Tips Anak Betah di Rumah Selama Pandemi Covid 19

20 komentar
avian brands disney


“Aku kangen e sama Bu Tanti. Pengen cerita kucing” kata Alya beberapa waktu yang lalu. Bu Tanti, adalah wali kelasnya  saat kelas 1 dulu. Alya memang akrab dengan  Bu wali kelas karena merasa dimengerti, sering diajak ngobrol tentang kucing-kucing kesayangannya. 

Hingga kemudian Corona mengubah segalanya. Alya harus belajar di rumah berbulan-bulan, tak lagi ketemu guru-guru di sekolah, teman-temannya, kemudian tahu-tahu menjadi siswa kelas 2, dan otomatis berganti wali kelas. 

Karena pandemi pula, gerak anak-anak tak sebebas dulu lagi. Sekarang, hampir sepanjang hari dua bocah saya ada di rumah. Belajar, bermain, beribadah, banyak di lakukan  di dalam rumah.  Kadang di dalam kamar, kadang di ruang keluarga, dan sesekali di ruang depan.

Ada kemungkinan, suatu hari nanti mereka akan berada di titik jenuh, dan itu sangat bisa dimaklumi. 

Tapi bukan berarti, tidak ada yang bisa kita lakukan. Sebagai orang  tua, beberapa hal ini bisa kita upayakan agar anak-anak lebih betah di rumah karena faktanya wabah memang belum bisa dikendalikan. 


Memberi pengertian kepada  anak, kenapa ia harus banyak di rumah

Strategi #DirumahAja sepertinya masih perlu kita gaungkan, meskipun pandemi ini sudah memasuki bulan ke 10.   Hampir setahun. 

Ya, meskipun tetap di rumah juga bukan jaminan kita akan aman dari virus, tetapi minimal mempersempit peluang tertular. Untungnya, sekarang  banyak sekali iklan layanan masyarakat televisi/media sosial tentang cara meminimalisir penularan Covid 19 ini yang nyantol di telinganya anak-anak. Tanpa memerlukan banyak penjelasan, syukurlah mereka sudah paham alasan kenapa beberapa bulan terakhir kami lebih sering di rumah dan jarang bepergian, meskipun hari libur.

Baca juga : Dilema Ketika Para Bocah Mesti Belajar dari Rumah

Mengajak anak dalam kegiatan positif. Libatkan mereka!

Saya amati, saat di rumah sebenarnya anak-anak itu mau kok dilibatkan dengan beberapa jenis pekerjaan yang sebelumnya tidak pernah mereka sentuh. Seperti misalnya membantu di dapur, merapikan kamar masing-masing, menyapu, merapikan buku-buku, menjemur pakaian, merawat hewan peliharaan dan beberapa pekerjaan ringan lainnya. 

Selain melatih kemandirian, berbagai aktivitas sederhana tadi sebenarnya sangat bagus untuk melatih tanggung jawab. Selain itu, cara itu saya manfaatkan pula mengurangi frekuensi anak-anak menatap layar smartphone (karena setelah mengerjakan tugas, biasanya lanjut pada nge game online). Beneran, saya nggak mau anak-anak kecanduan game. Takut juga anak-anak salah dalam menggunakan internet.

Baca juga: Media, Anak-anak dan Pornografi

Ciptakan rumah yang bersih, sehat,  dan menyenangkan

Corona membuat kami sadar akan pentingnya kesehatan. Tak hanya lantai yang mesti sering-sering dibersihkan dengan disapu atau dipel, tembok pun juga mesti bersih agar terhindar dari kuman dan bakteri. Lebih dari itu, tembok yang bersih tentunya akan semakin nyaman untuk dipandang.

Bersih-rapi-eye catching!

Tiga hal penting  untuk menjaga mood selama anak-anak harus banyak tinggal di rumah. 

Mendesain ulang rumah agar penghuninya lebih betah dan juga lebih nyaman ditinggali, bisa menjadi satu pilihan aktivitas menarik. Dengan mengecet ulang tembok-tembok rumah atau kamar  anak-anak misalnya. 

Study psikologis dari berbagai sumber menyatakan kalau ada korelasi antara pemilihan warna ruangan/rumah dengan mood/tingkah laku seseorang. Misalnya warna ungu yang dipercaya mampu meningkatkan rasa percaya diri, kreatifitas, dan meditasi, warna merah muda yang mempunyai efek menenangkan, warna hijau yang memberikan kesan segar dan luas, atau warna cokelat yang lembut dan hangat. 

Memilih cat yang sesuai dengan dunianya anak-anak

Dunia anak-anak itu ceria,  penuh warna, dan imaginatif!  Tapi sayangnya, tak banyak produsen cat yang mengerti kebutuhan itu.  Bahkan untuk sekedar bisa menemukan produk cat yang berkualitas dan aman untuk anak, orang tua kadang butuh perjuangan panjang.

