Ternyata Begini Cara Memutihkan Gigi Alami dan Bisa Kita Lakukan Sendiri

Posting Komentar


cara memutihkan gigi alami


Siapa sih yang tidak ingin memiliki gigi bersih dan juga putih?  Sayangnya, karena beberapa hal seperti faktor usia, terlalu banyak meminum teh/kopi, merokok, gigi sangat mungkin terlihat kurang menarik karena terlihat kotor atau berwana kuning kecoklatan . Scalling, bleaching  maupun Veneer  dengan bantuan seorang dokter gigi memang bisa dijadikan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Selain beberapa cara tadi, ada cara lain yang lebih ekonomis yaitu dengan  meniru cara memutihkan gigi alami ala masyarakat tradisional jaman dulu.  

Selain jauh lebih murah, cara ini bisa kita lakukan di rumah. Memang, hasilnya tidak bisa dinikmati secara cepat. Memutihkan gigi secara alami jelas butuh ketekunan dan juga kesabaran. 

Memanfaatkan Bahan Alam di Sekitar Untuk Memutihkan Gigi

Di sekitar kita, ada beberapa bahan alam yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan warna  gigi yang lebih putih. Asal dilakukan secara telaten, maka keinginanmu untuk memiliki senyum menawan dengan gigi putih berseri akan tercapai. 

Menggunakan Daun Sirih

Sirih dikenal sebagai tanaman obat yang banyak  di tanam di pekarangan masyarakat Indonesia. Selain bisa dimafaatkan sebagai desinfektan alami, ternyata sirih bisa juga digunakan untuk menjaga kesehatan gigi. Daun sirih berguna untuk menguatkan gigi, menghentikan pendarahan pada gusi, mengatasi masalah bau mulut, dan daun sirihpun bisa membantu memutihkan gigi secara alami. Caranya, teman-teman bisa mengunyah daun sirih secara langsung, atau menumbuknya untuk kemudian dioleskan pada gigi secara merata. 

Baca juga : Lebih Dekat denga Piper Betle, Tanaman Obat Kaya Manfaat


Memanfaatkan Kulit Pisang

Saat mengkonsumsi pisang, rata-rata kita hanya akan mengambil buahnya saja untuk dimakan. Rupanya, kulit pisang bisa kita manfaatkan terlebih dahulu lho sebelum dibuang. Hal ini, karena kadar potasium. Magnesium dan mangan dalam kulit pisang dipercaya mampu menghilangkan noda dari permukaan gigi. Cara memutihkan gigi dengan kulip pisang ini juga cukup mudah. Pilih pisang dengan kematangan yang sedang –tidak terlalu matang. Setelah buahnya kamu makan, gosokkan kulit pisang (bagian dalam) ke permukaan gigi. Sampai merata ya! Setelah itu, tunggu sekitar 10 menit, agar khasiat kulit pisang bekerja menghilangkan noda.  Setelah itu, lapisan dari kulit pisang yang menempel pada gigi bisa kamu bersihkan dengan menyikat gigi. Mudah kan?


Memutihkan Gigi dengan Lemon

Selain bisa meredakan batuk,  lemon  dan juga jeruk nipis dipercaya memiliki khasiat mencerahkan gigi. Cara memanfaatkan lemon untui memutihkan gigi juga cukup mudah. Ada beberapa cara yang bisa teman-teman lakukan seperti mengambil perasan air lemon, mencampurnya dengan sedikit air dan menggunakannya untuk menggosok gigi. Selain itu, bisa juga dengan menggosokkan kulit lemon ke seluruh permukaan gigi, tunggu 1-2 menit dan kemudian baru dibersihkan dengan air bersih. Frekuensi yang disarankan untuk memutihkan gigi dengan lemon ini adalah 2x seminggu.


Bersiwak

Konon sebelum sikat dan pasta gigi ditemukam, siwak atau  Salvadora Persica merupakan bahan yang banyak digunakan untuk membersihkan gigi.  Siwak berbentuk seperti kayu, berukuran sebesar pensil dan bisa dibeli di toko oleh-oleh haji/umroh atau banyak dijual secara online. 

Kandungan silika, natrium bikarbonat, asam tanat dan beberapa zat berguna lainnya pada siwak telah diuji dan terbukti kalau siwak efektif untuk merawat kesehatan gigi. Cara memutihkan gigi dengan siwak cukup mudah, yaitu dengan menggosokkan batang siwak pada permukaan gigi secara merata 2 atau 3 kali dalam sehari. Selain itu, teman-teman juga bisa menghaluskan batang siwak, membuatnya menjadi pasta dan menggunakan pasta tersebut untuk membersihkan gigi.


Menggunakan Arang aktif  Untuk Memutihkan Gigi

Berwarna hitam, tapi rupanya memiliki khasiat untuk memutihkan. Itulah khasiat arang aktif  atau activated charcoal sebagai bahan pemutih gigi alami. Arang aktif tidak berbau, tidak berasa, dan dapat ditemukan di toko-toko farmasi dan dijual dalam bentuk tablet. Meskipun arang aktif berwarna hitam, tapi sekalinya arang aktif ini melekat pada gigi ia akan langsung bekerja membersihkan plak dan sisa makanan pada gigi. Meskipun begitu, penggunaan arang aktif yang berlebihan juga tidak dianjurkan karena arang aktif bisa merusak enamel gigi.


Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi@gmail.com, sulistiyowatitri98@ yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email