Cari Blog Ini

10 Januari 2019

# Perlu Tahu

Prosedur Perpanjangan STNK dan TNKB 5 Tahunan, Samsat Sleman

Cek-fisik-motor

Sebagai salah satu pemilik dan pemakai kendaraan bermotor, mau nggak mau saya harus melewati prosedur ini; perpanjangan STNK dan Nopol Kendaraan bermotor 5 tahunan.  Untuk yang satu ini, nggak bisa secara online bayar di bank, atau di mall. Harus ke Samsat dimana STNK diterbitkan, karena motor mesti cek fisik.

Datang jam 08.00 pagi, ngantri..dan udah dapat nomor antrian 79! Ya begitulah, untuk jadi warga negara yang baik itu, salah satu modalnya memang sabar kok ya... 😀

Serius, saya nulis ini dari Samsat Sleman, sambil nunggu antrian cek fisik si Beat  yang bulan ini mesti ganti plat baru. Benernya bisa saja urusan birokrasi seperti ini didelegasikan ke biro jasa. Tapi kalau dikit-dikit minta tolong ke pihak ketiga, nggak seru dong. Lagian, rumah juga  dekat sama kantor Samsat. Jadi lumayan kan, cerita pengalaman, dan nambah satu blogpost di blog. (Blogger mah memang gitu, ga mau rugi...ha..ha..)

Lokasi Cek Fisik Kendaraan Samsat Sleman

Gedung baru Samsat Sleman

"Mau cek fisik ya mba...? Bablas ke  sana kalau cek fisik. Nanti ada turunan, trus belok kanan" Kata petugas parkir begitu saya meletakkan motor di bagian depan. Mungkin dia lihat plat nomor saya jadi bisa tahu tujuan saya ke sini mau ngapain.

Ternyata saya salah parkir sodara-sodara. Maklum, sejak menempati gedung baru, saya belum pernah ngurus perpanjangan STNK maupun TNKB yang 5 tahunan. Kalau untuk bayar pajak tahunan sih, bisa dipastikan tiap tahun ke sini dan bayar sendiri.

Jangan Lupa, Lengkapi Dulu Seluruh Berkas


Ngurus segala sesuatu, paling enak kalau segala sesuatunya sudah lengkap. Tinggal jalan. Beberapa berkas yang mesti dibawa untuk keperluan cek fisik kendaraan:
  1. BPKB asli + fotokopian 1 lembar
  2. KTP asli + fotokopi 1 lembar.
  3. STNK asli + fotokopi 1 lembar
Semua berkas tadi harus satu nama ya. Soalnya kalau untuk pindah nama, ganti kepemilikan loketnya beda dan bisa jadi prosedurnya beda pula.

Fotokopinya dimana? Di dalam area Samsat sebenarnya ada, tapi jam 08.00 pagi belum buka. Kalau saya milih fotokopi di luar gedung, di kios terdekat, dengan biaya 1500 rupiah, sudah dibendelin rapi sekalian. Tinggal mengumpulkan pas dibutuhkan.

Kalau datang pagi-pagi ada petugas yang akan menjelaskan alur/tahapan yang mesti dilewati pemohon. So, saya sarankan kalau bisa datang pagi.
Pelayanan dibuka pukul 08-11.00, Senin-Sabtu

Setelah semua syarat lengkap, parkirin saja kendaraan. Motor di sisi kiri, mobil di parkiran sisi kanan, lanjut ambil nomor antrian. Setelah itu, akan ada petugas cek fisik yang manggil sesuai nomor antri. Perugas cek fisik, yang pasti  lebih dari satu, dan sekali panggil bisa sekitar 5 sekaligus.

Sabar nunggu giliran yaa.. ! Yang suka ngegame silakan nge-game, yang suka ngobrol cari aja teman ngobrol yang asyik, yang mau senam jempol sos-med an, ayuukkk😁 

Berapa lama yang dibutuhkan? Buat gambaran, sekitar 30 menit menunggu...antrian cek fisik sampai di urutan 22. Saya dipanggil setelah sekitar 1,5 jam menunggu.

Motor sudah Dicek Fisik, Lantas Kemana?

Loket pengesahan cek fisik dan pengambilan form permohonan STNK dan TNKB

Guna mendapatkan STNK plus nopol baru, lumayan banyak juga prosedur yang mesti dilewati. Tahap pertama, cek fisik kendaraan bermotor. Berikutnya, saya rangkum dalam pointer berikut:

  • Waktu untuk pengecekan fisik, sebenarnya nggak sampai 5 menit. Ada petugas yang mengecek nomor mesin dan nomor rangka kendaraan, yang nantinya ia tulis pada selembar form.
  • Setelah tahap ini selesai, bawa dan isi satu lembar form dari petugas cek fisik ke loket pengesahan cek fisik. Disini, nomor antrian sekaligus berkas persyaratan di sahkan oleh petugas. Setelah di  loket ini beres, geser ke loket sebelah, guna pembelian formulir penerbitan STNK dan Nopol baru, untuk mobil sebesar 300.000 dan 160.000 rupiah untuk motor.
  • Isi formulir berdasar BPKB, dan kemudian bawa ke ruang pembayaran pajak. Proses disini cepat, sekitar 10 menit bukti pembayaran pajak sudah ada di tangan.
  • Lebih lengkapnya, saya pernah nulis dan bisa baca di postingan ini: Pindah ke gedung baru, pembayaran pajak kendaraan di Samsat Sleman lebih Nyaman.
  • Pembayaran pajak beres, langsung fotokopi bukti pembayaran pajak STNK dan permohonan nopol baru, dan gunakan berkas ini untuk menukarkan dengan plat kendaraan yang baru.  Semua proses kira-kira selesai dalam jangka waktu 3 jam, dalam hari yang sama.

STNK baru, TNKB baru. Motornya nggak baru😀

Tips: Guna mempersingkat waktu, lebih baik bawa bolpen sendiri karena mesti 2x ngisi form



1 komentar:

  1. nah tahun ini aku juga ganti 5 tahunan buat motor mba baru tahu ternyata mesti fc bpkb yah noted banget jadi nanti pas datang udah lengkap semua

    BalasHapus

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin

Follow Us @soratemplates