23 Juli 2020

MENGENAL KARTU PASCA BAYAR DAN PRA BAYAR



K
ini, smartphone bisa jadi merupakan kebutuhan setiap orang untuk tetap terkoneksi satu sama lain. Dan itu artinya, mau tidak mau pengguna mesti berhubungan dengan provider kartu seluler. Ada banyak provider di Indonesia, dan kita bisa memilih  menggunakan kartu SIM dengan pembayaran sistem pasca bayar atau pra bayar.

Masih bingung, perbedaan dan plus minus keduanya?  Ada baiknya,  kamu  kenali dulu untung dan rugi penggunaan kartu pra bayar dan pasca bayar. Baca artikel ini sampai selesai ya!

1. Pengisian Pulsa dan Kuota Data
Bagi penggunaan kartu prabayar dalam hal pengisian pulsa maupun kuota bisa diisi dengan nominal berapa saja dan kapan saja. Bahkan, kamu memiliki pilihan untuk tidak melakukan pengisian pulsa apabila dana sedang mepet.

Lain halnya dengan layanan pascabayar dimana kamu mesti membayar terus menerus pada waktu yang sudah ditentukan meskipun kamu tidak menggunakannya.

2. Pembayaran
Dalam hal pembayaran, kartu prabayar lebih unggul. Sebab, lebih simpel dan praktis. Saat kamu membutuhkan pulsa atau kuota data, kamu   bisa langsung menuju ke konter untuk memilih ragam paket yang tersedia, atau kalau mau lebih praktis, kamu bisa membeli melalui aplikasi, dan membayarnya dengan e-money. 

Sedangkan layanan pascabayar mengharuskan kamu  untuk membayar tagihan tepat waktu. Tentu ini lebih merepotkan. Biasanya, sistem layanan pascabayar ada yang ditagih dalam periode waktu tertentu, umumnya dalam 30 hari. Kalau kamu ingin yang lebih simpel dalam hal pembayaran, kartu prabayar lebih direkomendasikan.

Namun, tentu saja, layanan pascabayar lebih unggul dalam hal tidak kehabisan pulsa. kamu tidak perlu khawatir saat melakukan panggilan yang penting tetapi terputus tiba-tiba karena pulsa habis, atau penjelajahan dunia maya kamu yang harus berakhir gara-gara fakir kuota. 

3. Harga Paket
Kelebihan dan kekurangan kartu prabayar dan pascabayar yang selanjutnya adalah masalah harga. Untuk layanan prabayar memang jika dikalkulasi maka harganya akan lebih mahal ketimbang pascabayar. Pun, penggunaan pemakaian pada kartu pascabayar dinilai lebih transparan dan dapat diperiksa kapan saja.

4. Pendaftaran Kartu
Untuk mendaftarkan kartu prabayar, Anda cukup menggunakan nomor induk kependudukan, nama asli, dan sebagainya. Bahkan, saat ini, ada juga beberapa konter yang tidak mengharuskannya. Tinggal bayar saja, di-registrasikan oleh pihak konter, beres! Anda bisa langsung menggunakannya.

Namun, jika Anda ingin menggunakan kartu pascabayar, maka pendaftarannya cukup ribet. Banyak persyaratan yang perlu dipenuhi agar Anda bisa menggunakan layanan ini. Persyaratan tersebut meliputi kartu identitas resmi serta berbagai prosedur pembayaran yang cukup rumit.

5. Jaringan
Banyak pihak yang menyatakan bahwa jaringan yang digunakan pada layanan pascabayar dinilai lebih baik daripada layanan prabayar.

6. Gangguan
Dalam banyak kasus, pengguna baru dari layanan kartu pascabayar mengeluhkan adanya telepon atau SMS masuk yang berasal dari beragam instansi laiknya dari real estate, bank, dan sebagainya. Tentu saja, telepon atau sms ini sangat mengganggu.

7. Pilihan Paket
Ternyata, pilihan paket untuk kartu prabayar maupun pascabayar sama-sama beragam. Mulai dari paket telepon, paket data, hingga paket SMS cukup bervariasi. Nah, keuntungan memilih kartu pascabayar dalam hal ini adalah bisa menekan tagihan pada kartu SIM supaya tidak melonjak.

8. Pemilihan Nomor
Dengan memilih SIM pascabayar, maka Anda dapat memilih sendiri nomor yang sesuai dengan keinginan. Selain dapat membuat nomor lebih mudah dihafal atau nomor cantik, penggunaan SIM pascabayar memungkinkan Anda memiliki jumlah nomor yang lebih sedikit. Ya, hanya sekitar 10 sampai 11 nomor.

Akan tetapi, jika Anda memilih SIM prabayar, maka Anda harus memilih nomor secara apa adanya yang tersedia pada konter tersebut. Pastinya, kalau tidak beruntung, nomor acak lah yang akan Anda terima.

9. Risiko
Memiliki kartu pascabayar memang terkesan lebih menyenangkan dan menguntungkan. Namun, ternyata memiliki risiko yang cukup besar. Sebab, apabila ponsel Anda hilang tetapi tidak melakukan laporan segera, maka nomor tetap bisa digunakan.

Jika sudah begitu, tagihan pemakaian kartu pun akan tetap menjadi tanggungan Anda meski bukan Anda sendiri yang menggunakannya. 

Berbeda dengan kartu prabayar, orang yang menggunakannya lah yang harus membeli sejumlah pulsa atau kuota data untuk menggunakan berbagai layanannya.

Jadi bagaimana? Tertarik untuk memilih paket Prabayar kamu bisa kunjungi situs website Smartfren 

2 komentar:

  1. Saya menggunakan prabayar mbak, sudah kerasan dan nggak mau pindah ke pascabayar, hehe. Sebenarnya sih nggak terlalu paham juga ada bedanya, namun selama ini sudah nyaman dan teplek jadi ogah ganti juga.

    Dan setelah tahu bedanya, jadi makin mantap deh untuk setia ke prabayar ini, hehe.

    BalasHapus
  2. Kl pasca tuh kesannya profesional. Biasanya bos-bos yg pake😁😁

    Nomerku 11 digit juga walau prabayar. Mungkin krn keluaran awal.

    BalasHapus

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Untuk menghindari spam, untuk sementara kolom komentar saya moderasi dulu ya. Komentar berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin

 
Top