18 Juli 2020

Banyak Cara Untuk Mendapatkan Ketiak Bebas Bulu. Berikut Beberapa Cara yang Digunakan Untuk Menghilangkan Bulu Ketiak Agar Terlihat Bersih

P
osisinya tertutup, tetapi kalau sampai lalai mengurusnya, masalah yang timbul bisa membuat berabe; bau badan, dan percaya diri merosot tajam. Itulah bulu ketiak. Dalam kehidupan sehari-hari kita mengenal berbagai cara menghilangkan bulu ketiak, karena faktanya ketiak yang berwarna terang, bersih tanpa bulu adalah dambaan hampir semua kaum wanita.

cara-menghilangkan-bulu-ketiak
Foto  dari pexels

Bulu ketiak, harus ya dihilangkan?

Mengacu pada wikipedia, bulu atau rambut ketiak adalah kumpulan bulu (lebih tepatnya rambut) yang tumbuh di daerah ketiak. Bulu ini mulai tumbuh pada masa pubertas. Pada dasarnya, semua orang memiliki bulu ketiak. Hanya, tebal-tipisnya bulu ini bisa jadi antar orang perorang akan berbeda karena dipengaruhi oleh faktor genetis dan juga hormonal.

Melansir dari beberapa sumber, berikut beberapa manfaat dari keberadaan bulu ketiak untuk kesehatan:
  • Pelindung kulit ketiak dari gesekan
  • Pelindung bagian ketiak dari zat-zat racun yang akan masuk dari luar tubuh
  • Pelindung payudara dari zat-zat asing yang masuk melalui ketiak. Fungsi ini terkait dengan keberadaan kelenjar pada bagian ketiak yang berhubungan langsung dengan payudara.
Secara garis besar bulu ketiak ini bermanfaat untuk menurunkan resiko infeksi. Meskipun begitu banyak orang menjadi tidak nyaman dengan keberadaan bulu-bulu ini. 

Sebagian besar wanita –termasuk saya -- menganggap bulu ketiak mengganggu penampilan.  Merekapun kemudian berusaha menghilangkan bulu ketiak dengan beragam cara. 

Mau membiarkan bulu-bulu ini bertahan, atau menghilangkannya demi alasan estetika itu adalah pilihan masing-masing.

Berbagai cara/metode untuk menghilangkan bulu ketiak 

Bulu ketiak yang terlalu tebal, seringkali terlihat  mengganggu pemandangan. Ia pun bisa menjadi awal munculnya bau badan.  Bulu ketiak yang menyatu dengan keringat dan bakteri, akan menghasilkan bau tak sedap.

Karena alasan ini, menghilangkan bulu ketiak dianggap sebagai salah satu penyelesaian masalah. Selama ini, ada beberapa cara menghilangkan bulu ketiak yang lazim dan dianggap aman.

Mencabuti bulu ketiak
Dengan alat utama berupa sebuah pinset, cara ini jamak dipilih, karena bisa menghilangkan bulu ketiak sampai ke akarnya. Namun opsi ini hanya bisa diterapkan bagi mereka yang memiliki tipikal bulu yang jarang/tidak lebat. Selain ada sedikit rasa nyeri saat proses pencabutan, metode ini juga potensial menyebabkan kerusakan folikel rambut. 

Dua hal penting saat hendak menerapkan metode pembersihan bulu ketiak dengan metode ini adalah, cabut bulu ketiak ketika kondisi folikel agak terbuka (setelah mandi air hangat), dan hindari mencabut bulu ketiak ketika mendekati siklus haid  karena di masa itu  tubuh lebih sensitif pada rasa nyeri.

Mencukur bulu ketiak
Selain lebih cepat, cara ini dinilai lebih praktis daripada mencabuti bulu ketiak satu persatu. Mencukur, juga tidak menimbulkan rasa nyeri di kulit. Namun sayangnya, metode ini hanya menghilangkan bulu dipermukaan kulit saja, sehingga beberapa hari berikutnya bulu-bulu akan kembali bermunculan. 

Metode ini juga rentan menyebabkan iritasi kulit. 

Perlu diketahui, ketika mencukur bulu ketiak, secara tidak langsung kita telah kehilangan 38%  kulit ketiak di setiap cukuran.  Kulit yang dipaksa mengelupas akan membuat kulit muda akan muncul ke permukaan terlalu cepat. Akibatnya, kulit ketiak akan cenderung kasar, rusak dan berwarna menghitam. 

Efek samping inilah yang menjadikan metode ini, kini tak lagi digemari.

Merontokkan bulu ketiak dengan bahan-bahan tradisional
Metode ini bisa jadi merupakan cara menghilangkan bulu ketiak yang paling aman dan minim resiko. Tentu saja karena bahan-bahan yang digunakan adalah bahan-bahan alami dan bisa didapatkan dengan mudah di lingkungan sekitar. Hanya saja, teknik ini lebih memakan banyak waktu. Kurang praktis. Beberapa bahan alami yang dipercaya bisa merontokkan bulu ketiak adalah:
  • Campuran lemon dan mentimun yang kemudian dioleskan pada ketiak
  • Mengoleskan campuran lidah buaya, pepaya muda dan kunyit pada ketiak
  • Campuran madu, gula, dan lemon yang kemudian diaplikasikan selama 30 menit pada ketiak
  • Campuran kapur barus dan jintan putih

Menghilangkan bulu ketiak dengan bantuan Hair Removal
Metode ini dianggap metode yang paling praktis dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Beragam merk hair removal pun tersedia dipasaran, dengan harga yang bervariasi. Kita tinggal menyesuaikan dengan kemampuan keuangan masing-masing. Yang tak boleh dilupakan juga adalah, pilihlah hair removal sesuai dengan kondisi kulit dan juga mengaplikasikannya sesuai dengan petunjuk yang diberikan.

Mendapatkan ketiak bebas bulu dengan sinar laser
Metode ini merupakan salah satu solusi yang kerap ditempuh wanita-wanita modern saat ini. Dengan menggunakan sinar  laser, folikel di bagian akar rambut sengaja dimatikan agar bulu-bulu ketiak tak lagi tumbuh. Sebuah metode menghilangkan bulu ketiak yang bersifat long lasting, tapi sayangnya hingga saat ini harganya masih tergolong mahal. 


2 komentar:

  1. Berhubungan memang itu ketiak sama payudara. Pas aku kena FAM di payudara itu ketiak rasanya sakit kyk diiris-iris.

    Jd kl ketiak mulai sakit, aku waspada. Makan minum yg sehat,pilih deodoran yg aman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh, pernah kena FAM to mba..Itu mergo dibilangin gitu ya bulu2nya?

      Hapus

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Untuk menghindari spam, untuk sementara kolom komentar saya moderasi dulu ya. Komentar berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin

Diberdayakan oleh Blogger.