25 Juli 2020

Tak Hanya Garam, Beberapa Bahan Alami Ini Juga Bisa Kita Manfaatkan Sebagai Obat Sakit Gigi Alami

obat sakit gigi alami



Ada nggak sih, manusia di dunia ini yang nggak pernah ngrasain yang namanya sakit gigi? Kalau misalnya ada,...betapa beruntungnya dia! Yang namanya sakit gigi itu, sungguh tidak enak.  Sakit banget!!  Kadang perut lapar, tapi gigi nggak bisa diajak kompromi. Bahkan pernah, gara-gara graham bungsu yang tumbuhnya nggak bener saya nyaris nggak tidur semalaman,  Menyesal juga, kenapa dulu nggak nyoba meredakan sakitnya dengan obat sakit gigi alami dulu ya? 

Rata-rata keluhan gigi datang karena gigi berlubang,  gigi sensitif, gigi patah/rusak, penyakit gusi, tambalan gigi yang rusak, gigi yang abrasi, atau juga proses tumbuhnya gigi geraham bungsu. Tingkat gangguan akibat gigi/gusi yang yang bermasalah ini juga bermacam-macam. Ada yang hanya disertai nyeri ringan, namun adapula yang disertai nyeri parah dan juga pembengkakan. 

Saat  wabah/ penyebaran virus Corona belum terkendali  seperti saat ini, tetap tinggal di rumah saja adalah pilihan terbaik.  Lalu bagaimana tiba-tiba gigi terasa tidak beres dan nyut-nyutan?  Saya di kubu yang menganut paham “ coba atasi dari rumah saja dulu”.  Baru kalau gejala tidak membaik atau tidak ada perubahan, itu tandanya kita wajib meminta pertolongan kepada pihak yang paling berkompeten,  yakni seorang dokter gigi.

Sakit Gigi Saat Pandemi? Coba deh Atasi dulu dengan Bahan-Bahan Alami Ini

Gangguan/ rasa nyeri pada gigi, paling sering timbul karena kesalahan manusia. Sebut saja, karena kebersihan gigi kita yang kurang. Acapkali gigi berlubang dibiarkan terbuka sisa makanan sangat mungkin akan tertinggal pada lubang gigi tersebut dan  kemudian menimbulkan infeksi. Ini yang paling sering terjadi. Permasalahan ini rawan terjadi pada gigi anak-anak, tapi umum juga terjadi pada gigi orang dewasa.

Selain gigi berlubang, geraham bungsu yang tumbuh secara tidak benar dan akhirnya mendesak gigi lain juga sering menimbulkan rasa nyeri yang berkepanjangan. Dalam kasus ini, rata-rata  dokter gigi akan menyarankan pengambilan gigi geraham bungsu melalui pembedahan.

Udara dingin juga kerap membuat gigi bermasalah lho.  Udara yang ekstrem atau terlampau dingin bisa menimbulkan ngilu pada gigi meskipun sifatnya hanya  sementara. 

Sayangnya, sakit gigi saat di masa pandemi seperti ini, sering membuat serba salah. Kenyataannya untuk mengurangi potensi tertular virus Corona  yang menular lewat droplet, banyak klinik memangkas jenis layanan mereka ke pasien. Tindakan terhadap gigi, hanya dilakukan pada pasien dengan status darurat. Sementara pasien yang lain, sebatas konsultasi dan pemberian obat. 

Sementara itu membiarkan rasa nyeri di dalam mulut untuk waktu yang lama, jelas tidak mungkin. Salah satu cara yang sangat mungkin dilakukan adalah memanfaatkan bahan-bahan di sekitar kita sebagai obat alami gigi. Berikut, beberapa bahan alami yang dipercaya bisa menjadi obat alami sakit gigi:



1. Garam
Menggunakan larutan garam untuk berkumur, telah lama dipercaya masyarakat untuk mengatasi  masalah nyeri pada gigi.  Disamping murah cara ini juga mudah. Cukup melarutkan 1-2 sendok makan garam pada air hangat dan gunakan larutan itu untuk berkumur minimal 30 detik. 
Larutan garam bekerja dengan cara mengubah lingkungan atau kondisi mulut, sehingga tidak kondosif bagi tumbuhnya bakteri/jamur. Meskipun begitu, penggunaan larutan garam dalam jangka waktu yang lama juga tidak disarankan, karena garam bisa merusak gigi karena bersifat basa.

