11 Januari 2019

# Perlu Tahu # Sponsored Post

Pengertian 502 Bad Gateway Hingga Cara Mengatasinya


Pengakses browser baik itu pada perangkat PC komputer ataupun pada smartphone hingga laptop kemungkinan besar bisa mengalami sebuah gangguan bernama 502 Bad Gateway. Tahukah kamu bahwa gangguan tersebut ternyata bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Sehingga diperlukan metode untuk bisa mengembalikan performa dari sebuah koneksi internet. Meskipun gangguan koneksi ataupun error satu ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, tetapi kerap kali kesalahan dilakukan pada bagian server.

Baca juga : VPS murah Indonesia

Masalah seputar Bad Gateway ini sudah lama muncul, dan parahnya tidak semua orang memahami bagaimana solusi untuk mengatasinya dengan sempurna. Segala macam gangguan koneksi ataupun error sebaiknya cepat diatasi karena dapat menganggu aktivitas lainnya. Lalu seperti apa pengertian dari Bad Gateway hingga cara-cara mengatasinya?



Pengertian 502 Bad Gateway Hingga Metode Mengatasinya


Pengertian Error 502 Bad Gateway
Ternyata kasus error satu ini disebabkan oleh kesalaha komunikasi di bagian server. Meskipun kerap terjadi karena masalah server, ternyata pesan error 502 bad gateway ini mengindikasikan bahwa terdapat respon kurang valid ke bagian server lain yang mana tugasnya sebagai proxy ataupun gateway. Semua proses permintaan browser memang harus diteruskan melalui metode gateway tersebut, oleh sebab itu kamu dapat mencari tahu dimana titik masalah yang membuat kendala seperti 502 Bad Gateway sering muncul.

Ada beberapa bentuk masaalahan dimana fokus utamanya bisa dalam wujud berbeda-beda. Masalah error 502 Bad Gateway sendiri bisa hadir dalam wujud tulisan Temporary Eror 502, Error 502, 502 Server Error : The Server Encounter, HTTP Error 502 Bad Gateway, hingga HTTP 502, dan 502 Service Temporarily Overloaded.

Nah, wujud masalah tersebut sebenarnya masih bisa kita atasi dengan metode-metode yang cukup sederhana. Jangan langsung panik jika menemukan masalah error 502 Bad Gateway tersebut, karena cukup lakukan beberapa langkah seperti berikut ini:


Cara Mengatasi 502 Bad Gateway

Refresh Kembali Halaman Website. Ketika Anda menjumpai masalah 502 Bad Gateway di sebuah halaman website jangan terlalu panik karena metode mengatasinya bisa sangat mudah. Hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah refresh kembali halaman website dengan menekan tombol f5 pada keyboard. Tunggulah dalam beberapa menit kemudian untuk identifikasi masalahnya bisa disebabkan oleh kemampuan server yang overload. 

Jika ingin melakukan proses pengecekan, selanjutnya akses website menggunakan platform browser berbeda ataupun bisa juga menggunakan opsi private browser yang mana sanggup menghadirkan keuntungan dalam mengecek apakah sudah pulih atau masih terdapat masalah.

Menghapus Chace Browser
Pada langkah kedua ketika terjadi masalah 502 Bad Gateway ini adalah menghapus chace browser di perangkat PC komputer ataupun laptop. Kita tahu bahwa chace browser yang terlalu banyak akan membuat sistem browser melamban, sehingga ada masalah seputar 502 Gateway tersebut. Hapus semua opsi mulai dari download history, browsing history, kemudian chaced image and files, dan cookies and other site data. Menggunakan cara ini bisa mengatasi masalah terutama dari sisi performa halaman browser yang mana bisa saja membuat performa PC komputer ataupun laptop tidak optimal dijalankan.

Terdapat Masalah di Sektor DNS
Bagi seorang pemula mungkin menjumpai masalah 502 Bad Gateway ini sebagai sebuah masalah serius. Padahal untuk kendala dalam akses browser ini masih bisa diidentifikasi salah satunya dari sektor DNS. Terdapat beberapa prediksi yang mana domain masih kurang mengarah ke alamat IP paling benar. Bahkan untuk memindahkan website juga menjadi sebuah kesalahan sehingga harus menunggu selama kurang lebih 24 jam untuk bisa merampungkan masalah tersebut. 

Mengatasi masalah pada sektor DNS juga memerlukan beberapa tahapan salah satunya menggunakan flush DNS. Untuk cara satu ini memang tidak jauh berbeda pada opsi menghapus chace browser, sehingga ada beberapa aspek yang sebenarnya bisa dijadikan metode mudah untuk mengatasi 502 Bad Gateway.


Cek Pada Pelayanan Hosting
Metode berikutnya untuk mengatasi masalah pada Bad Gateway ini adalah cek dari masalah web hostingnya. Biasanya sebuah website yang terlalu melakukan query akan mengalami masalah aksesnya. Oleh sebab itu pengguna shared hosting terkadang masih melihat masalah 502 Bad Gateway tersebut, sehingga langkah paling baik adalah tanyakan pada penyedia web hosting mengenai masaalah yang Anda alami, dan kemungkinan besar Anda akan diminat beralih ke sektor VPS.

Melakukan Pengecekan Plugin dan Template
Terakhir kamu  bisa langsung mengecek soal plugin hingga template. Terkadang sumber masalah pada 502 Bad Gateway ini bermula dari pemilihan plugin template website. Sistem server masih belum bisa mengolah script pada WordPress secara tepat. Sehingga untuk mengatasinya segera cek untuk menonaktifkan semua plugin lalu akses website kembali untuk memastikan apakah masih terjadi error ataupun tidak.

Berbagai masalah pada platform browser seperti 502 Bad Gateway ini terkadang membuat kita merasa frustasi. Tetapi sudah ada metode-metode sederhana yang mana bisa diandalkan untuk mengatasi masalah bad gateway lebih mudah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin

Follow Us @soratemplates