5 Pertanda Kucing Sayang dan Merasa Nyaman dengan Manusia

6 komentar
P

ada sebuah komunitas, saya pernah nemu postingan video tentang seekor kucing yang begitu setia kepada pemilik yang telah merawatnya sejak kecil. Jadi ketika si pemilik meninggal dunia, si kucing ini nggak mau pulang ke rumah melainkan menunggui makam tuannya, berhari-hari dan selalu kembali lagi ke makam ketika anggota keluarga yang lain mengajaknya pulang. Jelaslah saya terharu. Ternyata nggak cuma anjing yang bisa setia dengan tuannya, kucingpun ternyata bisa.  

Bukan rahasia juga kucing itu hewan yang ekspresif. Si gumpalan bulu ini, meskipun kadang terlihat cuek, tapi sebenarnya ia perasa. Pernah lihat  atau ngalami sendiri  kan, kucing yang wajahnya langsung kayak sedih gitu pas kita tegur, atau pasang wajah tengil pas lagi usil. Mungkin ini juga yang membuat para catlover nggak pernah bosan mengunggah foto atau video-video muka dan prilaku kucing yang bikin gemes. 


Cara kucing menunjukkan sayang
Oyen dan Chia. Oyen suka menggigit kecil, Chia ahli pijit. Begitulah cara mereka menunjukkan sayang kepada manusia 


Meskipun begitu, karena ia binatang pastilah cara kucing menyampaikan perasaannya juga berbeda dengan kita sebagai manusia. Termasuk bagaimana saat menyatakan kalau ia tertarik dengan kita, menyayangi kita. Menurut beberapa sumber ada beberapa cara kucing mengungkapkan perhatian dan rasa sayang kepada manusia. Apakah setiap kucing lantas melakukan semua caranya? Menurut pengamatan saya sih enggak ya.. Jadi misal kucing pertama  lebih senang menyatakannya dengan A, kucing 2 dengan berprilaku B, begitu dan seterusnya.


Ini Lho Beberapa Sinyal Kalau Kucing Sayang dan Nyaman dengan Kehadiran Kita

Kalau buat catlover kucing adalah binatang spesial, rupanya kucingpun bisa lho menempatkan kita sebagai someone spesial. Ada beberapa sinyal dari gerak-gerik tubuh ataupun perilaku kucing yang menggambarkan kalau ia sayang dan nyaman bersama kita, diantaranya:


✅Mendengkur/puring

Kalau kita mendengkur hanya saat tertidur, tapi tidak demikian dengan kucing. Ada beberapa kondisi dimana kita bisa mendengarkan dengkurannya yang khas. Pertama saat ia tertidur. Saat sakit ataupun stress, rupanya kucing juga mendengkur untuk meredakan rasa sakitnya. Selain itu, kucing akan mendengkur saat ia merasa senang atau nyaman. Saat si pemilik melakukan pijatan di leher, kepala atau mengelus lembut bulunya. Dengkuran ini merupakan pertanda yang dikirimkan kucing ke manusia kalau ia nyaman berada di tengah kita. Banyak penelitian mengungkapkan bahwa dengkuran kucing memiliki kekuatan penyembuhan. Mendengarkan dengkuran kucing, terbukti efektif sebagai terapi untuk mengurangi tekanan darah dan mengurangi depresi. 


✅Mengedipkan Mata Secara Perlahan

Rupanya karena berbeda bahasa, kucing juga menggunakan mata untuk berkomunikasi dengan manusia. Biasanya ia akan melakukan kedipan mata pelan untuk menggambarkan kalau ia percaya dengan kita.  Kalau kamu tidak yakin, bisa kok di coba. Saat bertemu dengan seekor kucing, cobalah untuk melakukan kontak mata. Coba berikan kedipan pelan, maka ia pun akan membalas kedipan kamu juga, tentunya dengan kedipan mata perlahan.


✅Membawa Hasil Buruan ke Rumah

Coba diingat, saat kucing mulai pintar berburu dengan menangkap hewan-hewan kecil di lingkungan sekitar, sudah berapa kali ia pulang dengan riang sembari membawa hasil hewan buruan pulang? Kucing saya, mamak sweeti saat masih hidup sering sekali dulu melakukan ini. Meskipun kucing disteril, naluri berburunya tetap tinggi. Tak terhitung berapa kali ia pulang dengan membawa cicak atau kadal. Kadang dengan riang membawa tulang ayam yang entah ia dapat dimana. Pernah pula ia membawa ular berbisa masuk rumah dalam keadaan hidup. Kebiasaan yang saya berharap nggak keulang kalau ini. 

Kucing dan hewan buruan
Chia membawa bunglon ke rumah. Tidak dimakan, hanya ditunjukkan pada kami, dipake bermain, sampai si bunglon mati


Pernah saya berfikir, kenapa hasil buruannya harus dibawa pulang, nggak dimakan di lokasi dimana kucing menemukan? Toh nggak perlu repot-repot membawa dengan cara menggigitnya. Tapi rupanya kebiasaan ini merupakan cara kucing menunjukkan kasih sayangnya ke pemilik, yakni dengan membawakan oleh-oleh. Ya kali cing..dibawain oleh-oleh ikan, kalau ular berbisa yang dibawa pulang kan horor juga. 


✅Mengusapkan Wajahnya ke Kaki atau Anggota Badan Kita

Ndusel-ndusel, itu istilah dalam bahasa Jawanya. Setiap bertemu dengan orang yang di mata kucing adalah orang baik, maka kucing biasanya akan mendekat dan mengusapkan wajah ke bagian tubuh kita. Misalnya saja kaki. Ini yang sering menimbulkan insiden kesrimpet kucing :-D Perilaku seekor kucing yang menggosokkan kepala atau tubuhnya, --bahkan ke orang yang baru pertama kali ditemui, dikenal juga dengan istilah head butting.  Cara ini dilakukan kucing sebagai salah satu cara menyapa,  untuk menandai kalau kita adalah milik mereka. Kucing yang menggosokkan kepala dengan gerakan mendorong ke kaki, bisa diartikan pula kalau kucing percaya dengan kita


✅Mengikuti Kemana Kita Pergi

Serasa punya body guard imut! Inilah kalau dirumah punya kucing yang cara menunjukkan kasih sayangnya dengan cara rajin mengikuti saat kita pergi. Dulu saya punya kucing dengan kebiasaan ini, Oreo namanya. Setiap salah satu dari anggota keluarga yang akan pergi ke masjid, Oreo bergegas ikut berjalan membuntuti di belakang. Pun ketika Alya mau berangkat bermain, kalau Oreo tahu...pasti ia akan mengekor di belakang. Sempat kebiasaan ini kami larang, karena takut Oreo akan tertabrak motor atau tersesat, tapi ia sering nekat dengan cara keluar dari celah-celah atap agar tetap bisa mengikuti. Sayang, Oreo tak berumur panjang dan harus “pergi”. Ia menjadi kucing korban racun tikus

Selain 5 pertanda ini, sebenarnya kucing masih punya cara lain untuk mengungkapkan rasa sayang mereka ke manusia. Melakukan gerakan memijit, atau menggigit-gigit kecil tangan kita. 

Dari kesemua pertanda di atas, sudahkah merasakan semuanya?

Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi(at) gmail.com, sulistiyowatitri98(at) yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80(at)gmail.com

Related Posts

6 komentar

  1. Nah begitulah kucing ada aja tingkahnya, tetapi kadang menunjukkan rasa sayangnya dengan memberi kehangatan dan tindakan kecil seperti ini.

    BalasHapus
  2. kucing hitam putih, sama garangnya dengan kucing orange ya mbak. senang bermain dengan korbannya, heheheh

    BalasHapus
  3. Udaaah...punya kucing dari kecil, akrab bgt sama tingkah lucu, konyol dan nakal mereka.

    Kucing juga tahu berterima kasih ya. Bawain oleh-oleh segala.

    BalasHapus
  4. ikut ke mana saja kita pergi merupakan salah satu tanda kuat mbak
    selain lagi kepingin diberi makanan hehe
    tapi kadang mereka pinter kalau memang kita mau pergi keluar
    barangkali bener pengen diajak juga ya

    BalasHapus
  5. Saya pernah tu mbak punya kucing, sangking setianya sama saya kmana mana selalu ngikutin.

    dan kerennya lagi dia sampai ingat sama suara kendaraan saya, jadi setiap kali pulang kerumah si kucing langsung menyambut saya.

    terkadang juga bertingkah manja, dan kalau lagi kesal dia nggk segan2 menerkam saya.

    sayangnya si kucing sudh nggak ada, dan nggk bisa nemenin saya lagi ...

    BalasHapus
  6. kalau kucing ane, jadi penjaga rumah, setiap kali datang atau pulang. pasti nunggu dipintu depan.

    BalasHapus

Posting Komentar