10 Oktober 2020

Cara Mudah Menyematkan Peta dalam Postingan Blog




Menambahkan maps dalam postingan blog
Kamu blogger? Berbagi melalui blogpost sudah menjadi sesuatu yang tidak asing lagi buat yang menggeluti profesi ini. Semakin banyak informasi yang kita bagikan ke pembaca, maka akan semakin baik karena logikanya, manfaat yang akan diambil oleh si pencari informasi akan semakin banyak.  

Demikian juga ketika kita berbagi informasi melalui sebuah blogpost. Misalkan saja saat menyajikan informasi mengenai  rumah makan, tempat wisata, atau fasilitas umum lainnya dalam sebuah postingan. 

Selain harga tiket masuk, suasana di lokasi, informasi paling umum yang dibutuhkan pembaca adalah posisi/lokasi tempat yang sedang diulas. Posisi sebuah tempat ini bisa juga ditampilkan dalam ancer-ancer berbentuk tuisan, tapi akan lebih lengkap pula, kalau informasi juga kita berikan dalam bentuk tampilan peta. 

Trus petanya ambil dari mana? Google maps. Sama seperti menyematkan video YouTube ke dalam postingan, kita juga bisa menyematkan peta  dari aplikasi Google Maps dalam postingan yang kita buat. Caranya tidak terlalu rumit, bahkan bisa dibilang mudah. Sayangnya, untuk melakukan ini kamu tidak bisa melakukannya melalui smartphone, melainkan harus dengan komputer/laptop.

Step by Step Menyematkan Peta dalam Postingan Blog


Pastikan kamu sudah berada dalam dashboard bloggermu ya. Ubah postingan yang ingin kamu sisipi peta, dalam model html.


Menambahkan peta dalam blogpost





Setelah itu, di jendela yang lain kamu cari lokasi yang ingin kamu sematkan. Sebagai contoh, misalnya  saya akan menyematkan peta lokasi Gembira Loka zoo dalam postingan.




Step by step menambah peta


Klik tombol share, selanjutnya kamu akan melihat pilihan sematkan peta. Copy kode penyematan dan sesuaikan ukuran. Biasanya saya menggunakan peta berukuran sedang.


Cara menambahkan peta pada blog



Setelah itu kamu tinggal mem-paste-kan kode yang sudah kamu copy tadi, ke dalam blogpost yang sudah kamu bentuk dalam tampilan html.
Menambahkan Google maps pada postingan blog


Blogpostmu akan seperti ini

Ubah lagi ke dalam tampilan menulis. Viola, peta pun sudah tersemat dalam blogpost yang kamu tulis. Cek sekali lagi, dan kamu bisa mempublish tulisanmu secepatnya.
 
Gampang kan? Semoga bermanfaat yaa!



4 komentar:

  1. Wah, sangat membantu. Nanti praktik ah..biar lengkap info yang pembaca dapat.

    BalasHapus
  2. Ternyata seperti itu caranya.
    Terima kasih banyak buat ilmunya ya Mbak.
    Soalnya saya kan sering nulis tentang wisata, jadi kalo bisa nampilin peta, bisa lebih bagus lagi.

    BalasHapus
  3. Yeay...I need this! Thank you, lis!

    BalasHapus
  4. iya juga ya, kalo travel blogger lebih mantap blognya pakai peta ya karena bisa lebih membantu pembaca juga

    BalasHapus

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Untuk menghindari spam, untuk sementara kolom komentar saya moderasi dulu ya. Komentar berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin

 
Top