Cari Blog Ini

30 Agustus 2019

Nggak Cuma ‘Yogyakarta’ nya Kla Project, Beberapa Lagu Inipun Berkisah Tentang Jogja

Agustus 30, 2019 5 Comments
“Orang yang pernah pacaran sama anak Jogja, rata-rata susah move on”

Ha..ha, begitu ya. Yang bener?

Bukan curhat, bukan pula pengalaman pribadi, cuma nemu kalimat tadi  pada sebuah komentar di media sosial. Segitunya Jogja yaa.. 

Tapi rata-rata teman kuliah atau kerja yang awalnya luar Jogja, trus ngrasain atmosfer hidup di kota gudeg ini pada rasan-rasan betah  tinggal di sini. Bisa jadi karena biaya hidup yang jauh lebih murah dibanding kota-kota besar lainnya, atau karena Jogja memang nyaman. Yaa..kan Jogja memang sudah berhati NYAMAN sejak lama 😊😊

Atau bisa jadi, banyak yang suka karena Jogja memang menginspirasi. Banyak penulis novel menjadikan kota seni ini sebagai setting cerita. Tak sedikit pula sineas Indonesia yang menggunakan Jogja dan tradisinya sebagai daya tarik karya-karya mereka; sebut saja Kapan Kawin, Turis Romantis, AADC 2, dan juga film religi Sang Pencerah. 

Selain dalam dunia akting, sisi asyiknya Jogja ini rupanya juga menginspirasi beberapa penulis lagu/penyanyi  untuk menelurkan karya seni, untuk menjadikan Jogja sebagai tema lagu. Sebut saja Yogyakartanya Kla Project.

 Sumber: https://youtu.be/A5_H4dtMNCg

Diciptakan oleh Adi Adrian/Katon Bagaskara, lagu ini bisa dibilang lagu sepanjang jaman. Bahkan setelah personel grup band yang membawakannya lebih memilih bersolo karir, lagu ini masih sering dinyayikan pada banyak kesempatan

Konon, lagu ini juga bisa menjadi penawar rindu (atau justru malah tambah kangen) saat teringat dengan romantisme Jogja.

Selain Yogyakarta, ada pula lagu Duet  Nini Carlina-Doel Sumbang  yang pernah populer di era 90 an. Ada yang ingat lirik ini?

Panas-panas goreng pisang
Kopi agak manis di gelas kaca
Di gelar tikar di terang neon
Di ubun-ubunnya Jogjakarta

Gadis manis senyum-senyum
Tawarkan nasi bungkus daun pisang
Sama-sama makan malam-malam
Di ubun-ubunnya Jogjakarta

Melalui Malioboro, Doel Sumbang saya rasa piawai mendeskripsikan suasana Jogja di waktu malam. Mendengar lagu ini, ingatan saya langsung ke salah satu icon nya Jogja, yakni angkringan, kopi Joss, dan juga sego kucing.

Selain Kla Project dan Doel Soembang, kita mengenal pula lagu Jogja Istimewa yang dipopulerkan oleh Jogja Hip Hop Foundation. 

Melansir dari  killtheblog.com, lirik lagu Jogja Istimewa ini proses penciptaannya cukup spesial, karena lahir setelah belajar sejarah dan perkembangan Jogja dalam 3 buku, yakni ‘Tahta untuk Rakyat’, ‘Kraton Yogyakarta; Sejarah, Nasionalisme dan Teladan Perjuangan’ dan  ‘Perubahan Sosial di Yogyakarta'. Yang terjadi kemudian adalah 70% lirik dalam Jogja Istimewa mengambil kalimat-kalimat yang diungkapkan oleh para tokoh negara  yang ada dalam ketiga buku tersebut.

Jogja! Jogja! Tetap Istimewa
Istimewa negerinya, istimewa orangnya
Jogja! Jogja! Tetap Istimewa
Jogja Istimewa untuk Indonesia


sumber: https//youtu.be/F18vJTtX_Ns

Masih ada! Kebersamaan antar teman yang kerap mewarnai sudut-sudutnya Jogja, dituangkan dengan apik oleh grup regge/ska Shaggydog dalam lagu Sayidan. Sebenarnya Sayidan sendiri merupakan nama sebuah kampung yang berada di pinggir Sungai Code, dan diakui atau tidak popularitas Kampung Sayidan meroket seiring terkenalnya lagu ini di seantero Indonesia



sumber: https://youtu.be/Yk4d4PZ2kn4

Ikutan nyanyi-nyanyi mbaca blogpost ini? Yes, itu artinya  postingan ini berhasil mbikin kamu gembira (atau bernostalgia?).  Masih ada lagi nggak, lagu yang nyeritain asik dan menariknya Jogja? Coba list di kolom komentar ya!

Baca juga : Meski jadul, 5 Video Klip Bersetting Bali Ini Asyik Untuk Disimak

28 Agustus 2019

Tips Mendapatkan Pabrik Tas Murah yang Berkualitas dengan Harga Terjangkau

Agustus 28, 2019 2 Comments

Pagi ini saya mendapatkan obrolan "bergizi" dari seorang teman yang menekuni dunia internet marketing. Banyak sih yang diobrolin, termasuk juga trend penjualan barang kebutuhan hidup via online yang semakin meningkat.

Dengan satu kata, yakni 'online', tanpa memiliki/mengunjungi toko (nyata) semua orang bisa melakukan transaksi jual beli barang. Bahkan, sangat mungkin untuk mendapatkan  akses langsung dari produsen/pabrik.

Image : www.oscas.co.id

Termasuk juga salah satu properti penting bagi semua, tas. Iya, sebuah benda yang sangat bermanfaat dan difungsikan sebagai alat bantu dalam membawa sesuatu/barang, agar tak ada yang tececer/tertinggal. Dengan tas, berbagai barang yang wajib dibawa saat bepergiaan akan lebih mudah terorganisir. Tak sekedar alat bantu, tas pun dianggap sebagai bagian dari fashion.

