12 Mei 2020

Menerima Tantangan Liebster Award

Logo-liebster-awards

“Mbak ikut ini ya...Liebster Award”  sebuah pesan masuk ke ponsel, dari mbak Sapti..teman sesama blogger asal Jogja.

Kening saya berkerut. Membaca Liebster Award, otak saya malah nyantolnya ke hewan laut yang bisa dimasak alias lobster. Masak sih mbak Sapti jualan lobster.😀😀

“Opo to kui mba?” tanya saya lebih lanjut. Iyalah..daripada penasaran.

Tak lama kemudian, saya dikirim beberapa link tulisan dan info yang lebih detail tentang Liebster Award. Oalah...

Oke-oke, saya paham. Akhirnya saya terima tantangan mbak Sapti untuk ikutan Liebster award. Tetapi biar semuanya jadi lebih paham, kita ulas dulu tentang si Liebster Award ini ya!

Lebih Detail tentang Liebster Award

Liebster Awards adalah bentuk penghargaan dimana seorang blogger akan memberikan penghargaan secara estafet dari satu  blogger ke blogger yang lain.  Liebster sendiri berasal dari bahasa Jerman yang artinya tersayang.

Konon katanya, dulu pelopor “gerakan” ini berasal dari blogger Jerman, terus bergulir...hingga kemudian sampailah di Indonesia. Tujuan dari Liebster Award sendiri adalah untuk mempererat tali persahabatan sesama blogger. Ya, meskipun silaturahmi yang kami jalin paling sering melalui jejaring sosial, tidak ada salahnya kan kalau menjadi dekat dan semakin akrab?

Sesuai dengan aturan main Liebster Award, pertama terimakasih untuk mbak Sapti, si pemilik Cerryku.com  yang sudah memberikan tantangan melalui tulisannya tentang Liebster award.

Ok, aku terima challange ini, dan makasih banget sudah membawaku ke barisan blogger-blogger tersayang.  Biar nggak ada yang kelewat, aku tulis ulang aturan mainnya ya..

  • Mengucapkan terimakasih kepada pemberi tantangan atau pemberi anugrah Liebster Award
  • Menyematkan link tulisan tantangan Liebster Award dari si pemberi tulisan. Ingat, link tulisan yaa!
  • Menuliskan 7 fakta tentang diri sendiri
  • Menjawab 7 pertanyaan yang dijukan oleh pemberi tantangan Liebster Award
  • Menantang 7 teman blogger untuk melakukan hal yang sama. Tapi kalau nggak sampai 7, boleh kok.
  • Memberi 7 pertanyaan kepada para blogger terpilih tadi
  • Menyisipkan alamat blog dari teman-teman yang kita anugrahi Liebster Awards
  • Menyusun point-point tersebut dalam sebuah blogpost.

Baiklah, mari segera kita mulai dan saya akan memberikan pengakuan tentang sejauh mana saya mengenali diri sendiri.

  • Saya adalah penyuka kebebasan. Sejak kecil, saya paling tidak suka dikekang; tolong beri kepercayaan dan saya akan bertanggung jawab. Seperti itu intinya
  • Mandiri. Tidak suka dan berusaha untuk tidak merepotkan orang lain.
  • Senang dengan hal-hal yang sifatnya spontan, soalnya dalam hal-hal yang spontan sering terjadi kejutan.
  • Easy going ..bahkan jadinya terkesan cuek. Padahal aslinya nggak  cuek-cuek banget juga kok.
  • Menyukai hal-hal yang simpel dan praktis. Saya itu malas kalau hal yang sebenarnya bisa dibuat sederhana, malah dibikin ruwet. Kalau bisa dibuat mudah...ya, dibuat mudah saja
  • Moody tapi tanggung jawab kok. Misalnya saja, diberi tugas dengan deadline tertentu. Saya nunggu mood dulu untuk mengerjakan, tapi sebelum DL..beres.
  • Pemuja keheningan. Saya nggak bisa dan nggak suka di tempat yang berisik, banyak orang, atau ditengah suasana hingar-bingar. Cukup beri kesempatan saya untuk mendengarkan suara alam, musik lembut, dan itu cukup.

Nggak tahu juga,kenapa sifat saya jadi seperti itu ya? Bisa jadi karena pengaruh lingkungan sejak kecil, atau mungkin karena saya berzodiak Aquarius.


Tugas saya berikutnya adalah menjawab 7 pertanyaan dari mbak Sapti.

Dalam hidup, siapa orang yang paling mempengaruhimu...?
Orang tua, bapak terutama. Semakin kesini, saya ngerasa banyak sifat dan juga prinsip hidup yang saya adopsi dari Bapak

Apa yang menjadi target terdekatmu?
Setelah pandemi Corona dinyatakan berakhir, dan kehidupan kembali normal...saya kangen pergi jalan-jalan. Nggak harus jauh, yang penting keluar dari rutinitas rumah tangga

Hal apa yang membuatmu kagum dengan seseorang?
Kecerdasan. Gaya sesorang dalam melontarkan gagasan, dan menyampaikan pendapat. Biasanya itu yang paling meninggalkan kesan.

Negara mana yang paling ingin kamu kunjungi, dan apa alasannya?
Indonesia saja dulu. Negeri sendiri aja masih buanyaak yang belum disinggahi..Eh, tapi kalau ada kesempatan pergi ke luar negeri, penasaran dengan negara-negara yang memiliki 4 musim. Pengen merasakan salju secara langsung, dan melihatnya jatuh seperti gumpalan kapas.

Hal atau prinsip yang saya pegang dalam hidup.
Hidup itu akan lebih bermakna, kalau bisa memberikan manfaat untuk orang lain. Sekecil apapun itu.

