Belajar dari Urip Wahyono, Pelaku Bisnis Kuliner Ayam Goreng yang Mantap Menjalankan Usaha dengan Dukungan Mesin Aplikasi Kasir

25 komentar
Pelaku-bisnis-kuliner-jogja mitra Go Food+SPOTS

"A h, ketemu juga tempatnya!”   Saya masukkan kembali ponsel yang awalnya saya gunakan sebagai panduan untuk mencari lokasi ini ke dalam tas.  Akhirnya saya tahu  tempat dimana ayam goreng favorit keluarga kami  diproduksi dan dijual secara offline. Ayam Goreng  Pop Lombok Ijo adalah salah satu menu yang bisa ditemukan dengan mudah melalui aplikasi Go-Food. Rasanya yang enak, jarak yang tidak terlalu jauh dari rumah, dan juga harga yang sangat terjangkau menjadi pertimbangan mengapa saya sering melakukan pemesanan menu ini melalui aplikasi.


Sepintas, rumah di tengah desa Durenan, Triharjo, Sleman  Yogyakarta ini tak ada bedanya dengan rumah-rumah lainnya. Hanya ada spanduk bertulis “Ayam Goreng Pop Lombok Ijo” yang dipasang di bagian pagar dan pintu garasi yang dibiarkan terbuka, bisa menjadi penanda.

Saya parkirkan motor, dan bergegas masuk ke garasi. Ada beberapa meja dengan kursi panjang. Di salah satu kursi, tampak  seorang mas-mas berjaket warna hijau berlogo salah satu operator ojek online tengah duduk sembari memainkan ponsel.

“Menunggu pesanan mas...?”

“Iya Mbak. Mbaknya mau pesen juga? Tak pencetin belnya ya..biar nanti orderannya segera dilayani”

Tak jauh dari mas Ojol duduk, ada sebuah tombol kecil. Bel, sebagai tanda panggilan kepada si pemilik rumah.

“Boleh” jawab saya sambil ikut-ikutan duduk. 

Sepertinya masnya ojek online sudah terbiasa melakukan order di warung ini; hapal semua prosedur. Sementara, ini pertama kalinya saya melakukan pembelian di warung ini secara langsung. Biasanya,  via Go-Food😊Kenapa tiba-tiba tertarik membeli langsung? Penasaran. Tiba-tiba ingin tahu rumah produksinya yang berdasarkan maps lokasinya tidak begitu jauh dari sekolah anak-anak.

Beberapa menit menunggu, muncullah  dari bagian dapur sang owner yang kemudian saya tahu bernama Mas Urip Wahyono. Sambil membawa pesanan mas ojek online, kemudian beliau berjalan menuju sebuah meja dengan mesin aplikasi kasir berbentuk  EDC dengan layar berukuran cukup lebar.

Aplikasi kasir SPOTS

Enak ya mas, bisa jadi koki, waiter, sekaligus kasir?” Tanya saya berbasa-basi sambil terus mengamati gerakan tangan sang owner saat melakukan pencatatan transaksi melalui aplikasi  kasirnya. 

“Ha..ha iya mbak.  Karena di sini 80% orderan via Go-Food, jadi dengan aplikasi kasir ini  pengoperasian lebih mudah. Driver datang, bisa membuat orderannya sendiri, dan saya nggak usah mencatat lagi. Bahkan nanti list data transaksi  dan juga laporan harian tentang menu-menu apa saja yang terjual hari ini dikirim ke e-mail.. Jadi dari situ saya bisa mantau apa yang paling digemari konsumen. Beneran aplikasi kasir yang membantu ” terang Mas Urip. 

Saya hanya bisa manggut-manggut sambil mbatin plus membayangkan seandainya punya usaha kulineran juga, entah itu warung, restoran, atau coffee shop. Dengan model warung online seperti ini saya tidak perlu menyediakan lahan usaha yang luas, dengan tenaga kerja yang juga bisa diminimalisir. Ibaratnya modal sedikit space saja sudah cukup, yang penting ketrampilan, produk untuk dijual.  Untuk tetek bengek yang berhubungan dengan transaksi dan administrasi toh bisa diserahkan kepada mesin aplikasi  kasir online yang memang sudah jago menghandle aplikasi kasir restoran dan juga aplikasi kasir coffee shop.

Mengenal Aplikasi Kasir Online, Mesin Kasir Mungil Dengan Beragam Kemudahan

Aplikasi kasir online


Meski bukan kategori mamak-mamak yang hobi njajan dan juga belanja, tapi belakangan sering saya  melihat mesin kasir  EDC powered by Gojek ini. Paling sering saya lihat ia digunakan sebagai aplikasi kasir restoran atau aplikasi kasir coffee shop.  Tapi pernah juga melihatnya dipakai sebagai aplikasi kasir toko swalayan.

Fitur aplikasi kasir SPOTS


Mesin kasir online ini merupakan perangkat multifungsi dari GOJEK yang dilengkapi dengan beragam fitur untuk membantu operasional usaha jenis apapun. Tak hanya untuk UMKM yang bergerak dalam bidang kuliner, misalnya sebagai aplikasi kasir restoran, dan juga  aplikasi kasir coffee shop yang terkoneksi dengan Go-Food,  aplikasi kasir ini juga bisa digunakan oleh UMKM-UMKM lain.

Pada dasarnya perangkat kasir online ini hadir untuk memudahkan pencatatan transaksi dan pembukuan agar lebih rapi dan terorganisir.

Beberapa kelebihan mesin kasir online yang juga diakui oleh pemilik bisnis ayam goreng ini adalah:

Mudah digunakan
Menggunakan mesin kasir online semudah mengoperasikan smartphone.  Beberapa fitur yang dimiliki mesin kasir ini adalah Daftar Menu, Kategori Menu, Jenis Transaksi Pesanan Langsung atau Go-Food, Metode Pembayaran, dan Laporan Penjualan Harian (Jumlah Nominal Pendapatan dan Jumlah Item Terjual)

Bentuknya ringkas, dengan harga terjangkau
Kalau biasanya kita harus menyiapkan space khusus untuk seperangkat perlengkapan kasir, namun tidak untuk mesin kasir online. Ukuran mesin kasir sangat mungil, ringan, dan bisa ditenteng kemanapun dengan sangat mudah. Kaya fitur, banyak kegunaan, namun dengan harga yang terjangkau. 

Terintegrasi dengan GoBiz
GoBiz adalah  super app dari Gojek khusus untuk para pebisnis. Pada dasarnya aplikasi ini hadir untuk memberikan berbagai kemudahan, keamanan, dan kenyamanan bagi pelaku UMKM kuliner yang tergabung dalam GoFood. Selain berfungsi sebagai pencatatan pemasukan dan pengeluaran, GoBiz juga dapat digunakan untuk mengatur ketersediaan menu, mengatur jam operasional, melihat detail daftar pesanan, memudahkan pelanggan untuk melakukan pembayaran dengan gopay, dan beberapa fitur lainnya.

Prosedur Kepemilikan yang mudah.
Untuk bisa memiliki mesin kasir multiguna ini prosedur yang mesti dilalui cukup mudah dan hanya perlu 3 langkah, yaitu  mengisi form pendaftaran, melewati proses survai, dan kemudian melakukan proses pembayaran. 


“Mbak ini ayamnya sudah siap.” Satu box ayam goreng yang masih panas, segera berpindah tangan.
“Dulu saya jualannya menyewa kios mba, di daerah Bantul. Tapi ternyata repot...susah memantau karyawannya,  akhirnya meja-meja tak bawa pulang lagi” tambah  Mas Urip Wahyono. 

Tiga tahun terakhir, ia mantap mengandalkan sistem penjualan melalui transaksi online, meskipun tetap ada juga  beberapa pembeli ada yang datang langsung. 

“Nggak ada niatan membuka usaha dalam format resto atau warung mas?” Tanya saya sembari menyelesaikan pembayaran.

“Saat ini penjualan sudah bagus,  jadinya belum kepikiran untuk kembali ke format warung seperti pas buka pertama di Bantul...tapi nggak tahu juga nantinya.” Jawabnya

Berbagai-metode-pembayaran-SPOTS


Sebagai All in 0ne device (POS+EDC+Priter), metode pembayaran saat melakukan transaksi  melalui mesin kasir ini bisa dilakukan dengan banyak cara. Tunai bisa, e-money boleh, kartu debit oke, bahkan sebentar lagi kartu kredit pun bisa dipakai di merchant yang menggunakan mesin kasir online ini. Pada intinya, aplikasi kasir dari Gojek ini memberikan banyak pilihan dan mendukung trend pembayaran saat ini yang cenderung cashless.

Penjual pun  tak perlu lagi menyediakan printer untuk mencetak struk belanja. 

“Ini Struknya mbak!” Kata Mas Urip sambil memberikan struk.

“Terimakasih mas..”

Tanpa menunggu, saya langsung mengambil motor dan kemudian pulang. Nggak sabar ingin segera menikmati ayam goreng dengan daging yang empuk, bumbu meresap  dan sambal hijau dengan level pedas yang pas di lidah. 

***
Era digital memang memberikan dampak luar biasa bagi gaya hidup dan perkembangan  dunia usaha. Banyak celah terbuka yang sebenarnya bisa dimaknai sebagai peluang bisnis.  Sepertinya misalnya metode penjualan yang semakin beragam, teknik marketing yang bisa memanfaatkan beragam media, plus dukungan alat yang semakin lengkap, apilkasi kasir misalnya. Urip Wahyono dengan ayam goreng Pop Lombok Ijo, sudah mencoba dan membuktikannya. 


Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi(at) gmail.com, sulistiyowatitri98(at) yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80(at)gmail.com

Related Posts

25 komentar

  1. Tak kira edc bank anu je. Ternyata bukan.

    Bisnis sekarang kayaknya lebih mudah ya. Barang yg mau dijual jg udah banyak yg bisa didapat.

    Eh tapi persaingan jg makin ketat sih ya.

    BalasHapus
  2. Wah usaha ayam lalapan pun pakai SPOTS untuk memudahkan transaksi ya mbak. Memang SPOTS bikin yang ribet jadi efisien.

    BalasHapus
  3. Wahh pagi-pagi bahas ayam goreng nih, jadi laperr hehe. Satu lagi temuan yang memudahkan pelaku bisnis ya mbak, mesin kasir praktis, ringkas dan besar manfaatnya. Sehingga mempercepat pelayanan bagi pelanggan :)

    BalasHapus
  4. Mbaaaaa, kok aku jadi ngiler cus ke Jogja demi makan ayam goreng ini yaaa
    Tampak mak nyusss dan menggiurkan banget!
    Pastinya bayar pakai GoPay dong :)

    BalasHapus
  5. aku klo ke restoran suka bayar pke spots loh biar praktis dan gak perlu bawa uang cash

    BalasHapus
  6. spots memang membantu banget dikalangan pedagang apalagi yg kaki lima banyak yang merasa terbantu karena bisa ngerekap juga mesin edc ini

    BalasHapus
  7. Pengusaha jadi lebih mudah dalam transaksi, begitu juga pembeli. karena lebih simple kalau pakai GoBiz.
    Usaha apapun bisa pakai GoBiz ini.

    BalasHapus
  8. Wih Spots ini keren ya. Hemat dan efisien. Kasir, koki, waiter sekaligus. Semoga wabah Corona ini lekas usai biar makin banyak yang merasakan manfaatnya. Aku belum nemu nih merchant makan yang ada layanan Spotsnya

    BalasHapus
  9. Mesin kasir online ini memudahkan pebisnis untuk menerima transaksi pembayaran ya & selain itu untuk mengontrol penjualannya juga

    BalasHapus
  10. Di zaman era digital memang sudah sepantasnya memanfaatkan teknologi untuk memudahkan usaha. Salah satunya SPOTS mesin kasir ini, bisa membantu para pelaku UMKM dalam menyusun laporan atau stock barang

    BalasHapus
  11. jadi lebih terbantu dengan adanya mesin kasir SPOTS ini, urusan transaksi dan penjualan lebih rapi dan tercatat secara detail.

    BalasHapus
  12. Wah, SPOTS ini memang membantu banget ya, Mbak. Bagi pengusaha UMKM yang masih awam dalam hal pembukuan jadi ga galau lagi berkat aplikasi ini. Semua data bisa disajikan dengan cepat dan akurat. Keren banget.

    BalasHapus
  13. Keren mesin SPOT ini mendukung pelaku usaha ya Bund
    nggak perlu bawa duit juga kitanya, ataupun pas kembalian gitu kan seringnya lama.

    BalasHapus
  14. SPOTS bisa jadi solusi buat pelaku UKM dan UMKM ya.
    Harganya juga bersaing.
    Boleh nih jadi referensi!

    BalasHapus
  15. SPOTS ini sudah banyak digunakan di mana-mana ya mbak. Alhamdulillah. Selain mudah digunakan krn fitur2nya yang memudahkan, tapi juga karena praktis bisa cash, gopay atau debit BCA

    BalasHapus
  16. era digital bisnis juga harus melek teknologi, mesin edc yang multifungsi sangat bermanfaat agar bisnis lancar

    BalasHapus
  17. Senangnya makin banyak UMKM pakai mesin kasir SPOTS ini ya, tentunya konsumen juga lebih percaya dan praktis ya. Cepat juga transaksinya. Semoga makin sukses setelah pakai ini para UMKM di Indonesia.

    BalasHapus
  18. Makin praktis dan cepat ya transaksi penjualan menggunakan mesin EDC kayak Spots gini. Baik penjual dan pembeli dimudahkan.

    BalasHapus
  19. Mesin SPOTS ini sangat membantu sekali ya mbak, bahkan bukan hanya resto-resto besar yang bisa pakai. Kedai kecil pun bisa pakai jadi lumayan lah musim virus gini enggak perlu bawa uang cash tinggal gesek aja

    BalasHapus
  20. Untung banget bisnis kuliner klo pake spots krn langsung jd mitra gojek gofood. Transaksi tercatat rapih

    BalasHapus
  21. Mesin SPOTS ini memang kece banget ya mbak. Bisa membantu pelaku bisnis UKM buat maju dan mencatat pendapatan tanpa ribet. Praktis lagi bisa bayar dengan berbagai metode pembayaran

    BalasHapus
  22. Wah makin praktis dan efisien buat bisnis ya. Jadi transaksi lebih aman dan cepat.

    BalasHapus
  23. spots membantu banget dikalangan pedagang apalagi pedagang kaki lima banyak yang merasa terbantu karena bisa ngerekap juga mesin edc ini

    BalasHapus
  24. Jadi canggih ya UMKM ini gak kalah dengan restoran besar. Pakai SPOTS sangat membantu transaksinya.

    BalasHapus
  25. mesin kasir spots memang sangat bermanfaat ya mbak, mesinnya kecil tapi bisa berfungsi sebagai kasir. enggak hanya resto mahal, warung kecil pun bisa menggunakan aplikasi ini karena biaya sewanya murahg

    BalasHapus

Posting Komentar