26 Desember 2019

Suka bermain air? Rekomendasi 5 Wisata Air yang ada di Yogyakarta



Citra grand mutiara waterpark
Image: @waterparkcitragrandmutiara

Liburan sekolah euy!  Punya niat ngisi liburan dengan berbasah-basah ria, di wahana wisata air yang ada di Jogja?

Namanya mainan air, meski efek ikutannya basah, dingin, dan bahkan bisa jadi masuk angin...tapi kok menyenangkan ya. Buktinya, hampir semua suka. Sejak kecil malah. 

Amati saja anak-anak kalau disuruh mandi. Awalnya malas, dengan alasan dingin, tapi kalau sudah beneran ketemu air...susah mentas. Ada saja alasan, padahal keburu siang.

*Ah, klo ini mah curhattt๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

Bermain air di pantai, bisa  jadi salah satu pilihan yang menyenangkan. Satu, ekonomis. Dua, alami, dan berasa lebih dekat dengan  alam. 

Kalau punya niatan ngabisin liburan di Jogja, sambangi saja deretan panjang pantai di Gunungkidul, pasti seru, karena hampir semua air pantai di sana jernih, dengan bibir pantai yang rata-rata landai. 

Tapi itu kalau pas kondisi normal. Kalau pas suasana banyak gelombang tinggi, kayak belakangan ini..? Ya, kalau saya sih pasti mikir berulang kali. Cari amannya dulu aja lah, karena bagaimanapun, faktor keamanan itu penting banget.

Makanya, ketika situasi di pantai lagi ga bersahabat, tapi keburu kebelet untuk main basah-basahan dan berdingin-dingin ria, main di waterboom   bisa menjadi solusi. Jogja punya beberapa lho... tinggal menyesuaikan sama selera, jarak, sama kondisi dompet ๐Ÿ˜Š

1. Jogja Bay

Jogja bay adalah wahana wisata air paling gede di Yogyakarta. Bertemakan kampung bajak laut, Jogja Bay dilengkapi 19 wahana air.

Jogja-bay
Image : jogjabay.com

Harga tiket, biasanya berbeda antara anak-anak/ dewasa, dan juga hari biasa /weekend/musim liburan seperti sekarang, mulai 60-150 ribu rupiah perorang. 

Jogja Bay Maguwo berlokasi di daerah Maguwo Yogyakarta, dengan jam operasional antara pukul 09 pagi sampai 6 petang.


2. Grand Puri WaterPark

Image: grandpuri_waterpark

Pernah sekali dulu ngajak anak-anak ke sini, pas Alya masih kecil..jadi nggak sempat foto-foto. Meski tidak sebesar Jogja Bay, tapi dari segi ukuran Grand Puri WaterPark ini lumayan lapang dan juga bersih. 

Berbeda dengan Jogja Bay yang berada di kawasan Jogja Utara, Grand Puri WaterPark berada di kawasan Jogja bagian selatan, tepatnya Jl. Parangtritis Km 9,5 Gabusan, Sewon, Bantul. Jadi satu jalur ke arah Pantai Parangtritis sebenarnya. 

Untuk bisa berwisata air di sini, kamu cukup merogoh kocek sebesar 25-35 ribu perorang, dengan jam operasional mulai pukul 08.00-18.00


3.Citra Grand Mutiara WaterPark

Berbeda dengan dua wahana air sebelumnya, Citra Grand Mutiara WaterPark berada di dalam kompleks perumahan Citra Grand Mutiara, tepatnya Jl. Wates Km 9, Balecatur, Sleman. 

Ada sejak tahun 2015, jam operasional WaterPark ini memang tidak full. Di hari Selasa-Jum'at,  Citra Grand Mutiara WaterPark buka mulai pukul 14.00-18.00, sementara di hari Sabtu-Minggu beroperasi mulai pukul 08 pagi sampai 6 sore, dengan tiket 45.000 sampai 70.000/orang. 

Mengusung tema treasure adventure, Citra Grand Mutiara WaterPark memiliki 4 kolam permianan air untuk anak-anak, 1 kolam permainan air untuk dewasa, satu kolam air semi olympic, dan berbagai macam slide.

Pada saat moment-moment tertentu, wahana wisata air ini kerap mengadakan promo dan juga event-event yang memanjakan pengunjung, seperti mandi busa.

Wahana wisata air  di Yogyakarta
Moment khusus, mandi busa


4. Balong Water Park
Ah, klo yang ini dekat dengan rumah orang tua alias kampung halaman saya dulu. Cuma sayangnya, dulu pas jaman saya kecil belum ada waterpark-waterpark gini.. jadi mainnya ya di sungai..wkk..wkk

Balong WaterPark berlokasi di Jl. Pleret km 1,5 Banjardadap, Potorono, Banguntapan. Meski tidak seluas dan tidak sekomplet 3 WaterPark sebelumnya, tapi lumayan lah untuk sekedar merealisasi agenda "piknik tipis-tipis". Harga tiket yang mesti dibeli pengunjung pun masih kategori "aman" , yaitu 15.000-20.000 perorang. 

Untuk jam operasional, jam buka Balong WaterPark dibedakan berdasarkan hari kunjungan; pukul 10 pagi di hari biasa dan pukul 08.00 pagi di akhir pekan/hari libur. 

Bermain di Balong WaterPark, bisa dijadikan satu kunjungan dengan kebun binatang Gembira Loka, Candi Prambanan, dan juga Kids Fun Park, karena ketiganya berjarak tak terlalu jauh.


5. Galaxy Water Park


Galaxy waterpark


Diresmikan dan mulai beroperasi di tahun 2014, Galaxi WaterPark  berada di Jl Yogya-Wonosari km 7 atau sekitar 10 menit dari Balong WaterPark.

Jadi..judulnya dua waterpark ini posisinya lumayan dekat satu sama lain.

Lantas, apa menariknya Galaxi Waterpark ini? Ada 4 kolam pemandian di sana, kolam balita, kolam remaja, kolam arus, dan kolam olympic plus waterslide yang bisa kamu pake untuk uji nyali.

Bagaimana, sudah menentukan pilihan, Waterpark mana yang akan kamu kunjungi saat berada di Jogja? Selamat menikmati liburan ya teman-teman..


5 komentar:

  1. Galaxyyyy...anak-anak pasti nagih ke sana kalau pas ke jogja.

    Balong malah belum pernah.

    Aku ga bisa mbayangin kalau ke jogja bay. Awak remuk kali, ngawal bocah-bocah. Hahaha...

    BalasHapus
  2. Saya jadi pingin nih Mbak travelling ke Yogyakarta hehe. Apalagi banyak tempat wisatanya

    BalasHapus
  3. Saya pingin banget nih Mbak ke Citra Grand Mutiara WaterPark yang ada di Yogyakarta ini

    BalasHapus
  4. Wah keren banget nih Mbak tempat wisata Citra Grand Mutiara WaterPark ini

    BalasHapus
  5. Yogyakarta ternyata mempunyai banyak tempat wisata air ya Mbak. Jadi pingin ke sana

    BalasHapus

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Untuk menghindari spam, untuk sementara kolom komentar saya moderasi dulu ya. Komentar berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin

 
Top