Baca juga: Yuk, Cari Tau Kepribadian Wanita Berdasarkan Tas yang Dipakai

Informasi mengenai pabrik tas murah memang selalu menjadi alternatif bagi mereka yang menginginkan produk tas dengan harga murah. Dengan berhubungan langsung dari pabriknya, bisa dipastikan harga yang didapatkan akan jauh dibawah harga pasaran.

Reseller, menjadi pihak yang paling banyak mencari informasi tentang hal ini. Disamping melakukan penekanan harga, mendatangkan tas langsung dari pabriknya juga dirasa mampu menjaga kualitas maupun kuantitas barang. Maka dari itu pastikan memilih jasa pabrik tas murah yang tepat untuk mendapatkan hasil barang/dagangan yang berkualitas. 

Tips Mendapatkan Pabrik Tas Murah Untuk Para Reseller

Saat ini, informasi mengenai   pabrik tas murah bisa kamu cari dengan mudah dan gampang. Hal ini tentu saja tidak terlepas dari perkembangan teknologi internet yang bisa dinikmati semua kalangan.

Kamu bisa mencari berbagai macam info pabrik tas murah ini dengan berselancar di dunia maya, atau 'jalan-jalan' di berbagai platform media sosial. 

Di sana akan  banyak info mengenai layanan pabrik tas dari seluruh Indonesia, sehingga kamu bisa memilih jasa pabrik tas yang sesuai dengan lokasi tempat tinggalmu.

Selain memanfaatkan koneksi internet, kamu juga bisa mendapatkan info pabrik tas murah dari teman atau kerabat. Biasanya mereka bisa menyarankan tempat produksi tas yang berpengalaman dan terpercaya.

Selain itu kamu bisa juga mendapatkan informasi lebih mengenai pelayanan, harga, pengalaman dan track recordnya produsen tas tersebut. Untuk kamu yang masih awan dan bingung mencari tempat produksi tas yang berkualitas dengan harga terjangkau, maka ikuti beberapa tips berikut ini;

  • Melihat izin atau lisensi pabrik tas.  pabrik tas murah yang berkualitas adalah dengan cara melihat lisensi serta izinnya. Pada umumnya sebuah pabrik yang berkualitas mendapatkan usaha yang dimilikinya pada bagian badan usaha serta pajak. Selain mampu menjamin bahwa produk yang mereka produksi itu legal, keberadaan lisensi serta izin pabrik ini juga mampu menunjukkan kredibilitas yang dimilikinya. 
  • Pemberian garansi. Sebagai produsen tentu tidak jarang diantaranya pihak pabrik tas murah yang hanya memproduksi tas yang diperlukan reseller.  Tanpa ingin tahu apakah reseller itu sendiri puas dengan hasil tas buatannya atau malah sebaliknya. Nah, garansi ini menjadi salah satu hal yang cukup penting demi tas yang kamu pesan. Dimana jika ada produk tas yang kamu pesan cacat, bisa diperoleh gantinya. 
  • Standar tempat penyimpanan berkualitas tinggi.  Sebagai reseller tentu kamu  tidak ingin mendapatkan tas dengan kualitas yang buruk bai para konsumen. Untuk itu cara yang paling tepat adalah menjaga/ memastikan tas disimpan di tempat yang semestinya. 

Informasi Mengenai Pabrik Tas Murah Berkualitas

Jika saat ini kamu sedang mencari pabrik tas murah yang berkualitas dan berpengalaman, maka tidak ada salahnya jika kamu mempercayakan kepada konveksi OSCAS.   Produsen tas ini mampu memberikan harga bersaing dengan membeli bahan dan aksesoris dari pabrik.

Doc : oscas.co.id

Untuk memberikan hasil yang terbaik PT.OSCAS  memberikan bahan berkualitas.  Bahkan untuk memenuhi kebutuhan klien siap mengejar deadline yang telah disepakati. 

OSCAS menerima pemesanan tas untuk seluruh daerah di Indonesia dan bekerja sama dengan ekspedisi yang terpercaya. Jika kamu masih belum mengerti, kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu. Jadi jangan ragu menjadikan OSCAS Sebagai pabrik tas murah pilihan kamu.

19 Agustus 2019

Terlihat Sederhana, Tapi Ternyata 5 Lomba 17-an Agustus Ini Punya Makna Lho!

Agustus 19, 2019 1 Comments


Merdeka! Saya nulis ini sambil senyum. Ikut senang dong dengan apa yang sudah dicapai Indonesia di usianya yang ke 74 tahun ini. Yaa...meskipun sebagai warga saya belum bisa berkontribusi banyak untuk negara.  

Tapi yang pasti, bersyukur banget generasi sekarang  punya kehidupan  yang jauh lebih baik. Nggak bisa bayangin kalau tiba-tiba Indonesia kembali ke era perjuangan bersenjata, perang di mana-mana, mau makan bingung karena nggak ada yang dimakan,  sekedar keluar rumah pun takut karena taruhannya adalah nyawa. 

Sekedar mbayangin saja saya udah ngeri. Sudah cukup, nggak perlu terulang lagi. 

Karena memang sudah lepas dari penjajahan, maka wajar saja kalau setiap peringatan kemerdekaan selalu diperingati semua elemen masyarakat dengan berbagai bentuk kegiatan yang sifatnya suka cita. Tumpengan, pawai atau karnaval, gerak jalan dan tentu saja aneka lomba. Hampir semua lomba yang digelar saat peringatan hari kemerdekaan Indonesia adalah lomba-lomba yang bersifat riang-gembira dimana  yang ngelomba atau yang nonton dua-duanya bisa tertawa.  Sebut saja panjat pinang, sepakbola berdaster, terompah beregu, memasukkan pena dalam botol, dan lain sebagainya. 

Sudah pernah kan sekedar atau malah jadi peserta lomba-lomba yang saya sebutkan di atas? Bisa jadi sepulang dari arena lomba kita langsung lapar, karena sepanjang acara terpingkal-pingkal.

Entah siapa di jaman dahulu orang  yang “mewariskan” beberapa lomba tersebut, untuk kemudian dilestarikan sampai saat ini. Tapi misalnya kita mau menelusuri, ternyata tersimpan  makna yang dalam dalam beberapa lomba-lomba 17-an Agustus tersebut. Misalkan saja

1. Lomba Balap Karung
Di antara sekian banyak ragam lomba, jenis lomba ini termasuk populer. Alasannya bisa jadi karena bisa dilakoni semua jenis kelamin, segala umur mulai anak-anak, remaja  maupun dewasa dan yang jelas minim alat, hanya dibutuhkan karung  hingga   secara biaya pelaksanaan lebih hemat. 
Image dari akun IG @falentinuslabaa

Namun dibalik itu semua,  tahukah kamu bahwa karung  goni (yang biasa digunakan sebagai media lomba) mengajarkan dan mengingatkan masyarakat sekarang dengan kesederhanaan yang dimiliki nenek moyang?  Di era penjajahan/sebelum Indonesia merdeka, kain goni sudah mendapatkan posisi terhormat, yakni sebagai bahan untuk membuat baju/celana. Coba kalau kemudian kamu berempati, merasakan situasi jaman nenek moyang, lantas diminta menggunakan kain goni sebagai pakaian,  kamu kuat berapa jam?

2. Lomba Membawa Kelereng dalam Sendok
Sejak saya kecil, sampai saya beranak-pinak seperti sekarang, jenis lomba ini sering dilaksanakan saat peringatan kemerdekaan Republik Indonesia. Teknisnya memang mudah, tinggal membawa kelereng diatas sendok yang sudah ‘dipegang’ dengan menggunakan mulut. 

Tapi prakteknya..lumayan susah juga itu, karena kita mesti  menjaga keseimbangan agar kelereng tidak jatuh tergelincir. Lalu makna yang terkandung? Membawa kelereng dalam sendok mengajarkan kita akan  sifat kehati-hatian, tidak grusa-grusu, dan juga mengajarkan kesabaran. Nilai-nilai mulia itupun juga melekat kuat dalam kepribadian para pejuang yang sudah merebut kemerdekaan Indonesia.

3. Lomba Makan Kerupuk
Lomba-hari-kemerdekaan
Image, koleksi pribadi

Bagaimana ekspresimu saat melihat wajah  berlumuran kecap yang tengah berusaha menangkap krupuk (yang sengaja diolesi banyak kecap) bergoyang kesana kemari. Tertawa terpingkal-pingkal bukan? Lomba makan kerupuk yang digantung adalah salah satu lomba menghibur  dan bisa di bilang “pasaran”. Hampir setiap kampung/setiap instasi ada. Kalaupun ada sedikit improvisasi dalam teknik pelaksanaanya, tapi  ternyata ada poin penting yang bisa kita telusuri. Kerupuk di jaman penjajahan adalah salah satu lauk yang sejalan dengan konsep kehidupan rakyat kala itu, yaitu berani prihatin, sederhana. Nah nilai-nilai itulah yang  ingin diajarkan kembali kepada generasi penerus.

4. Lomba Tarik Tambang
Ya memang sih, selepas lomba ini bisa jadi badan kamu jadi pegal-pegal atau malah tangan jadi lecet. Tapi itu belum seberapa kan dibanding jaman perjuangan bersenjata yang menjadikan nyawa sebagai taruhan. Kalau di medan perang, salah strategi atau ada yang nggak kompak satu anggota saja, bisa berabe. Mesti kompak, atur strategi, trus nggak boleh lengah. Dan prinsip-prinsip jaga kekompakan dan atur strategi ini diajarkan juga dalam permainan tarik tambang. Nggak kompak, pasti kalah!
Lomba-17an-agustus
Yeayyy, menang..! Image, koleksi pribadi


5. Panjat Pinang


makna-lomba-17-agustus
Image dari akun IG @seputarmuarateweh

Diantara sekian banyak lomba, ini adalah lomba yang paling legendaris. Paling  bersemangat pesertanya, dan paling ramai penontonnya. Cuma memang nggak semua menggelar lomba ini. Konon, tradisi lomba panjat pinang ini sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda. Dulu, para tuan Belanda biasa menggelar lomba panjat pinang saat mereka mengadakan pesta, dan lantas mempersilakan pribumi berebut aneka hadiah yang digantung dalam pohon pinang yang  telah diolesi oli. Yang punya nyali untuk mencapai puncak tertinggilah yang bisa meraih banyak hadiah. Selain itu, dibutuhkan pula kekompakan anggota  tim untuk bahu-membahu meraih apa yang tergantung di atas pohon. Berani, kompak, saling bantu adalah beberapa nilai utama itulah yang sebenarnya tersirat dalam lomba ini.

Jadi gimana sekarang,  makin mantap kan untuk ikut meramaikan perayaan 74 tahun Indonesia merdeka? Syukuri kemerdekaan yang sudah kita rasakan, yuk bangun negara dengan kemauan dan kemampuan yang kita punya. 

12 Agustus 2019

7 Cara Dalam Memilih Nama Bayi Perempuan

Agustus 12, 2019 2 Comments

"Nama anakmu siapa?"
"Alodya Balauran Chloe Gutama"
"Weis mantep! Cantik banget namanya... Ide dari mana?"
"Waktu aku di Korea, ada teman namanya Chloe. Smart banget. Trus enak aja didengerin. Di Indonesia kayaknya juga jarang yang make. Aku pake aja untuk nama anakku"

Obrolan  yang masih saya ingat, saat chat dengan  seorang teman lama.  Namanya orang tua, yang diobrolin paling sering ya soal anak. Bahkan nama anak pun bisa jadi tema obrolan yang seru ternyata.

image : Pixabay.com

Ngomongin tentang nama bayi, dibandingkan dengan nama bayi laki-laki, pilihan nama bayi perempuan lebih variatif. Tinggal cari sumber referensi, sebisa mungkin tau arti, trus tinggal merangkainya. Coba ucapkan berkali-kali, enak nggak didengerin, susah ndak pas ditulis? Jangan sampai menyulitkan orang lain dalam hal pengejaan juga lho😊😊

Namun, banyak juga lho orang tua atau calon orang tua yang bingung saat memilihkan nama terbaik buat buah hati mereka. Terlalu banyak pilihan, dan bagus semua ..ha...ha! Rata-rata sih alasannya begitu. 

Tenang, walau seusai persalinan kita masih belum pun menilai opsi nama, kamu dapat menemukan nama terbaik guna bayi perempuan dengan tips inilah ini:

1. Mencari ilham dari keluarga
Bisa ya? Bisa banget. Hanindya Putri Heriska, itu nama salah satu putri seorang teman. Heriska diambil dari Heru  dan Siska, nama ayah dan ibu si bayi. Jadi kamu  dapat mencari ilham nama bayi dari keluarga. Jika hendak memberikan nama belakang dari nama keluarga, sah saja. Memberikan nama family di belakang nama bayi merupakan format penghargaan bahwa si bayi wanita adalahbagian urgen dalam keluarga Anda.

2. Bersikap independen atau Kompromi, Pilih yang Paling Nyaman
Ada banyak orang tua memposisikan sebagai pemegang hak penuh dalam menamai anak. Tapi pernah juga saya nemu nama anak yang panjang banget, susunan dari 5 kata kalau tidak salah. Kenapa? karena yang urun nama anak banyak. Kakek neneknya ikut ngasih nama, budenya nitip..alhasil nama si anak panjang. Mau tipe yang independen atau kompromi,  ambil yang paling nyaman.
  
3. Berani beda

Coba hitung, dalam satu sekolah siapa yang memiliki unsur nama Dewi, Lia, Alya, Salma? Lebih dari satu biasanya. Yaa, karena nama-nama tadi sudah banyak dipakai, atau bisa dibilang pasaran. Kalau kamu termasuk tipe-tipe yang berani beda, cari saja nama yang unik. Upps, saya langsung ingat nama seorang teman Gyor Gunita Pratiduani Sidharta. Termasuk nama yang berani beda kan?


4. Tak butuh merasa bersalah
Pilihan kita dan pasangan telah bulat, memilihkan nama menurut pencarian mendalam. Kalau telah begini, tidak boleh mundur dan yakinlah dengan opsi Anda. Meski anggota keluarga beda tak terlampau menyukainya, tak butuh meminta maaf atau mengolah nama sekadar untuk mengasyikkan hati mereka.

5. Eksplorasi ilham
Temukan ilham nama bayi dari apa yang kita dan pasangan sukai. Jika Anda menyenangi buku, film, apa juga itu, sumber-sumber ini dapat menjadi ilham untuk menggali nama bayi wanita Anda. Sumber ilham nama bayi lainnya dapat Anda temukan di website pencari nama bayi, termasuk makna nama dan asal katanya. Tahun lalu, nama internasional yang sangat populer guna bayi perempuan ialah Emma, Isabella, Emily, Madison dan Ava. kita juga dapat menelusuri nama yang unik, tergolong dalam ejaannya. Masukkan keyword yang lebih spesifik saat menggali nama bayi melewati mesin pencari di internet. Misalnya, nama bayi yang unik, eksotik, atau Anda dapat menyontoh nama bayi selebriti
.
6. Peran ayah Calon ayah dan ibu, dua-duanya punya peran yang sama dalam menggali nama.
Pasangan Anda pun perlu berkontribusi dalam menggali dan memilih nama guna bayi wanita Anda. Berikan pun ruang guna pasangan kita dalam memilihkan nama guna anak perempuannya.

7. Dengarkan suara ketika nama diucapkan
Saat memilih suatu nama, jajaki pikirkan apakah nama itu terdengar enak atau sebaliknya. Terdengar kasar atau tidak mengasyikkan saat diucapkan. Sebaiknya perhatikan pun kesesuaian nama depan dengan nama belakang Si Kecil. Di samping itu, terdapat baiknya anda menghindari menyerahkan nama depan yang mempunyai rima yang sama atau nyaris serupa dengan nama belakangnya. Hal ini barangkali akan tersiar lucu saat dia beranjak dewasa.

8 Agustus 2019

Habiskan Waktu Liburanmu Di Kota Bandung Dengan Mengunjungi Tempat Wisata ini

Agustus 08, 2019 2 Comments

Bandung, siapa sih diantara kita yang tidak kenal dengan kota yang berjuluk paris Van Java? Ya, pastinya kita sudah sangat mengenal betul dengan kota yang satu ini.

Sejak dulu, Bandung  terkenal dengan banyaknya destinasi wisata alam yang indah, mulai dari kawasan Bandung Barat, Bandung Selatan, Bandung Timur, Bandung Utara, dan Bandung Tengah.  Diantara sekian banyak tempat wisata di bandung yang populer, 4 tempat ini bisa kamu jadikan pilihan guna menghabiskan waktu liburanmu. 

 1. Puncak Eurad Lembang

Di urutan pertama ada Puncak Eurad Lembang yang beralamat di Desa Wangunharja, Lembang, Bandung Barat, Kab. Bandung, Jawa Barat. Begitu menginjakkan kaki di sini, kamu  akan langsung dimanjakan oleh  pemandangan alam yang begitu memukau. Ya, pemandangan berupa perbukitan tinggi dengan rimbunnnya pepohonan. Bukan hanya itu saja, udara di kawasan Puncak Eurad Lembang juga begitu sejuk dan menyegarkan.

Puncak-Eurad-Bandung
IG @travellerindokece


Dari atas  Puncak Eurad Lembang, kamu pun dapat menikmati keindahan saat matahari terbit maupun matahari terbenam. Dan yang lebih menariknya lagi, untuk bisa masuk ke Puncak Eurad Lembang ini sama sekali tidak dikenai biaya sepeser pun. Kamu hanya perlu membayar Rp 3 ribu saja untuk biaya parkir.

