25 Juli 2018

Kesulitan Saat si Kecil mesti Minum Obat? Coba Trik Ini!



Yang sudah bersatus ibu-ibu, pasti ngerti banget rasanya klo anak ada yang sakit. Apalagi kalau masih bayi atau balita... Ya, soalnya kalo masih imut gitu, mereka ngrasain sakitnya aja masih bingung, nggak bisa cerita, dan akhir-akhirnya cuma rewel, nangis, gendongan..akh..

Itu salah satu alasan kenapa saya pro banget BKKBN, dua anak cukup✌ 

Nah..saat paling susah itu, saat sudah sakit..bawa ke dokter, minumin obatnya juga susah. Malah kadang, habis diminumin obat malah muntah karena minumnya sambil nangis kejer. Sedih banget klo sudah begitu..

Meski masalah itu sekarang sudah lewat, tapi bukan tidak mungkin masih banyak ibu-ibu lain yang mengalami masalah serupa. Dan bisa jadi, yang saya tulis ini berguna. Jadi misalnya, anak-anak (atau bahkan orang dewasa) kesulitan saat menelan obat yang rata-rata rasanya pahit, akali dengan cara berikut ini:

1. Ubah bentuk obat
Paling gampang adalah dengan mengubahnya menjadi serbuk atau puyer. Biasanya apoteker akan melakukan ini untuk obat-obatan khusus anak-anak. Eh...tapi, untuk orang tua saya pernah nemu obat yang ukurannya besar banget. Setiap saya minum dengan cara digelontor pakai air putih..lha kok air putihnya saja yang tertelan, obatnya masih ketinggal di mulut. Satu-satunya cara ya di perkecil dulu ukurannya sebelum dimasukkan mulut.

2. Gunakan pipet sebagai alat bantu
Memasukkan obat-obatan yang berbentuk cair/sirup/puyer yang sudah dilarutkan bukan perkara mudah, terlebih untuk anak-anak yang sudah "anti" duluan saat hendak diberikan obat. Cara yang lumayan efektif, adalah menggunan pipet (bisa dibeli di apotek). Saat mulut anak terbuka, masukkan pipet di bawah lidah. Bisa dipastikan obat akan masuk tubuh/tidak dimuntahkan kembali.

3. Gunakan Larutan manis
Rata-rata yang membuat anak-anak ogah minum obat adalah rasa obat itu nggak enak. Hampir semuanya mengandung unsur rasa pahit, meski levelnya beda-beda. Nah, untuk anak yang trauma dengan rasa pahit, saat memberikan obat, campurkan saja dengan larutan manis yang memang bisa digunakan untuk mengubah obat-obatan yang berbentuk puyer menjadi bentuk sirup. 

Biasanya, saat anak-anak sakit..dokter anak akan meresepkan ini dan langsung nanya ke anak, "mau rasa apa..jeruk, stroberi..?" Atau kadang, klo pas stok di apotek RS  nya kosong, ya kami mbeli sendiri di apotek.
Nah..klo sudah pakai larutan manis ini, jarang ada drama pas anak-anak mesti minum obat. 

Namanya sakit, obat, semuanya juga pengen menjauh. Paling nikmat itu ya sehat semuanya. Nggak anak-anak, orang tuanya pun juga. Semoga kita senantiasa sehat ya!


8 komentar:

  1. Kalau kasih obat ke anak-anak itu memang susah banget ...

    BalasHapus
  2. Biasanya saya masukan obat nya kedalam pisang jadi gak terlalu terasa pahitnya ....

    BalasHapus
  3. Infonya bermanfaat banget:)

    BalasHapus
  4. Gunakan pipet sebagai alat bantu,ide bagus juga tuh ...

    BalasHapus
  5. Gunakan Larutan manis,saya sering melakukan yang satu ini.

    BalasHapus
  6. berhubung anak-anak suka yang manis, jadi banyak dokter yang memberikan obat syrup dengan rasa buah-buahan. sejauh ini alhamdulillah sih ponakan saya tidak ada yang susah minum obat.

    BalasHapus
  7. Kalau puyer itu kenapa pahit banget ya? Waktu aku kecil dulu selalu muntah, jadinya beli alat buat numbuk obat itu. Mendingan pil trus diancurkan sendiri, dicampur teh heheee

    BalasHapus
  8. Apalagi anak-anak Mbak, Vani yang udah SMA aja kalau minum obat masih harus digerus. Kalau ditelan biasanya akan dimuntahkan lagi. Padahal kan kalau digerus pasti pahit ya. Tapi dia lebih suka pahit kemudian makan gula pasir, daripada nelan langsung tapi muntah :).

    BalasHapus

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin