Cari Blog Ini

23 Februari 2019

# Blogging # Event

KEB X ProPS; Memaksimalkan Pendapatan Blog Melalui Iklan


Kalau mendengar kata iklan, biasanya asumsi kita langsung ke iklan tv, radio, iklan koran, spanduk, bilboard di pinggir jalan, dan sebagainya.  Pokoknya media yang memang sengaja ada untuk tujuan ngiklan atau promosi. Lalu bagaimana dengan sebuah blog? Memang di blog bisa ya dipasang iklan? Trus ada cara untuk memaksimalkan pendapatan iklan melalui blog gitu?

Jawabannya bisa. Cuma kadang blogger itu kan beda-beda. Ada yang membiarkan blognya bersih,  mulus, hanya  artikel saja yang terpajang. Yaa..meskipun beberapa artikelnya, ujung-ujungnya juga ngiklanšŸ˜€

Tapi, ada (banyak) juga yang sengaja menyisipkan iklan dalam tampilan blog sebagai salah satu cara memonitize blog. Sering juga ketemu blog, yang pas lagi butuh untuk mbaca artikelnya, malah tubuh artikel berasa ketutup iklan semuašŸ˜„

Ngomongin tentang iklan blog, sejatinya ada beberapa sumber iklan yang saban hari kita lihat itu, yaitu yakni  dari program afiliasi, direct advertising, dan juga Advertising Network yang  salah satunya Google Adsense. Sumber terakhir itulah yang paling banyak digunakan dan diminati blogger.

Penghasilan yang didapatkan blogger dari Google Adsense, biasanya dihitung dari seberapa banyak pegunjung mengklik iklan yang tampil di blog, dan ini disebut sistem PPC atau pay per click. Cuma masalahnya, perjalanan blogger untuk bisa bersinergi dengan Google Adsense itu tidak selalu mulus.  Dan ini kenapa, saya ngerasa beruntung bisa datang ke event #KEBelajar yang digelar Sabtu, 16 Februari lalu di  Kunena Eatery, Baciro, Jogja.




Kali ini #KEBelajar, terselenggara berkat kerja bareng Komunitas Emak Blogger dan juga PT.Promedia Punggawa Satu (ProPS). ProPS sendiri merupakan Google Channel Partner yang siap membantu para blogger untuk menaikkan pendapatan melalui iklan.  

Acara bertajuk "Langkah Jitu Memaksimalkan Pendapatan Iklan" ini bisa dibilang sukses.  Sekitar 25 emak  blogger yang datang dari wilayah Jogja dan sekitarnya, terlihat serius menyimak pemaparan dari dua narasumber Ilona Juwita dari ProPS dan juga Carrolina Ratri, salah satu blogger senior Indonesia. 

Ilona Juwita: Blogger, Iklan, dan Bagaimana Memaksimalkan Pendapatan Blog Melalui Iklan


"Darimana blogger memonetize blog yang mereka kelola?" Itulah salah satu pertanyaan pembuka dari mba Ilona Juwita yang saya ingat. Kemudian, kami audience menjawab beberapa cara dalam memberdayakan blog agar tidak hanya sebatas tempat curhat, tapi juga bisa menghasilkan. Beberapa  blogger mengandalkan artikel berbayar,  job backlink, artikel placement, dan juga pendapatan dari iklan.

Ilona Juwita, CEO ProPS Indonesia

"Ada faktor yang sangat berpengaruh dalam langkah memonetisasi blog, yaitu performa blog. Performa blog sendiri bisa dilihat dari kecepatan loading dan juga traffict pengunjung ke blog" ungkap Ilona, narasumber yang juga CEOnya ProPS. Sementara itu Ilona pun sepakat kalau Google adsense merupakan sumber pendapatan blogger yang patut diperhitungkan. Cuma masalahnya, memiliki akun di Google Adsense bukan perkara gampang. 

"Banyak blogger yang memang belum punya akun adsense, atau sudah punya tapi terkena banned, atau ada juga yang sudah punya akun tapi belum bisa memaksimalkan akun yang dimiliki"  Ilona menambahkan

Melalui acara ini, Ilona berbagi ilmu tentang bagaimana tentang per SEO an, tentang jenis-jenis iklan, dan juga strategi penempatan iklan yang benar. Clickable maksudnya. Diingatkan pula tentang hal-hal yang tidak boleh/pantang dilakukan blogger. "Jangan pernah meng-klik iklan sendiri ya..karena google akan tahu itu" ungkapnya. 


