Cari Blog Ini

2 Agustus 2019

# Jalan-jalan # Wisata Edukatif

Mengenal Lebih Banyak Satwa di Taman Safari Prigen


Obyek wisata apa yang pertama kali di kenalkan  ke anak? Saya yakin, banyak orang tua akan menjawab Kebun Binatang. Alasannya, bisa jadi karena hampir semua kota punya kebun binatang, dan alasan berikutnya adalah  karena di kebun binatang, anak-anak bisa  bertamasya, sekaligus bisa melihat hal-hal baru. Gampangnya adalah, di kebun binatang anak-anak bisa melihat  berbagai satwa yang sebelumnya belum pernah mereka lihat langsung, dan tentu saja beberapa manfaat lainnya.


Sudah beberapakali nganterin anak-anak ke Gembira Loka, sekali ke Batu Secret Zoo, tahun ini pengen sesuatu yang beda. Sekalian jalan ke Bromo, jadilan Taman Safari Prigen sebagai pilihan.

Taman Safari Prigen termasuk salah satu kebun binatang terbesar di Asia. Berada di lereng Gunung Arjuna dengan posisi berada di ketinggian 800mdpl, membuat tempat yang juga sekaligus berfungsi sebagai suaka margasatwa ini berhawa sejuk. 

Lantas kalau ada yang menanyakan ada bedanya tempat ini dengan kebun binatang kebanyakan? Pertama, jelas kalau Taman Safari Prigen lebih luas  dan lebih banyak koleksi satwanya.  Dengan luas 350 hektar, Taman Safari Prigen memiliki koleksi satwa dengan habitat 5 benua sekaligus.  Apa yang bisa dinikmati pengunjungpun beragam mulai Recreation Area, Baby zoo, Aquatic Land, bahkan kalau berminat bisa sekalian nginep di Baobab Safari Resort. Tapi diantara semua, menurut saya jagoannya adalah Safari Adventure.

Salah satu yang bisa dinikmati di Aquatic land Taman Safari Prigen

Safari Adventure, Sesi Wisata Paling Seru di Taman Safari Prigen

Safari Adventure merupakan hal pertama yang bisa dinikmati pengunjung setelah proses pembelian tiket selesai. Ada dua pilihan; beradventure menggunakan kendaraan pribadi atau bisa juga menggunakan bis milik Taman Safari.  Masing-masing, tentu saja ada konsekuensinya. 

Kalau menggunakan mobil pribadi, menurut  saya lebih leluasa; mau jalan cepat, mau pelan-pelan, atau malah berhenti sebentar  juga bisa. Tapi resikonya, kalau misal tiba-tiba body mobil kesenggol zebra atau kena belai belalai gajah, ya itu resiko pengunjung. Kalau dengan menggunakan bis, mau nggak mau ngikut pak sopir. Dan saya amati, kalau menggunakan bis laju kendaraan lebih kencang. Ibarat orang lagi menikmati, berasa terburu-buru.

Di safari adventure ini, pada intinya kita mengamati atau lebih mengenal binatang dengan cara yang berbeda dari biasanya. Kalau pada kebun binatang kebanyakan, kita yang berada dalam posisi bebas sementara para satwa berada dalam kandangnya, maka pada Safari Adventure ini posisinya dibalik. Pengunjung yang berada di dalam kendaraan, sementara para binatang dibiarkan bebas, di habitat mereka. Demi keamanan dan ketertiban, tentu saja ada beberapa  rambu-rambu yang mesti dipatuhi misalnya:
  • Menutup kaca mobil (terutama saat melewati jenis binatang karnivora), tidak berhenti terlalu lama, dan juga mesti menghindari satwa yang mendekat. 
  • Tidak diperkenankan membawa binatang peliharaan
  • Mendahulukan satwa yang melintas
  • Ternyata ada satu larangan yang banyak dilanggar pengunjung (termasuk saya) yaitu nggak boleh memberi makan satwa. Lah udah terlanjur beli wortel!

Ada 44 area binantang yang  termasuk dalam jalur lintasannya Safari Adventure.  Pengunjung tinggal mengikuti rute saja, sembari melihat para binatang yang hidup di habitat asli mereka. Meski ada beberapa binatang yang sudah familiar atau sudah sering kami lihat, tapi di Safari Adventure kami lebih sering ketemu dengan satwa-satwa jarang/belum pernah  saya lihat sebelumnya, sebut saja Markhor, Kambing gunung, Watusi, Lechwe, jenjang mahkota, badak mulut lebar, dan banyak jenis satwa lainnya. 





