Setidaknya Siapkan 5 Barang Ini Sebelum Memutuskan Untuk Mengadopsi Kucing.

2 komentar
Kucing lucu


Siapa yang sering gemes sama si pemilik mata bulat ini? Yang nemu tulisan ini lewat mesin pencari, saya yakin cat lover dan pasti auto gemas klo liat kucing.  

Bikin gemas gini aja, banyak lho kucing  yang hidupnya masih terlantar. Kadang jadi korbannya manusia juga;  nggak lucu lagi atau sakit lama dan butuh pengobatan,  terus dibuang. Atau  bisa juga melahirkan terlalu banyak anak, terus ditelantarkan. Kasihan yaa..

Makanya, kalau boleh nyaranin ...buat temen-temen yang pengen miara kucing di rumah, ambil saja kucing yang sebelumnya belum punya rumah. Adopsi mereka, bukan membeli. Mengadopsi kucing-kucing terlantar adalah cara terbaik untuk menyelamatkan kehidupan. 


Akan ada Kucing di Rumah, Apa Saja Yang Mesti Disiapkan?

Namanya komitmen ingin menambah satu “anggota keluarga”, konsekuensinya memang harus ada yang disiapkan demi kenyamanan si kucing. Beberapa benda ini semestinya ada/dimiliki para cat owner.

Kandang

Kucing itu hewan pemburu. Pada dasarnya ia senang bergerak bebas, berlari, memanjat dan bermain di area luas. Kasihan kalau melihat kucing yang 24 jam terkungkung di dalam kandangnya. 

Meskipun begitu, kandang menjadi sesuatu yang saya sarankan untuk dimiliki karena ada saatnya kucing sakit atau lagi butuh banyak istirahat (perawatan pasca  steril) misalnya. Dalam kondisi tersebut, kucing akan lebih mudah diberikan penanganan apabila berada di dalam kandang dengan pintu tertutup.


Makanan Kucing

Kalau kucing jaman dulu berburu tikus saja  bisa kenyang, kucing sekarang tak punya lahan lagi untuk berburu. Sawah-sawah sudah tertutup bangunan. Area kebun juga semakin sempit. Maka makanan kucing juga ikutan bergeser menjadi makanan pabrik, dengan sedemikian banyak merk dan harga yang juga variatif. Teman-teman bisa memilih jenis dryfood atau wetfood atau mengkombinasikan kedua jenis makanan ini.


Litterbox

Dulu, seorang teman pernah marah-marah di media sosial karena halaman rumahnya digunakan untuk pipis dan eek kucing tetangga. Nah, nggak mau kan kalau terjadi kasus serupa dan kemudian kucing teman-teman akan jadi tersangkanya? Agar aman, mending nyediain litterbox; kotak plastik yang dilengkapi pasir.  Ya, memang harus rajin mbersihin si litterbox ini karena kalau nggak rajin dibersihkan, nanti si kucing akan pipis dan buang air besar sembarangan


Space untuk Bermain

Pagi dan petang adalah masa kucing bergerak aktif. Biasanya kucing akan berlarian, memanjat, atau bahkan bergelut. Di luar jam itu, kucing biasanya akan menghabiskan waktunya untuk berjemur, santai-santai, mandi dengan menjilati tubuhnya, lanjut tidur


Budget Ekstra

Kucing itu juga seperti manusia. Ada kalanya kucing mengalami gangguan kesehatan seperti diare, mata berair, jamuran dan scabies atau penyakit-penyakit lainnya yang disebabkan bakteri, jamur, atau virus. Panleu misalnya. Makanya, saat memutuskan untuk memelihara kucing, pastikan juga kamu punya budget ekstra untuk kebutuhan kesehatan.

Itu tadi 5 barang yang semestinya teman-teman siapkan sebelum teman-teman mengadopsi kucing ke rumah untuk dijadikan boss bulu. Selain lima barang tadi, satu lagi yang tiak boleh ketinggalan yaitu LIMPAHAN  KASIH SAYANG. Setuju?!


Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi(at) gmail.com, sulistiyowatitri98(at) yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80(at)gmail.com

Related Posts

2 komentar

  1. Si Elon, kucing tetanggaku, belum lama ini mati. Entah kenapa tahu-tahu kuruuus terus bulu di dekat ekornya rontok.

    Si Bob, kucing yg sering dikasih maksn sama anak-anak, lagi bunting sekarang

    BalasHapus
  2. Hewan yang satu ini memang gemesin banget gak bisa nolak untuk diadopsi, tapi ya gitu harus persiapkan segalanya. Terima kasih, Mbak.

    BalasHapus

Posting Komentar