Para emaks yang lagi menyimak penjelasan dari mba Ilona

Selain PPC, ada jenis iklan lain yang siang itu juga dikenalkan oleh Ilona, sebut saja Ad Exchange. Apa keunggulan Ad Exchange? Tipe iklan ini sudah bisa menghasilkan dengan hanya cukup dilihat pembaca, tanpa diklik. Tapi ada syaratnya, viewer 20 juta/bulan. Ha..ha, ini yang berat! 

Ada beberapa strategi dalam memasang iklan yang dibagikan Ilona kepada kami siang itu, misalnya:
  • Perhatikan posisi pemasangan iklan. Letakkan iklan di tempat-tempat yang strategis, potensial untuk kelihatan, misalnya saja di atas atau badan artikel dan bukan di side bar
  • Pastikan template/iklan nyaman dilihat untuk tampilan ponsel karena sebagian besar pengguna internet saat ini mengakses informasi dengan smartphone
  • Jangan juga memasang iklan melebihi  50% tampilan
  • Google menawarkan berbagai tipe iklan, pilih yang sesuai dengan blog
Sementara untuk content, Ilona juga memberikan beberapa tips agar artikel yang ada di blog menarik, diantaranya:
  • Tentukan target audience dari blog kita
  • Buat tulisan yang sifatnya evergreen/tak lekang oleh waktu
  • Content boleh saja bertopik lokal, tapi sampaikan secara global, misal hindari penggunaan bahasa daerah, perhatikan tentang satuan mata uang dsb
  • Manfaatkan keyword yang populer

Carolina Ratri : Pilar Post Sebagai Salah Satu Cara Efektif Menaikkan PV Blog

Mak Carolina Ratri/Mak Cara

Sesi tanya jawab peserta-narasumber

Sukses atau tidaknya sebuah iklan dalam mendulang uang, sangat tergantung dengan traffict atau page view dari blog tersebut. Dan sebenarnya ini PR bagi banyak blogger, termasuk saya juga. 

Senada dengan mba Ilona,  Carolina Ratri atau Mak Carra juga menekankan bahwa sebisa dan sebanyak mungkin blogger itu memiliki pillar post dalam blognya. Ibarat sebuah rumah, maka pillar post merupakan penyangga yang akan akan menjaga keberadaan "rumah maya" kita. Dengan pillar post, kestabilan traffict blog akan lebih terjamin. Adapun sifat/hal-hal yang dimiliki sebuah pillar post antara lain:

  • Bersifat jangka panjang, jadi artikel tersebut sampai kapanpun masih dicari oleh pembaca; biasanya berisi tips, panduan atau tutorial. Ibaratnya dibaca hari ini, ataupun 10 tahun yang akan datang masih tetap relevan.
  • Mempunyai nilai, jadi ada hal bermanfaat yang bisa diambil pembaca setelah membaca artikel tersebut
"Idealnya setiap satu bulan minimal  ada 1 postingan pillar post" lanjut Mak Carra. Intinya, semakin banyak Pillar Post, itu semakin bagus. Pada kesempatan yang sama, Mak Carra juga menekankan pentingnya para Emak blogger untuk belajar SEO, bagaimana agar mesin mencari menempatkan artikel yang kita miliki di posisi atas. Beberapa langkah yang menurutnya bisa dilakukan yaitu:
  1. Gunakan keyword yang selalu dicari sepanjang masa; research keyword itu penting
  2. Jangan lupakan SEO checklist yang meliputi:
  • Keyword
  • Subheading
  • Captivating Headline
  • Short URL
  • Meta Search Description
  • Image Alt Attributes
  • Internal dan Eksternal Links
Banyak ilmu yang siang itu dibagikan, dan itu artinya banyak PR juga buat blog saya ini untuk segera melakukan pembenahan. Tapi bagaimanapun, event kolaborasi KEB dan juga PRoPS Indonesia ini patut diacungi 2 jempol! Thanks KEB, terimakasih ProPS Indonesia.

 image oleh  Ardian Kusuma/www.ardiankusuma.com

2 komentar:

  1. Memperhatikan pecahan mata uang itu gimana maksudnya lis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Satuan mata uang mba . Typo...aku benerin yaa...nuwun mba

      Hapus

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin

Follow Us @soratemplates