Tingkah satwa seperti ini yang nggemesin, nggak tahan untuk sedikit mbuka jendela mobil, atau ngasih wortel/sayuran. Sepertinya para satwa juga pengen say hello dengan manusia

Mungkin karena sudah terbiasa dengan kehadiran  kendaraan dan manusia di dalamnya, beberapa satwa di Taman Safari Prigen terlihat jinak. Saat mobil melintas, adakalanya mereka justru mendekat, menjulurkan kepala, seolah-olah menunggu untuk diberi sesuatu. Mungkin prilaku ini yang sering membuat pengunjung gemas, lantas mengulurkan wortel/sayuran hijau kepada binatang jenis herbivora yang dilalui. Yaa, meskipun para pengunjungpun juga sebenarnya tahu, kalau satwa-satwa ini sama sekali tidak kekurangan dalam hal logistik. Sangat tercukupi malah.

Butuh sekitar 1-1,5 jam untuk menuntaskan wahana  Safari Adventure, belum termasuk ngelilingi Baby Zoo (mirip kebun binatang), dan juga wahana Aquatic land. Di taman Safari Prigen ini, seharian di satu obyek wisata bisa kalau mau. 

Untuk informasi, harga tiket masuk Taman Safari Prigen bervariasi, tergantung mau terusan ke area bermain atau hanya reguler. Tempo hari saya mengambil yang reguler,  80.000/85.000 (anak/dewasa) untuk hari biasa, atau 105.000/110.000 (anak-anak/dewasa) untuk hari Sabtu/Minggu. Versi videonya, ada di sini 

33 komentar:

  1. Keren nih taman safari.

    Tapi kalo aku malah paling pengen nyobain menu rusa yang katanya juga ada di sini sih. 😂

    BalasHapus
  2. Ini masih satu grup ya sama Taman Safari yang ada di puncak? aku belum pernah kalau ke Taman Safari Prigen nanti deh kapan-kapan kalau lewat sana.
    Lebih enak yang terusan atau reguler sih kalau mau masuk ke sana?

    BalasHapus
  3. wah ini lebih deket nih daripada ke Bogor..haha...Pengen banget kesini ama bocah...biar tahu serunya satwa di Taman Safari Prigen

    BalasHapus
  4. sebenernya kekayaan binatang di Indonesia sebanyak itu yaa bun. Mengenalkan binatang ke anak-anak dengan berkunjung ke Taman Safari ini memang efektif dan jadi kenal habitat mereka sekalian

    BalasHapus
  5. Wah tiketnya ngga terlalu mahal ya mbak, anakku suka banget main ke kebun binatang, tapi yang Prigen belum pernah..

    BalasHapus
  6. Taman Safari Prigen, HTMnya terjangkau banget ya.. 80.000/85.000 (anak/dewasa) untuk hari biasa, atau 105.000/110.000 (anak-anak/dewasa) untuk hari Sabtu/Minggu.

    BalasHapus
  7. Eh eh, kok aku baru tau ya ada Taman Safari Prigen ini. Sungguh aku kudeeet.
    Btw tentang kebun binatang untuk anak, iya banget Mak. Ibaratnya all in one ya. Tamasya iya, lihat binatang yang anak-anak pasti amaze banget iya, sekaligus piknik gelar tiker, hihi. Aku baru ke Ragunan sama Gembira Loka aja nih. Semoga next time bisa ke taman safari, buat pengalaman lebih seru untuk anak-anak.

    BalasHapus
  8. Akhir tahun kemarin aku numpang lewat aja, karena anak-anak udah pernah kesana bareng sekolahnya. Jadi ya nggak mampir kesini waktu pulang dari Malang ke Semarang, tapi lewat Surabaya

    BalasHapus
  9. Bi (9bln) dah seneng banget interaksi lihat binatang. Klo dia kubawa ke tanan safari pasti senang banget yaa, karena di banding zoo jauh lebih lengkap taman safari. Hewannya juga lebih gembul

    BalasHapus
  10. Seru banget kayanya ke Taman Safari Prigen mbak cocok untuk berlibur bersama keluarga, harga tiketnya sampai berapa sih? 😁

    BalasHapus
  11. wow, baru denger taman safari prigen. nggak kebayang luasnya sebesar apa. pasti seru banget. itu ngurusnya gimana ya? petugas lapangannya juga banyak. lucu banget ngasih makanan di alam terbuka. tapi aku masih suka takut kadang, takut bablas trus binatangnya nyeruduk.

    BalasHapus
  12. Pingin banget ke sini. Sebetulnya pas libur sekolah kemarin mau ke sini tapi jadwalnya mas bojo ga sinkron melulu. Yo wis akhirnya mlh liburan sendiri ke jogja sm anak-anak.

