20 Juli 2018

Ciri-Ciri Toko Komputer Online yang Layak Dijadikan Langganan


Satu hal mencolok yang tengah kita alami saat ini adalah keberadaan toko online yang semakin menjamur. Dari berbagai macam toko online, dari waktu ke waktu, toko aksesoris komputer terus mengalami peningkatan secara kuantitas

Bisa dipastikan setiap toko yang ada hampir semuanya mengklaim toko mereka sebagai yang terbaik, paling original, dan termurah. Tapi dalam kenyataannya? Kejahatan di dunia maya, masih saja terjadi. Makin marak malah.  Modusnya, makin beragam dan rata-rata memanfaatkan konsumen yang lengah.

So, sebagai konsumen cerdas...satu yang bisa kita lakukan adalah SELEKTIF dalam memilih toko online yang banyak bertebaran di jagad maya. Besarnya diskon dan murahnya harga memang menggoda, tapi nggak mau  juga  kan kalau nanti ketemunya toko abal-abal yang justru merugikan? Di antara banyaknya toko komputer online tersebut, selalu pilih toko yang memiliki ciri-ciri berikut:



Alamat Website Toko Tersebut Harus Terpercaya
Ciri pertama dari sebuah toko aksesoris komputer original online yang layak dijadikan langganan dapat dilihat dari alamat websitenya. Carilah toko aksesoris komputer online yang tidak menggunakan alamat web semacam blogspot.com, wordpress.com, dan alamat-alamat website gratisan lainnya.

Penggunaan domain atau hosting website gratisan seperti di atas bisa diasumsikan bahwa toko itu beserta pemiliknya tidak benar-benar serius dalam mengurus bisnisnya. Selain itu, bisa juga diasumsikan bahwa toko online tersebut hanya untuk jangka pendek. Mengapa? Alasannya jelas karena website dengan domain seperti di atas bisa dibuat oleh siapa saja, dimana saja, dan untuk keperluan apa saja. Tidak sedikit juga rasanya orang-orang diluar sana yang menggunakan website itu untuk melakukan penipuan.

Sementara itu, domain atau hosting website seperti .com yang merupakan domain atau hosting website yang berbayar menunjukkan bahwa pemilik toko itu benar-benar memikirkan pelanggan dan bisnisnya. Dengan penggunaan domain berbayar, sebuah website bisa dikatakan lebih terpercaya. Jadi, ketika sebuah toko online menggunakan domain berbayar, toko tersebut bisa dipercaya.

Penggunaan domain atau hosting website berbayar memang akan membuat sebuah pemilik toko online mengeluarkan uang lebih banyak untuk modal berjualan. Akan tetapi, seorang pemilik toko online yang paham bagaimana menjalankan bisnisnya akan paham bagaimana caranya agar modal yang dikeluarkan untuk membayar domain website tokonya tidak terasa membebani para pelanggannya.


Mampu Mengakomodir Berbagai Kebutuhan dan Pilihan Produk
Ciri sebuah toko komputer online yang layak dijadikan langganan yang kedua adalah kemampuan untuk menyediakan berbagai macam kebutuhan bagi para pelanggannya. Satu hal yang perlu diingat adalah para pelanggan tidak hanya akan berasal dari perseorangan, namun juga dari sebuah perusahaan yang sering kali membutuhkan barang dalam partai besar. Maka dari itu, sebuah toko komputer online harus selalu siap menerima orderan dalam jumlah berapapun. Akan tetapi, apabila supply barang memang sedang sedikit, toko tersebut harus mampu memberikan informasi yang jelas dan pasti di website tokonya.

Selain itu, sebuah toko komputer online juga diharapkan mampu memberikan berbagai macam pilihan produk bagi para pelanggannya, bukan hanya menyediakan satu macam pilihan spesifikasi produk saja. Sebagai contohnya, apabila seorang pelanggan sedang membutuhkan sound card pc.

Baca juga : Tiga Hal yang Harus Saya Ingat Saat Membeli Ponsel

Toko komputer online yang akan dikunjungi pastilah toko yang mampu menyediakan berbagai macam pilihan sound card pc termasuk sound card pc terbaru murah. Jadi, sebuah toko komputer online yang hanya menyediakan sound card pc dengan spesifikasi tinggi dan dengan harga tinggi saja pastilah hanya didatangi oleh para pelanggan tertentu saja.

Mampu Menawarkan Jaminan
Ciri sebuah toko aksesoris komputer online terakhir yang harus dijadikan referensi ketika sedang berbelanja online adalah dengan memastikan toko tersebut mampu menjamin keamanan dan kenyamanan berbelanja. Jaminan yang pertama adalah mengenai keaslian produk yang dijual. Salah satu tantangan dalam berbelanja online adalah memastikan bahwa barang yang dibeli merupakan produk original dan bukan barang tiruan yang dibuat serupa. Maka dari itu, aspek kepercayaan antara pelanggan dan penjual inilah yang harus dibangun.

Pemilik toko online tersebut harus bisa meyakinkan pelanggan bahwa ia mengantongi sertifikat kerjasama resmi dengan para distributor barang. Juga, pemilik toko, apabila dirasa perlu, menampilkan tampilan sertifikat di halaman website agar mudah diketahui pelanggan. Selain itu, seorang pemilik toko juga perlu memberikan jaminan keamanan barang ketika dikirim. Barang elektronik sangat rentan akan goncangan. Maka, pemilik toko harus memiliki kerjasama khusus dengan pihak penyedia jasa pengiriman yang dapat memastikan proses ekspedisi barang tidak merusak barang tersebut.

Kerjasama yang dibangun dengan pihak ketiga itu harus meliputi cara pengemasan produk dari tangan penjual hingga bisa diterima dengan kondisi baik di tangan pembeli. Apabila barang yang dibeli mengalami kerusakan ketika diterima pelanggan, reputasi toko online tersebut pasti akan tidak baik. Sebaliknya, apabila barang yang dibeli dapat sampai ditangan pembeli dengan kondisi sangat baik walaupun dikirim dari lokasi yang jauh, kredibilitas dan tingkat kepercayaan toko tersebut pasti akan sangat baik.

Sedang membutuhkan sound card pc terbaru atau peripheral komputer lainnya namun tidak punya banyak waktu untuk berkunjung ke toko? Jangan khawatir! Kunjungi saja toko aksesoris komputer online! Tapi selalu pastikan toko online yang dipilih memiliki ciri-ciri di atas ya! Jangan sampai salah pilih supaya tidak rugi!

3 komentar:

  1. satu lagi mbak, testi pembeli yang selalu update. sejarah toko dan websitenya harus ada. :)
    bun

    BalasHapus
  2. original, dapat dipercaya, ada jaminan, testimoni, mungkin menurut saya cukup kalau beli elektornik.
    oh iya, layanan pengembalian atau penukaran gitu kalo bisa. hehe

    BalasHapus
  3. Kalau beli online memang harus teliti dan seluk beluk perusahaannya juga penting:)

    BalasHapus

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin