Nggak Ada Matinya, 3 Bisnis yang Tetap Bertahan Meski Pandemi

1 komentar
Bisnis yang nggak ada matinya
Image : freepik.com


Corona, virus yang datangnya tak terduga namun rupanya membawa dampak yang luar biasa ya! Semenjak temuan awal 2 orang positif Covid 19 di bulan Maret 2020 lalu, pemerintah lantas mengeluarkan berbagai kebijakan yang intinya pembatasan kegiatan sosial masyarakat guna menekan laju penularan virus. 

Kebijakan ini tentu saja secara  berdampak pada kelangsungan berbagai sektor usaha. Bisnis pariwisata yang bertumbangan satu demi satu, maskapai penerbangan yang memilih melakukan pengurangan karyawan, ataupun pelaku UMKM yang memilih gulung tikar, adalah realita di lapangan yang banyak terjadi belakangan. 

Per Maret 2021, Kementerian Ketenagakerjaan menyebut ada 29,4 juta orang terdampak Pandemi Covid-19. Jumlah itu termasuk mereka yang terkena PHK, dirumahkan tanpa upah hingga pengurangan jam kerja serta pengurangan upah. 

Apakah teman-teman adalah salah satu yang terdampak? Don’t worry.. kita gandengan tangan aja. Temannya banyak kok. 

Menyerah? Jangan!

Selama masih ada kesempatan, jangan pernah matikan semangat untuk raih kesuksesan 

Sebuah quote yang saya lupa nemu dimana, tapi sangat inspiratif. 

Salut untuk teman-teman yang tetap berjuang di masa pandemi ini, dan bahkan harus berputar haluan untuk bisa bertahan dan selanjutnya berkembang. Ketika Tuhan menutup satu pintu rejeki, percaya saja Tuhan  akan membuka banyak jendela rejeki yang lain. Dengan langkah banting stir, memulai bisnis baru misalnya.

Ide Bisnis Prospektif di Saat Pandemi

Kurva penularan Covid-19 di Indonesia saat ini memang tengah melandai. Pelan-pelan, roda ekonomi mulai bergerak. Meskipun begitu, tidak ada yang bisa memastikan kapan kondisi akan pulih seperti semula. 

Banyak  yang sudah terlanjur tumbang dan memilih gulung tikar. Walau begitu, asal kita jeli dan mampu menangkap peluang, yakin masih banyak tersisa ruang untuk terus menjalankan usaha. Berikut, beberapa ide bisnis yang dipercaya memiliki prospek bagus di segala situasi, bahkan ketika terjadi pandemi sekalipun.


Bisnis Kuliner

Sepanjang hidup, manusia itu butuh makan dan minum. Kebutuhan akan pangan termasuk kebutuhan primer. Itulah dasar utama, kenapa bisnis kuliner ini dianggap sebagai jenis usaha yang longlasting, mampu bertahan di setiap kondisi. 

Kuliner sehat
Image : freepik.com


Saat ini, untuk menjaga kesehatan dan menambah daya tahan tubuh, masyarakat cenderung memilih makanan dan minuman yang sehat. Bisa diprediksi, produk kuliner seperti inilah yang grafik penjualannya terus naik.  Sangat mungkin persaingan bisnis dalam bidang ini  sangat ketat. Untuk memenangkannya, kunci pokoknya adalah sanggup memenuhi harapan pasar dan juga kreatif dalam pemasaran. 


Bisnis Produk Kesehatan

Apapun akan dilakukan, demi bisa sehat dan bertahan hidup. Itulah alasan kenapa  bisnis kesehatan dinilai sebagai  salah satu bisnis yang prospektif dan bisa bertahan di segala situasi dan kondisi. Protokol kesehatan yang wajib diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, tak lepas dari kebutuhan akan alat kesehatan. 

Masker dan desinfektan misalnya. Dari satu barang saja, masker misalnya kita mengenal berbagai tipe masker, beragam kualitas, dengan harga jual yang beragam. Sementara desinfektan digunakan untuk mengurangi resiko terpapar virus 

Selain dua produk tadi, aneka vitamin dan penunjang daya tahan tubuh,  hand sanitizer, sabun cuci tangan, obat herbal, madu, adalah barang-barang yang tiba-tiba mengalami lonjakan permintaan hampir dua tahun terakhir. Inilah sebenarnya peluang untuk membuat  dan membuka usaha dalam bidang produk kesehatan sangat menarik untuk direalisasikan.


Bisnis Kosmetika, Skincare dan Bodycare

Adev solusi kosmetika legal

Siapa yang ingin terlihat menarik? Semua pasti akan tunjuk jari. Sudah kodratnya kalau manusia, baik perempuan dan juga laki-laki itu ingin terlihat menarik/good looking. Untuk memaksimalkan penampilan, sudah lama kita membutuhkan bantuan dari apa yang namanya kosmetika. Kosmetika adalah zat yang digunakan untuk meningkatkan penampilan atau aroma tubuh manusia. Umumnya kosmetika terbuat dari campuran beragam senyawa kimia, bahan-bahan alami, atau bisa juga campuran keduanya.


Adev maklon kosmetik


Pandemi Covid-19, memberikan banyak pengaruh terhadap industri kosmetik. Pembatasan sosial, himbauan untuk mengurangi mobilitas dengan bertahan di rumah saja, membuat semakin banyak orang memiliki waktu untuk melakukan perawatan di rumah. Penggunaan masker sebagai salah satu protokol kesehatan rupanya juga menggeser perilaku masyarakat; memilih untuk membeli dan menggunakan produk skincare dibanding dengan make up dekoratif. Inilah yang menjadikan bisnis kosmetika, perawatan wajah & tubuh dinilai sebagai salah satu bisnis dengan masa depan yang cerah.


Mengembangkan Bisnis Kosmetika dan Perawatan Tubuh Dengan Jasa Maklon

Istilah Maklon berasal dari bahasa Belanda makloon yang artinya sama dengan istilah cut make trim (CMT). Pada intinya, maklon adalah bentuk sistem kerjasama bisnis yang dijalankan oleh perusahaan manufaktur untuk memproduksi suatu produk berdasarkan permintaan pihak lain selaku merk produk tersebut. Dalam bahasa Inggris, maklon dikenal dengan istilah Toll Manufacturing dan contract manufacturing. 


Bisnis kosmetik brand sendiri


Dalam dunia usaha, jasa maklon merupakan win-win solution antara brand owner dan produsen kosmetik. Di Indonesia sendiri, ada pilihan jasa maklon yang berkualitas seperti PT ADEV Natural Indonesia.  ADEV telah dipercaya lebih dari 15 tahun sebagai produsen kosmetik dan telah menelurkan ratusan brand kosmetik yang sukses di pasaran.

Baca juga : Tips Memilih Pabrik Maklon Terbaik

Saat ini Jasa Maklon Kosmetik ADEV memproduksi berbagai jenis produk diantaranya skincare, bodycare, haircare, lipcare atau decorative cosmetics, dan juga produk perawatan tubuh dan wajah khusus pria. Sebagai maklon body care  ADEV juga memiliki produk unggulan berupa sabun transparan yang dapat dipesan dalam berbagai bentuk, ukuran, berbagai pilihan kandungan bahan aktif, warna, maupun aroma.

ADEV, Rekomendasi Pabrik Maklon Terbaik

Memilih jasa maklon pada prinsipnya sama dengan memilih partner bisnis; harus memilih yang terbaik dari yang baik. Sebagai perusahaan yang bergerak dibidang jasa maklon bodycare maupun maklon skincare, ADEV memiliki 5 kelebihan:

  1. Respon cepat/ Fast respon
  2. Legal
  3. Sample gratis
  4. Teruji dan terpercaya
  5. Bisa custom produk sesuai kebutuhan atau untuk detail informasinya, teman-teman bisa mengunjungi akun instagram ADEV di @adev.official

Jadi gimana? Mau menekuni bisnis kuliner, fokus ke produk-produk kesehatan, atau mengembangkan bisnis kosmetika, skincare dan bodycare dengan jasa maklon kosmetik? Pilihan tetap ada di tanganmu. Semoga sukses ya!


Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi(at) gmail.com, sulistiyowatitri98(at) yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80(at)gmail.com

Related Posts

1 komentar

  1. bisnis kuliner itu sempat terpukul tapi akhirnya bisa bertahan karena strategi online
    wah bisnis kecantikan maklon ini asyik juga karena ada perawatan kecantikan pria
    bisa dicoba juga sebagai perutungan

    BalasHapus

Posting Komentar