Cari Blog Ini

5 Mei 2019

# resep. sponsored post

Resep Membuat Soto Ayam Khas Madura


Siapa yang tidak kenal soto. Salah satu kuliner nusantara ini, merupakan hidangan lokal yang sangat terkenal. Selain soto babat, soto daging, soto sokaraja, soto betawi, ada soto yang lebih umum yaitu soto ayam.Walau terkenal, tetapi masih ada beberapa orang yang belum mengetahui dengan jelas apa saja resep mudah buat hidangan makanan soto ayam enak. Kita semua lebih baik tahu cara membuat soto ayam yang lezat satu ini, kalau ingin menyajikan hidangan terlezat untuk keluarga. Memang ada banyak resep mudah buat hidangan makanan soto ayam enak. Terdapat salah satu cara tepat membuat sajian soto ayam yang lezat yang patut Anda ketahui yaitu seperti Soto Ayam khas Madura. 

Soto Ayam Madura

Selain sate ayam, kekayaan kuliner lainnya dari daerah Madura yang cukup terkenal adalah soto ayam madura. Yang membedakan dengan soto ayam kebanyakan, soto madura menggunakan telur rebus sebagai pelengkap dan juga taburan kentang goreng sebagai topping. Dengan dua kontent tambahan tadi (telur dan kentang goreng), di samping soto menjadi semakin kaya rasa, kandungan nutrisinya pun semakin lengkap.

sumber : masakandapurku.com

Tentunya  banyak orang yang menggemari varian soto ayam satu ini. Sudah banyak juga yang menjual jenis soto ayam yang satu ini baik itu penjual asli Madura maupun penjual non madura yang sengaja menjual soto ayam ini di banyak warung ataupun restoran. Tak perlu khawatir, kamupun bisa berkreasi sendiri di rumah, mencoba memasak hidangan soto ayam spesial khas Madura ini  dapur sendiri. Untungnya semua bahan-bahan dan bumbu-bumbu yang diperlukan untuk membuat soto ayam madura, semua gampang dicari/dibeli di warung, pasar tradisonal.


Bahan yang diperlukan untuk membuat Soto Ayam Madura

daging ayam 1/2 kg, 
garam, gula dan merica secukupnya. Untuk lebih gampangnya, gunakan merica bubuk
Siapkan juga penyedap rasa (optional), daun jeruk 3 lembar, serai 1 batang yang dikeprek, 
bawang putih 7 siung, 
bawang merah 3 butir,
jahe 1 cm, 
kunyit bakar 2 cm,
kemiri 4 biji yang disangrai, 
merica 1/2 sdt, kecap manis 1 sdm, 
sohun rebus 50 gram, 
Tauge rebus, kol 100 gram yang direbus, 
telur rebus 3 butir, 
jeruk nipis 2 buah, 
daun bawang 2 batang diiris tipis, 
bawang goreng sesuai selera, 
seledri 2 batang diiris halus  
kecap manis1 sdm.
Keripik kentang

Cara Memasak Soto Ayam Madura

  1. Rebus daging ayam, setelah matang angkat, goreng dan suwir-suwir. Sementara air rebusan, bisa digunakan sebagai air kaldu/ bahan untuk membuat kuah
  2. Haluskan bumbu, tumis hingga aromanya keluar. serai serta daun jeruk ditumis. Seluruh bumbu tersebut dimasukan ke air kaldu serta kemdian dimasak hingga mendidih. Supaya bisa mendapatkan rasa, tambahkanlah garam, merica, gula, serta penyedap makanan (opsional).
  3. Siapkan bahan-bahan isian soto (bihun, tauge, telur rebus), siram dengan kuah dan beri topping bawang goreng, seledri, dan juga keripik kentang. 
  4. Tambahkan kecap manis. Disamping itu, Kamu juga dapat menambahkan jeruk nipis pada bagian atasnya dan sambal supaya rasa hidangan soto ayam spesial khas madura ini semakin mantap

Yeay, Soto ayam madura siap untuk dinikmati bersama keluarga! Dengan resep sederhana diatas, semoga kamu bisa menyajikan salah satu kekayaan kuliner nusantara ke dari dapur sendiri dengan mudah. Selamat berkarya dan bersenang-senang di dapur keluarga ya!

2 komentar:

  1. wiii tetanggaku ada nih yang jualan soto ayam khas madura. mau tanya resepnya buat bikin sendiri dirumah mama papa kalo pulang tapi gak sampai hati heuheuheu
    pas lagi blogwalking malah nemu resep ini di blog mba. seneng deh! aku bookmark ya <3

    BalasHapus
  2. sekarang aku lagi suka banget ngulik tentang Madura dan nemu resep ini, jadi pengen masak juga di rumah ah :D

    BalasHapus

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Untuk menghindari spam, untuk sementara kolom komentar saya moderasi dulu ya. Komentar berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin

Follow Us @soratemplates