Nah, kabar gembiranya karena sekarang Avian Brands bersama Disney telah menghadirkan rangkaian produk cat seri Disney yang ramah lingkungan, anti bakteri, dan uniknya bisa memberikan efek spesial. Semuanya sudah bersertifikat Green Label Singapore.


avian brand disney


Beberapa varian produk cat seri Disney dari Avian Brand meliputi:

1. Cat Tembok Interior Avitex 4kids

Cat interior yang dilengkapi formula anti bakteri, ramah lingkungan, dan sangat baik untuk menutupi ketidaksempurnaan permukaan tembok sehingga terlihat halus dan rata. Cat tembok interior Avitex 4kids memiliki 170 warna favorit yang siap memperindah kamar maupun ruang bermain keluarga.

2. Cat Tembok Interior Everglo Kids Care

Tembok yang senantiasa terlihat bersih meskipun memiliki anak kecil itu idaman banget. Ya, tau sendirikan namanya anak-anak kadang sering asal coret-coret, atau menodai tembok dengan apa yang mereka pegang.  Cat tembok interior Everglow Kids Care merupakan produk yang paling direkomendasikan untuk masalah tadi. Dengan tampilan kilap dan halus, varian produk ini mempunyai keunggulan anti bakteri yang mampu mencegah penyakit asma, flu, dan diare. Tentunya juga gampang dibersihkan saat kotor. Tak hanya untuk kamar/rumah pribadi, cat tembok interior Everglo Kids Care sangat ideal digunakan untuk sekolah, pusat layanan kesehatan, dan rumah sakit.  

3. Cat Efek Spesial HomeDeco Glow  in the Dark

Awalnya, saya mengira hanya kaosnya anak-anak saja yang bisa menyala didalam gelap. Rupanya, saya salah.  Avian pun punya sarana untuk menciptakan nuansa yang berbeda pada ruangan kita, dengan #CatGlowInTheDark. HomeDeco Glow in the Dark bisa jadi satu-satunya cat phosphorescence berbahan dasar air yang memiliki efek bisa menyala/berpendar dalam keadaan gelap.

4. Cat Efek Spesial HomeDeco Magnetic

Memajang semua hasil karya berkreasi di dinding kamar, adalah kebanggan tersendiri untuk anak-anak. Untuk keperluan ini,  #ProdukCatDisney Home Deco Magnetic bisa menjadi solusi.  Dengan mengaplikasikan #CatMagnetic ini sebanyak 3-4 lapis, hasil akhir dari polesan HomeDeco Magnetic akan bisa menarik magnet dengan kuat sehingga magnet bisa menempel langsung ke dinding kamar anak-anak. 

5. Cat Efek Spesial HomeDeco Glitz

Berbahan dasar air dengan nuansa  dan tekstur  glitter yang berkilau, HomeDeco Glitz merupakan Varian dari seri Disney yang mengakomodasi daya imaginatif anak-anak.  Selain bisa diaplikasikan ke semua media interior, cat glitter  ini bisa digunakan pada furniture dan kerajinan tangan. Tersedia dalan dua warna yaitu gold dan silver. 

Dengan warna-warna yang sangat beragam, plus dilengkapi cat untuk memberikan efek pada dinding demi #KeajaibanDiSetiapRuangan, saya yakin anak-anak akan semakin menikmati kamar/rumah mereka, dan tetap ceria meskipun masih berada di tengah wabah Corona. 


Sesekali, boleh membawa anak-anak keluar. Cari tempat yang aman

Apa sanggup berbulan-bulan terus-terusan di dalam rumah tanpa bepergian? Saya rasa tidak. Bagaimanapun pikiran perlu juga direfresh, hanya caranya saja yang kemudian jadi berbeda. Kuncinya, cari tempat yang aman. Aman di sini adalah aman untuk kesehatan; pilih tempat terbuka (outdoor) tanpa kerumunan, dan tersedia fasilitas yang menunjang pelaksanaan protokol kesehatan. 

Pernah kami hanya menyusuri jalan di areal pantai di Kulonprogo tanpa turun dari kendaraan. Niatnya sekedar cuci mata. Pernah juga kami menyepi ber empat, mendirikan tenda di tepinya pantai Cemara Sewu yang hari itu relatif sepi.  Dengan kegiatan ini, saya berharap anak-anak lebih bisa menjalani masa pandemi ini  dengan cara yang lebih aman untuk kesehatan fisik dan juga kesehatan mental.


Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, sempat menjadi jurnalis di sebuah tv lokal, kini ingin kembali menekuni hobi tulis menulis, bisa dihubungi di raka.adhi@gmail.com, sulistiyowatitri98@ yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80@gmail.com

Related Posts

20 komentar

  1. sekarang harus bener bener bisa buat anak betah belajar di rumah ya mbak
    karena entah ini kapan sekolah buka
    makanya suasana yang enak dengan warna dinding menarik juga perlu banget

    BalasHapus
  2. Cat dinding rumah dengan warna-warna cerah dan menyejukan mata, pasti akan membuat seluruh keluarga betah di rumah. Dan bagi anak-anak mungkin juga bisa memantik kreativitas mereka sehingga mereka terinsiatif mengerjakan sesuatu yang menyenangkan ya Mbak :)

    BalasHapus
  3. Rumah yang menyenangkan pastinya bikin betah seluruh keluarga, tidak hanya anak tapi ortunya juga hehehe. Gara2 baca artikel ini pengen sekali ganti cat rumah nih...

