Cari Blog Ini

1 Agustus 2019

# Olahraga # Perlu Tahu

Timnas Indonesia: Sekilas Tentang Mereka

Timnas, image dari akun IG @timnasindonesia_media

Termasuk pecinta olahraga? Diantara semua cabang olahraga, apakah kamu termasuk penggemar sepakbola? Di Indonesia, cabang olahraga ini sangat populer dan menjadi favorit mengungguli jenis olahraga lainnya. Sepakbola tak hanya dimainkan di perkotaan saja tapi bahkan hingga ke seluruh pelosok desa di Indonesia. Jika pun ada jenis olahraga lainnya yang bisa menandingi tingkat kepopulerannya di Indonesia, itu adalah olahraga badminton atau bulutangkis, itu juga karena Indonesia sering menjadi juaranya di tingkat Internasional. 

Meski tim Indonesia belum pernah menjadi juara Piala Dunia namun olahraga sepak bola bisa populer di Indonesia, sehingga jika orang menyebut timnas Indonesia maka itu lantas akan langsung merujuk pada tim nasional sepak bola Indonesia.

Apa itu Timnas Indonesia?

Tim nasional sepak bola Indonesia atau yang sering disebut juga sebagai Timnas Indonesia adalah tim yang mewakili Indonesia pada bidang olahraga untuk olahraga jenis sepak bola di tingkat internasional. Tim nasional Indonesia ini memiliki julukan sebagai Timnas (Tim Nasional) merah putih, atau juga sering disebut sebagai tim Garuda. Warna seragam khasnya ada merah putih, merah merah dan putih putih. Tim nasional Indonesia ini dikelola oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) yang menjadi salah satu anggota dari suatu organisasi sepakbola Internasional tingkat dunia.


Sejarah Awal Mula Timnas Indonesia 


Image dari akun IG  @timnasjuara

S
ebelum masa era kemerdekaan di tahun 1945, timnas sepakbola ini menggunakan nama tim nasional sepak bola Hindia Belanda. Pada saat dengan nama itu maka tim sepakbola tersebut telah sempat bermain di tingkat Internasional tertinggi yakni pada Piala Dunia FIFA 1938 yang waktu itu diselenggarakan di negara Perancis, meski kalah dari tim Hungaria pada putaran yang pertama dan hingga saat ini justru belum pernah lolos lagi hingga ke jenjang yang setinggi itu lagi. Adapun pertandingan internasional pertamanya adalah melawan tim sepakbola negara Jepang di Manila, Filipina pada tanggal 13 Mei 1940 dengan hasil skor kemenangan 7:1. 

Skor Kemenangan Terbesar Timnas Indonesia

Tim nasional Indonesia pernah meraih prestasi kemenangan dengan skor yang tinggi yakni ketika melawan tim sepak bola Filipina, yakni di tanggal 22 September 1972 di Seoul, Korea Selatan dengan skor kemenangan telak dengan selisih gol yang besar yakni 12:0 kemudian hal tersebut terjadi lagi di tanggal 23 Desember 2002 di Jakarta, Indonesia dengan skor kemenangan sebesar 13:1 melawan timnas Philipina juga.

Skor Kekalahan Terbesar Timnas Indonesia

Meski pernah meraih prestasi kemenangan dengan skor selisih gol yang cukup besar, namun tim nasional Indonesia juga pernah mengalami kekalahan selama bertanding, yakni ketika bertanding melawan Bahrain di negara mereka dengan skor kekalahan sebesar 10:0 pada tanggal 29 September 2012.

Stadion Timnas Indonesia

Sebagai tempat berlatihnya tim nasional Indonesia ada stadion yang letaknya ada di Jakarta, yakni stadion kandang bagi tim nasional Indonesia yaitu Stadion Utama Gelora Bung Karno atau GBK, yang memiliki kapasitas hingga sekitar 80 ribuan penonton. Stadion ini merupakan stadion yang terbesar yang ada di Indonesia, dan juga menjadi stadion yang terbesar yang kedua se Asia Tenggara dan merupakan stadion sepak bola yang terbesar yang kesembilan di seluruh dunia. 

Stadion Gelora Bung Karno dibangun tahun 1960 untuk keperluan event Asian Games di tahun 1962, dan pembangunannya didukung oleh pihak pemerintah Uni Soviet, yakni dengan pinjaman lunak yang besarnya adalah mencapai US$ 12,5 juta. Stadion itu barulah selesai proses pembangunannya setelah selama dua tahun dan lalu mulai secara resmi dibuka pada tanggal 24 Agustus 1962.

Stadion lainnya yang digunakan oleh Tim Nasional Indonesia itu selain stadion GBKS yaitu Gelora Bung Tomo yang ada di Surabaya, Jawa Timur, Stadion Gelora Sriwijaya atau stadion sepak bola yang ada di Jakabaring di kota Palembang, Sumatera Selatan lalu Stadion Manahan yang lokasinya berada di Surakarta, Jawa Tengah, kemudian Stadion Internasional Maguwoharjo di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dan juga masih ada lagi Stadion Utama Riau yang di kota Pekanbaru, Riau, lalu ada Stadion Pakansari yang lokasinya di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dan juga Stadion Patriot Chandrabaga yang lokasinya di Bekasi, Kota Bekasi, Jawa Barat dan lain sebagainya.

2 komentar:

  1. Baru tahu saya kalau Sepak bola itu sudah berubah menjadi Sepakbila.😆😃😀#cek diawal kalimat.

    #melipir dong mbak ke blog saya.😆😃😊

    BalasHapus
  2. Sudah dibenerin typonya...thanks koreksinya ya. Jempol saya kegedean kayaknya...jadi niat pencet o, keluarnya i😀😀😀

    BalasHapus

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Untuk menghindari spam, untuk sementara kolom komentar saya moderasi dulu ya. Komentar berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin

Follow Us @soratemplates