Beberapa Ide Aktivitas Pengusir Jenuh Ditengah Pandemi Covid-19

1 komentar

aktivitas pengusir jenuh


Butuh aktivitas pengusir jenuh di saat pandemi Covid 19 belum ada tanda-tanda untuk usai? Awalnya saya berfikir bahwa wabah Corona ini bisa segera teratasi. Saat ada dua WNI yang dinyatakan positif awal Maret lalu, tak membayangkan kalau semuanya akan menjadi seperti sekarang. Dari 2 menjadi ratusan ribu dalam waktu 6 bulan. Virus semakin menyebar dan sulit dikendalikan. 


Setengah tahun sudah anak-anak meninggalkan bangku sekolah, menggantinya dengan model belajar di rumah dengan segala plus minusnya.  Aktivitas manusia dewasapun tak seleluasa dulu. Ada rasa was-was setiap harus keluar rumah, meskipun sudah berusaha untuk menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan yaitu rajin cuci tangan, menggunakan masker, dan juga jaga jarak aman. 


Jenuh, pasti ada. Lalu bagaimana? Setelah satu minggu disibukkan dengan aktivitas yang berkaitan dengan pemenuhan ekonomi dan juga rutinitas lainnya, tak ada salahnya menggunakan akhir pekan untuk merefresh otak, mengistirahatkan badan sejenak, menggunakannya untuk kegiatan yang menyenangkan. Ada beberapa yang biasa dilakukan, dan bisa dicoba:



Membaca Buku, Menonton Film,  Menikmati Acara musik dari Rumah


Saat butuh hiburan, maka membaca buku-buku ringan untuk tujuan hiburan, bisa dijadikan pilihan. Sumber bacaan bisa berasal dari buku/novel fisik, atau bisa juga yang berupa file. Beruntung, karena kita hidup di masa  banyak platform tersedia  dan bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan bahan bacaan yang berkualitas.


Terimakasih juga untuk Youtube,  media sosial dan beberapa aplikasi penyedia film yang beragam karena dengan keberadaan mereka, akses tayangan hiburan semakin mudah kita nikmati. Tak ada masalah  ketika bioskop mesti tutup atau konser musik harus ditunda, selama ada kuota. Tinggal memilih tayangan-tayangan yang disuka, dan kemudian kita tinggal menikmatinya.

menonton tayangan tv
Salah satu tayangan musik favorit yang bisa dinikmati via tv/channel youtube


Membaca, menonton, dan mendengar. Saya sering memilih cara ini saat tengah jenuh dengan rutinitas. Enam bulan jadi guru dadakan, hampir setiap hari jadi sibuk dengan tugas-tugas BDR dan mesti mberesin juga pekerjaan rumah itu tingkat stress nya lumayan tinggi. Makanya, saat semua tugas beres saya suka menikmati kegiatan ber youtube, ber viu atau berIflix ria :-D


Baca : Review Film Wedding Agreement, Drama Ringan Berbumbu Dakwah



Memasak,  Berkebun, Berbenah

Nah, kalau yang ini bisa dikategorikan sebagai aktivitas yang full faedah. Bagi mereka yang banyak menghabiskan waktu di luar rumah, bisa jadi mengisi waktu di rumah dengan kegiatan-kegiatan diatas termasuk hal-hal yang jarang dilakukan dan bisa jadi bersifat rekreatif. Menikmati menu spesial hasil olahan sendiri, tanaman yang tertata, dan rumah yang terlihat bersih dan rapi adalah salah satu sumber kebahagiaan juga kan? 


Tapi untuk saya pribadi, saya memilih men-skip acara memasak  atau berbenah sebagai bentuk me time atau kegiatan rekreatif. Tidak membenci memasak ataupun berbenah, tapi tidak masuk list hobi juga. Ha..ha, sebatas melakukan kewajiban sebagai mamak-mamak. Kalau berkebun, iya. Makanya saya seneng saat mimpi punya kebun di belakang rumah tercapai.



Melakukan Olahraga, Bersepeda, Memancing, Dua Aktivitas Outdoor yang Relatif Aman


Agak susah memang menemukan aktivitas outdoor yang cukup aman di tengah penyebaran virus. Cara yang paling bijak adalah menyesuaikan dengan situasi dan kondisi. Cari kegiatan rekreatif di luar ruangan, cari tempat yang relatif sepi tanpa kerumunan, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Cara itu yang saya pilih, paling tidak satu minggu sekali. 

Aktivitas-pengusir-jenuh-saat-pandemi-corona
Memancing, salah satu aktivitas outdoor yang bisa jadi pilihan. Cari area yang cukup sepi, hindari kerumunan


Bersepeda adalah kegiatan yang belakangan marak dan banyak dipilih masyarakat untuk berolahraga dan juga melepas penat. Selain badan yang akan menjadi lebih sehat, beberapa manfaat lain juga bakal didapatkan dari melakukan aktivitas ini. Bersepeda di areal persawahan di pagi hari, atau pergi memancing di tempat yang lapang bisa menjadi salah satu aktivitas pengusir jenuh yang bisa kamu coba. 



Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, sempat menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi@gmail.com, sulistiyowatitri98@ yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80@gmail.com

Related Posts

1 komentar

  1. Banyak sebenarnya kegiatan di rumah aja. Cuma kadang bosan. Ya sabar aja sih, kalo lagi pandemi gini lebih baik jangan piknik dulu.

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email