29 November 2018

Lima Film Keluarga yang "Aman" untuk Anak-Anak

Hari gini, meski kelihatannya makin maju, hidup berasa lebih mudah,  tapi sebenarnya tantangan buat para orang tua itu semakin berat. Gimana mengamankan anak-anak dari kecanduan game online, gimana njagain anak biar ga terpapar pornografi dari berbagai konten media, itu masih menjadi PR saya, kita, semua.

Pernah suatu hari Raka cerita sambil curhat, katanya ada teman sekolahnya yang sering nonton bioskop sendirian. Didrop sama orang tuanya di bioskop, trus anaknya nonton film sendiri. Endingnya Raka nanyain..."Kok..kita nggak pernah nonton film di bioskop to?"

Raka bener. Saya memang belum pernah ngajak Raka di bioskop, kecuali model-model bioskop yang ada di tempat wisata, seperti bioskop 6D nya Kyai langgeng, bioskop erupsi Merapi di Ketep Pass atau bioskop 3D nya Baturaden atau Pemancingan 100 Janti, Klaten.

Pertimbangannya, wong film lihat di Tv atau streaming pakai aplikasi aja bisa. Resikonya, kurang update aja paling😁 *Ngirit mode on

Menurut saya, kalau soal tontonan film itu sifatnya timeless, jadi dilihat kapan saja bisa. Nggak kayak mbaca surat kabar/berita, yang kalau udah basi nantinya jadi "sejarah". Ngomongin film, dalam kacamata saya kalau yang melibatkan anak untuk menonton di dalamnya memang harus "aman". Artinya, adegan-adegannya nggak ada yang bikin orang tua ketar-ketir, contohnya film

Lion King
Ini udah film lama banget. Tapi beberapa waktu lalu dilutar di tv pas program tayangan anak-anak. Kebetulan di rumah punya dvdnya juga, dulu beli di Gramedia klo ga lupa. Sesuai namanya, maka film ini bercerita tentang keluarga Raja hutan. Perjuangan, persahabatan dan kasih sayang. Meski ada sedikit adegan 'pacaran" Simba dan teman singa perempuannya, tapi karena tokoh-tokohnya binatang dan adegan juga biasa-biasa saja, jadi menurut saya anak-anak aman untuk melihat.

Children of Heaven
Dirilis tahun 1999, film inipun termasuk film produk lama, tapi masih relevan dijadikan tontonan keluarga. Menggunakan Teheran sebagai latar belakang cerita, Children of Heaven bisa dijadikan tontonan pengingat ke anak-anak kayak Raka dan Alya yang kalau ketemu sering ributtt mlulu. "Tuh...ada dua bersaudara yang demi sepasang sepatu aja kompak"....😀😀


WonderfulLife
Berkisah tentang perjuangan seorang ibu untuk menemukan obat bagi anaknya yang terkena disleksia. Dibintangi Putri Ayunda, Lydia Kandau, Alex Abad, film nasional yang dirilis tahun 2016 ini bisa jadi reminder buat para ibu kayak saya untuk selalu bersyukur dan bisa menghargai anak; bahwa setiap anak adalah istimewa.

Good Dinosaur
Sama kayak Lion King, basic ceritanya kehidupan hewan, dan yang ini Dinosaurus. Berkisah tentang  Arlo dan petualangannya untuk bisa kembali ke rumah.


Susah Sinyal
Film nasional yang belum begitu lama diputar di bioskop, dan kalau sekarang sih, sudah bisa dicari di aplikasi pemutar film. Kisahnya tentang liburan Ellen dan anaknya Kiara. Disamping mengeksplore keindahan Indonesia timur, dalam hal ini Sumba, film ini juga mengingatkan orang tua bahwa anak adalah tanggung jawab orang tua, bukan neneknya. Sesibuk-sibuknya orang tua, tetep ada anak yang butuh perhatian dan kasih sayang, bukan limpahan materi.

1 komentar:

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin