Beberapa Cara Cepat Mengatasi Masalah Hidung Tersumbat

2 komentar

Cara-cepat-atasi-hidung-tersumbat

Brrr! Saat saya nulis postingan ini pun, udara di tempat saya masih dingin. Saat dini hari, bahkan bisa mencapai 15 derajat. Tapi kalau siang, terik! Maklumlah musim kemarau. Perubahan cuaca yang ekstrem antara pagi dan siang rentan membuat kita terserang penyakit, dan salah satu penyakit yang seringkali muncul adalah flu. Saluran pernapasan yang terserang penyakit ini pastinya akan membuat kita merasa tidak nyaman dan juga tersumbat. Sayapun juga barusan membaik dari flu ini ceritanya. Dan jika saat ini kamu mengalami masalah hidung tersumbat dan ingin segera mengatasinya, maka postingan ini akan memberikan beberapa

Mengkonsumsi Air Putih Yang Banyak
Pada saat kamu terserang flu, cairan didalam tubuh berkurang dalam jumlah yang banyak. Kamu harus tetap menjaga selalu terhidrasinya tubuh dengan cara mengkonsumsi air putih lebih rutin dari yang biasanya. Jadi selama kamu mengalami flu, untuk sementara waktu hindari mengkonsumsi kopi dan alihkan dengan mengkonsumsi air putih lebih banyak lagi. Dengan melakukan ini pastinya dapat membantu kamu untuk bisa bernapas lebih mudah. 

Baca juga :

Mandi Dengan Menggunakan Air Hangat 
Mandi dengan air hangat tidak hanya membuat tubuh kamu menjadi lebih rileks, tetapi juga dapat membantu sistem pernapasan kamu. Penggunaan air hangat ini dapat membantu kamu mengatur dan membuat kamu lebih mudah untuk bernapas sehingga akan membuat nyaman. Dan sangat disarankan untuk kamu untuk menggunakan sabun beraroma minta supaya terasa lebih leganya hidung.

Tidur Dengan Posisi Bantal Yang Lebih Tinggi 
Pada saat mengalami hidung tersumbat pastinya kamu akan mengalami sulit tidur. Tetapi kamu bisa mengakalinya dengan mencari posisi tidur yang paling tepat. Supaya tidak terganggunya pernapasanmu maka kamu bisa menyiapkan bantal yang lebih tinggi dari yang biasanya. Dengan melakukan hal ini maka akan mencegah terjadinya penumpukan lendir didaerah hidungmu, sehingga hidung akan terbebas dari penyumbatan lendir.

Menyalakan Humidifier
Penggunaan alat ini dapat membantu untuk menjaga kelembapan udara yang ada disekitarmu. Dimana penggunaan humidifier ini akan sangat membantu kamu pada saat terserang flu. Penyebab faktor kelembapan akan tampak terlihat nyata pada lendir yang ada pada saat kamu sedang flu. 

Menggunakan Saline Nasal Spray
Cairan ini memang dirancang untuk mengatasi masalah hidung tersumbat yang mengganggu dengan cepat. Cairan ini dapat membantu untuk meredakan masalah sinus yang terjadi. Saline Nasal Spray ini dijual dalam bentuk semprot obat tetes.

Mengkonsumsi Vitamin
Kondisi tubuh kamu pada saat terserang flu pastinya sedang mengalami penurunan. Oleh karena itu cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan memperbaiki sistem daya tahan tubuh kamu supaya lebih mudah melawan penyakit yang menyerang. Jangan lupa pada saat sedang flu, kamu harus konsumsi suplemen dan vitamin. Supaya tubuh lebih sehat maka kamu bisa mengkonsumsi Vitamin C, Vitamin D, dan juga Vitamin B6. 

Mengkonsumsi Makanan Yang Tepat 
Pada saat  flu sebaiknya kamu mengkonsumsi makanan yang tepat. Sebaiknya kamu mengkonsumsi makanan yang kaya akan cairan dan hangat seperti bubur ataupun sup ayam hangat. Tetapi tidak hanya itu saja karena kamu juga bisa memilih bahan makanan yang baik untuk tubuh dan kaya akan vitamin seperti brokoli, yoghurt, oatmeal, salmon, dan juga dark chocolate. Aneka jus buah, bisa juga jadi pilihan.


Perbanyak sayur dan buah segar untuk memulihkan kondisi tubuh. Image: pixabay.com

Dalam beberapa hari, kondisimu akan membaik. Tapi kalau memang terasa terganggu, jangan segan untuk memghubungi dokter atau pos pelayanan kesehatan terdekat. Bisa juga, manfaatkan
Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi(at) gmail.com, sulistiyowatitri98(at) yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80(at)gmail.com

Related Posts

2 komentar

  1. Saat musim kemarau gini, cuacanya emang ekstrim, kalo nggak jaga kesehatan tubuh, bisa mudah terkena flu.

    BalasHapus
  2. Selimutan atau jaketan. Pakai masker. Trus maem mie kuah hangat hehe...

    BalasHapus

Posting Komentar