    BalasHapus
  13. Beberapa kali kalau ngajak liburan keluarga saya selalu mengajak merwka ke kebun binatang, taman burung atau taman wisata. Mengenalkan pada anak keragaman flora dan fauna yang selama ini hanya dikenalnya dari televisi

    BalasHapus
  14. Anak anakku suka banget kalau diajak lihat binatang binatang gini. Banyak juga ya koleksi binatangnya di taman safari. Kudu sempetin kesana nih kapan kapan

    BalasHapus
  15. Kemarin saya diajak ke sini waktu libur Lebaran
    Namun saya batalkan karena kondisi hamil
    Makanya masih tertulis rapi di wishlist

    BalasHapus
  16. Sudah lama sekali gak ke Taman Safari Prigen, kyknya terakhir aku pas msh SMA kali ya haha eh atau kuliah, entahlah :D
    Btw apa pengunjung diizinkan kasi makanan? Kyknya gak kan ya?
    Pengen banget juga ajak anak2ke taman safari, hmmm sementar ini ke bonbin dulu deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, klo ke sana nanti dikasih peta + tata tertib. harusnya ga boleh ngasih maem. cuma di luar itu banyak yang jual wortel (buat maem binatang). Trus lihat pada ngasih maem juga...akhirnya ikut2an. ya uwis lah, karena udah terlanjur beli wortel, trus kadang binatangnya itu kayak nunggu di kasih maem...

      Hapus
  17. Aku suka juga ajaaak anak - anak ke kebun binatang karena memang seruuu dan memorable bangeet

    BalasHapus
  18. Harga tiketnya nggak mahal juga ya. Tapi mungkin enaknya kesini kalau pas nggak musim liburan aja kali ya mbak, biar rada leluasa. trus ada area buat foto2 ama hewan juga nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada, tapi di wahana baby zoo. Klo di baby zoo ini konsepnya kayak di bonbin..kita jalan, binatangnya di kandang mereka. ada yang buat foto2 juga, karena sudah dilengkapi pawang (singa)

      Hapus
  19. Wah, keren ya...ada sensasi ketemu sama hewan-hewannya, ngeri-ngeri gimana gitu. Pas lewat yang di area karnivora gmn mb? Mereka ramah-ramah? Eh safari prigen sama bogor ada hubungannya ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo yang bogor, taman safari 1..ini taman safari 2 mba. Binatangnya ramah2 kok, karena dah biasa melihat manusia, mobil, gitu kali yo mba. Asal jalanin mobilnya pelan, ngasih kesempatan binatang yang lagi jalan..gitu gpp mba..aman

      Hapus
  20. Prigen ini punya hotel cakep juga ya buat Safari Night? Ingin ajak anakku liburan ke sini supaya berasa di antara hewan-hewan gitu. Eh emang boleh kasih wortel dari dalam mobil?

    BalasHapus
  21. Senang ya bisa ke Taman Safari bawa anak-anak karena mereka pasti atusias lihat hewan

    BalasHapus
  22. Keren ya taman safarinya, aku bakal seru nih ngaka 3 anakku ke sini. Di Lampung masih sedikit hewan-hewannya. Jadi rencana deh kalau liburan lebih mengenalkan hewan pada anak-anak.

    BalasHapus
  23. Aku ke Taman Safari Prigen cuma lewat doank...hehehe...tapi kalau Taman Safari Bogor, pernah main.
    Ada hewan spesifik yang ada di Prigen tapi gak ada di Bogor, gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku blm pernah ke taman safari yang Bogor mba...hi..hi

      Hapus
  24. Kalo ke safari sekeluarga besar blm pernah hehehe, tapi kalo ada trip gratis aku ajak suami, mama dan adikku hehehe

    BalasHapus
  25. Aiihhh... lucu juga ya pengalaman di Taman Safari Prigen ini. Bisa keliling-keliling pake mobil dan dihampiri para binatang itu. Anak-anak pasti seneng deh mendapatkan pengalaman yang berharga ini.

    BalasHapus
  26. Penasaran sama taman safari prigen ini. Konsepnya sama dgn taman safari bogor ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku blm pernah ke yang Bogor mba, tapi sepertinya sama

      Hapus
  27. Kami belum main ke Taman Safari Prigen ini mbak baru suami yg main ke sini. Rencana nya lebaran kemarin mau ke sini tapi ga jadi

    BalasHapus
  28. saya sama keluarga sudah pernah ke sini mendampingi anak pertama rekreasi bersama teman sekolahnya. seru memang mbak, anak-anak saya suka semuanya.

    BalasHapus

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Untuk menghindari spam, untuk sementara kolom komentar saya moderasi dulu ya. Komentar berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin

Follow Us @soratemplates