Sama Seperti di Kota Asalnya, Bakpia Kukus Tugu Jogja di Jakarta Juga Mudah Didapatkan

31 komentar

 

Apa yang terbersit di benak teman-teman saat mendengar kata bakpia? Sebagai warga Jogja asli, tentu saja bakpia tak lagi asing untuk telinga dan lidah saya.  Bayangan berupa panganan kecil-manis, berbentuk bulat pipih berwarna putih kecokelatan, langsung menari-nari di pelupuk mata. Ditemani secangkir kopi atau teh manis di kala hujan, pasti lebih istimewa. 

bakpia-kukus-tugu-jogja-di-jakarta-barat
Bakpia kekinian, bisa dinikmati setiap saat

Ada cerita unik, hingga bakpia kemudian menjadi kudapan khas Yogyakarta, dan sering menjadi buruan wisatawan saat melancong di Jogja.

Baca juga: Lima Jajanan Tradisional yang Tak Lekang Oleh Jaman

Banyak tulisan meyebutkan bahwa sebenarnya bakpia berasal dari imigran Tionghoa yang banyak menetap di Yogyakarta pada dekade awal abad ke-20.  Ada yang menyebut kata bakpia diadopsi dari kata bak dan pia yang berarti kue daging. 

Konon, pada awalnya  format asli  bakpia berupa kue tepung yang berisi daging babi. Karena mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim, maka daging babi kemudian diganti dengan kacang hijau. Ada pula yang menyebutkan kalau bakpia sebenarnya Tou Luk Pia, yang artinya pia kacang hijau.

Kalau pada awalnya bakpia hanya difungsikan sebagai kudapan keluarga/snack, pada tahun 1948 adalah Kwin Sun Kwok, warga keturunan Cina yang yang mulai membuat bakpia kacang hijau  untuk dijual. Sebagai tempat usaha, ia menyewa tanah di Kampung Suryowijayan.

Karena citarasa yang bisa diterima oleh masyarakat Jogja, lama kelamaan semakin banyak orang yang membuat bakpia dan kemudian menjualnya. Pathuk, sebuah kawasan yang melingkupi Kampung Sanggrahan, Kampung Ngadiwinatan bagian utara, Kampung Ngampilan bagian utara, Kampung Purwodiningratan bagian utara dan Kampung Pathuk bagian barat dikenal sebagai kampung bakpia.

Berkembang Jaman, Berkembang Pula  Bakpia

Perkembangan industri makanan, produsen yang makin beragam, mau tak mau membuat industri bakpia juga makin berkembang. Perubahan demi perubahan terjadi, menyesuaikan masyarakat dan juga pasar.

Bakpia yang pada awalnya dijual dengan kemasan besek tanpa merk (kotak pembungkus makanan berbahan dasar anyaman bambu) berubah menjadi kemasan kertas karton/dus dengan merk berdasarkan nomor rumah produsen seperti 25, 75, 531 dan sebagainya.  Setelah itu, baru muncul merk bakpia non-nomer, seperti Djava, Kencana, Kurniasari, dll. 

Rasa dan isian bakpia pun makin beragam, dari yang awalnya kacang hijau menjadi bermacam-macam rasa seperti cokelat, keju, strawbery bahkan durian. Bahkan dalam proses pembuatannya pun kemudian kita mengenal bakpia basah dan bakpia kering.

Hingga kemudian pada tahun 2017, masyarakat mengenal bakpia dalam format pemasakan yang bisa dikatakan baru, dengan cara dikukus. Bakpia Kukus Tugu Jogja merupakan bakpia kukus pertama di Yogyakarta yang memadukan konsep bakpia tradisonal dan modern. 

bakpia-kukus-tugu-jogja-di-jakarta-timur
Kemasan Travel pack, isi 10 buah dalam satu dus/ kotak karton


Proses pemasakan yang berbeda dari bakpia pada umumnya, yakni dikukus bukan dipanggang, menjadikan bakpia ini memiliki cita rasa yang khas. Produsen bakpia Tugu Jogja mengklaim bahwa kue bakpia diproses secara higienis dan menggunakan mesin, sehingga higienitasnya bisa dipertanggungjawabkan. Selain itu, produk juga dikemas secara terpisah agar kualitasnya bisa terjaga. 


bakpia-kukus-tugu-jogja-di-jakarta-barat
Dikemas satuan, dengan ketahanan sekitar 7 hari di suhu ruang dan lebih lama apabila disimpan di dalam lemari pendingin

Soal varian rasa,  Bakpia Kukus Tugu Jogja  juga tak kalah beragam. Sampai saat ini, konsumen bisa memilih setidaknya 5 rasa  cita rasa meliputi kacang hijau, cokelat, keju, strawberry, brownies cokelat, dan juga brownies keju.   Biasanya, Bakpia Kukus Tugu Jogja menjadi pilihan bagi konsumen yang ingin menikmati bakpia dalam versi yang lebih kekinian.

Walau relatif baru, tetapi merk bakpia ini sudah dikenal di kalangan pelancong. Pernah suatu hari saat menunggu jam keberangkatan pesawat di Bandara Yogyakarta, iseng-iseng saya memperhatikan barang yang ditenteng para calon penumpang. Tau nggak apa yang paling mendominasi? Bakpia  Kukus Tugu Jogja rupanya. Sempat saya berpikir, dalam sehari berapa ratus box Bakpia Tugu Jogja di Jakarta, terkirim ke Bandung, dibawa ke  Bali, dan kota-kota lainnya?


Mudahnya Mendapatkan Bakpia Kukus Tugu Jogja di Jakarta


Mau makan nasi gudeg Jogja

Bukan berarti harus ke Jogja

Cukup ada di sini

Dekat kita sendiri

Kita tinggal menikmati

Ingat lagu anak-anak yang sempat populer di era 90-an ini? Kalau tidak salah, judulnya Semua Ada di Sini dan  dipopulerkan Enno Lerian.

Sama seperti gudeg, masakan padang, persebaran bakpia pun semakin meluas. Termasuk Bakpia Kukus Tugu Jogja di Jakarta yang bisa kita dapatkan dengan mudah.

Melalui Tatasnacks, teman-teman bisa dengan mudah mendapatkan Bakpia Kukus Tugu Jogja di Jakarta yang siap didistribusikan ke berbagai wilayah di Ibukota, dengan kata lain akan ready Bakpia Kukus Tugu Jogja di Jakarta Utara, Bakpia Kukus Tugu Jogja di Jakarta Selatan, Bakpia Kukus Tugu Jogja di Jakarta Pusat, Bakpia Kukus Tugu Jogja di Jakarta Barat, termasuk Bakpia Kukus Tugu Jogja di Jakarta Timur.

bakpia-kukus-tugu-jogja-di-jakarta
Tak hanya bisa dibeli di Jogja, di Jakarta pun kita bisa mudah mendapatkan Bakpia Kukus Tugu Jogja


Strategi pemasaran seperti ini jelas membantu. Setidaknya Tatasnacks telah menjembatani masyarakat Jogja yang tinggal di perantauan atau  teman-teman yang baru saja bepergian dari Yogyakarta. Namanya jauh dari kampung halaman, wajar kalau sesekali kangen dengan makanan atau cemilan khas. Umumnya pulang dari bepergian, lumrah pula ingin berbagi dengan membagikan buah tangan. 

Membeli Bakpia Kukus Tugu Jogja di Jakarta saja jelas lebih praktis. Pertama, kalau lagi kangen Jogja, kita tak perlu mudik. Kedua, bagi pelancong, waktu liburan  di Yogyakarta akan lebih efisien karena tidak direpotkan dengan urusan mencari oleh-oleh. Berikutnya, bisa lebih hemat tenaga, karena saat perjalanan pulang tak lagi khawatir  barang bawaan yang dibawa melebih kapasitas maksimal.  

So, bagi pemuja kemudahan dan kepraktisan di seantero Jakarta, Tatasnacks bisa banget  dijadikan partner untuk kemudahan mendapatkan Bakpia Kukus Tugu Jogja di Jakarta Utara, Bakpia Kukus Tugu Jogja di Jakarta Selatan, Bakpia Kukus Tugu Jogja di Jakarta Pusat, Bakpia Kukus Tugu Jogja di Jakarta Barat, termasuk Bakpia Kukus Tugu Jogja di Jakarta Timur. Untuk informasi maupun pemesanan, teman-teman bisa menghubungi via WA di Wa.me/6281398915391 atau bisa membeli melalui Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Instagram maupun secara Cash On Delivery (COD).

Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi(at) gmail.com, sulistiyowatitri98(at) yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80(at)gmail.com

Related Posts

31 komentar

  1. Aku yang bukan orang Jogja nangkepnya ini perpaduan antara bakpao dan pia, tapi kelihatannya enak deh jadi pengin nyobain :)

    BalasHapus
  2. Aku jujur nya ga terlalu suka bakpia, ya model asli, ataupun yg modern kayak tugu ini. Tapi bisa makannya, cuma ini bukan favoritku aja. Cuma dulu kalo bakpia yg asli, paling doyan di antara semuanya bakpia Kurnia Sari mba, Krn kulitnya ga berjatuhan tiap digigit 🤣. Aku sebel kalo kena remah2 nya 🤭🤭

    Yg tugu ini enak, cuma mirip bolu teksturnya. Sementara aku ga doyan bolu. Tapi yg isian keju lumayanlah 😁. Kadang aku beli juga sih, tapi utk oleh2 ,bukan buat sendiri

    BalasHapus
  3. Inovatif ya Bakpia Tugu Jogja ini. Kemasannya cantik. Sudah gitu bakpianya gak cuma di panggang tapi di kukus. Memang bisnis makanan mauk gak mau terus berinovasi dan mengikuti selera pasar ya. Semoga semakin sukses Bak[ia Tugu dengan Bapkpia kukusnya

    BalasHapus
  4. suka banget sama nuansa kota yogya yang selalu dirindukan, termasuk oleh-olehnya, nah bakpia tugu jogja di jakarta salah satunya

    BalasHapus
  5. Ketika kita kangen Jogja dan kepengen menikmati kuliner khasnya, kini ada cara baru yang menjadi solusi memanjakan perut :D Beli bakpia Tuju Jogja di Jakarta aja ya udah komplit gitu aneka camilannya dan bisa order via Shopee juga. Ah, kepengen belanja nih makanan kesukaan keluarga di TataSnacks.

    BalasHapus
  6. Waah makin mudah ya order Bakpia Tugu sekarang. Biasanya aku malah open jastip bakpia maak langsung di yogya kirim ke alamat masing masing.

    Bakpia tugu memang fav dan untuk varian rasa tertentu cepet ludes

    BalasHapus
  7. Orang Jogja hadir! Terakhir pulang kampung adalah agustus kemarin karena papaku masuk RS dan qadarullah wafat, sedih banget. Tapi alhamdulillah sekarang udah nggak papa. Mau balik ke Jogja ealah kasusnya lagi naik. Padahal aku yo kangen sama semua makanannya. Untung ada Tatasnack ya, bisa pesan di sana, yes!

    BalasHapus
  8. Wah iya, aku KLO ke Yogyakarta juga selalu beli Bakpia Kukus Tugu Yogya ini mbak
    Enak banget soalnya
    Senangnya ya sekarang KLO pengen beli Bakpia Kukus Tugu Yogya bisa di Jakarta

    BalasHapus
  9. wah ini favorit mamaku banget... Asiknya jaman sekarang, kita gak perlu jauh2 pergi ke kota lain utk beli makanan atau cemilan favorit yah:) Tinggal pesan dan menunggu pesanan datang, kangen terobati

    BalasHapus
  10. Walau ada berbagai macam isian bakpia, favoritku tetap kacang hijau. Kalau bakpia kukus ini saya belum pernah nyoba, jadi penasaran juga gimana rasanya.

    Wah yang tinggal di ibukota, nggak harus nitip-nitip sama yang ke Jogja ya, bisa setiap saat menikmati bakpia nih kalau lagi pengen, langsung beli di Tatasnacks

    BalasHapus
  11. Aku sudah mencoba makan bakpia ini mba. Enak banget dan juga lembut juga bakpia nya ya mba. Aku penasaran mau coba beli di Tatasnacks ah biar rasakan kuliner enak khas Yogya ini

    BalasHapus
  12. Bakpia ini kesukaan anakku banget, jadi kalau ke Jogja atau ada saudara yang mau ke Jakarta pasti dibawain ini. Coba ah aku mau pesan juga, pasti anakku senang banget deh.

    BalasHapus
  13. Begitu tiba di Tangerang seminggu yang lalu aku dibawain Tugu Jogja ini dari kakak ipar yang pulang tugas dari Jogja, terus suka banget yang isi kacang hijau. Happy deh kalau bisa pesan di tatasnacks jadi kalau lagi pengen nggak mesti titip lagi ke kakak ipar.

    BalasHapus
  14. Ah tidaaaaaaak, aku jadi ngiler pingin bakpia kukus Tugu, ini enak banget. Eh tapi sekarnag ga usah jauh-jauh ya kalau mau beli gak usah juga ke Jogja, di Jakarta juga bisa beli deh sekarang. Walaupun dulu gaka da bakpia kukus, tapi ini aku suka banget deh sekarang varian kukus.
    Asyik juga bisa pesen lewat market place nih

    BalasHapus
  15. Aku kalau ke Jogja belinya bakpia kering. Kalau yang kukus gini belum pernah coba. Yang di Jakarta, tetap bisa ngerasain meski gak dolan ke Jogja ya. Semoga habis ini di daerah lain juga ada

    BalasHapus
  16. selama ini nyoba bakpia yang krenyes isian kacang ijo
    sekarang makin inovatif ya ada bakpia kukus juga
    dan kalo kangen sama jogja bisa terobati karena di jakarta juga ada yang jual nih

    BalasHapus
  17. Bakpia tugu ini kesukaan kami sekeluarga. Kalau ke Jogja pasti beli oleh-oleh ini. Sekarang, enak nih. Bisa kapan saja makan bakpia tugu. Nggak perlu kalau pas ke Jogja aja atau pakai jastip. Bisa pesan di marketplace pula. Lebih praktis lagi.

    BalasHapus
  18. menarik sekali ya oleh2 asal Jogya ini aku pun kalau makannya gak bosan jadi malah mau nambah aja.

    BalasHapus
  19. Bakpia Tugu Jogja kesukaanku mbak, wah senangnya sekarang sudah ada juga di Jakarta yaa. Mudah banget lagi bisa beli online. makasih infonya ya mbak. jadi bisa makan bakpia tugu jogja gak perlu ke jogja lagi yaa.

    BalasHapus
  20. Tatasnacks membantu seluruh penggemar kuliner Jogja untuk bisa merasakan kenikmatan Bakpia Tugu Jogja yang bisa dipesan secara online.
    Rasanya beraneka ragam, bikin penasaran.

    BalasHapus
  21. asik banget yah gak perlu ke yogja, bisa dikirim ke Bengkulu kah mah, hehehe. pengen lah malam ini aja baca beberapa artikle tentang ini

    BalasHapus
  22. Yang di Jakarta seneng banget nih...ada Bakpia Tugu Jogja yang hits di Jakarta..Jadi kalo sewaktu-waktu mau ngemil bakpia Tugu tinggal cuzzz aja,,,

    BalasHapus
  23. Aduh Bakpia tugu ini mah favorit aku banget apalagi yg rasa kejuuu. Dan skrg mah mudah yaaa buat dapetinnya

    BalasHapus
  24. wah sebagai orang jakartah yang cinta sama bakpia kukus tugu jogja ini, happy banget sih pas tau bakpianya bisa didapetin tanpa perlu jauh jauh ke jogja lagiiiii

    BalasHapus
  25. Favoritku kalau bakpia kukus ini yang coklat deehh... Seneng ya kalau bisa menikmatinya tanpa harus jauh-jauh ke Jogja kayak gini.

    BalasHapus
  26. Bakpia Tugu Jogja emang berbeda, dan rasanya menurut aku malah kayak brownies tapi ada isinya. Aku paling suka sama rasa cokelat.

    BalasHapus
  27. Di Bogor jugaa hehehe. Aku pernah liat nih ada di salah satu toko oleh-oleh hits yang ada di Bogor. Asik juga, jadi berasa pulang dari Jogja. Langsung borong yang kacang ijo karena anak-anak suka banget sama itu wkwk

    BalasHapus
  28. Wiwin | pratiwanggini.net8 Februari 2022 22.01

    Senagai orang Jogja, pertama kali tahu bakpia kukus ini aku merasa aneh. Karena di benakku bakpia itu ya seperti biasanya itu. Ternyataaaa, yang ini beda banget dan memang uenakkk...

    BalasHapus
  29. Ini sih pilihan saya tiap berkunjung ke luar kota buat oleh-oleh jaminan pada suka. Skrg bisa order di Tatasnacks ya, gak perlu rempong (dianpurnama)

    BalasHapus

  30. Dah nyobain yang varian keju. Rasanya memang enak, isiannya lumer di mulut...

    BalasHapus
  31. aku diparingi konco sih iki mba lis, mirip bolu atau sponge cake....ning nek suruh pilih aku lebih suka bakpia yang asli jogja kacang ijo...macam pathok...tapi nek ini buat semacam bingkisan memang menarik sih bungkusane premium...cuma aku kok lebih seneng nyebute bolu gitu

    BalasHapus

Posting Komentar