Fakta Menarik Tentang Tanaman Putri Malu dan Khasiatnya

1 komentar
Khasiat tanaman putri malu


Tanaman putri malu, siapa sih yang tidak kenal. Saya rasa tanaman bernama latin  Mimosa Pudica ini sangat familiar dengan masyarakat Indonesia. Bisa jadi nama lokalnya saja yang berbeda dari satu daerah dengan daerah lainnya. Dulu, ibu saya mengenalkan tanaman ini sebagai tanaman wil-wil kup, karena daunnya yang selalu mingkup apabila dijawil (tertutup saat terkena rangsang sentuhan)

Sampai sekarang, tanaman putri malu masih gampang ditemukan di pedesaan. Biasanya ia tumbuh liar sebagai tanaman semak belukar di lahan kosong, atau areal persawahan. Karena hanya tumbuh begitu saja, keberadaan tanaman ini seringkali dicap sebagai pengganggu pemandangan hingga kemudian sering disingkirkan begitu saja.

Tak banyak yang tahu, kalau sebenarnya putrimalupun bisa cantik saat ia sedikit dipoles. Lebih dari itu, banyak penelitian mengungkapkan kalau tanaman berbunga bulat ini menyimpan banyak khasiat bagi kesehatan. 

Putri Malu, Tanaman Liar yang Kini Naik Kasta

Salah satu manfaat positif dari pandemi Corona adalah semakin banyak masyarakat yang (kembali) peduli lingkungan. Hobi bertanam dan memelihara tanaman semakin marak.Banyak tanaman yang awalnya dianggap tanaman biasa, bahkan tanaman yang awaknya tumbuh liar  kemudian naik kasta menjadi tanaman yang mempunyai nilai jual yang fantastis. 

Termasuk tanaman putri malu. 



Tanaman putri malu
Meskipun awalnya sebatas tanaman liar, kini tanaman ini dijual juga sebagai tanaman hias. Foto dari sebuah placemarket


Saya menemukan tanaman ini dijual  di market place, dengan harga yang lumayan. Ternyata, kalau “didandani” dan difungsikan sebagai tanaman hias, tanaman putri malu tidak kalah cantik dengan tanaman-tanaman hias lainnya. Daya tarik tanaman putri malu, tentu saja pada bunganya yang berbentuk bulat dan berwarna merah muda. 

Baca juga: Selain Lidah Buaya, Berikut Bahan Alam Penumbuh Rambut Alami

Khasiat Tanaman Putri Malu

Selain berbunga cantik, putri malu ternyata menyimpan banyak khasiat, mulai daun hingga akarnya. Melansir dari beberapa sumber, berikut saya rangkum aneka manfaat dari tanaman putri malu.

Ekstrak akar putri malu memiliki kloroform yang bisa digunakan sebagai obat luka penderita diabetes. Kesimpulan ini brdasarkan penelitian yang diadakan fakultas kedokteran Universitas Brawijaya Malang. 

Daun putri malu  mengandung mineral yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Bagian daun tanaman ini memiliki kandungan zat besi, seng, mangan, dan tembaga yang bermanfaat untuk kekabalan dan melawan infeksi pada kulit. Ekstrak tanaman mimosa pudica juga dapat mengurangi rasa sakit yang terkait dengan peradangan.

Manfaat lain dari daun putri malu adalah kemampuannya menyembuhkan batuk dan permasalahan pernafasan lainnya seperti pilek. Caranya cukup mudah yaitu merebus sekitar 10aun putri malu, dan meminum airnya saat dingin. Dengan pengolahan yang sama, daun putri malu juga dipercaya mampu menurunkan demam. 

Air rebusan tanaman putri malu memiliki sifat diuretik, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pelancar buang air kecil.

Tak disangka, tanaman ini ternyata memiliki manfaat juga untuk kesehatan gigi dan mulut.  Beberapa orang telah menggunakan batang putri malu untuk membersihkan gigi dan menghilangkan bau tidak sedap pada mulut.  Selain itu, tanaman putri malu dikenal bisa menghambat pertumbuhan beberapa jenis bakteri periodontitis.

Meskipun memiliki banyak khasiat, tapi mengkonsomsi tanaman putri malu dalam jumlah yang terlalu besar juga bisa menimbulkan efek negatif, seperti reaksi alergi, mual, dan juga kepala pusing. Sekedar saran, ketika memutuskan hendak mengkonsumsi tanaman herbal sebagai obat, perhatikan baik-baik reaksi tubuh setelah menminumnya. Apapun itu, kalau dikonsumsi secara berlebihan, hasilnya justru menjadi tidak baik. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, sempat menjadi jurnalis di sebuah tv lokal, kini ingin kembali menekuni hobi tulis menulis, bisa dihubungi di raka.adhi@gmail.com, sulistiyowatitri98@ yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80@gmail.com

Related Posts

1 komentar

  1. Baru tau kalo Putri Malu punya banyak khasiat seperti ini.
    Setauku Putri Malu ini cuma mainan anak-anak aja sih. Soalnya seru liat daunnya yang tertutup saat disentuh.

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email