2. Bunga Cengkeh
Selain sebagai bumbu untuk beberapa jenis masakan, kandungan senyawa eugenol yang terdapat pada bunga cengkeh diyakini mampu mengurangi rasa sakit secara alami, termasuk ketika kita mengalami nyeri pada gigi. Cukup menggigit batang bunga cengkih dan diamkan beberapa saat di dalam mulut, maka rasa nyeripun akan berkurang.  Selain cara tersebut, cara yang lazim digunakan adalah meneteskan minyak cengkeh pada segumpal bola kapas, kemudian menempelkan bola kapas tersebut pada gigi yang sakit.

3. Bawang Putih
Di ranah perbumbuan, bawang putih ini termasuk bumbu pokok. Itu artinya, ia mudah diperoleh/hampir setiap rumah memiliki stok bawang putih di dapur. Untuk meredakan gigi yang sakit, cara yang paling mudah adalah mengunyahnya, atau menghaluskan bawang putih tersebut untuk kemudian ditempelkan pada bagian gigi yang sakit. Senyawa  yang disebut allicin lah yang menjadikan bawang putih ampuh karena memiliki sifat antibakteri.

4. Kunyit
Rimpang kunyit  paling populer dimanfaatkan sebagai bahan untuk jamu, bumbu dapur, dan juga bahan dasar kosmetik.  Curcumin yang terdapat dalam kunyit merupakan nutrisi yag bersifat anti inflamasi dan bersifat analgesik (penghilang rasa sakit). Kandungan inilah yang membuat kunyit dipercaya turun-temurun cukup efektif meredakan nyeri pada gigi. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah meminum suplemen kunyit, mengoleskan pasta kunyit pada area gigi yang sakit, berkumur dengan air kunyit, atau mengkonsumsi teh kunyit. 


5. Jahe
Tak beda jauh dengan kunyit, rempah-rempah satu ini juga akrab dengan dapur masyarakat Indonesia. Meski begitu, tak banyak yang tahu kalau selain menghasilkan efek hangat untuk tubuh, jahe juga memiliki kandungan antibiotik yang cukup efektif meredakan rasa nyeri pada gigi. Caranyapun cukup simpel yaitu memarkan satu siung kecil jahe, kemudian segera tempel pada bagian gigi yang sakit

Itu saja? Belum semua sebenarnya. Saya yakin, masih banyak obat sakit gigi alami yang dipercaya mampu meredakan myeri gigi. Meskipun begitu, cara paling bijak untuk menghindari timbul/berulangnya sakit gigi adalah dengan menjaga kesehatan gigi dan gusi. Selain membatasi asupan makanan manis, menggosok gigi secara teratur dengan pasta gigi yang mengandung flouride, dan sebisa mungkin hindari rokok. 

Mau kan punya gigi putih, sehat, nafas segar? Yuk, rawat kesehatan gigi mulai dari sekarang. 

4 komentar:

  1. Sakit gigi emang mengganggu sekali. Tidur tidak bisa, makan tidak enak dan dengar orang bicara saja kudu emosi

    BalasHapus
  2. wah saya coba mbak
    kebetulan ini gigi geraham bungsu lubang jadi sakit banget
    apalagi pas dingin gini

    pengen nyoba jahe siapa tahu manjur

    makasih infonya mbak

    BalasHapus
  3. Kalau saya masih sering menggunakan garam
    Sakit gigi itu sakit banget, jika ada situasi bising inginnya marah-marah

    BalasHapus
  4. Dari beberapa bahan tersebut yang paling familiar mengobati sakit gigi adalah garam, mbak. Bahkan sejak saya kecil, sudah biasa menggunakan garam.

    Biasanya garam dilarutkan dalam air hangat kemudian diaduk dan digunakan untuk berkumur. Saya rasa untuk saat ini obat tradisional ini sangat membantu dalam hal ini, karena selain murah, mudah didapat dan bisa menunda untuk ke dokter gigi dalam situasi dan kondisi seperti ini.

    Untuk bahan lainnya saya jadi tertarik untuk mencobanya. Karena yang namanya obat tradisional itu mudah didapat dan murah, kan yaa.

    BalasHapus

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Untuk menghindari spam, untuk sementara kolom komentar saya moderasi dulu ya. Komentar berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin

 
Top