    BalasHapus
  4. Beneran harus bisa membuat anak betah di rumah. Dengan warna dinding menarik bisa glow in the dark juga sebagai magnet, saya beneran baru tahu ini mba :)

    BalasHapus
  5. Sebelum pandemi kemarin, kami sempat ngerombak kamar anak karena rencananya sulung mau pisah kamar. Dicat ulang, tata interior dll.

    Lalu pandemi datang dan jadilah kamar tersebut sebagai tempat sekolah juga, selain jadi kamar tidur.

    BalasHapus
  6. Aku termasuk sama anak anak ngerjain segalanya, saking gabutnya!
    Aku dan anak anak sampe mengecat ulang dengan pylox si lemari besi, pasang lampu ala ala desainer wkwkwkk (desain ulang pakai karton hitam)
    sampe ke pasang wallpaper sticker - yang rada gagal total akhirnya ditempel ulang pake double tape yang super stick


    Cat Efek Spesial HomeDeco Glow in the Dark ini kalau dibuat seperti galaksi di kamar dengan bintang bintang pasti keren ya

    BalasHapus
  7. Seru ya klo cat rumah disesuaikan sm selera anak. Jd ceria dna kebawa happy terus gt. Warna warni. Sblm pakai warna putih kyk sekarang cat rumah smpt warna warni.. Ngepasij anak2 msh kecil2 gt. Sekarang dah bs dikasih pengertian soal tembok putih hehe makanya terakhir berani pakai cat putij

    BalasHapus
  8. benar sekali mbak, krn anak anak da lama bgt sfh perlu buat kasih suasana yg nyaman di rumah
    klo dindingnya menarik, anak pasti suka dan betah di rumah

    BalasHapus
  9. Kalau cat temboknya menarik begini, anak-anak pasti betah berada di rumah ya..

    BalasHapus
  10. Iya mba. Ngeliat anak di rumah terus dan kangen ama temen-temennya, gurunya. Suka bikin kita sedih ya. Jadi akhirnya kita harus alihkan perhatian anak ke yang lain biar bikin dia betah di rumah. Salah satunya dengan memilih warna cat yang bisa bikin anak betah di rumah karena warna juga dapat mempengaruhi psikologis ya mba. Contohnya warna dari cat Asian terbaru seri disney. Pasti bikin anak seneng

    BalasHapus
  11. Wah iya ya cat baru di kamar anak dengan warna lebih ceria dan cemerlang pasti bikin anak semangat walaupun di rumah ya..

    BalasHapus
  12. Pas pandemi ini jadi lebih kreatif dekorasiin rumah biar anak betah dirumah sekalian nyediain mainan, tapi tetep sih berantakan ya berantakan apalagi kalo masih balita, mainan bisa dihambur-hamburin. Tapi jadi kepikiran bikin ruang khusus maianan dicat yang bagus jadi yang berantakan ya cuma ruangan itu

    BalasHapus
  13. Anakku termasuk yg betah belajar dari rumah sih, soalnya kalau capek bisa langsung istirahat dan kegiatannya juga main variatif kan. Sesekali bantuin masak, tiap hari bantu beresin rumah, berkebun juga. Malah ibunya nih yg jadi tambah capek. Hahahaha

    BalasHapus
  14. Nah iya, Mbak, salah satu cara agar anak tidak merasa bosan selama di rumah saja bisa dengan cara menciptakan suasana ruangan yang nyaman. Seperti mengecat ruangan dengan warna kesukaan anak-anak.

    BalasHapus
  15. Wuih, kalau cat dindingnya seperti ini sih anak-anak bakal betah di rumah... Keren banget ada glitter, magnetic, dll...

    BalasHapus
  16. Sesuatu emang belajar di masa pandemi. Kalau dipikir2 ya, yang belajar juga ibunya ama anaknya barengan. Makanya biar nyaman cat ruangan juga yang nyaman

    BalasHapus
  17. Kami juga sering begini, kak..
    Sesekali keluar rumah dan bener-bener hanya di dalam kendaraan, agar refresh suasana sejenak.
    Paling happy kalau suasana rumah apalagi kamar anak-anak jadi meriah menggunakan Avian yaa..

    BalasHapus
  18. Aku pengen nyobain cat nya yg magnetik. Pengen banget bikin space kecil khusus yang bisa untuk tempelan kulkas

    BalasHapus
  19. Kalau rumah, apalagi kamar anak udah rapi, bersih, eye catching pastilah anak-anak pada betah di rumah. Adal diberikan aktivitas yang berbariasi juga ya moms

    BalasHapus
  20. Tips nya cukup win win solution Mak kayanya. Intinya dibikin biar betah di rumah dan belajar dari rumah, tapi sesekali pergi keluar dengan pengawasan orang tua juga nggak masalah :))

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email