2. Kampung Pasir Ipis

Indah, tenang, sejuk, dan damai, itulah kesan-kesan yang akan kamu rasakan setelah berada di Kampung Pasir Ipis. Ditambah dengan suara kicauan burung-burung yang merdu, sehingga semakin mempertegas gambaran dari nuansa kedamaiannya. Pokoknya, Kampung Pasir Ipis ini sangat cocok bagi kamu yang ingin mendapatkan ketenangan yang hakiki. Tak hanya itu saja, terdapat pula beberapa spot menarik yang instgramable, sehingga sangat mendukung untuk kegiatan berselfie ria. Lalu, dimanakah lokasinya? Soal alamatnya, Kampung Pasir Ipis ini berada di Jl. Pasir Ipis Desa Jayagiri RT 05 / 06, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat.


3. Grafika Wisata Cikole

IG @sayanuruls

Satu hal menarik, udara di Grafika Wisata Cikole ini eimgin! Ya, terang saja demikian, sebab objek wisata yang satu ini terletak di kaki Gunung Lembang dengan ketinggian 1400 mdpl. Maka dari itu, kamu harus membekali diri dengan baju hangat atau jaket. Panorama alam di kawasan Grafika Wisata Cikole ini benar-benar sangat sedap dipandang, sehingga wajib kamu abadikan dengan berswafoto. Bahkan, ada juga sebuah perkemahan yang sangat nyaman dan sudah dibekali dengan koneksi listrik. Jika kamu ingin menginap disana, kamu harus membayar uang sebesar Rp 460 ribu untuk per malamnya. Sedangkan lokasinya, Grafika Wisata Cikole ini bisa kamu jumpai di Jl. Tangkuban Parahu KM 8. Cikole, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat.


4. Dago Dream Park

IG @Dagodreamprak

Selain Grafika Wisata Cikole, Dago Dream Park juga merupakan salah satu objek wisata terpopuler di Bandung yang tentunya jangan sampai kamu lewatkan. Tempat wisata ini sangat cocok dijadikan tempat berlibur bersama keluarga, karena banyak sekali wahana permainan dan wahana edukasi untuk anak-anak.

Lantas, bagaimana dengan harga tiket masuknya? Tiket masuk ke Dagi Dream Park ini ditarif sebesar Rp 20 ribu per orang, sedangkan setiap wahananya juga di tarif sebesar Rp 20 ribu. Jika kamu berminat mengunjunginya, Dago Dream Park berada di alamat Jl. Dago Girl KM 2.2, Mekarwangi, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat.

Sudah mengatur jadwal? Selamat berlibur, have a nice holiday yaa!  Semoga mendapat liburan  yang  menyenangkan...😊😊. 

7 Agustus 2019

4 Media Parenting Di Indonesia Yang Berbasis Website

Agustus 07, 2019 4 Comments

Seiring dengan perkembangan jaman, sekarang ini banyak sekali media berbasis website yang bermunculan di Indonesia. Termasuk media yang membahas seputar orang tua dan anak atau yang dikenal dengan istilah parenting. Oleh karena itu, dalam tulisan kali ini akan memberikan informasi tentang 4 media parenting di Indonesia yang berbasis website. Mereka adalah sebagai berikut :

1. TemantaKita
Situs parenting pertama yang akan dibahas adalah TemantaKita. Dimana situs ini merupakan sebuah portal yang berfokus tentang bakat anak. Di situs ini akan menyajikan berbagai informasi yang bersumber dari studi atau riset kasus di lapangan, mulai dari informasi jenis-jenis baka anak, cara mengembangkannya, sampai berbagai tempat yang bisa mendukung pengembangan bakat anak. Perlu diketahui ada 3 menu utama yang ditawarkan oleh situs ini, yakni Cerah, Wahana dan Dersik. Pada menu Cerah berisi tips bagi para orang tua untuk mengembangkan bakat serta potensi anak. Pada menu Wahana berisi tentang informasi mengenai situs serta tempat yang bisa dimanfaatkan oleh para orang tua untuk mengasah atau mengembangkan bakat anak. Sedangkan menu wahana Dersik berisi tentang berbagai bakat anak yang mungkin bisa menjadi profesi anak di masa depan.

2. Liburan Anak


Tampilan www.liburananak.com
Situs parenting berikutnya adalah Liburan Anak. Situs ini bergerak dalam bidang informasi mengenai objek wisata yang cocok untuk anak-anak. D

Informasi mengenai tempat liburan anak akan disajikan dalam beberapa kategori, seperti Parent’S Stories, Discount & Promotions, Fun Course, dan Kid’S Holiday Spot. Di dalam setiap menu  terdapat informasi yang spesifik, sehingga bisa memudahkan para orang tua untuk menemukan tempat liburan yang cocok bagi anak.

Dalam kategori Kid’S Holiday Spot terdapat informasi soal spot liburan seperti outbond dan waterpark. Sedangkan pada Fun Course berisi informasi tentang tempat liburan mendidik yang dikemas secara apik dan menyenangkan, seperti kegiatan dengan robot, memasak, menyanyi, menari dan lain sebagainya. Pada Parents Events berisikan informasi tentang acara anak-anak yang akan digelar.

Sementara pada Discount & Promotion yang berisikan tentang promosi serta diskon, mulai dari tempat liburan sampai promosi buku anak. Pada kategori Parent’s Stories yang berisikan cerita serta pengalaman para orangtua saat liburan bersama anak di berbagai tempat.

3. Pelangi Nada
Pelangi Nada ini merupakan sebuah situs yang berisikan lagu-lagu anak orisinal. Dimana dalam situs ini akan menyajikan puluhan lagu anak yang bisa diunduh maupun didengarkan secara langsung melalui streaming. 


Image : www.pelanginada.com

Lagu-lagu anak pada situs ini terbagai menjadi 3 kategori, yakni lagu daerah, lagu-lagu sahabat dan lagu orisinal Karya Lala (Mira Julia). Dan semua lagu-lagu yang ada di situs ini bisa di share kan secara cuma-cuma untuk tujuan non-komersil. Cover situs ini juga cukup menarik, karena banyaknya foto dibandingkan tulisan. Dalam setiap post berisi lirik lagu anak, ilustrasi serta pemutar lagu streaming. Bukan hanya itu, situs ini juga akan menyajikan berbagai artikel menarik tentang seputar lagu dan anak-anak.

4. TopKids 
Dalam situs ini akan menyajikan berbagai hiburan anak melalui dunia maya. Konten yang akan disuguhkan pun sangat lengkap, mulai dari ulasan film, musik, fashion, buku, berita anak dan tv channel. Semua konten tersebut dikemas secara menarik dan atraktif dengan menggunakan kartun maupun animasi. 

Selain itu, di situs ini juga akan disajikan berbagai game yang sangat menarik, apalagi game tersebut kebanyakan memiliki muatan edukasi bagi anak. Misalnya seperti Ayo Menabung yang bisa mengenalkan kegiatan menabung pada anak sejak dini. Bukan hanya itu, situs ini juga memiliki fitur Fun Learning yang bersikan tentang panduan membuat beraneka ragam barang kreatif yang bisa dicoba oleh anak. Yang menariknya, setiap panduan tersebut selalu dilengkapi dengan foto sehingga anak bisa mengikuti cara membuatnya dengan mudah dan menyenangkan.

Nah bagi para orangtua yang ingin memiliki pengetahun lebih tentang parenting, 4 media parenting di atas bisa menjadi referensi bagi anda.

6 Agustus 2019

Beberapa Cara Cepat Mengatasi Masalah Hidung Tersumbat

Agustus 06, 2019 2 Comments


Brrr! Saat saya nulis postingan ini pun, udara di tempat saya masih dingin. Saat dini hari, bahkan bisa mencapai 15 derajat. Tapi kalau siang, terik! Maklumlah musim kemarau. Perubahan cuaca yang ekstrem antara pagi dan siang rentan membuat kita terserang penyakit, dan salah satu penyakit yang seringkali muncul adalah flu. Saluran pernapasan yang terserang penyakit ini pastinya akan membuat kita merasa tidak nyaman dan juga tersumbat. Sayapun juga barusan membaik dari flu ini ceritanya. Dan jika saat ini kamu mengalami masalah hidung tersumbat dan ingin segera mengatasinya, maka postingan ini akan memberikan beberapa cara mengatasi hidung tersumbat seperti di bawah ini :

Mengkonsumsi Air Putih Yang Banyak 
Pada saat kamu terserang flu, cairan didalam tubuh berkurang dalam jumlah yang banyak. Kamu harus tetap menjaga selalu terhidrasinya tubuh dengan cara mengkonsumsi air putih lebih rutin dari yang biasanya. Jadi selama kamu mengalami flu, untuk sementara waktu hindari mengkonsumsi kopi dan alihkan dengan mengkonsumsi air putih lebih banyak lagi. Dengan melakukan ini pastinya dapat membantu kamu untuk bisa bernapas lebih mudah. 

Baca juga : Waspada, 4 Gangguan Kesehatan Ini Sering Muncul di Musim Kemarau

Mandi Dengan Menggunakan Air Hangat 
Mandi dengan air hangat tidak hanya membuat tubuh kamu menjadi lebih rileks, tetapi juga dapat membantu sistem pernapasan kamu. Penggunaan air hangat ini dapat membantu kamu mengatur dan membuat kamu lebih mudah untuk bernapas sehingga akan membuat nyaman. Dan sangat disarankan untuk kamu untuk menggunakan sabun beraroma minta supaya terasa lebih leganya hidung.

Tidur Dengan Posisi Bantal Yang Lebih Tinggi 
Pada saat mengalami hidung tersumbat pastinya kamu akan mengalami sulit tidur. Tetapi kamu bisa mengakalinya dengan mencari posisi tidur yang paling tepat. Supaya tidak terganggunya pernapasanmu maka kamu bisa menyiapkan bantal yang lebih tinggi dari yang biasanya. Dengan melakukan hal ini maka akan mencegah terjadinya penumpukan lendir didaerah hidungmu, sehingga hidung akan terbebas dari penyumbatan lendir.

Menyalakan Humidifier
Penggunaan alat ini dapat membantu untuk menjaga kelembapan udara yang ada disekitarmu. Dimana penggunaan humidifier ini akan sangat membantu kamu pada saat terserang flu. Penyebab faktor kelembapan akan tampak terlihat nyata pada lendir yang ada pada saat kamu sedang flu. 

Menggunakan Saline Nasal Spray 
Cairan ini memang dirancang untuk mengatasi masalah hidung tersumbat yang mengganggu dengan cepat. Cairan ini dapat membantu untuk meredakan masalah sinus yang terjadi. Saline Nasal Spray ini dijual dalam bentuk semprot obat tetes.

Mengkonsumsi Vitamin
Kondisi tubuh kamu pada saat terserang flu pastinya sedang mengalami penurunan. Oleh karena itu cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan memperbaiki sistem daya tahan tubuh kamu supaya lebih mudah melawan penyakit yang menyerang. Jangan lupa pada saat sedang flu, kamu harus konsumsi suplemen dan vitamin. Supaya tubuh lebih sehat maka kamu bisa mengkonsumsi Vitamin C, Vitamin D, dan juga Vitamin B6. 

Mengkonsumsi Makanan Yang Tepat 
Pada saat  flu sebaiknya kamu mengkonsumsi makanan yang tepat. Sebaiknya kamu mengkonsumsi makanan yang kaya akan cairan dan hangat seperti bubur ataupun sup ayam hangat. Tetapi tidak hanya itu saja karena kamu juga bisa memilih bahan makanan yang baik untuk tubuh dan kaya akan vitamin seperti brokoli, yoghurt, oatmeal, salmon, dan juga dark chocolate. Aneka jus buah, bisa juga jadi pilihan.


Perbanyak sayur dan buah segar untuk memulihkan kondisi tubuh. Image: pixabay.com

Kalau tidak muncul keluhan serius, tak ada yang perlu dikhawatirkan dari serangan flu.
Dalam beberapa hari, kondisimu akan membaik. Tapi Tkalauaktivitasmu memang terasa terganggu, jangan segan untuk memghubungi dokter atau pos pelayanan kesehatan terdekat. Bisa juga, manfaatkan herbal+rempah di dapur sebagai pertolongan pertama di rumah. 

2 Agustus 2019

Mengenal Lebih Banyak Satwa di Taman Safari Prigen

Agustus 02, 2019 33 Comments
Daya-tarik-taman-wisata-prigen

Obyek wisata apa yang pertama kali di kenalkan  ke anak? Saya yakin, banyak orang tua akan menjawab Kebun Binatang. Alasannya, bisa jadi karena hampir semua kota punya kebun binatang, dan alasan berikutnya adalah  karena di kebun binatang, anak-anak bisa  bertamasya, sekaligus bisa melihat hal-hal baru. Gampangnya adalah, di kebun binatang anak-anak bisa melihat  berbagai satwa yang sebelumnya belum pernah mereka lihat langsung, dan tentu saja beberapa manfaat lainnya.


Sudah beberapakali nganterin anak-anak ke Gembira Loka, sekali ke Batu Secret Zoo, tahun ini pengen sesuatu yang beda. Sekalian jalan ke Bromo, jadilan Taman Safari Prigen sebagai pilihan.

Taman Safari Prigen termasuk salah satu kebun binatang terbesar di Asia. Berada di lereng Gunung Arjuna dengan posisi berada di ketinggian 800mdpl, membuat tempat yang juga sekaligus berfungsi sebagai suaka margasatwa ini berhawa sejuk. 

Lantas kalau ada yang menanyakan ada bedanya tempat ini dengan kebun binatang kebanyakan? Pertama, jelas kalau Taman Safari Prigen lebih luas  dan lebih banyak koleksi satwanya.  Dengan luas 350 hektar, Taman Safari Prigen memiliki koleksi satwa dengan habitat 5 benua sekaligus.  Apa yang bisa dinikmati pengunjungpun beragam mulai Recreation Area, Baby zoo, Aquatic Land, bahkan kalau berminat bisa sekalian nginep di Baobab Safari Resort. Tapi diantara semua, menurut saya jagoannya adalah Safari Adventure.

Aquatic-land
Salah satu yang bisa dinikmati di Aquatic land Taman Safari Prigen

Safari Adventure, Sesi Wisata Paling Seru di Taman Safari Prigen

Safari Adventure merupakan hal pertama yang bisa dinikmati pengunjung setelah proses pembelian tiket selesai. Ada dua pilihan; beradventure menggunakan kendaraan pribadi atau bisa juga menggunakan bis milik Taman Safari.  Masing-masing, tentu saja ada konsekuensinya. 

Kalau menggunakan mobil pribadi, menurut  saya lebih leluasa; mau jalan cepat, mau pelan-pelan, atau malah berhenti sebentar  juga bisa. Tapi resikonya, kalau misal tiba-tiba body mobil kesenggol zebra atau kena belai belalai gajah, ya itu resiko pengunjung. Kalau dengan menggunakan bis, mau nggak mau ngikut pak sopir. Dan saya amati, kalau menggunakan bis laju kendaraan lebih kencang. Ibarat orang lagi menikmati, berasa terburu-buru.

Di safari adventure ini, pada intinya kita mengamati atau lebih mengenal binatang dengan cara yang berbeda dari biasanya. Kalau pada kebun binatang kebanyakan, kita yang berada dalam posisi bebas sementara para satwa berada dalam kandangnya, maka pada Safari Adventure ini posisinya dibalik. Pengunjung yang berada di dalam kendaraan, sementara para binatang dibiarkan bebas, di habitat mereka. Demi keamanan dan ketertiban, tentu saja ada beberapa  rambu-rambu yang mesti dipatuhi misalnya:
  • Menutup kaca mobil (terutama saat melewati jenis binatang karnivora), tidak berhenti terlalu lama, dan juga mesti menghindari satwa yang mendekat. 
  • Tidak diperkenankan membawa binatang peliharaan
  • Mendahulukan satwa yang melintas
  • Ternyata ada satu larangan yang banyak dilanggar pengunjung (termasuk saya) yaitu nggak boleh memberi makan satwa. Lah udah terlanjur beli wortel!

Ada 44 area binantang yang  termasuk dalam jalur lintasannya Safari Adventure.  Pengunjung tinggal mengikuti rute saja, sembari melihat para binatang yang hidup di habitat asli mereka. Meski ada beberapa binatang yang sudah familiar atau sudah sering kami lihat, tapi di Safari Adventure kami lebih sering ketemu dengan satwa-satwa jarang/belum pernah  saya lihat sebelumnya, sebut saja Markhor, Kambing gunung, Watusi, Lechwe, jenjang mahkota, badak mulut lebar, dan banyak jenis satwa lainnya. 

Harga-tiket-taman-safari-prigen


Atraksi-Satwa-Prigen


Jenis-satwa-taman-safari-prigen
Tingkah satwa seperti ini yang nggemesin, nggak tahan untuk sedikit mbuka jendela mobil, atau ngasih wortel/sayuran. Sepertinya para satwa juga pengen say hello dengan manusia

Mungkin karena sudah terbiasa dengan kehadiran  kendaraan dan manusia di dalamnya, beberapa satwa di Taman Safari Prigen terlihat jinak. Saat mobil melintas, adakalanya mereka justru mendekat, menjulurkan kepala, seolah-olah menunggu untuk diberi sesuatu. Mungkin prilaku ini yang sering membuat pengunjung gemas, lantas mengulurkan wortel/sayuran hijau kepada binatang jenis herbivora yang dilalui. Yaa, meskipun para pengunjungpun juga sebenarnya tahu, kalau satwa-satwa ini sama sekali tidak kekurangan dalam hal logistik. Sangat tercukupi malah.

Butuh sekitar 1-1,5 jam untuk menuntaskan wahana  Safari Adventure, belum termasuk ngelilingi Baby Zoo (mirip kebun binatang), dan juga wahana Aquatic land. Di taman Safari Prigen ini, seharian di satu obyek wisata bisa kalau mau. 

Untuk informasi, harga tiket masuk Taman Safari Prigen bervariasi, tergantung mau terusan ke area bermain atau hanya reguler. Tempo hari saya mengambil yang reguler,  80.000/85.000 (anak/dewasa) untuk hari biasa, atau 105.000/110.000 (anak-anak/dewasa) untuk hari Sabtu/Minggu. Versi videonya, ada di sini 

1 Agustus 2019

Timnas Indonesia: Sekilas Tentang Mereka

Agustus 01, 2019 2 Comments
Timnas, image dari akun IG @timnasindonesia_media

Termasuk pecinta olahraga? Diantara semua cabang olahraga, apakah kamu termasuk penggemar sepakbola? Di Indonesia, cabang olahraga ini sangat populer dan menjadi favorit mengungguli jenis olahraga lainnya. Sepakbola tak hanya dimainkan di perkotaan saja tapi bahkan hingga ke seluruh pelosok desa di Indonesia. Jika pun ada jenis olahraga lainnya yang bisa menandingi tingkat kepopulerannya di Indonesia, itu adalah olahraga badminton atau bulutangkis, itu juga karena Indonesia sering menjadi juaranya di tingkat Internasional. 

Meski tim Indonesia belum pernah menjadi juara Piala Dunia namun olahraga sepak bola bisa populer di Indonesia, sehingga jika orang menyebut timnas Indonesia maka itu lantas akan langsung merujuk pada tim nasional sepak bola Indonesia.

Apa itu Timnas Indonesia?

Tim nasional sepak bola Indonesia atau yang sering disebut juga sebagai Timnas Indonesia adalah tim yang mewakili Indonesia pada bidang olahraga untuk olahraga jenis sepak bola di tingkat internasional. Tim nasional Indonesia ini memiliki julukan sebagai Timnas (Tim Nasional) merah putih, atau juga sering disebut sebagai tim Garuda. Warna seragam khasnya ada merah putih, merah merah dan putih putih. Tim nasional Indonesia ini dikelola oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) yang menjadi salah satu anggota dari suatu organisasi sepakbola Internasional tingkat dunia.


Sejarah Awal Mula Timnas Indonesia 


Image dari akun IG  @timnasjuara

S
ebelum masa era kemerdekaan di tahun 1945, timnas sepakbola ini menggunakan nama tim nasional sepak bola Hindia Belanda. Pada saat dengan nama itu maka tim sepakbola tersebut telah sempat bermain di tingkat Internasional tertinggi yakni pada Piala Dunia FIFA 1938 yang waktu itu diselenggarakan di negara Perancis, meski kalah dari tim Hungaria pada putaran yang pertama dan hingga saat ini justru belum pernah lolos lagi hingga ke jenjang yang setinggi itu lagi. Adapun pertandingan internasional pertamanya adalah melawan tim sepakbola negara Jepang di Manila, Filipina pada tanggal 13 Mei 1940 dengan hasil skor kemenangan 7:1. 

Skor Kemenangan Terbesar Timnas Indonesia

Tim nasional Indonesia pernah meraih prestasi kemenangan dengan skor yang tinggi yakni ketika melawan tim sepak bola Filipina, yakni di tanggal 22 September 1972 di Seoul, Korea Selatan dengan skor kemenangan telak dengan selisih gol yang besar yakni 12:0 kemudian hal tersebut terjadi lagi di tanggal 23 Desember 2002 di Jakarta, Indonesia dengan skor kemenangan sebesar 13:1 melawan timnas Philipina juga.

Skor Kekalahan Terbesar Timnas Indonesia

Meski pernah meraih prestasi kemenangan dengan skor selisih gol yang cukup besar, namun tim nasional Indonesia juga pernah mengalami kekalahan selama bertanding, yakni ketika bertanding melawan Bahrain di negara mereka dengan skor kekalahan sebesar 10:0 pada tanggal 29 September 2012.

Stadion Timnas Indonesia

Sebagai tempat berlatihnya tim nasional Indonesia ada stadion yang letaknya ada di Jakarta, yakni stadion kandang bagi tim nasional Indonesia yaitu Stadion Utama Gelora Bung Karno atau GBK, yang memiliki kapasitas hingga sekitar 80 ribuan penonton. Stadion ini merupakan stadion yang terbesar yang ada di Indonesia, dan juga menjadi stadion yang terbesar yang kedua se Asia Tenggara dan merupakan stadion sepak bola yang terbesar yang kesembilan di seluruh dunia. 

Stadion Gelora Bung Karno dibangun tahun 1960 untuk keperluan event Asian Games di tahun 1962, dan pembangunannya didukung oleh pihak pemerintah Uni Soviet, yakni dengan pinjaman lunak yang besarnya adalah mencapai US$ 12,5 juta. Stadion itu barulah selesai proses pembangunannya setelah selama dua tahun dan lalu mulai secara resmi dibuka pada tanggal 24 Agustus 1962.

Stadion lainnya yang digunakan oleh Tim Nasional Indonesia itu selain stadion GBKS yaitu Gelora Bung Tomo yang ada di Surabaya, Jawa Timur, Stadion Gelora Sriwijaya atau stadion sepak bola yang ada di Jakabaring di kota Palembang, Sumatera Selatan lalu Stadion Manahan yang lokasinya berada di Surakarta, Jawa Tengah, kemudian Stadion Internasional Maguwoharjo di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dan juga masih ada lagi Stadion Utama Riau yang di kota Pekanbaru, Riau, lalu ada Stadion Pakansari yang lokasinya di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dan juga Stadion Patriot Chandrabaga yang lokasinya di Bekasi, Kota Bekasi, Jawa Barat dan lain sebagainya.

Follow Us @soratemplates