh-misuh juga, kok ni paket curang banget kelihatannya.  Tapi kalau yang lain di rumah susah signal...yo sami mawon. Inget juga klo ini yang paling murah, akhirnya masih berusaha bertahan, dengan cara ambil strategi isi pulsanya maks 10 ribu aja, harapannya bisa buat 10 hari.

Berapa lama saya make paket ini? Akankah setia? Belum tahu.. Tapi sekarang masih betah pake paket yellow. Agak ribet, tapi murah. Koneksi juga stabil.

UPDATE
-------------

Update tgl 31 mei 2018

Dengan tips diatas, beberapa hari ini saya aman puas internetan hanya modal 1000/hari. Bahkan karena lagi nggak mood nulis, kuota hariannya sering sisa banyak. 

Pagi tadi, niatannya update blog dolanjajan.com. Ngedraftnya, pake evernote app yang bisa dipake saat offline. Toh cuma mbuka, ngetik, trus ngesave.

Pukul 09.10 data seluler saya matikan. Berdasar pesan yang saya terima kemarin, paket internet saya akan habis pukul 9.20-an menit. Mendekati pukul.09.30, ada pesan yang mengatakan kalau paket internet saya sudah berakhir, dan pemakaian akan dihitung dengan tarif perkb.

Merasa data seluler mati..ya saya tenang. Nanggung ngedraft, daripada ide melayang. Masih ada pulsa 8000 di saldo. Beberapa kali sebelumnya tersedot, saya nggak berani isi ulang banyak, kalau isi cuma 10.000. Yaa..daripada mlongo kalau tahu-tahu saldo 0.

Beberapa menit kemudian, saya tekan *123*111# niat mau maketin ulang yellow yang 1000/1G. Kaget, ternyata dapat pesan begini..

Sisa kuota sebelum data seluler  saya off kan
Lah, saldo saya yang 8000 kemana? Penasaran, saya cek via *123#. Beneran saldo saya 0. Waaa..harus nanya ke CS. Untungnya tetangga sebelah jualan pulsa. Isi kembali 10.000, paketin..trus kirim DM ke indosat-care via twitter. Sempat googling-googling juga. Pengalaman kesedot pulsa tanpa terduga kayak gini, banyak teman yang ngalami ternyata. Malah ada pulsa yang ratusan ribu amblas dalam waktu singkat. 

Jawaban dari customer care
Apa pasal? Ternyata...meski dalam kondisi data seluler mati, jika handphone berada dalam jaringan 4G...maka ia TETAP MAKAN KUOTA... Tak lama kemudian, keluhan saya juga direspon sama CS nya indosat ooredoo.

Berarti, tips yang saya dapat dari peristiwa tadi pagi: Jangan pernah telat melakukan paket ulang!! Atau kalau lagi nanggung..disamping matikan data selular, ubah mode ke 2G atau 3G.. Kecuali kamu rela sisa pulsa untuk berkurang secara cepat, hanya gara-gara kamu berada di jaringan 4G.

Ada sih pesan pemberitahuan kalau kamu sudah menghabiskan sekian rupiah ditarif internetan normal..tapi dikirimnya setelah pulsa saya habis. Nggak enaknya tu di situ😢😢

Ribet ya?! Resiko mau dapat kuota murah, ya gitu deh. 

15 komentar:

  1. Murah y. Tapi suka nyedot pulsa?? Hmmm... aku bertahan di tri aja lah.

    BalasHapus
  2. Ngomongin soal indosat ya. Saya pernah mba sekali pulsa langsung hlang seratus ribu dan bbrpa x pls saya keambil. Udah gitu pernah beberapa kali kecewa ama indosat ini. Pengennnn bgt ganti kartu. Tpi ga bisa karena orang2 udh tahu no ini. Semoga klo ada pihak indosat baca ini bisa jadi masukan buat mereka

    BalasHapus
  3. murahnya sih bisa jadi pilihan kan mba, tapi kok langgangan ga ada bedanya ya? wahh sayang babget, padahal kalau bisa langganan otomatis kuota bertambah tanpa sedot pulsaa

    BalasHapus
  4. Bonus quota datanya melimpah dan kalo dilihat harganya terbilang cukup murah, cuman sayangnya dikotaku banyak lemotnya.

    BalasHapus
  5. Indosat emang sering banget nyedot pulsa...

    Kalo paketan indosat mending pilih bulanan yg sdh free telpon dan sms. Isi paketnya jg dikonter aja. Ndak usah beli pulsa dan dipaketin. biar ndak ada sisa pulsa. Takut kesedot lagi klo ada sisa pulsa

    BalasHapus
  6. Murah juga nih paket dari indosat, tapi sayang mbak, di daerah saya jaringan si kuning agak lelet, alhasil cuman pake si merah aja. berharap jaringan si kuning bisa masuk pelosok biar yang di sini juga dapat kemudahan internet yang maksimal.

    BalasHapus
  7. Aku dah make dari lama. Sempet kurang suka sih, dengan pulsa yang tiba-tiba abis, raib entah kemana, namun sekarang sudah membaik kayaknya, dan ada auto perpanjang juga, jadi makin semangat ngeblognya

    BalasHapus
  8. bener mbak beberapa kali beli paket im3 yellow pasti pulsa kesedot, aneh bgt emang, pernah saya komplen ke twitter katanya suruh kirim screenshot kejadianya :D, kalo skarang di tempat saya sudah ada voucer pkaet data im3 yellow cuma 7ribu 1gb buat satu minggu, jadi bisa irit, pulsa sengaja saya buat 0 jadi gak akan kena sedot lagi

    BalasHapus
  9. eduuunnnn ini murah bgt.. perhari 1GB cuma 1000. cuma indosat yang bisa.

    BalasHapus
  10. Murah banget kalau sehari dapet 1GB dan harganya cuma seribu rupiah. Saya pakai 3, 1GB sehari selama 1 bulan, itu harganya 60 ribu mbak. 2X lipatnya. Ckckck.

    BalasHapus
  11. Hubunganku ama indosat ini kyk love hate relationship sih :p. Kdg benci setengah mati, tp disuruh ganti provider ga mau hahahahaha. Soalnya udh pake ini dr zaman kuliah. Dan semua org udh banyak yg tau. Repot aja kalo hrs ngabarin kemana2 lg aku ganti nomor.

    Indosat biasanya aman2 aja, kaloooo dipake di jakarta. Di rumahku juga kebetulan bagus, tp di kantor kurang. Suka lemot koneksinya. Tp pernah aku bawa ke sumatra, waktu itu ke sibolga, banda aceh, sigli, dan palembang, sinyalnya wassalam. Suka2 dia pokoknya. Kadang muncul, kadang ngadat. Bikin aku mau banting hp. Sering komplain, tp tanggapan biasa ga ada solusi. Cuma itulah mba, ttp aja ga mau pindah ke lain hati hahahhaah..

    BalasHapus
  12. Pengalaman Mbak sangat bermanfaat, bisa menjadi modal jika akan berlangganan dengan Indosat.

    Sayang sekali ini kemaren itu pulsanya kesedot yach Mbak.... :)

    BalasHapus
  13. Murah ini, saya jadikan referensi dulu lah, pengen ganti kartu juga soalnya, Teh..he
    Surveri dulu..

    BalasHapus
  14. wow, murah sekali ya bun.
    saya pakai 3 nih, 2GB sehari harga 1,500rb.
    padahal 2 GB juga ga habis seharian ��

    BalasHapus

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin