Resep Mangut Belut Mudah dan Simpel

1 komentar

 

Mangut belut sederhana dan enak


Kenal kan dengan jenis masakan mangut? Itu lho..jenis masakan kuah bersantan, yang biasanya menggunakan beberapa jenis ikan atau ikan asap sebagai bahan utama. 

Untuk saya pribadi, paling sering menggunakan jenis ikan lele, karena jenis ikan ini memang paling mudah dibeli. Harganya juga bersahabat. 

Memasak mangut lele sebagai lauk sehari-hari sepertinya sudah terlalu biasa. Bagaimana kalau lelenya saya ganti belut? Mumpung masih punya beberapa potong belut yang tersimpan di lemari pendingin. 

Tapi sayangnya belut ini lebih jarang yang njual sih. Ini juga pak Suami yang beli di Godean: salah satu sentra belut di Sleman. 

Resep Memasak Mangut Belut Gurih-Lezat.

Bumbu mangut belut


Dalam lidah saya, mangut itu lebih nikmat saat dimasak pedas. Tapi karena saya memasak tidak untuk diri sendiri,  tapi juga untuk dua bocah dan pak suami yang tidak suka rasa pedas, akhirnya saya mesti kompromi dengan hanya menggunakan satu cabe keriting.

Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk memasak mangut belut:

Bumbu:
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
Garam
Secuil jahe 
Secuil kencur
Secuil kunyit
Cabe (jenis dam banyaknya disesuaikan selera)
Sedikit gula Jawa.
Sekitar 250 ml santan kelapa kental
Daun salam
Sereh

Bahan 
Belut. Saya menggunakan sekitar 4 ekor belut ukuran sedang. Kira2 300 gram an. Potong-potong agar lebih gampang goreng dan gampang maemnya. Biar ndak kayak ular juga😊😊


Cara Memasak Mangut Belut

Goreng belut setelah terlebih dahulu dilumuri bumbu (bawang putih, garam, jahe). Tidak perlu sampai garing. Pastikan sampai matang saja. 

Haluskan bumbu (kecuali salam dan daun sereh) kemudian tumis dalam minyak panas sampai harum. Setelah itu tuangkan santal. 

Setelah santan mendidih, masukkan belut yang telah digoreng sebelumnya. Sambil diaduk sesekali ya. 

Masak kurang lebih 5 menit. Sambil diicip-icip ya, siapa tahu kurang asin atau kurang manis, tinggal tambahi menyesuaikan selera. Bisa ditambahkan kaldu jamur kalau suka. 

Icipi lagi yaa, trus matikan kompor. Sudah deh, mangut belutnya matang dan siap dihidangkan. Di duetkan dengan rebusan sayur hijau dan nasi anget, dijamin nikmat dan bernutrisi. 

Coba yuk!!


Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi(at) gmail.com, sulistiyowatitri98(at) yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80(at)gmail.com

Related Posts

1 komentar

  1. Saya kalo liat belut malah serem sih sebenarnya karena bentuknya itu.
    Padahal banyak yang bilang rasanya enak juga, tapi hingga saat ini belum berani makannya.

    BalasHapus

Posting Komentar