Peluang Bisnis UMKM, Dark Kitchen Untuk Mengembangkan Usaha

1 komentar

 

dark kitchen

Semakin banyaknya UMKM yang bermunculan tentu saja merupakan sebuah pergerakan ekonomi yang baik. Salah satu sektor UMKM yang memang banyak diminati adalah food dan beverages. Dark kitchen/cloud kitchen ada juga yang menyebutnya ghost kitchen merupakan salah satu cara para UMKM untuk bisa memperluas produk yang ditawarkan kepada konsumen. 

Bagi masyarakat yang ingin memulai untuk membuka usaha di bidang food and beverages namun belum memiliki tempat,dark kitchen ini bisa dicoba. Konsumen bisa dengan mudah menemukan produk yang dicari dan memesan melalui internet. Sangat relate dengan masa sekarang ini yang semua serba online di internet. 

Sebenarnya, model bisnis ini sudah dikenal luas di dunia barat karena banyak sekali yang sudah terbukti bisa berhasil mengandalkannya. Untuk di Indonesia sendiri sudah banyak sekali peminatnya karena perkembangannya yang terlihat bagus. Selain itu juga lebih ramah cost karena tidak perlu menyediakan tempat untuk dine in. 

Konsep dapur untuk bersama ini menawarkan produk sekaligus jasa pengiriman. Sudah bukan rahasia lagi kalau kebanyakan masyarakat saat ini kurang menyukai mengantri untuk makanan dan juga pergi jauh untuk membelinya. Tentu saja hal ini sangat terbantu dengan adanya jasa delivery makanan baik dari restaurant maupun pihak lainnya. 

Penyedia platform untuk makanan ini juga biasanya bekerja sama dengan pihak ketiga untuk jasa pengantaran makanan. Sehingga untuk para pengusaha yang menggunakan konsep ini tentu saja akan dimudahkan untuk distribusi produk makanan yang dijual. Tentu saja ini merupakan kesempatan yang baik bagi pelaku usaha tersebut. 

Tidak hanya para pengusaha yang sudah memiliki produk dan siap dijual, pengusaha baru yang juga ingin bereksperimen dengan menu bisa menggunakannya. Ini tentu saja sudah termasuk dari keuntungan menggunakan dark kitchen karena biasanya penyedia jasa menyediakan fasilitas yang diperlukan untuk berkreasi dengan makanan. 

Terdengar sangat menarik bukan? Tentu saja. Apalagi jika dilihat tren pasar yang saat ini tidak memungkinkan untuk keluar rumah dalam waktu lama dan juga berkerumun. Jasa delivery makanan adalah yang paling diminati oleh konsumen, apalagi jika menu yang ditawarkan sangat beragam dan juga kebersihan yang terjaga. 

Food delivery


Fenomena konsep bisnis dapat dilihat sebagai peluang dan bukan sebagai ancaman. Tentu saja karena sisi positif yang ditawarkan selalu ada sisi berlawan yang mengiringi. Sisi negatif dari konsep dark kitchen ini adalah tentang brand dari usaha atau produk. Produk yang banyak dari berbagai pengusaha membuat konsumen sering menilai setara.

Banyaknya produk yang ditawarkan dapur bersama ini tentu menarik, karena juga berasal dari pengusaha yang berbeda. Sisi negatifnya tentu saja berhubungan dengan hal tersebut, karena terkadang tidak semua produk memiliki kualitas yang sama juga. Mungkin produk satu dinilai tidak baik hal ini bisa membawa penilaian yang sama kepada semua produk. 

Mengapa hal tersebut terjadi? Tentu saja karena banyaknya jenis usaha yang ada. Ada yang mungkin sudah lama menggeluti bidang food and beverages ini sehingga sudah sangat baik dalam pelayanan dan produk. Ada juga yang masih baru sehingga terkadang masih terus mengembangkan produk yang ditawarkan. 

Jika tertarik untuk menggunakan jasa dark kitchen, di Indonesia sendiri sudah banyak yang menyediakannya. Salah satunya kamu bisa kunjungi Everplate untuk penyedia jasa cloud kitchen ini. Bagaimana? Apakah Anda juga tertarik menggunakan jasa food and beverages ini?

Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, sempat menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi@gmail.com, sulistiyowatitri98@ yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80@gmail.com

Related Posts

1 komentar

  1. wah keren juga ni pelayanan jasa yang menyediakan dapur set ya..

    Istriku juga berencana mau bikin ghost kitchen ini mbak.. kayaknya udah sangat di mudahkan ya jaman sekarang untuk membuat usaha..

    Makasi infonya mbak

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email