Jika waktu bisa diputar, hal apa yang ingin kamu perbaiki?
Saya kepengen balik ke jaman masih usia 20-an dan menggunakan waktu br saya punya untuk   hal-hal yang menyenangkan, tapi produktif. Seandainya 20 tahun ke belakang internet sudah se massif sekarang, pasti saya lebih rajin nge-blog dengan konten-konten yang lebih variatif. Sayang, waktu nggak bisa diputar balik.

Siapa penulis favoritmu?
Dee alias Dewi Lestari. Saya suka gaya tulisan Dee dalam setiap novelnya. Ada unsur ilmiah-sastra yang diracik dengan apik. Meskipun terkesan serius, tapi tetap ada sentuhan romantis, dalam setiap pilihan katanya.

Berikutnya, gantian saya akan memberikan 7 pertanyaan kepada teman-teman blogger:

1. Ada nggak pengalaman waktu kecil yang berkesan banget, hingga kamu tetap ingat bahkan setelah puluhan tahun berlalu?

2. Seandainya tiba-tiba kamu mendapatkan rejeki uang 500 juta rupiah, apa yang akan kau lakukan dengan uang tersebut?

3. Adakah penyesalan dalam hidupmu dan ingin kamu perbaiki saat ini?

4. Ketrampilan apa yang ingin banget kamu kuasai, namun belum terlaksana alias masih sebatas wacana?

5. Diantara sekian banyak makhluk hidup di bumi, apakah ada yang menurutmu spesial/unik dan apa alasannya?

6. Apa pertimbanganmu dalam memilih seorang sahabat yang bisa kamu jadikan partner curhat?

7. Seandainya kisah hidupmu dituangkan dalam sebuah lagu...adakah lagu yang saat ini sudah sesuai?

Siapa yang akan saya tantang untuk menjawab? Berikut para blogger yang saya pilih:

Mba Diah Dwi Arti, pemilik www.damarojat.com. Dipertemukan dengan mbak Diah ini karena jauhh sebelum kami ngeblog,kami bekerja untuk satu kantor yang sama. Mbak Diah pulalah yang menarik saya untuk menekuni dunia blogging; memanfaatkan blog tidak sekedar sarana dokumentasi pribadi, tapi juga sebagai sarana berbagi informasi

Mbak Anis Khoir, si mom blogger Tuban admin dari www.aniskhoir.com . Secara fisik, kami memang belum bertemu muka, tapi kami sering berada dalam grup yang sama, sering saling bertanya dan berdiskusi hingga akhirnya cukup akrab. Saya tantang mba Anis untuk ikut dalam Liebster Awards ini

Mbak Anjar Sundari, dengan blognya www.anjarsundari.com . Mb Anjar adalah salah satu blogger Semarang, yang punya ciri khas dalam setiap tulisannya, yaitu detail. Coba saja cermati setiap blogpostnya, hampir semua informasi yang disampaikan bersifat detail dan panjang.

Blogger Sulawesi yang nge-fans dengan film India, mba Ira pemilik blog www.irawatihamid.com. Mba Ira ini tidak hanya menonton film-film India dan juga Korea sebatas untuk hiburan pribadi, tetapi juga menuliskannya kembali  pengalamannyadalam beberapa blogpost.

Si Pemilik blog http//www.rejekinasibox.blogspot.com,  mba Yatmi Rejeki. Baru sekali bertemu di sebuah event blogger, tapi saya yakin mbak Yatmi orangnya asyik..jadi saya yakin, saya tidak salah memilih blogger yang sekaligus membuja usaha jasa katering ini.

Saya berharap teman-teman yang saya tag namanya di atas mau menerima tantangan, agar penghargaan ini terus bergulir dari satu blogger ke blogger  lainnya, hingga jejaring yang kita susun semakin luas.

10 komentar:

  1. Waduhh, kaget saya ada nama saya di situ, makasih Mbak Sulis sudah colek saya.

    Menarik sih ini, sebuah tantangan yang rasanya nggak boleh untuk dilewatkan. Insya Allah saya terima deh, hehe.

    Nanti saya pelajari lagi aturannya ya Mbak. Kalau ada pertanyaan nanti saya japri Mbak Sulis deh 😊😍

    BalasHapus
  2. Uwaw...kenangan awal ngeblog kembali lagi. I'll try to answer your challenge, lis, insya Alloh.

    BalasHapus
  3. Wah...makasih sudah menerima tantangan saya...btw ho oh mb sulis kesan pertama ketika kenal tu cuek, tapi setelah kenal ternyata ya nggak secuek itu..hihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi...hi.. berawal dr kesamaan males foto klo sendiri😀

      Hapus
  4. Sebelum ke sini habis BW ke Mbak Nita yang sedikit nyenggol masalah Liebster Award. Aku yang nggak tahu menahu masalah award ini tanya dong, eh, malah udah nemuin jawabannya di sini. Booming di Indonesia mulai tahun berapa to mbak? Aku kan aktif ngeblog dari 2016an akhir, kayaknya udah nggak pernah nemu bloger yang nulis award-award ini. Apa BW ku sing kurang luas ya ^^?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini jare mbak Lusi...dulu pernah ada, tenar.. trus ilang. Dan sekarang muncul kembali...

      Hapus
  5. wa seru seru mbak
    iy klo corona ilang paling enggak bisa kerja normal lagi
    sayang BW-ku beberapa bulan ini ga begitu konsisten
    jadi ya engga tau kalau ada event seru kayak gini

    BalasHapus

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Untuk menghindari spam, untuk sementara kolom komentar saya moderasi dulu ya. Komentar berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin

Diberdayakan oleh Blogger.