16 Mei 2020

Ternyata Membuat Rapi Caption di Instagram Itu Mudah. Kenapa Saya Baru Tahu Sekarang Ya?


“Kenapa captionnya jadi berantakan? Perasaan tadi pas ditulis di aplikasi note atau nulis di Instagramnya langsung sudah memakai alinea. Begitu di share, kok bubar begini?”


Bisa jadi banyak pemilik akun instagram yang memiliki keluhan yang sama dengan keluhan saya tadi. Ada yang senasib?


Kenyataan yang tidak bisa ditutupi adalah bahwa media sosial sekarang telah menjadi milik hampir semua orang. Coba cek smartphonemu ada berapa akun medsos?

Minimal satu, Whatss App. Tapi saya yakin dalam prakteknya jauh lebih banyak pemegang smartphone yang membekali diri dengan beragam akun media sosial lainnya semacam Facebook, Twitter, Youtube, Tiktok, dan juga Instagram.

cara membuat caption instagram rapi


Ya, meskipun level “interaksi” si pemilik dengan akun masing-masing memang berbeda ya antar orang-perorang.

Diantara sekian media sosial, Instagram termasuk yang populer. Saya punya akun instagram juga dong, follow ya @sulistiyowatitri98 (boleh dong promosi di blog sendiri)..ha..ha.

Meskipun nggak setiap hari update, nggak setiap saat juga ditengokin, tapi kadangkala kalau pas punya foto bagus, atau untuk kepentingan share link blog, atau pekerjaan saja saya berinstagram ria. Asyik sih memang, bisa lihat foto-foto bagus, nyari inspirasi tulisan, wisata virtual sekedar memenuhi hasrat kepo manusia.

Kalau di kategorikan, tingkat interaksi saya dengan Instagram masuk level sedang. Paling sekitar 30 menit samapi 1 jam-an sehari men-scroll foto-foto dan juga beberapa video di beranda Instagram. Nggak sampai kecanduan, tapi tetep punya link-link instagaram favorit.


Sebenarnya saya sering penasaran juga kalau melihat postingan feed maupun story teman-teman yang beneran eye cathing, captionnya enak dibaca. Kok bisa yaa?

Mungkin karena tidak selalu “berinteraksi” dengan instagram itulah, yang menjadikan kemampuan saya mengelola media sosial Instagram ya standard-standard saja; artinya, masih memanfaatkan fitur-fitur yang ada, tanpa melakukan penambahan berarti. Untuk feed atau story, sudah tahu sih kalau biasanya postingan-postingan yang cakep-cakep tadi “dibantu” dengan aplikasi, dan banyak yang bisa dipilih.

Tapi soal caption Instagram  yang ternyata bisa ditulis dengan rapi, serius baru ngerti tadi. Awalnya saya mengira kalau caption yang rapi tadi karena ditulisnya via pc/laptop, sementara saya hampir 100% kalau IG-an pasti make smartphone aja, jadi selama ini saya membiarkan caption-caption di Feed IG yang terlihat overdosis tanda baca titik (.) Berawal dari penasaran, kemudian googling, ternyata solusinya mudah sodara-sodara!

Ternyata Begini Loh, Cara Agar Caption di Instagram terlihat rapi

Namanya rapi, dengan tanda baca atau titik tidak berserakan dimana-mana, pasti lebih nyaman dipandang mata kan? Ada beberapa cara sebenarnya, tapi sesuai kebiasaan ambil cara yang paling gampang dan praktis ya.

Cara yang paling simpel adalah dengan menggunakan aplikasi. Untuk fungsi tersebut, ada dua yag saya tahu:

Buka https//pretty-caption.com dan tulis caption teman-teman di area yang disediakan. Bisa nulis langsung, atau copy-paste dari note, nanti tinggal di generate & copy untuk dipindahkan di caption Instagram.  Tampilan pretty-caption seperti ini yaa
Aplikasi-untuk-merapikan-caption-IG
Tampilan pretty-caption di smartphone


Cari aplikasi Instaspacer di Playstore. Download, dan gunakan itu untuk merapikan caption di Instagram

Cara-merapikan-caption-instagram


Cara menggunakan aplikasi ini sama, menuliskan atau mengcopy-paste caption dari note, lantas convert ke Instagram. Setelah kamu lakukan, cek deh...caption Instagram kamu akan lebih rapi.

Tips sederhana, tapi semoga berguna yaa!

9 komentar:

  1. wah josh nih mak, terimakasih infonya, kadang bikin caption di IG blepotan heheh

    BalasHapus
  2. Baru tahu mb...biasanya asal tulis...šŸ˜€ mksh infonya. Besok tak nyoba...šŸ˜€

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip. Seneng deh klo bisa nulis hal yang bermanfaat

      Hapus
  3. Hehehe.. Aku dasar gaptek. Maca iki lho tetep rada ra mudheng. Duuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya kepake klo model captionnya panjang, hingga mesti memisahkannya dlm beberapa paragraf.

      Klo nggak diakali..akan kemruyuk, ga bisa misah...

      Hapus
  4. sebagai blogger harusnya saya juga lebih aktif di instagram. apalagi harus mikir nulis captionnya. Bagus juga ya ada aplikasi ini jadi bisa bikin caption lebih menarik.

    BalasHapus
  5. wealah...ada to app nya

    nggonku mesthi yo berantakan všŸ˜„šŸ˜†šŸ˜†šŸ˜†

    tfs, lis

    BalasHapus
  6. Iya agak repot memang maen IG nih. Belum utak atik gambarnya. Masih perlu juga tambahan aplikasi lainnya.

    BalasHapus
  7. Ijin kunoted nama aplikasinya ya, kak. Terimakasih infonya.

    Akhir-akhir ini aku udah jarang main ig.
    Tapi perlu juga kuaplikasikan bikin caption panjang di unggahan fotoku berikutnya.

    BalasHapus

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Untuk menghindari spam, untuk sementara kolom komentar saya moderasi dulu ya. Komentar berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin

 
Top