3 Bentuk Toilet yang Umum Digunakan

3 komentar
Macam-macam dudukan toilet


Sebagai salah satu bagian rumah, kamar mandi --termasuk di dalamnya toilet --menjadi satu ruangan penting yang juga membutuhkan perhatian. Tak hanya sebatas penentuan ukuran, pemilihan warna cat, jenis lantai, ataupun jenis closet, satu hal yang juga butuh dipikirkan adalah mengenai dudukan toilet. 

Dudukan toilet memiliki bentuk yang sangat beragam. Dudukan toilet atau toilet seat yang teman-teman inginkan akan ditentukan oleh toilet yang teman-teman pilih. Tentu saja tidak mudah untuk memilih toilet seat yang tepat.

Harus ada banyak pertimbangan untuk disesuaikan dengan preferensi pribadi teman-teman. Di antara banyaknya pilihan toilet seats, mungkin beberapa bentuk ini bisa membantu teman-teman memilih mana yang tepat. 

3 Bentuk Dudukan Toilet

Lingkaran

Toilet duduk berbentuk lingkaran  adalah bentuk klasik dari dudukan toilet yang paling populer dan sering ditemukan di berbagai rumah. Dudukan toilet bundar kompatibel dengan toilet lingkaran dan sering dipilih sebagai alternatif untuk menghemat space ruangan dibandingkan dengan toilet memanjang atau oval.

Dudukan toilet bundar biasanya memiliki panjang sekitar 40 cm, beberapa cm lebih kecil dari oval. Toilet seat lingkaran dapat membuat semua perbedaan di kamar mandi kecil, dan dudukan toilet bundar juga memiliki keuntungan lain karena sedikit lebih murah daripada jenis dudukan toilet lainnya.

Oval 

Dudukan toilet berbentuk oval memang terlihat lebih modern daripada bundar, jadi jika teman-teman  menginginkan  desain yang lebih kontemporer di kamar mandi,  maka toilet oval adalah pilihan yang baik. Jenis dudukan toilet ini dikenal paling nyaman karena panjang tambahannya sekitar 60 cm. 

Sayangnya, toilet oval memakan lebih banyak ruang, membuatnya tidak cocok untuk beberapa kamar mandi kecil. Dudukan toilet oval memang cenderung sedikit lebih mahal untuk dibeli daripada versi lingkaran. 

Namun, jenis dudukan toilet ini dianggap lebih higienis karena tersedia lebih banyak ruang untuk dilap tanpa menyentuh sisi dudukan toilet dengan tangan. Jenis dudukan oval juga lebih mudah dibersihkan.

Terbuka/berbentuk U

Terakhir, ada dudukan toilet berbentuk U yang bentuknya hampir sama dengan oval, tetapi dengan celah di bagian depan, yang membuatnya terlihat seperti huruf 'U'. Dudukan toilet ini dirancang dengan memperhatikan kebersihan.

Sebuah sumber menyatakan bahwa bentuk dudukan yang berbentuk 'U' ini berasal dari guidelines yang diberikan oleh International Associated of Plumbing ang Mechanical Officials (IAPMO). IAPMO merupakan sebuah organisasi yang mengatur dan membuat standar kesehatan, serta keamanan fasilitas publik. 

Bagian dudukan yang hilang di bagian depan mencegah air seni menetes ke dudukan saat pria menggunakan toilet, memastikan orang berikutnya yang menggunakan toilet tidak perlu menyentuhnya. 

Dudukan ini juga mencegah kontaminasi silang dari kuman dan menawarkan solusi yang lebih bersih untuk pria yang duduk menggunakan toilet tanpa harus sering dilap dengan pembersih dudukan toilet. Dengan demikian, jenis toilet seat ini populer di toilet umum tetapi jarang terlihat di properti perumahan.

Selain demi alasan kebersihan/kesehatan, desain dudukan kloset berbentuk 'U' juga terkait dengan biaya produksi. Dari segi ini, bentuk ini diklaim yang paling ekonomis.

Apapun pilihan dudukan toilet yang teman-teman butuhkan, pastikan hanya Kohler yang menjadi solusinya! Kohler menyediakan berbagai dudukan toilet dengan bahan dan desain modern terbaik, jadi tunggu apalagi?

Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi(at) gmail.com, sulistiyowatitri98(at) yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80(at)gmail.com

Related Posts

3 komentar

  1. mba lis aku toilet tetep pewe sik modelan jongkok dong hahhahahah...nek duduk ki rituale sueee hahahhaha...walau bisa disambi mbaca buku sih...tapi aku mbasan biyen kerja pertama di jakarta kan akeh liputan acara di hotel tiep numpang pipis kadang nemu sik modele apik banget sampe sebelum pipis kuamati dulu kan bagian mananya yang buat flush takute wes pipis ga ruh buat flush nya kan gawat hihi

    BalasHapus
  2. Aku agak ga punya bayangan Ama toilet yg bentuknya bundar. Selama ini selalu liat yg model oval 😅.

    Ntr coba Googling deh.

    Kohler ini terkenal Yaa sebagai penyedia peralatan rumah premium. Aku suka sih Ama produk2 mereka, Krn memang bagus dan awet banget. Sebanding Ama harga 😄

    BalasHapus
  3. aku seringnya nemunya yang lingkaran
    yang oval beberapa kali aja mbak
    cuma gatau dari kecil lebih nyaman pakai toilet jongok
    kebiasaan kali ya

    BalasHapus

Posting Komentar