4 Media Parenting Di Indonesia Yang Berbasis Website

4 komentar

Seiring dengan perkembangan jaman, sekarang ini banyak sekali media berbasis website yang bermunculan di Indonesia. Termasuk media yang membahas seputar orang tua dan anak atau yang dikenal dengan istilah parenting. Oleh karena itu, dalam tulisan kali ini akan memberikan informasi tentang 4 media parenting di Indonesia yang berbasis website. Mereka adalah sebagai berikut :

1. TemantaKita
Situs parenting pertama yang akan dibahas adalah TemantaKita. Dimana situs ini merupakan sebuah portal yang berfokus tentang bakat anak. Di situs ini akan menyajikan berbagai informasi yang bersumber dari studi atau riset kasus di lapangan, mulai dari informasi jenis-jenis baka anak, cara mengembangkannya, sampai berbagai tempat yang bisa mendukung pengembangan bakat anak. Perlu diketahui ada 3 menu utama yang ditawarkan oleh situs ini, yakni Cerah, Wahana dan Dersik. Pada menu Cerah berisi tips bagi para orang tua untuk mengembangkan bakat serta potensi anak. Pada menu Wahana berisi tentang informasi mengenai situs serta tempat yang bisa dimanfaatkan oleh para orang tua untuk mengasah atau mengembangkan bakat anak. Sedangkan menu wahana Dersik berisi tentang berbagai bakat anak yang mungkin bisa menjadi profesi anak di masa depan.

2. Liburan Anak


Tampilan www.liburananak.com
Situs parenting berikutnya adalah Liburan Anak. Situs ini bergerak dalam bidang informasi mengenai objek wisata yang cocok untuk anak-anak. D

Informasi mengenai tempat liburan anak akan disajikan dalam beberapa kategori, seperti Parent’S Stories, Discount & Promotions, Fun Course, dan Kid’S Holiday Spot. Di dalam setiap menu  terdapat informasi yang spesifik, sehingga bisa memudahkan para orang tua untuk menemukan tempat liburan yang cocok bagi anak.

Dalam kategori Kid’S Holiday Spot terdapat informasi soal spot liburan seperti outbond dan waterpark. Sedangkan pada Fun Course berisi informasi tentang tempat liburan mendidik yang dikemas secara apik dan menyenangkan, seperti kegiatan dengan robot, memasak, menyanyi, menari dan lain sebagainya. Pada Parents Events berisikan informasi tentang acara anak-anak yang akan digelar.

Sementara pada Discount & Promotion yang berisikan tentang promosi serta diskon, mulai dari tempat liburan sampai promosi buku anak. Pada kategori Parent’s Stories yang berisikan cerita serta pengalaman para orangtua saat liburan bersama anak di berbagai tempat.

3. Pelangi Nada
Pelangi Nada ini merupakan sebuah situs yang berisikan lagu-lagu anak orisinal. Dimana dalam situs ini akan menyajikan puluhan lagu anak yang bisa diunduh maupun didengarkan secara langsung melalui streaming. 


Image : www.pelanginada.com

Lagu-lagu anak pada situs ini terbagai menjadi 3 kategori, yakni lagu daerah, lagu-lagu sahabat dan lagu orisinal Karya Lala (Mira Julia). Dan semua lagu-lagu yang ada di situs ini bisa di share kan secara cuma-cuma untuk tujuan non-komersil. Cover situs ini juga cukup menarik, karena banyaknya foto dibandingkan tulisan. Dalam setiap post berisi lirik lagu anak, ilustrasi serta pemutar lagu streaming. Bukan hanya itu, situs ini juga akan menyajikan berbagai artikel menarik tentang seputar lagu dan anak-anak.

4. TopKids 
Dalam situs ini akan menyajikan berbagai hiburan anak melalui dunia maya. Konten yang akan disuguhkan pun sangat lengkap, mulai dari ulasan film, musik, fashion, buku, berita anak dan tv channel. Semua konten tersebut dikemas secara menarik dan atraktif dengan menggunakan kartun maupun animasi. 

Selain itu, di situs ini juga akan disajikan berbagai game yang sangat menarik, apalagi game tersebut kebanyakan memiliki muatan edukasi bagi anak. Misalnya seperti Ayo Menabung yang bisa mengenalkan kegiatan menabung pada anak sejak dini. Bukan hanya itu, situs ini juga memiliki fitur Fun Learning yang bersikan tentang panduan membuat beraneka ragam barang kreatif yang bisa dicoba oleh anak. Yang menariknya, setiap panduan tersebut selalu dilengkapi dengan foto sehingga anak bisa mengikuti cara membuatnya dengan mudah dan menyenangkan.

Nah bagi para orangtua yang ingin memiliki pengetahun lebih tentang parenting, 4 media parenting di atas bisa menjadi referensi bagi anda.

Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi(at) gmail.com, sulistiyowatitri98(at) yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80(at)gmail.com

Related Posts

4 komentar

  1. Ternyta ada banyak nih ya Mbak website yang isinya tentang parenting gitu

    BalasHapus
  2. Wah saya jadi penasaran nih sama website temankita ini. Sepertinya bagus nih

    BalasHapus
  3. Sekarang memang banyak banget nih ya Mbak website yang menyediakan tentang parenting

    BalasHapus
  4. Website yang bernama Liburan Anak ini memang sangat rekomended nih ya Mbak

    BalasHapus

Posting Komentar